Cara Merubah XL Pascabayar ke Prabayar

  • Whatsapp

Bagaimana cara merubah XL pascabayar ke prabayar? Ya, PT XL Axiata Tbk adalah salah satu perusahaan di bidang telekomunikasi seluler dengan beberapa produk utamanya diantaranya XL Prabayar, XL Home, Xl prioritas, Business solution, Live on dan juga Axis.

XL termasuk salah satu perusahaan telekomunikasi seluler senior yang sudah ada sejak dulu di Indonesia, sama seperti Telkomsel dan Indosat.Terbukti sampai sekarang para penggunanya bertambah banyak hingga jutaan pengguna. Semuanya tak lepas dari pelayanan yang diberikan oleh XL melalui produk – produk nya.

Mengenal Pelayanan Pascabayar dan Prabayar

Di indonesia terdapat dua jenis kartu SIM yang bisa kamu gunakan, yaitu kartu pascabayar maupu kartu prabayar. Setiap provider memiliki 2 jenis produk ini, tujuannya adalah agar para pelanggan setia bisa memilih mana yang lebih cocok ketika akan melakukan pengisian pulsa kembali. Pengisian pulsa bisa dilakukan setiap 1 bulan sekali atau bisa dilakukan setiap saat tergantung dari kebutuhan pengisian pulsa itu sendiri apabila kuota habis.

Kartu prabayar adalah kartu yang memungkinkanmu harus melakukan pengisian ulang pulsa terlebih dahulu, baru kemudian Kamu dapat menikmati berbagai fasilitas dan layanan yang ditawarkan oleh provider kartu tersebut. Sedangkan untuk produk kartu pascabayar sendiri adalah kartu yang memungkinkanmu untuk memakai layanan provider terlebih dahulu.Misalnya saja dengan menikmati paket atau kuota internet atau lainnya selama sebulan lamanya. Setelah itu, provider yang Kamu pakai akan menagih pembayaran sejumlah pemakaian yang telah ditentukan oleh sistem.

Dengan kata lain, antara kartu prabayar dan kartu pasca bayar sebenarnya hanya berbeda dari sistem pembayarannya saja. Akan tetapi, Kamu harus tahu bahwa layanan pada kartu pascabayar biasanya layanan prioritas. Ini artinya, Kamu akan mendapatkan pelayanan lebih dibandingkan pengguna kartu prabayar.

Terkait:  Cara Menambah Masa Aktif XL

Selain itu, bagi Kamu yang nggak mau ribet harus melakukan pengisian ulang pulsa setiap saat setelah kuota atau paket habis, maka Kamu bisa menggunakan kartu pascabayar. Sebab setiap akhir bulan, biasanya sistem akan langsung mencatat semua pemakaian paket atau pulsa untuk selanjutnya Kamu akan ditagih sejumlah pemakaian selama sebulan lamanya.

Kelebihan dan Kekurangan Kartu Prabayar dan Pascabayar

Sebelum mengetahui panduan cara merubah XL pascabayar ke prabayar, tentu saja Kamu harus tahu kekurangan kelebihan kartu prabayar dan pascabayar terlebih dahulu. Jika kamu ingin tahu lebih dalam mengenai perbedaan kartu prabayar dan kartu pascabayar, maka kamu bisa lihat perbedaannya berdasarkan kelebihan dan kekurangan kartu itu sendiri. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasan dari masing – masing jenis kartu :

1. Kartu Prabayar

Berikut di bawah ini, ada beberapa kelebihan menggunakan kartu prabayar XL, diantaranya :

  • Kartu prabayar cenderung praktis dan mudah karena kamu tidak perlu repot – repot membayar tagihan yang harus kamu bayar ketika layanan sudah kamu pergunakan.
  • Cara aktivasi kartu sangat mudah, kamu hanya cukup memasukkan NIK dari KTP kamu beserta nomor kartu keluarga pada tahap awal. Setelah itu,kamu bisa menikmati berbagai layanan dari kartu prabayar.
  • Kamu bisa mengisi pulsa kapanpun dan mengaktifkan paket sesuka hati sehingga jika butuh penambahan kuota internet misalnya, kamu cukup daftar paket internet lagi tanpa menunggu akhir bulan.

Sementara itu, menggunakan kartu prabayar juga memiliki beberapa kekurangan yang harus Kamu ketahui, di bawah ini.

  • Umumnya kartu prabayar adalah kartu yang sudah ditentukan nomornya oleh provider. Dengan kata lain jika Kamu ingin menentukan nomor ponsel sendiri tak akan bisa, karenanya Kamu hanya dapat memakai kartu prabayar sesuai nomor yang telah ditentukan rpovider.
  • Pada kartu prabayar, setiap Kamu ingin melakukan pendaftaran paket misalnya, Kamu wajib mengecek nominal pulsa yang tersedia terlebih dahulu. Baru kemudian Kamu bisa membeli paket setelah pulsanya mencukupi. Namun sebaliknya, jika harga paket cukup mahal sedangkan pulsa tidak mencukupi maka harus isi pulsa terlebih dahulu dengan selalu cek ke nomor dial untuk mengetahui jumlah pulsa yang dimiliki.
  • Harga paket dibandingkan dengan kartu pascabayar lebih mahal sehingga pengeluaran untuk melakukan pembelian paket bisa dibilang cukup menguras kantong.
Terkait:  Cara Menambah Masa Aktif XL

2. Kartu Pascabayar

Sebelum Kamu memilih kartu pascabayar, Kamu juga harus tahu kelebihan kekurangan kartu pascabayar terlebih dahulu. Kartu pascabayar memiliki beberapa kelebihan berikut ini :

  • Kamu bisa mengatur limit penggunaan untuk setiap bulannya. Sehingga pengeluaran pulsa kamu menjadi terkontrol dan tentunya budget setiap bulan untuk kebutuhan pembelian paket sudah kamu ketahui.
  • Traffic penggunaan pelayanan seperti data dan lainnya bisa diketahui dengan sangat mudah, bahkan transparan. Dengan demikian, Kamu tidak akan kebingungan mengenai informasi pengeluaran pemakaian paket pada kartu pascabayar. Bahkan rincian bulanan akan masuk ke alamat emailmu untuk kamu ketahui dengan rinci.
  • Dengan kartu pascabayar, Kamu bisa menentukan nomor kartu sesuai keinginan. Kamu akan diberikan kesempatan menentukan nomor sendiri. Tujuannya agar bisa diingat dengan mudah, bahkan Kamu juga bisa menggunakan 10 atu 11 digit saja nomor yang akan kamu miliki.
  • Jika dibandingkan dengan layanan prabayar, jangkauan layanan kartu pascabayar lebih stabil bahkan sangat luas hingga ke pelosok.
  • Kartu pascabayar sangat cocok bagi kamu yang malas harus mengisi pulsa, setiap kali Kamu kehabisan pulsa. Hal ini dikarenakan sistem akan langsung menagih pembayaran setelah penggunaan kartu pascabayar selama 1 bulan lamanya.
  • Paket kartu pascabayar cenderung lebih murah dibandingkan dengan paket kartu prabayar.

Selain kelebihan di atas, kartu pascabayar juga memiliki beberapa kekurangan yang wajib diketahui, berikut ini :

  • Ketika akan mendaftar kartu pascabayar, kamu diharuskan mengisi berbagai data pribadi yang cukup rumit. Sebab data yang harus diterima oleh provider harus lengkap dibandingkan dengan pendaftaran kartu prabayar.
  • Beberapa saat mungkin kamu akan menerima sms atau telepon dari asuransi maupun bank yang berkerjasama dengan provider untuk menawarkan produk mereka. Tentu saja hal tersebut sangat mengganggu bagi kamu yang tidak ingin menerima panggilan atau sms di saat yang kurang tepat.
Terkait:  Cara Menambah Masa Aktif XL

Mana yang Lebih Unggul, Pascabayar atau Prabayar?

Jika dilihat dari kelebihan dan kekurangan di atas, tentu kartu pascabayar lebih unggul dibandingkan dengan kartu prabayar. Akan tetapi, bagi yang tidak terbiasa ada saja orang yang ingin mengembalikan layanan yang semula. Dari layanan kartu pascabayar menjadi kartu prabayar karena alasan tertentu. Bagi pengguna XL, untungnya Kamu bisa melakukan cara merubah XL pascabayar ke prabayar.

Cara Merubah XL Pascabayar ke Prabayar

Cara Merubah XL Pascabayar ke Prabayar
Merubah XL Pascabayar ke Prabayar

Tutorial Merubah Layanan XL Pascabayar ke Prabayar

Bagi yang merasa tidak nyaman dengan layanan kartu pascabayar XL, maka Kamu bisa mencoba cara merubah XL pascabayar ke prabayar berikut ini :

1. Mendatangi XL Center

Cara merubah XL pascabayar ke prabayar yang pertama adalah dengan mendatangi XL Center. Ini adalah cara termudah yang dapat dilakukan. Karena Kamu hanya perlu mendatangi XL center yang ada di kota mu.

Sampaikan keinginanmu terkait perubahan jenis kartu kepada customer service yang ada di XL Center sambil perlihatkan identitas diri berupa KTP. Sesaat kemudian keinginanmu akan segera di proses.

Dengan mendatangi XL center, tentu saja Kamu tak perlu lagi mengganti kartu maupun nomor yang sebelumnya menggunakan layanan pascabayar.

2. Memanfaatkan Fitur Live Chat

Selain cara merubah XL pascabayar ke prabayar di atas, Kamu juga bisa memanfaatkan fitur live chat dengan mudah. Keberadaan XL Center tentu saja saat ini hanya tersedia di kota besar saja, lain cerita jika kamu orang yang tinggal jauh dari kota namun ada keinginan ingin merubah kartu pascabayar menjadi kartu prabayar.

Caranya adalah bisa menggunakan fitur live chat yang ada pada situs khusus yaitu pada www.prioritas.xl.co.id. Setelah masuk ke halaman utama lalu ada di bagian bawah untuk melakukan chating dengan petugas khusus dari XL.

Itulah langkah-langkah terkait cara merubah XL pascabayar ke prabayar yang bisa Kamu lakukan jika ingin lebih leluasa dalam hal pengisian pulsa dan penambahan kuota dengan mudah. Semoga bermanfaat!

Related posts