Cara Cek Layar Vivo

Seperti apa Cara Cek Layar Vivo? Apakah fungsi dari Cek Layar Vivo? Bisakah cara ini dilakukan sendiri?

Memiliki ponsel pintar ditengah kemajuan teknologi saat ini sudah bukanlah hal yang mengherankan lagi. Mulai dari remaja hingga orang dewasa, tentunya mereka memiliki smartphone.

Baik untuk sekedar bermain game online, berkomunikasi via whatsapp, line, dan aplikasi chat lain, atau bahkan menunjang kegiatan belajar online ataupun pekerjaan.

Sebagaimana kita tau, saat ini kita bisa dengan mudah membeli ponsel pintar atau smartphone dengan harga yang terjangkau. Mulai dari harga 1 jutaan, atau bahkan lebih. Tentunya, hal ini tergantung dari spesifikasi smartphone itu sendiri.

Bahkan, kita bisa menemukan banyak sekali penjual ponsel dengan kondisi second atau bekas pemakaian pemilik pertama. Tentunya, kondisi smartphone yang dijual pun pastilah memiliki kekurangan. Baik dari segi fisik, ataupun software yang kadang tidak bisa mendapatkan pembaruan atau sudah dalam kondisi root.

Meskipun begitu, untuk kamu yang mungkin ingin membeli ponsel pintar dalam kondisi baru mungkin juga harus cermat dalam melihat kondisi fisik / hardware dari ponsel yang akan kalian beli. Karena tak jarang ada saja oknum penjual yang menjajakkan ponsel dengan kondisi baru, padahal bisa saja ada penggantian part yang kita tidak tau.

Hal yang paling bisa kita rasakan ketika membeli ponsel baru dengan sudah terjadi perubahan part adalah dari layar LCD nya. Sebab, apabila LCD yang digunakan tidak orsinil atau asli dari vendor nya, maka bisa saja ada kerusakan atau error yang terjadi pada saat kita menggunakannya.

Tapi jangan dulu khawatir sob, selaku pengguna yang bijak, tentunya kita bisa melakukan pemeriksaan pada Layar LCD untuk mengecek keorsinilan part yang ada pada smartphone kita, terutama pada merek Vivo.

Sebab apabila terjadi kerusakan pada Layar LCD, maka bisa saja kegiatan mengetik ataupun menggunakan ponsel akan terganggu, misalnya ketika kalian ingin melakukan zoom pada foto, tiba tiba ketika melakukan pinch in, layar menjadi tidak stabil dan tidak mau melakukan Zoom seperti pada umumnya.

Atau hal lain yang sering terjadi adalah Ghost Touch, dimana ketika kalian melakukan tap pada satu sisi, tiba tiba sisi lain dari layar ikut melakukan tap tanpa sebab. Namun kejadian seperti biasanya terjadi akibat ponsel habis jatuh, atau mungkin terkena air.

Cara Cek Layar Vivo

Cara Cek Layar Vivo
Cek Layar Vivo

Nah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hal diatas, kali ini kita akan mengulas lebih lanjut soal Cara Cek Layar Vivo untuk kamu yang mungkin berencana untuk membeli ponsel pintar baru, ataupun sudah menggunakan hp Vivo dengan waktu yang cukup lama.

Cara Cek layar Vivo lewat Kode Rahasia

Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan menggunakan kode rahasia. Hal ini sama seperti cara cek layar Oppo yang sebelumnya kita tulis. Yakni

  • Buka aplikasi dial phone / telpon di ponsel Vivo kalian, lalu ketik *#800# untuk menampilkan menu hardware test yang hanya bisa dipanggil menggunakan kode itu saja.
  • Setelah menu Hardware Test terbuka, kalian bisa melihat banyak pilihan menu dari Engineer Mode, langsung saja cari menu Touchscreen dan LCD Test
  • Apabila muncul kotak berwarna merah, tap kotak tersebut untuk melakukan pengujian Sensitivitas LCD yang digunakan.
  • Kalian juga bisa mengikuti semua instruksi yang diberikan atau bahkan tekan dan tahan semua kotak yang ada, lalu kemudian melakukan swipe mengikuti arahan yang diberikan.
  • Apabila hasil yang ditampilkan pada saat melakukan swipe adalah normal dan tidak putus-putus, maka bisa dipastikan Layar LCD kalian dalam kondisi baik dan memiliki sensitifitas yang baik

Cara Cek Layar Vivo dengan Aplikasi Touchscreen Calibration

Cara kedua yang bisa kalian lakukan adalah melakukan pengecekan layar HP dengan menggunakan LCD Calibration. Fungsi dari pengecekan ini ialah untuk melakukan kalibrasi pada layar HP, untuk mengetahui sensitivitas touchscreen pada saat menggunakan Touchscreen di Android.

