Cara Cek Masa Aktif Kartu IM3

Seperti apa cara cek masa aktif kartu Im3? Apa saja langkah yang bisa dilakukan untuk mengecek masa aktif kartu Im3?

Sebagai salah satu layanan provider jaringan data seluler yang banyak digunakan oleh pengguna smartphone dan juga ponsel saat ini, indosat menjadi salah satu pilihan terbaik dalam menunjang kebutuhan pengguna ponsel sampai saat ini.

Mulai dari aktivitas berkomunikasi seperti telepon, sms, dan juga internet dengan harga yang sangat terjangkau, membuat provider satu ini banyak digunakan hampir seluruh warga Indonesia. Ditambah dengan berkembangnya teknologi dan juga informasi, ini membuat para pengguna smartphone tidak bisa lepas dari yang namanya paket internet.

Mereka bisa melakukan komunikasi melalui aplikasi Chatting seperti WhatsApp, Line, telegram, dan masih banyak lagi. Belum lagi adanya sosmed seperti Instagram dan juga Facebook membuat para pengguna lebih betah memandangi layar smartphone mereka.

Akibat perkembangan teknologi itulah, para pengguna lebih cenderung membeli paket data internet cara instan daripada melakukan pemotongan pulsa. Karena sebagaimana kita tahu saat ini sudah banyak sekali orang-orang yang menjual paket data internet dengan harga yang lebih murah.

Inilah yang akhirnya membuat para pengguna tidak lagi sesering dulu untuk membeli pulsa, atau melakukan pengisian ulang pulsa.

Padahal, aktivitas pengisian pulsa merupakan salah satu faktor untuk menambah masa aktif kartu dari Indosat IM3. Seperti yang kita tahu, masa aktif kartu ditentukan dari seberapa sering kita melakukan pengisian pulsa. Sering kita melakukan pengisian pulsa, maka otomatis masa aktif yang kita dapat akan semakin bertambah.

Selain itu, melakukan pengecekan masa aktif juga sangatlah penting. Sebab ketika kartu sudah melewati masa aktif, maka kartu akan masuk dalam masa tenggang.

Dan apabila sudah melewati masa tenggang, maka kartu tidak lagi bisa digunakan untuk melakukan telepon, berkirim SMS, atau bahkan menerima panggilan masuk. Dan pada akhirnya, kartu tidak bisa lagi digunakan atau terkena pemblokiran.

Maka dari itu kali ini kita akan membahas cara cek masa aktif kartu IM3, terlebih untuk kamu yang mungkin, jarang melakukan pengisian pulsa. Adapun beberapa cara yang bisa kalian lakukan adalah..

Cara Cek Masa Aktif Kartu IM3

Cara Cek Masa Aktif Kartu IM3
Cek Masa Aktif Kartu IM3

Cara Cek Masa Aktif Kartu IM3 Lewat SMS

Sebagaimana kita tahu tiap ponsel saat ini memiliki fitur atau layanan pengiriman pesan yang sering dikenal dengan SMS. Dan SMS ini bisa kita gunakan untuk mengetahui masa aktif dari kartu IM3 kita. Cara ini terbilang sangat mudah dan tidak memakan atau memotong pulsa utama kalian alias gratis. Caranya adalah

  • Buka aplikasi perpesanan atau SMS yang ada di ponsel kalian masing-masing
  • Buat sebuah pesan baru, ketikan STATUS atau USAGE (coba salah satu)
  • Setelah itu kirim pesan yang sudah dibuat tadi ke nomor 363

Tunggu beberapa saat sampai akhirnya kalian mendapatkan balasan dari pihak Indosat atau IM3, yang berisikan informasi tentang Kartu kalian. Baik itu menampilkan sisa pulsa, masa aktif kartu, dan juga sisa kuota internet yang ada.

Pastikan kalian berada dalam kondisi atau dalam jaringan yang stabil, dan tidak berada di dalam ruangan. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi masalah pada saat menerima sms balasan dari IM3.

Cara Cek Masa Aktif Kartu IM3 Lewat Kode USSD

Cara kedua yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan kode USSD. Cara ini hampir mirip dengan menggunakan SMS, namun perbedaannya hanyalah pada aplikasi yang digunakan. Disini kita akan menggunakan aplikasi panggilan atau telepon yang biasanya ada pada semua perangkat ponsel. Caranya adalah

  • Buka Aplikasi telepon atau panggilan yang ada di ponsel kalian
  • Ketikkan Kode USSD *123# setelah itu tekan tombol call atau Panggil
  • Tunggu sampai muncul pop-up yang berisikan beragam menu dari layanan Indosat. Di sini kamu bisa memilih menu status dan info.
  • Silakan balas dengan nomor yang sesuai dengan menu status dan info, kemudian klik pada tombol kirim atau send
  • Setelah itu kalian akan melihat pilihan menu lagi, dan kalian bisa memilih menu cek status. Sama seperti cara sebelumnya tekan pada nomor yang menampilkan menu cek status lalu tekan kirim atau send.
  • Terakhir, kalian tinggal memilih layanan yang akan ditampilkan.

