Cara Menekuk Akrilik

Bagaimana cara menekuk akrilik ? masih banyak orang yang masih bingung mengenai cara menekuk akrilik yang benar dan rapi. Akrilik adalah salah satu bahan yang sering digunakan untuk membuat berbagai keperluan.

Jadi jika ingin menggunakan akrilik untuk membuat sesuatu seperti halnya dekorasi atau hiasan rumah kamu perlu membentu akrilik dengan rapi, simentri supaya bisa cantic saat dilihat. Ada banyak bahan yang bisa digunakan untuk dekorasi rumah dan salah satunya adalah akrilik ini.

Akrilik memiliki banyak keunggulan salah satunya adalah tampilannya yang menarik. Apalagi harga akrilik ini juga terjangkau. Selain untuk hiasan rumah, bahan ini juga sering digunakan untuk membuat berbagai macam peralatan lain disekitarmu.

Sebagian orang menilai menekuk akrilik adalah hal yang sudah, karena jika salah tekuk maka tidak akan bisa rapi atau bahkan akrilik bisa patah. Padahal cara menekuk akrlik cukup mudah untuk dilakukan sendiri. Kamu juga tidak membutuhkan banyak alat untuk melakukannya.

Cara paling mudah adalah dengan memanaskannya, kemudian tekuk akrilik dengan rapi sesuai dengan bentuk yang kamu inginkan. Akrilik memiliki bahan plastic yang akan memudahkan kamu dalam menekuknya saat sudah meleleh akibat suhu yang panas.

Dan pada artikel ini akan dibahas mengenai cara menekuk akrilik dengan baik dan benar. Jadi jika kamu masih belum bisa menekuk akrilik kamu bisa mengikuti cara-cara yang akan dibahas pada artikel ini.

Apa Itu Akrilik ?

Sebelumnya kamu perlu mengetahui cara menekuk akrilik ada baiknya jika kamu mengenal apa itu akrilik terlebih dahulu. Akrilik sendiri adalah plastic polimer transparan berupa lembaran yang biasanya digunakan sebagai bahan substitusi dari kaca.

Terkait:  Cara Mengisi Buku Kas Umum

Akrilik sendiri lebih ringan dibandingkan dengan kaca. Dan kelebihan dari akrilik bisa mentransfer cahaya, menahan panas, serta memiliki kemampuan strukturan yang jauh lebih kuat dibandingkan dengan kaca. Bukan hanya itu akrilik juga berbentuk lembaran jadi kamu bisa menekuknya sesuai dengan keinginanmu.

Jenis-jenis Akrilik

Akrilik memiliki banyak jenis yang berbeda, jadi jika kamu ingin menggunakan bahan akrilik ini kamu bisa menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhanmu. Berikut ini akan dibahas mengenai beberapa jenis dari akrilik :

1. Akrilik Cetak (Cast Acrylic)

Jenis pertama dari akrilik yang bisa kamu temui adalah akrilik cetak. Jenis ini dibuat dengan cara mencapurkan bahan-bahan yang dibutuhkan dalam bentukm cairan panas. Dan proses kimia terjadi saat pelelehan bahan-bahan tersebut, lalu dituangkan ke dalam cetaan berupa lembaran. Dan jika suhu sudah mendingkan maka cairan tersebut akan mengeras.

2. Akrilik Ekstrusi (Extruded Acrylic)

Berikutnya ada juga akrilik ekstruksi, akrilik jenis ini dibuat dengan bantuan mesin yang mana mesin akan menekan akrilik menjadi sebuah bentuk. Dan proses kimia terjadi pada saat proses mekanik terjadi. Harga dari akrilik jenis ini lebih murah dibandingkan dengan akrilik cetak.

3. Akrilik Lembaran Transparan (Clear Acrylic Sheeting)

Ada juga jenis akrilik ketiga yaitu akrilik lembaran transparan. Akrilik jenis ini adalah jenis yang paling umum dan mudah untuk kamu temui saat hendak membeli bahan akrilik. Lembaran akrilik transparan bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan salah satunya adalah sebagai penganti kaca pada meja.

4. Akrilik Lembaran Berwarna (Colored Acrylic Sheeting)

Selanjutnya apabila kamu ingin membuat suasana lebih berwarna, kamu bisa menggunakan akrilik lembaran berwarna. Ada banyak warna dari akrilik jenis ini, jadi kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan warna yang kamu inginkan.

Terkait:  Cara Membuat Stiker LINE

Itulah beberapa jenis akrilik yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan, saat kamu hendak membeli akrilik.

