Cara Menambah RAM Oppo

RAM adalah salah satu komponen penting pada perangkat smartphone agar bisa menjalankan sebuah aplikasi sehingga tidak menyebabkan lag. Kehadiran RAM dapat mempermudah kerja sistem karena fungsi dari RAM adalah sebagai tempat menyimpan data sementara agar bisa berjalan dengan baik. Cek cara menambah RAM oppo disini!

RAM merupakan syarat wajib yang harus ada di setiap smartphone, yang menjadi batasannya adalah ukuran RAM di setiap smartphona. Sehingga akan berpengaruh pada kinerja smartphone secara keseluruhan apabila spesifikasi RAM lebih rendah dari sebuah aplikasi, yang mensyaratkan kapasitas RAM cukup besar agar berjalan lancar.

Read More

Jika dilihat dari ilustrasi di atas, sepertinya RAM menjadi salah satu perangkat penting pada smartphone. Bisa saja jika RAM kurang atau karena terlalu banyak aktivitas mobile, bisa mempengaruhi kinerja smartphone itu sendiri.

Pada pembahasan kali ini akan di jelaskan bagaimana cara menambah RAM Oppo untuk meningkatkan kinerja smartphone Oppo kalian agar lebih optimal. Smartphone yang akan di contohkan di sini adalah HP Oppo, karan HP ini memiliki fitur lengkap khusus untuk menambah RAM menjadi lebih besar.

Cara Menambah RAM Oppo

Cara Menambah RAM Oppo
Tutorial Menambah RAM Oppo

Sederhananya, jika kalian menginginkan RAM HP Oppo dengan kapasitas yang lebih besar, maka jalan yang paling sederhana adalah dengan membeli HP Oppo terbaru yang memiliki kapasitas RAM lebih besar dari ponsel sebelumnya. Karena sekarang ini harga HP Oppo untuk kelas menengah saja sudah memiliki ukuran RAM yang cukup besar jika ingin memainkan atau download aplikasi berat di HP Oppo kalian.

Terkait:  Cara Cek Spek Hp Samsung

Akan tetapi, cara ini butuh dana yang tidak sedikit karena harus menyiapkan sejumlah uang setidaknya di kisaran 2 juta ke atas. Untuk antisipasinya jika ingin menggunakan cara ini, maka HP lama bisa di tukar tambah dengan HP baru sehingga harga HP baru akan terpangkas. Paling tidak bisa setengahnya dari harga yang sebenarnya.

Tutorial Menambah RAM Hp Oppo Dengan Trik Sederhana

Jika seandainya cara menambah RAM Oppo di atas, tidak mungkin dilakukan dengan alasan HP Oppo lama masih sangat bagus atau alasan lainnya. Kalian jangan khawatir, sebab masih ada beberapa alternatif cara lain yang bisa dilakukan agar RAM HP Oppo setidaknya bisa lebih tinggi dari RAM bawaan ketika pertama kali membelinya.

Perlu kalian ingat bahwa RAM tidak bisa diganti begitu saja dari RAM lama ke RAM baru dengan cara membongkarnya, karena cara ini tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Justru jika ini dilakukan akan terjadi masalah baru seperti sistem malfungsi atau lebih parahnya lagi HP Oppo kalian tidak jalan sama sekali.

Cara agar kapasitas RAM bisa bertambah adalah dengan menggunakan berbagai macam trik sederhana yang dapat dilakukan oleh siapapun. Dengan arti lain, kalian bisa memaksimalkan kapasitas RAM agar memori RAM menjadi lega sehingga kalian akan tetap bisa memainkan game atau aplikasi berat di HP Oppo.

Untuk lebih jelasnya, simak satu per satu trik yang bisa kalian coba sebagai cara menambah RAM Oppo berikut ini :

Metode 1 : Menambah RAM Oppo Dengan Menggunakan Opsi Pengembang

Opsi pengembang adalah salah satu opsi yang berada pada menu settings, di mana menu ini bisa digunakan untuk mengatur HP berdasarkan dari kemauan si penggunanya. Istilah lainnya adalah mengatur sendiri sistem pada HP tanpa menggunakan opsi default dari pabrik.

Terkait:  Cara Mematikan Hp Samsung A52

Simak tutorial cara menambah RAM Oppo memakai opsi pengembang berikut :

1. Buka Menu Setting di Oppo

Buka HP Oppo, lalu masuk pada menu settings terlebih dahulu. Jika sudah masuk pada menu settings, silakan masuk pada opsi ‘About Phone’, atau jika pengaturan HP Oppo kalian sudah berbahasa Indonesia maka opsi tersebut adalah ‘Tentang Ponsel’. Biasanya opsi tersebut berada di bagian bawah, silakan gulir ke bawah untuk menemukan opsi ini.

2. Sorot Nomor Kompilasi

Setelah masuk pada opsi tersebut, sorot pada opsi ‘Nomor Kompilasi’. Klik opsi tersebut sebanyak 7 kali sehingga opsi pengembang akan muncul pada layar HP Oppo.

3. Masuk Opsi Pengembang

Secara otomatis jika melakukan hal tersebut maka akan keluar opsi pengembang. Akan tetapi, jika HP Oppo kalian sudah dalam mode pengembang, maka akan ada tulisan ‘Operasi Ini Tidak Dibutuhkan Karena Anda Sudah di Mode Pengembang’. Biasanya tulisan ini muncul apabila HP Oppo kalian merupakan HP second yang sudah di atur oleh pengguna sebelumnya.

4. Pilih Setting dan Pengaturan Tambahan

Berikutnya, silakan kembali pada tampilan awal menu settings. Silakan pilih opsi ‘pengaturan tambahan’ karena di sanalah terdapat opsi ‘Pengembang’ yang sudah di munculkan dengan langkah-langkah di atas.

Gulir ke bagian bawah hingga menemukan opsi ‘Batas Proses Latar Belakang’. Selanjutna akan ada beberapa opsi kembali terkait latar belakang yaitu : Batas Standar, Maksimal 1 Proses, Tanpa Proses Latar Belakang, Maksimal 2 Proses, Maksimal 3 Proses, dan terakhir Maksimal 4 Proses.

5. Pilih Tanpa Proses Latar Belakang

Karena tujuannya adalah ingin memaksimalkan RAM, silakan pilih opsi ‘Tanpa Proses latar Belakang’.

6. Pilih Zoom Animasi Jendela

Lanjutkanlah pengaturannya dengan memilih opsi ‘Zoom Animasi Jendela’ untuk selanjutnya silakan nonaktifkan animasi yang menjadi salah satu penyebab ukuran RAM menjadi kecil.

Terkait:  Cara Ganti Username Spotify

7. Pilih Skala Durasi Animator

Selain itu juga, kalian pilih opsi ‘Skala Animasi Transisi’ dan juga opsi ‘Skala Durasi Animator’. Silakan kedua opsi tersebut di nonaktifkan saja.

8. Pastikan RAM Hp Oppo Bertambah

Langkah terakhir adalah tinggal memastikan apakah kapasitas RAM di HP Oppo kalian sudah bertambah atau tidak, sebaiknya masuk kembali pada opsi pengembang. Jika sudah, klik opsi ‘Layanan yang Sedang Berjalan’. Di sini kalian bisa melihat ukuran RAM yang sudah di perbaharui pada baris yang bertuliskan ‘bebas’. Itulah RAM yang bisa kalian manfaatkan untuk bermain game atau membuka aplikasi berat jika memang tujuannya untuk hal seperti itu.

Metode 2 : Menambah RAM Dengan Menggunakan Fitur Bawaan

Cara menambah RAM Oppo berikutnya adalah memakai fitur bawaan. Fitur untuk menambah RAM pada HP Oppo adalah fitur RAM expansion. Akan tetapi yang menjadi kelemahan fitur ini adalah tidak semua HP Oppo memilikinya. Setidaknya untuk fitu RAM expansion terdapat pada seri HP Oppo yang sudah menggunakan sistem operasi android 11 atau di atasnya.

Apabila kalian memiliki HP Oppo dengan sistem operasi di bawah itu, sebaiknya lakukan pembaharuan ke dalam android 11. Selanjutnya, kalian bisa menggunakan fitur RAM expansion dengan cara-cara di bawah ini :

  • masuk terlebih dahulu pada menu settings, lalu selanjutnya pilih opsi ‘Tentang Ponsel’ dan klik kembali opsi ‘RAM’.
  • Pada bagian RAM, kalian akan diperlihatkan beberapa 3 pilihan RAM Expansion. Mulai dari 2 GB, 3 GB, dan juga 5 GB. Silakan pilih sesuai dengan kebutuhan kalian.
  • Jika sudah selesai memilih salah satunya, silakan untuk geser toggle pada pilihan RAM tersebut. Tujuannya agar RAM bisa lebih besar dari sebelumnya,
  • Langkah terakhir adalah tinggal restart HP Oppo kalian.

Fitur RAM expansion adalah fitur untuk memainkan memori internal HP menjadi memori RAM. Hal ini dikarenakan istilah lain pada fitur ini adalah menambah RAM secara virtual.

Dengan cara menambah RAM Oppo di atas, maka kalian bisa lebih mudah memainkan berbagai macam aplikasi berat atau bermain streaming game.

Related posts