Setelah melakukan cara diatas, biasanya pihak Indosat akan menampilkan informasi melalui pop-up atau bahkan balasan melalui SMS. Tentunya kalian bisa melihat informasi seputar sisa pulsa, sisa paket internet, atau bahkan sisa masa aktif dari kartu IM3 yang kalian gunakan.

Setelah itu kalian tinggal melakukan pengisian pulsa, apabila masa aktif sudah akan berakhir

Cara Cek Masa Aktif Kartu IM3 Lewat Aplikasi

Cara selanjutnya yang bisa kalian lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi My IM3. Aplikasi ini bisa kalian unduh secara gratis baik untuk perangkat Android dan iOS. Untuk cara penggunaannya pun tidak terlalu sulit kok

  • Jika kalian elum memiliki aplikasinya download terlebih dulu aplikasi My IM3 melalui Google Play Store untuk pengguna Android, atau bahkan App Store untuk pengguna iOS.
  • Install aplikasi tersebut seperti biasa hingga selesai.
  • Setelah terinstal, jalankan aplikasi My IM3 dan lakukan login dengan menggunakan nomor IM3 kalian.
  • Setelah berhasil masuk kalian bisa langsung melihat detail atau informasi dari nomor kalian. Baik itu menampilkan sisa pulsa, nomor IM3 kalian, sisa paket internet, dan sisa masa aktif kartu kalian.

Walaupun cara ini terbilang mudah, untuk bisa menggunakan aplikasi My IM3 kalian harus terhubung dengan jaringan atau koneksi internet yang stabil. Atau kalian bisa menggunakan hotspot atau wi-fi dari teman kalian, untuk bisa mengunduh dan menjalankan aplikasi My IM3.

Cara Cek Masa Aktif Kartu IM3 Lewat Pengisian Pulsa

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan pengisian pulsa. Seperti yang sudah ditulis di atas, untuk bisa menambahkan atau mengetahui masa aktif dari kartu IM3 kalian, kalian harus melakukan pengisian ulang pulsa. Sebab, ketika kalian melakukan pengisian ulang pulsa maka nantinya akan ada SMS yang masuk, dan mengkonfirmasi bahwa kalian sudah berhasil melakukan pengisian ulang pulsa.

Dan bukan hanya itu saja. Di dalam SMS tersebut biasanya juga tertera masa aktif kartu kalian aktif sampai tanggal berapa, sehingga apabila masa aktifnya sudah tidak terlalu lama lagi, kalian bisa melakukan pengisian ulang pulsa Sebelum masa aktifnya berakhir.

Atau kalian juga bisa melakukan transfer pulsa ke IM3 kalian, baik melalui operator lain, atau bahkan dari sesama pengguna IM3.

Cara Cek Masa Aktif Kartu IM3 Lewat Panggilan Telpon

Langkah atau cara terakhir yang bisa kalian lakukan untuk mengetahui masa aktif kartu Indosat IM3 kalian adalah dengan melakukan panggilan telepon menggunakan pulsa utama. Dalam hal ini pastikan kalian memiliki pulsa minimal Rp1.000 untuk menelpon teman kalian.

Usahakan nomor yang ditelepon berasal dari provider selain IM3, karena biasanya ketika kalian selesai melakukan panggilan, akan ada SMS masuk yang memberitahu sisa pulsa kalian dan juga masa aktif dari kartu kalian.

Dengan mengetahui sisa masa aktif yang tersedia, kalian bisa melakukan pengisian ulang pulsa untuk menambah masa aktif kartu kalian.

Untuk itu ketika kalian melakukan pengisian ulang kuota atau paket data internet, kalian disarankan untuk melakukan pengisian ulang pulsa seharga paket data internet yang akan dibeli. Ini bertujuan untuk menambah masa aktif terlebih dahulu, baru kemudian kalian bisa membeli paket internet baik melalui kode USSD, atau bahkan aplikasi My IM3. Dengan begitu, masa aktif kartu kalian akan bertambah, dan paket internet kalian akan tetap aktif.

Itu dia beberapa cara cek masa aktif kartu IM3 yang bisa kalian coba, semoga dengan adanya artikel ini, kalian bisa lebih mengetahui dan mengantisipasi kartu IM3 kalian terkena pemblokiran, akibat melewati masa aktif atau masa tenggang.

Sekian untuk informasi kali ini, semoga bermanfaat

Faiz Dawami
suka diajak ngopi