Cara Memperbaiki Sensor CKP Vario 110

Cara Memperbaiki Sensor CKP Vario 110
Cara Memperbaiki Sensor CKP Vario 110

Kerusakan yang terjadi pada Honda Vario 110 Fi paling umum terjadi yaitu kerusakan yang menyerang sensor CKP. Jika kamu juga mengalami kondisi seperti ini, maka kamu bisa mengikuti cara memperbaiki sensor CKP Vario 110 dengan mudah.

Biasanya kerusakan sensor CKP Vario 110, memiliki gejala seperti motor Vario 110 mengalami masalah kedipan pada lampu indikator. Ini artinya sudah terjadi kerusakan di salah satu sensor pada motor tersebut. Ketika kamu mengalami hal ini, sebaiknya jangan panik. Melainkan lakukan pemeriksaan terlebih dahulu!

Tanda-tanda Sensor CKP Rusak pada Motor Vario 110

Berikut ini ada beberapa tanda atau gejala yang menunjukkan sensor CKP mengalami kerusakan di motor Vario 110, diantaranya :

  • Motor akan sulit dinyalakan, baik dengan melakukan kickstarter atau dengan starter.
  • Lampu indikator terus berkedip dengan 5 kali kedipan panjang, serta 2 kali kedipan pendek.
  • Mesin motor tiba-tiba mati.

Cara Memperbaiki Sensor CKP Vario 110

Cara Memperbaiki Sensor CKP Vario 110
Cara Memperbaiki Sensor CKP Vario 110

Jika motor Vario 110 kamu mengalami gejala-gejala di atas, selanjutnya kamu harus mengikuti langkah cara memperbaiki sensor CKP Vario 110 berikut ini :

1. Cek Jalur Kabel Pada Sensor CKP

Kamu bisa memastikan sensor CKP dengan mengecek jalur kabel ke sensor CKP secara detail, agar lebih meyakinkan agar tidak ada komponen kabel yang terkelupas dan rusak. Terkelupasnya komponen kabel bisa menyebabkan terjadina konsleting, sebab banyak temuan di beberapa bengkel yang menjumpai kasus ini. Kamu dapat mengecek jalur kelistrikan memakai avometer.

2. Cek Soket Pada Sensor CKP Vario 110

Pertama, langkah pengecekan soket yaitu dengan cara membongkar spul motor Vario 110. Sebab letak sensor tersebut menempel pada bagian spul. Jika ternyata sensor CKP Vario 110 kotor, maka kemungkinan bisa menyebabka kode mil 52 muncul di Vario 110.

Selain itu, kamu juaga harus memastikan bagianbody sensor motor, apakah ada bagian yang gosong atau terbakar. Jika ada, artinya sensor CKP pada motor Vario kamu sudah rusak. Akan tetapi jika tidak, kamu hanya perlu membersihkannya saja dan tinggal memasangnya lagi seperti sedia kala.

3. Reset ECU

Jika ingin menghaups data yang error dan sudah tersimpan pada bagian ECU,alangkah baiknya untuk mencoba reset ECU sebagai pilihan paling tepat.

4. Ganti Sensor CKP

Meskipun kondisi spul motor dan sensor CKP saling menempel, namun kedua komponen tersebut ternyata memiliki soket yang berbeda. Sehingga hanya bisa dilakuka dengan cara mengganti sensornya saja.

Akan tetapi, jika ketika mencari part pada sensor CKP terasa kesulitan, kamu dapat menggunakan sensor CKP dari motor Honda PCX 150. Hal ini karena keduaya mempunyai soket yang sama, yakni soket kaki empat. Biasanya yang berbeda hanya pada baut yang menahan CKP saja.

Sementara pada soketnya, kamu bisa memakai soket asli dari Vario 110 caranya potong dan sesuaikan jalurnya. Sehingga hasilnya saat kontak berada pada posisi ON, dapat distarter langsung dengan lancar dan mudah, serta membuat tarikan lebih responsif.

Berapa Harga Sensor CKP Vario 110?

Sebenarnya harga jual sensor CKP Vario 110 bervariasi, tergantung dari spesifikasi sensor itu sendiri. Biasanya mulai dari harga Rp388 ribuan sampai Rp600 ribuan. Kamu hanya perlu memilih tipe dan spesifikasi dari sensor CKP Vario 110 itu sendiri.

Kesimpulan

Sensor CKP yang terdapat dalam Vario 110 adalah komponen penting berguna untuk mengecek posisi putaran pada kruk AS. Supaya sensor CKP bisa bekerja secara maksimal, kamu harus membersihkan sensor dengan rutin, mengecek kabel sensor, mengecek soket kabel, serta melindungi sensor dari paparan debu dan panas. Selain itu, kamu juga perlu menerapkan cara memperbaiki sensor CKP Vario 110 yang rusak.

 

 

 

Related posts