Cara Menambah RAM Hp Realme C2

Apakah kalian pengguna HP Realme C2? Apakah cukup puas dengan RAM yang telah tersedia di seri hp Realme tersebut? Jika belum puas dengan alasan HP cepat panas dan terjadi lag saat bermain game atau membuka aplikasi berat. Kalian bisa mencoba cara menambah RAM hp Realme C2 agar kalian bisa lebih leluasa bermain game dan membuka berbagai aplikasi berat.

Kapasitas RAM Realme C2

Berbicara tentang hp Realme C2, ini adalah hp terjangkau namun memiliki kelebihan tersendiri karena sudah disematkan spek yang cukup mumpuni.

Saat ini Realme C2 yang dipasarkan di Indonesia terdapat beberapa varian, yaitu :

  • Tipe Realme C2 dengan RAM 2 GB yang berkapasitas memori internal 16 GB,
  • Varian Realme dengan kapasitas RAM 2 GB dan memori internal 32 GB,
  • Spesifikasi Realme C2 dengan RAM 3 GB dan kapasitas memori internal 32 GB.

Jika dilihat dari ketiga varian di atas, maka sudah bisa kalian lihat bahwa Realme menawarkan 2 jenis RAM, diantaranya yaitu RAM 2 GB dan RAM 3 GB.

Apakah HP Realme C2 Cocok Bermain Game Berat?

Sebenarnya jika melihat varian di atas, untuk membuka sebuah aplikasi atau game yang ringan tidak akan terlalu memberatkan bagi sistem yang sedang di gunakan. Akan tetapi, jika seandainya digunakan untuk bermain game yang lumayan berat, seperti bermain PUBG Mobile dan Mobile Legends. Tentu saja spesifikasinya masih jauh dari kata sempurna.

Apalagi jika dipaksakan bekerja dengan sangat maksimal seperti melakukan multitasking dengan membuka beberapa aplikasi sekaligus. Maka kemungkinan kinerja HP Realme c2 akan cukup berat, menjadi panas, dan parahnya lagi bisa nge lag.

Terkait:  Cara Membersihkan RAM Hp Samsung

Jika kalian ingin tetap bermain semua game tersebut dengan leluasa, maka cara satu-satunya yang bisa kalian lakukan untuk menyiasatinya adalah dengan menambah RAM HP Realme yang kalian miliki. Kalian bisa coba cara menambah hp Realme C2 dengan tutorial di bawah.

Cara Menambah RAM HP Realme C2

Cara Menambah RAM Hp Realme C2
Tutorial Menambah RAM Hp Realme 2

Cara menambah RAM hp Realme C2 merupakan solusi yang paling mudah dilakukan, jika kalian tidak ingin segera mengganti HP Realme c2 ke HP Realme seri lainnya dengan kapasitas RAM yang jauh lebih besar.

Selain itu, cara menambah RAM hp Realme C2 disini yaitu dengan menggunakan beberapa trik khusus tanpa harus benar-benar mengganti komponen RAM pada HP Realme C2. Jika kalian ingin mengganti komponen RAM pada HP Realme c2, apabila tidak dilakukan dengan benar atau tidak dilakukan oleh ahlinya, maka besar kemungkinan HP akan menjadi rusak.

Berikut beberapa tahapan cara menambah RAM hp Realme C2 yang bisa kalian coba :

1. Menggunakan Teknologi DRE

HP Realme tentu berbeda dengan merk HP lainnya, pada HP Realme terdapat teknologi DRE (Dynamic RAM Expansion) yang bisa menambah kapasitas RAM secara virtual. Adapun teknologi ini memanfaatkan ruang penyimpanan internal (ROM) yang akan bertindak seperti sebuah RAM yang diperlukan untuk membuka berbagai macam aplikasi yang berat.

Teknologi DRE bisa kalian temukan pada beberapa seri Realme yang terbaru. Untuk seri Realme C2 setidaknya sistem android harus diperbaharui terlebih dahulu sehingga bisa menggunakan teknologi DRE ini.

Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Buka terlebih dahulu menu settings yang terdapat pada HP Realme c2.
  • Setelah itu, temukanlah opsi ‘about phone’ atau tentang ponsel jika settingan bahasa menggunakan bahasa Indonesia. Biasanya untuk opsi ini berada di bagian bawah, oleh karena itu silakan scroll ke bagian bawah.
  • Kemudian, jika kalian sudah masuk pada opsi tentang ponsel. Akan ada beberapa informasi seputar HP seperti nama perangkat, versi android, versi prosessor, model, dan yang paling utama adalah informasi mengenai RAM. Klik bagian RAM di halaman tentang ponsel tersebut.
  • Akan muncul opsi baru lagi, silakan untuk mengaktifkan opsi Ekspansi RAM dengan cara geser slider dari kiri ke kanan hingga tombol tersebut berwarna biru.
  • Terakhir kalian tinggal pilih akan memperluas RAM hingga berkapasitas berapa sesuai dengan keinginan. Seperti menambah 1 GB, 2 GB, atau menambah 3 GB.
  • Apabila sudah memilihnya, kalian cukup restart HP Realme c2 dan tunggu beberapa saat hingga HP Realme c2 kembali ke dalam posisi stand bye.
  • Untuk memastikannya, silakan cek RAM kembali, maka RAM kalian akan bertambah karena adanya penggunana teknologi DRE ini.
Terkait:  Cara Menambah RAM Oppo

Sebagai catatan, jika ketika mengklik bagian RAM pada opsi tentang ponsel tidak berhasil, maka kalian tidak bisa melakukan ekspansi RAM. Dengan demikian, artinya cara pertama tidak akan berhasil. Kalian bisa melanjutkannya dengan menggunakan cara kedua di bawah ini.

2. Menggunakan Fitur Opsi Pengembang

Berbeda dengan teknologi DRE yang sudah dijelaskan di atas, untuk opsi pengembang ini bisa kalian lakukan tanpa harus update sistem operasi android ke yang terbaru. Dengan begitu, kalian masih memiliki kesempatan untuk menambah RAM atau meningkatkan RAM tanpa harus ganti seri HP Realme terlebih dahulu. Simak cara menambah RAM hp Realme C2 dengan opsi Pengembang berikut :

  • HP Realme dalam keadaan stand bye, silakan masuk pada menu settings.
  • Setelah itu masuklah pada opsi ‘Pengaturan Tambahan’.
  • Pada tampilan selanjtnya, akan ada beberapa opsi. Silakan kalian pilih ‘opsi pengembang’.
  • Akan muncul kembali menu lanjutan dari opsi pengembang. Sekarang kalian pilih bebrapa opsi yaitu ‘Paksakan GPU Untuk Gambar 2D’. Opsi ini harus di aktifkan. Caranya tinggal geser slider yang semula off menjadi dalam keadaan on.
  • Masih pada halaman yang sama, aktifkan juga 4x MSAA. Opsi ini bertuliskan ‘Aktifkan Paksa 4x MSAA’ dengan cara geser slider dari semula off menjadi on.
  • Cari lagi pilihan lainnya, kali ini pilih opsi ‘Batas Proses Latar Belakang’.
  • Di halaman Batas Proses Latar Belakang akan ada beberapa opsi lagi, di antaranya Batas Standar, Tanpa Proses Latar Belakang, Maksimal 1 proses, Maksimal 2 proses, Maksimal 3 proses, dan terakhir pilihan Maksimal 4 proses. Dari beberapa pilihan tersebut, silakan klik ‘Tanpa Proses Latar Belakang’.
  • Apabila sudah melakukan langkah-langkah di atas, selanjutnya kembalilah pada bagian Opsi Pengembang. Di sini yang perlu kalian lakukan adalah dengan menonaktifkan beberapa pengaturan, di antaranya : menonaktifkan ‘Zoom Animasi Jendela’,  ‘Skala Animasi Animator’, ‘Skala Durasi Animator’, dan menonaktifkan ‘Pergerakan Tampilan Bantuan’.
Terkait:  Cara Melihat RAM Laptop

Jika semua sudah di lakukan, silakan cek kapasitas RAM saat ini, biasanya setelah melakukan beberapa pengaturan di atas maka kapasitas RAM akan bertambah. Hal ini dikarenakan sebagian fungsi sudah di nonaktifkan melalui opsi pengembang.

Kesimpulan

Untuk memastikannya, silakan cek memori RAM dengan cara melihat kembali pada menu khusus maka RAM yang bebas akan bertambah. Dengan demikian, kalian bisa memanfaatkannya untuk bermain game atau membuka aplikasi yang ingin kalian instal pada HP Realme c2.

Dilihat dari cara menambah ram HP Realme c2 di atas, sepertinya sudah menjawab pertanyaan pertama bahwa penambahan RAM bawaan bisa dilakukan dengan menambah RAM secara virtual atau meningkatkan kapasitas RAM. Adapun caranya dengan menonaktifkan beberapa settingan default pada HP Realme C2.

 

Related posts