Cara Membuat Stiker di Telegram

Cara Membuat Stiker di Telegram

Aplikasi Telegram kini menjadi saingan beratnya WhatsApp karena menawarkan sejumlah fitur dan kelebihan. Salah satu kelebihan aplikasi Telegram adalah ukuran aplikasinya yang sangat ringan hanya 24 Mb saja. Menariknya lagi, kalian juga bisa bermain stiker di Telegram dengan saling bertukar pesan memakai stiker di Telegram. Ingin tahu, bagaimana cara membuat stiker di Telegram? Baca terus artikelnya disini!

Beberapa fitur Telegram yang paling mencolok adalah bisa kirim file dalam ukuran yang sangat besar hingga mencapai giga byte untuk sekali kirim. Kalian bisa melakukan berbagai keperluan hanya dengan menggunakan bot Telegram.

Read More

Berbicara mengenai bot Telegram, kalian bisa melakukan berbagai aktivitas di dalamnya, bahkan kalian juga dapat membuat stiker melalui bot Telegram. Untuk membuat stiker di Telegram bot juga sangat mudah, kalian tidak perlu lagi mengunduh aplikasi.

Cara Membuat Stiker di Telegram

Cara Membuat Stiker di Telegram
Tutorial Membuat Stiker di Telegram

Cara 1 : Membuat Stiker Telegram Menggunakan Bot Telegram

Opsi pertama yaitu dengan menggunakan bot Telegram yang sudah di sediakan oleh pihak Telegram, artinya kalian tidak perlu download aplikasi pihak ketiga untuk membuat stiker. Silakan ikuti tutorial cara membuat stiker di Telegram berikut :

1. Persiapkan Gambar

Kalian bisa mempersiapkan gambar apa saja, misalnya dengan menjadikan foto selfie kalian sebagai stiker di Telegram. Namun tetap harus memenuhi persyaratan berikut :

  • Resolusi gambar harus berukuran 512 x 512 piksel.
  • Ukuran maksimal untuk 1 gambar tidak lebih dari 512 kb.
  • Menggunakan format file yang berkstensi .png dan .webp.
  • Persiapkan 1 gambar untuk ikon stiker dengan ukuran 100 x 100 piksel.

Jika ukurannya masih terlalu besar, lakukan kompres gambar atau foto terlebih dahulu secara online atau bisa menggunakan aplikasi yang sudah terpasang agar kalian bisa membuat stiker yang bagus.

sumber : digitaltren.id

Silahkan hapus background foto yang akan dijadikan stiker menjadi transparan. Sesuaikan dengan kebutuhan atau keinginan, karena nantinya stiker ini bisa dibagikan ke teman atau sesama pengguna Telegram.

2. Upload Gambar Pada Bot Telegram

Untuk pembuatan stiker, sebaiknya persiapkan gambar dalam berbagai ekspresi yang nantinya digunakan pada satu tema stiker yang sama. Jika sudah, silahkan upload ke dalam bot khusus. Bot tersebut di namakan Bot Stickers. Berikut cara membuat stiker di Telegram bot :

  • Buka aplikasi Telegram.
  • Di halaman depan Telegram, sorot bagian atas pada kolom pencarian.
  • Lalu pada kolom pencarian ketik nama bot nya : Stickers.

  • Akan muncul beberapa akun bot stickers yang tersedia, silahkan pilih bot stickers yang ada centang birunya.
  • Selain itu, ada beberapa informasi yang disajikan di halaman pertama di bot stickers terkait petunjuk penggunaannya. Diantaranya, seperti :
    • /newpack (membuat gambar stiker dalam kelompok baru menjadi png dan webp),/newvideo (menjadikan webm video),

      /newanimated (membuat animasi atau stiker bergerak dalam bentuk TGS sticker set),

      /newmask (jika ingin membuat kelompok atau grup masks), dan

      /help (jika membutuhkan bantuan), dan masih banyak lagi.

  • Setelah itu, silakan klik ‘Mulai’ atau ‘Start’ yang berada di bagian bawah.
  • Karena tujuannya adalah ingin membuat stiker baru, maka perintahnya adalah : /newpack.

