Cara Render Video di Adobe Premiere

Cara render Video di Adobe Premiere

Bagaimana cara render video di Adobe Premiere? Adobe Premier adalah salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh Adobe Systems yang digunakan untuk editing video. Adobe premier sebelumnya dikenal sebagai Adobe Creative Suite atau Adobe Creative Cloud dan mulai dikenal publik tepatnya pada tahun 1991. Tujuan pengembangan aplikasi yang satu ini ialah untuk melakukan editing video profesional menggunakan fitur-fitur yang dibenamkannya yang sudah sangat lengkap.

Beberapa fitur Adobe Premier menawarkan banyak fungsi yang dapat Kamu manfaatkan untuk kebutuhan video. Akan tetapi, bagi yang ingin agar videonya menampilkan citra fotorealistik atau non fotorealistik yang awalnya berkualitas 2D menjadi 3D dapat dilakukan rendering. Rendering itu sendiri adalah proses editing secara otomatis dalam menghasilkan karya luar biasa. Namun bukan tak bisa dilakukan secara manual, mengingat proses rendering dapat dilakukan dengan cara manual maupun otomatis.

Read More

Cara Render Video di Adobe Premiere

Cara render Video di Adobe Premiere
Rendering Vide di Adobe Premiere

Tutorial Render Video di Adobe Premiere

Dalam cara render video di Adobe Premiere ini, Kamu harus menginstal aplikasinya terlebih dahulu. Jika ingin mengunduh Adobe Premiere, Kamu bisa mendapatkannya di web resmi Adobe. Tujuannya agar Kamu memperoleh lisensi resmi. Setelah memasang Adobe Premiere di komputer, Kamu tinggal mengikuti beberapa langkah di bawah ini untuk rendering beberapa fitur di aplikasi Adobe Premiere :

1. Rendering Video di Adobe Premiere Memakai Export Media

Fitur yang satu ini ada di dalam Adobe Premiere Pro. Jadi, Kamu wajib melakukan upgrade pada aplikasi ini dengan cara membeli lisensi resminya. Adapun fitur yang dimaksud ialah memakai Mercury Playback Engine. Tujuannya ialah untuk kepentingan video editing secara real time sekaligus accelerated rendering.

Fitur yang satu ini bahkan telah meningkatkan teknologinya dengan optimasi GPU, contohnya ialah CUDA yang sudah dikembangkan Nvidia. Di samping itu, teknologi openCL yang sudah dikembangkan oleh Khronos Group yang banyak digunakan di banyak GPU yang ada. Seperti Atera, Apple, AMD, ARM, Samsung, Intel, Qualcomm, Vivante, Xilinx, dan ZiiLABS. Hal ini akan memudahkan rendering supaya tak memerlukan waktu cukup lama.

Tahap 1 : Tutorial Rendering Video di Adobe Premiere

Cara render video di Adobe Premiere dengan Mercury Playback Engine Software Only ini merupakan proses rendering tanpa optimasi maupun akselerasi di GPU. Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

  • Langkah pertama, silahkan Kamu mendownload dan menginstal Adobe Premiere terlebih dahulu sebelumnya, demi kelancaran rendering pastikan Kamu telah memakai Adobe Premiere Pro CC 2017 ke atas.
  • Silahkan buat New Project yang tersedia di menu file, lalu pilih New dan pilih lagi Project.
  • Untuk memudahkan akses agar tak memerlukan waktu yang lama, maka di menu utama tinggal ketikkan saja tombol kombinasi Ctrl+Alt+N.
  • Memberi nama project baru yang telah disediakan di kolom Name. Misalnya saja, Company Profile IT Mercu Buana.
  • Umumnya lokasi project akan ditempatkan di dalam direktori C. Bagi yang ingin mengetahui posisinya secara detail, buka menu Explorer dan buka direktori C, lalu pilih Users dan masuk ke dalam Windows User. Kemudian pilih Documents kemudian cari Adobe, dan pilih folder Premier Pro. Bagi yang ingin mengganti settingan secara langsung, tinggal ketik tombol browse dan pilih ke folder yang akan dijadikan sebagai default save.
  • Di dalam tab berikutnya, yakni pada Tab General, Kamu dapat merendering menggunakan fitur Mercury Playback Engine Software Only. Di samping itu juga, Kamu dapat melakukan editing Display Video Format atau Display Audio Format, semisal Audio Samples. Tak hanya itu, melalui fitur ini Kamu juga dapat melakukan capture format, entah itu DV maupun HDV. Apabila merasa kebingungan dengan tombol-tombol yang ada, biarkan sesyaikan saja secara default.
  • Kemudian klik OK apabila rendering telah selesai dilakukan.

