Cara Bongkar Mesin Cuci

Cara Bongkar Mesin Cuci

Mesin cuci termasuk salah satu perangkat elektronik yang peranannya sangat penting, terutama bagi Kamu yang sibuk dengan pekerjaan di luar rumah. Seorang ibu rumah tangga yang bekerja tentu akan kerepotan jika harus mencuci pakaian secara manual. Oleh sebab itu, solusi praktis untuk membantu salah satu pekerjaan rumah ini, dibutuhkan mesin cuci. Tak hanya penting mengetahui cara mengoperasikan mesin cuci, tetapi Kamu juga harus tahu cara bongkar mesin cuci dengan baik.

Cara Bongkar Mesin Cuci

Cara Bongkar Mesin Cuci
Panduan Lengkap Bongkar Mesin Cuci Top Loading

Panduan Membongkar Mesin Cuci Top Loading

Untuk perbaikan atau perawatan, Kamu setidaknya harus mengetahui cara bongkar mesin cuci dengan benar. Dalam proses ini, kita akan mencoba membongkar mesin cuci top loading. Bagi Kamu yang memiliki jenis mesin cuci ini di rumah, Kamu bisa mencoba tahapan-tahapannya berikut :

Read More

1. Buka Skrup Bagian Atas Pada Mesin Cuci

Pertama-tama, silahkan buka 4 skrup pada mesin cuci top loading. Untuk selanjutnya, silahkan angkat bagian cover atas mesn cuci.

2. Lepaskan Skrup di Tengah Pulsator

Jika top cover pada mesin cuci sudah terbuka, maka akan bagian dalam pada tabung mesin cuci pun akan terbuka. Silakan lepaskan skrup di tengah pulsator. Kemudian tarik pulsator sampai ke atas, tujuannya agar pulsator terlepas.

3.Buka Baut Memakai Kunci Shock

Cara bongkar mesin cuci top loading beriutnya ialah sesudah pulsator terlepas, Kamu akan melihat baut mengikat bagian cluctch pada tabung mesin cuci. Silakan buka bautnya memakai kunci shock, biasanya berukuran 35 mm.

4. Tarik Tabung Pengunci dari Baknya

Jika baut clutch tadi sudah terlepas, silahkan tarik bagian tabung pencuci dari baknya. Sementara itu, untuk melepas bagian clutch ini Kamu cukup membalikkannya saja.

5. Buka Skrup Pengikat Clutch

Langkah cara bongkar mesin cuci terakhir, Kamu cukup membuka skrup pengikat clutch outer tubnya saja.

Selesai, dan Kamu tinggal melakukan perbaikan atau pengecekan jika tujuanmu membongkar mesin cuci untuk melakukan perbaikan. Terkadang pengecekan dengan cara bongkar mesin cuci diperlukan, ketika perputaran mesin cuci menjadi tidak maksimal. Apalagi pada mesin cuci lama yang biasanya sudah mengerak. Oleh karena itu, butuh pembongkaran saat mengeceknya.

Bagaimana Cara Membersihkan Mesin Cuci Top Loading?

Untuk meminimalisir penumpukan kerak atau kotoran pada mesin cuci, yang berimbas pada kinerja mesin cuci, tentu saja Kamu harus rutin membersihkan mesin cuci. Supaya mesin cuci tetap awet, Kamu harus merawat mesin cuci sebaik mungkin. Meskipun perkara membersihkan alat elektronik ini bisa dibilang cukup rumit, setidaknya Kamu harus melakukan cara-cara berikut :

1. Pakai Deterjen Ramah Untuk Mesin Cuci

Selain berpengaruh terhadap hasil cucian, deterjen juga bisa mempengaruhi kinerja mesin cuci. Tak jarang kerusakan yang terjadi pada mesin cuci, diakibatkan oleh pemilihan deterjen yang sembarangan. Oleh karena itu, Kamu harus selektif memilih deterjen yang ‘tidak terlalu keras’ untuk mesin cucimu.

2. Cek Benda-Benda yang Ada di Dalam Mesin Cuci

Ketika kita mencuci memakai mesin cuci, tak jarang kita menemukan benda-benda yang justru tertinggal pada mesin cuci. Contohnya klip kertas, koin, peniti, dan lain sebagainya. Jadi saat Kamu membersihkannya, cek terlebih dulu bagian dalam pada mesin cuci. Ingat, jangan nyalakan alat ini sebelum Kamu mengeluarkan benda-benda tersebut!

3. Mulai dari Membersihkan Gasket

Jika Kamu tidak ingin melakukan pembongkaran dengan cara bongkar mesin cuci di atas, bersihkan mesin cuci mulai dari bagian gasket terlebih dahulu. Kamu bisa menemukan gasket ini di bagian mulut drum pada mesin cuci. Memiliki bentuk yang sama seperti cincin, biasanya berguna untuk menjaga air supaya tidak merembes ketika mencuci.

