Cara Membersihkan RAM Hp Samsung

Cara Membersihkan RAM Hp Samsung

RAM adalah salah satu komponen yang paling penting pada smartphone. Fungsi utama dari RAM adalah untuk mengoptimalkan kinerja smartphone menjadi lebih baik, sekaligus membantu aktivitas multitasking smartphone tanpa kendala. Cek cara membersihkan RAM hp Samsung disini!

Setiap smartphone memiliki ukuran RAM sesuai dengan kapasitasnya yang tertera pada spesifikasi perangkat yang dimiliki. Biasanya ukuran RAM yang disematkan pada setiap perangkat tergantung dari kualitas dan harga perangkat itu sendiri. Artinya semakin mahal harga perangkat smartphone, maka kapasitas RAM akan semakin besar. Begitupun sebaliknya jika harga perangkat smartphone lebih murah, maka biasanya kapasitas RAM menyesuaikan berdasarkan harga beli.

Read More

Manfat RAM Perangkat Smartphone

Ada banyak manfaat RAM untuk smartphone baik itu sistem operasi yang berbasis android ataupun yang berbasis iOS. Adapun beberapa manfaatnya bisa kalian ketahui dibawah ini :

1. Bisa Multitasking

Multitastking adalah istilah pengoperasian aplikasi lebih dari 1 aplikasi dalam satu waktu. Sebagai contoh, kalian bisa mendengarkan musik sambil membuka aplikasi lain dalam satu waktu. Jika kapasitas RAM smartphone semakin besar, maka kalian bisa menikmati aktivitas multitasking ini tanpa hambatan. Hal tersebut membuat pengguna lebih leluasa saat berselancar via smartphone.

Manfaat dari multitasking adalah bisa mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu tanpa harus membuka satu per satu. Apalagi sekarang ini setiap orang dituntut untuk lebih produktif karena tuntutan zaman.

2. Membuka Aplikasi atau Game Berat

Mungkin zaman dulu tanpa menggunakan RAM yang besar pun sudah menikmati berbagai macam game yang bisa dimainkan. Namun sekarang dengan berkembangnya teknologi sangat membutuhkan RAM yang besar agar game bisa dijalankan dengan baik pada smartphone.

Banyak sekali game berbagai genre dengan memerlukan kapasitas RAM besar, dengan kebutuhan RAM minimal 2 GB. Jika seandainya kalian memainkan game dengan syarat minimal RAM 2 GB sedangkan spesifikasi RAM pada smartphone dibawah itu, maka game tidak akan berjalan dengan baik.

Selain game yang bisa dibuka, juga bisa membuka aplikasi yang berat seperti membuk aplikasi editing untuk gambar 3D dan aplikasi-aplikasi lainnya.

3. Mengurangi Intensitas Pembersihan RAM

Penting untuk peningkatan performa smartphone dengan membersihkan RAM secara berkala. Apabila tidak dibersihkan maka performa akan menurun, bahkan bisa menyebabkan hang. Sebab jika nge-hang, maka dengan terpaksa smartphone harus di matikan dengan paksa.

Kelebihan dari smartphone yang berkapasitas RAM besar adalah tidak perlu membersihkan secara intensif. Kalian bisa melakukan rutinitas pembersihan RAM setidaknya bisa 3 hari sekali atau 5 hari sekali.

Bagi perangkat yang kapasitas RAM-nya kecil, sebaiknya bersihkan RAM lebih sering lagi, setidaknya 2 hari sekali agar performa smartphone tetap terjaga.

Cara Membersihkan RAM Hp Samsung

Cara Membersihkan RAM Hp Samsung
Membersihkan RAM Hp Samsung

Berbicara mengenai merek HP, kalian bisa mencoba HP Samsung sebagai rekomendasi smartphone untuk aktivitas sehari-hari, sebab sepak terjang hp merek Samsung sudah tidak diragukan lagi.

Saat ini seri-seri baru Samsung terus mengalami upgrade dari berbagai sisi, salah satu yang paling diutamakan adalah RAM yang tertanam didalamnya. Pihak Samsung menyadari bahwa RAM harus berkapasitas besar agar menjadi pilihan utama konsumen.

RAM sama juga dengan ROM yang memiliki kapasitas dan keterbatasan. Tapi perbedaannya kapasitas RAM tidak dapat ditambah, sedangkan kapasitas ROM bisa ditambah. Kapasitas ROM dapat ditambah jika penyimpanan internalnya sudah penuh dengan menggunakan memori eksternal berupa microSD.