Caranya juga gampang kok.

  • Download terlebih dahulu aplikasi LCD Calibration
  • Install Aplikasi tersebut sampai selesai
  • Letakkan ponsel kalian ditempat yang datar dan menghadap keatas
  • Jalankan aplikasi LCD Calibration
  • Ikuti Instruksi yang diberikan. Untuk melakukan kalibrasi LCD HP agar kembali responsif.

Adapun beberapa test yang dilakukan dalam aplikasi ini cukup beragam, mulai dari single tap, double tap, long press, pinch, Swipe, dan Zoom.

Apabila ketika pengecekan LCD hasilnya adalah PASS atau berwarna hijau, itu berarti kalian sudah berhasil melakukan kalibrasi LCD Realme, dan kemudian kalian bisa melakukan restart dan menggunakan HP kalian seperti biasa.

Namun, apabila setelah melakukan kalibrasi ternyata masih dirasa kurang pas, maka kalian bisa melakukan kalibrasi ulang ataupun secara berkala.

Cara Cek Layar Vivo dengan Aplikasi Sensor Box for Android

Terakhir, kamu bisa melakukan pengecekan layar HP Vivo kalian dengan menggunakan aplikasi Sensor Box for Android. Aplikasi ini sangat populer di kalangan pengguna Android untuk melakukan pencekan hardware.

Aplikasi ini juga mudah untuk digunakan. Jadi, kalian tidak perlu takut mengalami kesulitan saat menggunakan Aplikasi ini.

  • Jika kalian belum memiliki aplikasinya, langsung saja buka Google Play Store, dan cari Sensor Box for Android
  • Install Aplikasi tersebut sampai selesai
  • Setelah terinstall, jalankan Aplikasi Sensor Box nya
  • Terakhir, kamu akan melihat beberapa menu pengetesan yang bisa kamu coba untuk memeriksa hardware realme kalian.
  • Untuk mengecek layar HP Realme, kamu disarankan untuk menggunakan Accelerometer Sensor, Proximity Sensor, dan Magnetic Sensor

Tidak hanya melakukan pengecekan Layar HP saja, Aplikasi Sensor Box juga memiliki banyak pilihan menu untuk melakukan pemeriksaan hardware, seperti Accelerometer Sensor, Light Sensor, Orientation Sensor, Proximity Sensor, Temperature Sensor, Gyroscope Sensor, Sound Sensor, Magnetic Sensor, dan Preassure Sensor.

Tapi perlu diingat ya, walaupun ada beragam pilihan yang bisa kamu coba, tidak semua perangkat bisa melakukan pengetesan di tiap kategori tersebut.

Dengan melakukan pengecekan seperti ini, tentunya pengguna Smartphone terutama merek Vivo bisa lebih mengetahui apakah Layar LCD yang digunakan memiliki keaslian yang benar, atau mengalami kerusakan.

Biasanya, beberapa kendala yang dialami apabila mereka menggunakan LCD yang tidak asli adalah warna yang ditampilkan tidak tajam, sering terjadi ghost touch, sering terjadi delay pada saat mengetik di keyboard, kecerahan warna yang ditampilkan tidak natural, dan lain sebagainya.

Jika ternyata kerusakannya sudah terlalu parah, kalian bisa membawa ponsel kalian ke service center Vivo terdekat untuk melakukan penggantian part LCD yang baru. Namun tentunya, hal ini akan memaksa kamu untuk mengeluarkan sejumlah biaya penggantian LCD.

Demikianlah cara cek layar Vivo yang bisa kamu gunakan, semoga bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi