Cara Memperbaiki Layar Sentuh Tidak Merespon

Cara Memperbaiki Layar Sentuh Tidak Merespon

Apakah kalian pernah mengalami layar sentuh HP tidak merespon? Kebanyakan orang ketika layar sentuh perangkat hpnya mengalami kerusakan atau tidak merespon, mungkin langsung mengganti layar atau bahkan membeli hp yang baru. Sah-sah saja jika memiliki budget berlebih untuk membelinya, tapi bagaimana jika kebetulan kalian memiliki dana pas-pasan? Simak cara memperbaiki layar sentuh tidak merespon disini!

Cara Memperbaiki Layar Sentuh Tidak Merespon

Cara Memperbaiki Layar Sentuh Tidak Merespon
Tutorial Memperbaiki Layar Sentuh Tidak Merespon

Ketika kalian mengalami kondisi layar sentuh perangkat yang tidak merespon, sebaiknya jangan buru-buru untuk membeli layar hp yang baru atau bahkan membeli hp baru. Karena masih ada beberapa alternatif cara memperbaiki layar sentuh tidak merespon yang bisa kalian coba di bawah ini. Sehingga, kalian bisa lebih berhemat tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli layar, apalagi beli hp baru hanya karena kondisi ini.

1.  Periksa Segera Kondisi Layar

Langkah pertama adalah segera periksa kondisi layar HP kalian. Biasanya jika layar tidak merespon, penyebab awalnya bisa terjadi karena terjatuh dan menimbulkan benturan, bahkan lebih parahnya menyebabkan keretakan pada layar HP. Akibatnya, membuat sensor layar hp menjadi kurang sensitif ketika di sentuh.

Penyebab lainnya jika sensitivitas layar HP tidak merespon yaitu layar HP menjadi sedikit melengkung akibat terhimpit atau mungkin saja terduduki. Ketidaksengajaan tersebut tentunya menjadi masalah besar pada layar HP.

Jika kalian mengalami masalah seperti yang telah di contohkan di atas, lebih baik pergi ke couter hp dan tanyakan terlebih dahulu terkait kondisinya. Atau jika ingin mencoba cek sendiri, kalian bisa melakukan beberapa cara lanjutan yang akan di jelaskan pada poin selanjutnya.

2. Restart HP

Tindakan selanjutnya jika sensitivitas layar HP tidak terlalu merespon ketika di sentuh adalah dengan restart HP. Ini merupakan cara memperbaiki layar sentuh tidak merespon yang paling mudah dilakukan. Biasanya jika sudah di restart, kondisi layar HP akan kembali normal dan bisa di maksimalkan kembali penggunaannya.

Namun perlu kalian ketahui, pada kondisi tertentu untuk metode ini tidak dapat berjalan lancar. Jika demikian, kalian harus menggunakan cara yang lain untuk mencoba mengembalikan sensitivitas layar HP agar normal kembali seperti biasa.

3. Masuk Save Mode

Save Mode tersedia di setiap HP smartphone apapun mereknya. Fungsi paling utama save mode adalah untuk mematikan semua fungsi yang aktif dari aplikasi pihak ketiga. Sehingga ketika berada pada mode ini, maka yang bisa di operasikan adalah hanya dari perangkat bawaan saja.

Umumnya penggunaan save mode yaitu untuk mengecek beberapa kerusakan yang terjadi di perangkat HP, salah satunya adalah mengecek sensitivitas layar HP. Biasanya pada mode ini, layar HP akan terlihat berfungsi atau tidak jika di sentuh saja.

Apabila ketika di sentuh tidak menunjukkan tanda-tanda sensitivitas melemah, maka bisa jadi permasalahannya pada bagian lain seperti pemakaian RAM yang terlalu berlebihan, atau bisa jadi kesalahan teknis. Umumnya untuk masuk pada save mode, bisa kalian lakukan langkah-langkahnya di bawah ini :

  • matikan terlebih dahulu HP smartphone kalian dengan menekan tombol power cukup lama.
  • HP akan mati secara otomatis, lalu nyalakan kembali dengan menekan tombol power.
  • Ketika sudah muncul logo atau merek HP pada layar, tekan dan tahanlah tombol volume down.
  • Tunggu hingga proses booting selesai dilakukan. Ketika masuk pada halaman muka perangkat HP, maka akan secara otomatis masuk pada save mode.

4. Menonaktifkan Opsi Developer

Cara memperbaiki layar sentuh tidak merespon berikutnya adalah menonaktifkan opsi pengembang atau developer. Opsi developer merupakan opsi lanjutan yang tersembunyi yang bisa di aktifkan dengan beberapa trik tertentu. Fungsi dari opsi developer adalah agar pengguna bisa lebih leluas mengubah fitur yang ada di dalam HP.