Karena RAM tidak bisa ditambah selayaknya ROM, maka satu-satunya cara untuk menambah ruang pada RAM yaitu dengan rutin membersihkannya. Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa RAM yang besar tidak perlu dilakukan pembersihan secara rutin. Tapi setidaknya kalian harus tahu cara membersihkan RAM karena suatu saat akan membutuhkannya. Hal ini juga berlaku bagi cara membersihkan RAM hp Samsung.

Cara membersihkan RAM HP Samsung sendiri dapat dilakukan, baik dengan memakai fitur bawaan atau bisa juga memakai aplikasi tambahan. Berikut ulasannya :

1. Membersihkan RAM HP Samsung Memakai Fitur Bawaan

Cara membersihkan hp Samsung  yang pertama adalah dengan menggunakan fitur bawaan. Setiap seri Samsung memiliki fitur ini dengan tujuan agar kalian tidak perlu download aplikasi pihak ketiga. Untuk langkah-langkahnya simak dibawah ini :

  • Masuk terlebih dahulu pada menu settings. Menu tersebut bisa kalian temukan pada deretan menu-menu utama.
  • Setelah masuk pada menu settings, selanjutnya masuk pada opsi ‘Perawatan Perangkat’.
  • Nanti pada opsi tersebut akan muncul pilihan lain. Kalian hanya perlu memilih opsi ‘Memori’.
  • Pada bagian tersebut, pilih opsi ‘Hapus Sekarang’.
  • Tunggu prosesnya hingga selesai.

Untuk fitur bawaan ini di setiap seri HP Samsung akan selalu ada, namun langkah-langkahnya kurang lebih sama seperti di atas.

Ketika mengklik opsi ‘hapus sekarang’, maka yang dihapus itu adalah memori RAM yang sudah menumpuk. Kalian bisa menghapusnya tanpa harus mengganggu sistem yang sedang berjalan.

2. Masuk ke Salah Satu Aplikas yang Sudah Digunakan

Cara membersihkan RAM Hp Samsung berikutnya yaitu dengan masuk ke salah satu aplikasi yang telah digunakan. Sasaran utamanya adalah dengan menghapus memori RAM pada aplikasi yang besar seperti game, youtube, whatsapp, Instagram, atau Telegram.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Buka kembali menu settings.
  • Masuk pada opsi aplikasi lalu pilihlah aplikasi yang akan dihapus memori RAM nya.
  • Setelah memilih aplikasi yang dimaksudkan, selanjutnya tinggal klik tombol ‘hapus memori’ untuk menghapusnya atau bila perlu klik juga ‘paksa berhenti’ untuk mencegah aplikasi tersebut berjalan dilatar belakang.

Selain itu, kalian juga bisa menghapus aplikasi yang tidak penting dan jarang digunakan. Cara ini sangat efektif bukan hanya memberi ruang tambahan pada RAM, melainkan juga dapat memberi ruang tambahan pada ROM. Ini dia langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Untuk menghapus aplikas, masuk pada menu settings.
  • Kemudian pilih opsi Aplikasi.
  • Setelah muncul deretan aplikasi-aplikasi yang terinstal pada smartphone, pilihlah aplikasi yang tidak digunakan.
  • Pilih opsi ‘uninstal’ untuk menghapusnya.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses penghapusan aplikasi selesai.

Jika jalan shortcut, kalian tidak perlu masuk terlebih dahulu pada menu settings, cukup klik ikon aplikasi pada menu utama dengan tekan cukup lama. Baru setelah itu akan muncul opsi selanjutnya dan lakukan cara-cara menghapus aplikasi berdasarkan petunjuk.

3. Membersihkan RAM HP Samsung Dengan Menggunakan Aplikasi

Cukup banyak aplikasi tambahan yang bisa kalian gunakan dan manfaatkan untuk membersihkan RAM sehingga menambah ruang pada RAM. Aplikasi-aplikasi yang tersebar pada Google Play Store di HP Samsung cukup banyak, bisa yang berbayar maupun yang gratis. Namun untuk versi gratisan sudah lebih dari cukup untuk membersihkan RAM.

Rekomendasi aplikasi yang cocok untuk membersihkan RAM bisa kalian download seperti AVG Clener, Pembersih RAM Ponsel, ACleaner, Nox Cleaner, hingga CCleaner. Aplikasi-aplikasi tersebut sangat baik digunakan untuk HP Samsung.

Dengan cara membersihkan RAM hp Samsung melalui ketiga cara di atas, kalian bisa meningkatkan performa hp Samsung kembali setelah digunakan. Bagaimana, mudah bukan?

 

Related posts