 

  • Beri nama pada grup stiker yang ingin kalian buat. Untuk penamaan grup stiker bisa menggunakan satu kata atau lebih tergantung kebutuhan.
  • Setelah itu, upload foto atau gambar yang telah dipersiapkan.
  • Apabila gambar sudah di upload pada bot tersebut, akan ada tulisan ‘Thanks!’.
  • Namun jika gagal, kalian akan diminta untuk upload ulang hingga seluruh gambar berhasil di upload.
  • Jika ingin menambahkan gambar lagi, maka lakukan perintah untuk upload gambar baru pada bot stickers.
  • Setelah semua gambar selesai diupload, terakhir tinggal menuliskan perintah : /publish (untuk memulai menggunakan stiker yang telah dibuat).
  • Langkah selanjutnya adalah membuat ikon grup stiker yang sudah diupload tadi dengan gambar yang memiliki resolusi 100 x 100 piksel. Namun jika tidak mempunyai gambar dengan ukuran tersebut, bisa dilewati dengan ketikkan instruksi : /skip.
  • Selanjutnya tinggal membuat link shortname pada grup stiker yang telah dibuat tadi. Nantinya link tersebut akan seperti ini : https://Telegram.me/addstickers/shortname. Adapun tulisan ‘shortname’ merupakan nama stiker yang kalian buat.

3. Menambahkan Stiker ke Telegram

Untuk menambahkan stiker yang telah kalian buat adalah dengan klik link tautan tadi, selanjutnya akan muncul tombol untuk menambahkan stiker ke Telegram. Lakukan tes stikernya dengan mengirimkan ke orang lain melalui chat.

Dalam cara membuat stiker di Telegram bot memang perlu melakukan beberapa penyesuaian gambar terlebih dahulu.

4. Membagikan Sticker Pack ke Teman

Sebenarnya untuk membagikan sticker yang sudah dibuat ke orang lain bisa dengan add sticker di atas, atau dengan mengirimkan link ke kontak kalian. Caranya yaitu teruskan pesan Telegram dari bot Telegram sebelumnya yang berisi link stiker.

Cara 2 : Membuat Stiker Telegram Menggunakan Aplikasi

Cara membuat stiker di Telegram yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan khusus untuk membuat stiker Telegram. Nama aplikasinya adalah Sticker Maker fo Telegram – Make Telegram Sticker. Adapun langkah-langkahnya bisa kalian ikuti di bawah ini.

  • Mulailah untuk download aplikasinya baik pada Google Play Store atau pada App Store, cari namanya yaitu : Sticker Maker fo Telegram – Make Telegram Sticker.

  • Setelah aplikasinya terpasang pada perangkat hp, buka dan klik tombol plus (+)di samping kanan bawah.
  • Lanjutkan dengan memilih beberapa foto yang telah disiapkan untuk dijadikan stiker Telegram.
  • Silahkan seleksi foto atau gambar tersebut, selanjutnya klik Continue.
  • Jika ingin menambahkan tulisan atau hal-hal lainnya, gunakanlah tools yang disediakan.
  • Apabila sudah selesai, klik tombol save.
  • Langkah berikutnya untuk memasukkan stiker ke Telegram yaitu dengan klik tombol ‘Export’ dan kalian akan diarahkan pada bot Telegram khusus agar stiker bisa langsung masuk pada Telegram.
  • Sekarang, cobalah untuk mulai menggunakan stiker yang telah dibuat tersebut dengan berkirim chat ke pengguna atau teman kalian di Telegram.

Selain aplikasi Sticker Macker for Telegram, kalian juga bisa mengandalkan aplikasi Sticklt Pro jika ingin membuat stiker di Telegram.

Menjual Stiker Telegram

Kalian juga bisa menjual stiker yang sudah dibuat untuk memonetisasi dan memungkinkan kalian dapat memperoleh tambahan penghasilan lewat Telegram. Beberapa diantaranya melalui metode berikut :

1. Jual Karya Langsung ke Perusahaan Telegram

Melalui web resminya, Telegram telah membuka kesempatan bagi pembuat stiker untuk mempromosikan karya orisinal yang mereka buat. Telegram juga mengumumkan preferensi untuk stiker yang mereka inginkan, diantaranya stiker bertema serta memakai ikon-ikon berupa potret dari para penemu terkenal.

2. Menjual Stiker ke Klien Langsung

Kalian juga bisa menjual stiker hasil karya kalian ke beberapa pihak tertentu. Telegram menawarkan platform chat eksklusif terutama jika berbicara tentang stiker. Beberapa platform biasanya hanya menerima beberapa stiker dari desainer dan ilustrator yang dipilih.

Dengan banyaknya manfaat cara membuat stiker di Telegram sendiri, tentu saja jangan menyia-nyiakan kesempatan kalian. Selain itu, jika kalian benar-benar kreatif, bisa jadi stiker yang dibuat dapat menghasilkan cuan.

 

Related posts