Berdasarkan penjelasan di atas, Kamu pun bisa mengetahui bahwa reenderer video yang tersedia di perangkat komputer nantinya dapat memakai fitur dari Adobe Premier untuk melakukan rendering video.

Tahap 2 : Tutorial Rendering Video di Adobe Premiere Tanpa Bantuan Software Lain

Bagi kamu pengguna GPU Intel maka rendeder engine yang tersedia secara default yaitu Mercury Playback Engine GPU Acceleration dan fitur Mercury Playback Engine Software Only. Namun bagi kamu yang menggunakan tipe GPU Nvidia maka untuk melakukan renderer video, bisa dilakukan memakai teknologi CUDA. Dengan kata lain, fitur yang tersedia yaitu Mercury Playback Engine Gpu Acceleration CUDA. Jika Kamu bingung mengetahui jenis VGA yang digunakan di perangkat PC-mu, maka caranya tinggal cek VGA di PC/laptopmu di menu settings.

Sementara jika sudah mengetahui jenis renverer video tertentu, Kamu selanjutnya dapat memakai fitur Adobe Premiere tanpa bantuan dari perangkat lunak lain, berikut :

  • Buka Adobe Premiere lalu klik menu file, selanjutnya pilih menu export dan masuk pada file media. Atau jika ingin cepat maka bisa tekan tombol Ctrl + M paa keyboard kamu.
  • Kemudian kamu akan mendapatkan jedela baru yaitu export settings.
  • Pada jendela format, pilihlah format video yang kamu inginkan sehingga proses hasilnya adalah format file video tersebut. Umumnya format yang tersedia diantaranya AAC Audio, AIFF, Animated GIF, AS – 11, AVI, BMP, DNxHD MXF OP1a, DPX, GIF H.264, H.264 Bluray, JPEG, JPEG 2000 MXF, MP3, MPEG2, MPEG2 DVD, MPEG4, P2 Movie, PNG, QuickTime, Targa, TIFF, Wavefrom Audio, Windows Media dan Wraptor DCP.
  • Selanjutnya pada bagian preset kamu bisa memilih beberapa pengaturan yang sudah disediakan seperti jika ingin publishing video yang akan di upload ke Yotube dengan kualitas seperti kualitas HD maka lakukan rendering project pada preset Yotube 1080p ukuran HD.

2. Rendering Video di Adobe Premiere Menggunakan Adobe Media Encoder

Cara render video di Adobe Premiere berikutnya ialah dengan memanfaatkan Adobe Media Encoder. Adobe Media Encoder adalah perangkat lunak yang terdapat pada Adobe Creative Suite serta pada Adobe Creative Cloud. Sehingga nantinya akan menghasilkan format dengan kualitas terbaik karena Adobe Premiere sudah terintegrasi dengan Adobe Media Encoder.

Langkah – langkahnya bisa kamu ikuti beberapa langkah dibawah ini :

  • Buka aplikasi Adobe Premier lalu pilih menu file yang berada di bagian atas kemudian pilih export dan pilih media. Untuk lebih mudah bisa klik tombol Ctrl + M pada keyboard.
  • Kemudian selanjutnya kamu akan mendapatkan jendela baru yaitu export settings.
  • Lihat di bagian bawah yang ada tombol queue.

Penggunaan Adobe Media Encoder selanjutnya akan tetap menggunakan fitur Mercury Playback Engine untuk melakukan rendering video.

Itulah beberapa cara render video di Adobe Premiere, dengan melakukan rendering video maka diharapkan video yang kamu hasilkan memiliki kualitas yang sangat baik. Sehingga Kamu bisa menciptakan sebuah hasil karya video yang menakjubkan, baik untuk keperluan hobi semata atau mungkin untuk pekerjaan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Related posts