Cara Menekuk Akrilik

Cara Menekuk Akrilik
Cara Menekuk Akrilik

Jika kamu belum mengetahui cara menekuk akrilik. Maka kamu bisa menyimak langkah-langkah yang akan dibahas pada artikel ini. Menekuk akrilik harus kamu lakukan dengan perlahan dan hati-hati karena jika kamu terlalu keras menekuknya akrlik bisa pada dan tidak rapi.

Dan yang perlu kamu perhatikan saat akan melakukan cara membentuk akrilik pada artikel ini, perhatikan juga keamanan dan keselamatan. Karena untuk membengkokan akrilik, kamu memerlukan panas supaya bisa dibentuk dengan mudah.

Dan berikut ini langkah-langkah untuk menekuk akrilik yang bisa kamu ikuti dan terapkan supaya kamu bisa membentuk lembaran akrilik menjadi bentuk yang kamu inginkan. Simak penjelasannya dari awal hingga selesai.

1. Siapkan Akrilik

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum membengkokan akrilik ke bentuk yang kamu butuhkan adalah siapkan akrilik yang akan kamu bentuk terlebih dahulu. Kamu bisa membeli aklirik sesuai dengan ukuran yang kamu butuhkan. Dan untuk membeli bahan akrilik kamu bisa membelinya di toko-toko yang menjual bahan akrilik, atau beli ditoko online.  Harga bahan akrilik sendiri cukup terjangkau, kamu bisa membelinya sesuai dengan kebutuhan.

Jika kamu sudah memiliki bahan akrilik yang akan kamu bentuk menjadi peralatan yang kamu butuhkan seperti untuk hiasan rumah, dan lain sebagainya. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikutnya.

2. Panaskan Akrilik

Jika bahan akrilik yang diperlukan untuk membuat peralatan yang kamu butuhkan sudah ada, maka langkah berikutnya adalah panaskan bahan akrilik. Tahap memanaskan akrilik ini harus kamu lakukan supaya tekstur dari akrilik bisa lunak dan mudah untuk kamu tekuk. Serta proses pemanasan bahan akrilik ini juga berfungsi untuk membuat akrilik menjadi kaku kembali sesudah proses pemanasan.

Untuk memanaskan akrilik kamu bisa menggunakan oven, namun waktu pemanasan ini cukup sebentar tidak perlu lama-lama. Dan untuk melengkukan akrilik supaya bisa dibentuk kamu memerlukan alat pemanas (strip) dengan menggunakan alat ini. Maka kamu bisa membentuk garis lurus, yang nantinya bisa kamu tekuk dengan rapi pada bagian yang ingin kamu bentuk.

Terkait:  Cara Membuat Rekening BNI

3. Tekuk Akrilik Perlahan

Langkah berikutnya sesudah kamu panaskan akrilik menggunakan alat pemanas, selanjutnya kamu bisa menekuk bahan akrilik tersebut membentuk peralatan yang kamu inginkan. Sebelumnya kamu bisa menandai dengan garis-garis bagian yang akan kamu bengkokan. Selain alat pemanas, kamu juga membutuhkan alat pembentuk atau jepitan supaya akrilik bisa terbentuk dengan rapi dan sempurna.

Supaya terhindar dari cidera karena panas, kamu perlu menggunakan sarung tangan. Jika kamu sudah membentuk akrilik menjadi bentuk yang kamu inginkan. Maka diamkan akrilik hingga mengeras kembali supaya tidak kembali ke bentuk awal.

Kelebihan dan Kekurangan dari Akrilik

Setelah dibahas mengenai cara menekuk akrilik, berikutnya kamu juga perlu kelebih dan kekurangan apa saja yang dimiliki oleh banah akrilik ini. Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari bahan akrilik.

Kelebihan

Kekurangan

  • Lebih kuat dibandingkan dengan kaca dan tidak mudah pecah
  • Tidak tahan terhadap goresan
  • Memiliki berat yang ringan hingga 30% dibandingkan dengan kaca
  • Tidak kuat apabila terkena panas berlebihan
  • Harga cenderung lebih terjangkau
  • Mudah kotor jika terkena minyak ataupun lemak
  • Bisa dipakai dalam kuru waktu yang lebih lama
  • Akrilik bisa patah jika terkena tekanan keras

 

Demikianlah informasi mengenai cara menekuk akrilik yang dapat kamu ikuti, selain itu kamu juga bisa mengetahui jenis-jenis akrilik yang dapat kamu gunakan, serta kelebihan dan kekuarangan menggunakan bahan akrilik. Jangan lupa share supaya lebih banyak orang yang mengetahui cara membentuk akrilik ini ya.

 

 

Related posts