Akan tetapi, jika terlalu sering menggunakan opsi ini, maka sensitivitas layar sentuh HP menjadi tidak merespon, oleh karena itu lebih baik opsi developer ini dimatikan saja. Caranya menonaktifkanya cukup mudah, yaitu :

  • Buka menu pengaturan.
  • Gulir sedikit ke bawah dan temukan opsi Sistem.
  • Di halaman sistem, sorot ke opsi Developer lalu klik opsi tersebut.
  • Silakan untuk menonaktifkan opsi developer dengan cara geser slider dari on menjadi off.

5. Kalibrasi Layar Smartphone

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, biasanya untuk kalibrasi layar smartphone menggunakan aplikasi Touchscreen Caibration. Apabila sebelumnya belum memiliki aplikasi ini, maka disarankan untuk download teelebih dahulu di Google Play Store. Lebih lengkapnya, simak tutorialnya di bawah ini :

  • Setelah terinstal di perangkat HP, pada halaman utama aplikasi ini akan langsug bisa memulai kalibrasi yaitu kalibrasi untuk uji alas. Di bagian bawah ada tombol ‘Kalibrasi’, silakan klik untuk memulainya.
  • Pada kotak yang telah disediakan, mulailah dengan ketukan tunggal (ketuk sekali) lalu klik kalibrasi. Jika normal, maka akan ada tulisan Lulus.
  • Selanjutnya pada kotak, klik Ketuk Ganda (ketuk 2 kali), jika normal maka dibagian bawahnya akan ada tulisan Lulus.
  • Selanjutnya pada kotak yang sama, Tekan Lama (tekan dan tahan selama 2 detik), jika normal maka akan ada tulisan Lulus di bagian bawah.
  • Berikutnya untuk tingkat akurasi hasil dari percobaan yang telah dilakukan, akan ada tingkat akurasi dalam bentuk persentase.
  • Terakhir, jika semua percobaan di atas telah selesai, maka akan ada tulisan ‘Kalibrasi Berhasil.

Namun jika beberapa percobaan di atas tidak berhasil, maka bisa dipastikan layar sentuh HP kalian ada yang bermasalah.

6. Mengaktifkan GPU 2D Rendering

Kalian juga bisa coba cara memperbaiki layar sentuh tidak merespon dengan metode ini. Silahkan cek metode ini jika memang bermasalah ketika melakukan transmisi atau perpindahan layar dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya tidak terlalu merespon.

Untuk mengatasinya, silakan aktifkan GPU 2D Rendering sehingga user intreface menjadi ringan dan dapat menghilangkan efek yang kurang baik ketika perpindahan aplikasi. Kalian bisa cek ulasannya disini :

  • Masuk pada menu settings pada perangkat HP.
  • Silakan pilih opsi Developer.
  • Lalu pada opsi lanjutannya aktifkan ‘Force GPU Rendering’ dengan mencentangnya.

7. Kembali Ke Setelan Pabrik

Jika cara memperbaiki layar sentuh tidak merespon di atas masih tetap tidak dapat bekerja, opsi selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan mengembalikan semua fitur dan layanan ke setelan pabrik. Caranya cukup mudah, kalian hanya ikuti beberapa petunjuk sederhananya di bawah ini :

  • Buka kembali menu setttings pada perangkat HP.
  • Selanjutnya masuk pada menu ‘General Managemennt’
  • Lalu kik Reset dan selanjutnya klik kembali opsi ‘Factory Data Reset’.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses reset telah selesai dilakukan.
  • Silakan cek kembali layar sentuh HP kalian, apakah sudah berjalan normal atau masih ada beberapa sudut layar yang tidak ada respon sama sekali.

Namun perlu di ingat, sebelum melakukan cara ini harap di backup dulu semua data yang sudah kalian simpan terutama pada memori internal HP. Jika tidak, maka semua data hilang dan kalian tidak bisa mengembalikan data tersebut.

8. Ganti Layar HP

Apabila ke 7 cara di atas masih belum berhasil, berarti permasalahan utamanya ada pada komponen layar HP itu sendiri. Tidak ada jalan lain harus mengganti layar HP yang bermasalah tersebut ke yang baru.

Umumnya biaya penggantian kurang lebih di angka ratusan ribu rupiah, oleh karena itu siapkan budgetnya terlebih dahulu sebelum berangkat ke tempat service HP.

Setidaknya dengan mencoba ke-8 metode cara memperbaiki layar sentuh tidak merespon di atas, kalian tidak langsung terburu-buru mengganti layar, apalagi mengganti hp yang baru. Semoga membantu!

Related posts