Silahkan bersihkan berbagai macma kotoran pada gasket, seperti rambut, jamur, dan debu yang menempel. Pastikan bersihkan bagian ini dengan menyeluruh setidaknya sekali dalam sebulan, supaya mesin cuci tetap awet.

4. Semprot Mesin Cuci dan Lap Memakai Kain Bersih

Silahkan semprot terlebih dahulu mesin cucimu, dan mulai membersihkannya. Hindari beberapa bagian pada mesin cuci yang terdapat komponen listrik. Jangan menyemprot bagian ini memakai air. Kamu juga bisa membersihkan kotoran seperti noda atau debu yang membandel, memakai kain lap basah. Tetap perhatikan tekanannya ketika membersihkan komponen mesin cuci, dan jangan terlalu kencang.

5. Bersihkan Bagian Tabung Mesin Cuci

Biasanya mesin cuci keluaran terbaru sudah dibekali fitur pembersihan tabung otomatis. Melalui pembersihan tabung tersebut, menjadikan mesin cucimu tak akan berbau serta dapat dipakai dalam waktu lama. Tapi jika fitur pencucian tidak ditemukan pada mesin cucimu, lakukan pembersihan secara manual. Kamu hanya memerlukan air panas, cuka dan baking soda. Campurkan semua bahan tersebut, lalu putar mesin cucimu. Biasanya penggunaan bahan-bahan ini dapat menghilangkan aroma tidak sedap yang melekat pada mesin ini.

6. Jangan Lupa Cek Bagian Filternya

Komponen yang tak kalah penting yang harus dibersihkan pada mesin cuci adalah bagian filter mesin cuci itu sendiri. Sebab bisa saja filter mesin cuci memiliki banyak kotoran. Jadi sebaiknya lakukan pengecekan filter secara rutin, dan Kamu bisa menghubungi servis mesin cuci jika ingin mengecek kendala melambatnya air yang masuk ke dalam mesin cuci. Segera lakukan tindakan agar mesin cuci tidak mudah rusak.

7. Membersihkan Bagian Luar Pada Mesin Cuci

Jika sudah membersihkan tabung mesin cuci, Kamu tinggal melanjutkan pembersihan pada bagian luarnya. Bersihkan bagian luar mesin cuci memakai kain. Tapi untuk mempermudah menghilangkan kotoran, pakai kain lap yang basah. Selain itu, pastikan seluruh permukaan pada mesin terbebas dan bersih dari yang namanya kotoran.

Supaya tak mudah korosif, sebaiknya ketingkan beberapa bagian pada mesin cuci yang berbahan logam. Kamu dapat mengeringkan beberapa bagian tersebut memakai lap kering.

8. Ketahui dan Patuhi Peraturan Umum Memakai Mesin Cuci

Misalnya saja, jangan membuka bagian tutup mesin cuci saat dipakai. Kamu baru bisa diperbolehkan menekan ‘start’ apabila seluruh pakaian berikut deterjen sudah dimasukkan ke mesin cuci. Supaya mesin cuci lebih tahan lama, hati-hati ketika menyemprotkan air. Kamu tak diperbolehkan untuk menyemprotkan air ke bagian kontrol panel.

Namun jika tak sengaja menyemprotkan air ke kontrol panel, segera bersihkan  memakai kain lap kering. Sesudah memakai mesin cuci, sebaiknya bersihkan deterjen yang tersisa supaya tidak mengganggu proses pencucian berikutnya. Kamu juga harus melakukan perawatan pada mesin cuci jenis top loading ini sesuai ketentuan agar lebih tahan lama.

Untuk menghindari proses bongkar pasang dengan cara bongkar mesin cuci di atas akibat adanya gangguan atau kerusakan pada mesin cuci, Kamu harus melakukan poin-poin di atas untuk perawatan. Selain itu, jangan lupa pula untuk selalu mencabut kabel mesin cuci sesudah dipakai. Tujuannya selain sebagai cara hemat listrik mesin cuci, juga supaya tak terjadi konsleting ketika terjadi pemadaman listrik.

Merawat komponen mesin cuci sangatlah penting, selain untuk menjaga agar mesin cuci tetap awet juga demi keamanan. Karena bagaimanapun, Kamu tentu masih memerlukan mesin cuci untuk membantu pekerjaan mencuci pakaian tanpa repot. Jadi, lakukan pembersihan dan perawatan pada mesin cucimu sekarang juga!

Demikianlah ulasan tentang cara bongkar mesin cuci top loading untuk perbaikan yang bisa Kamu lakukan. Semoga bermanfaat!

 

 

Related posts