Cara Menambahkan Akun Gmail

Saat ini email bukan hanya sekadar mengirimkan atau menerima pesan secara elektronik, email sekarang digunakan untuk membuat sebuah akun pada berbagai media sosial atau untuk mengakses sebuah situs agar layanannya bisa maksimal. Oleh karena itu, memiliki sebuah akun email merupakan hal yang wajib dan paling mendasar untuk berbagai macam keperluan secara online. Lantas, bagaimana cara menambahkan akun gmail?

Gmail merupakan layanan surat elektronik dari Google yang menawarkan banyak kelebihan dan kemudahan kepada para penggunanya dalam mengakses email. Menawarkan fitur lengkap yang tidak hanya memungkinkan para penggunanya saling berkirim pesan email saja, tetapi juga bisa menyimpan berbagai macam data penting.

Read More

Gmail, Layanan Email Persembahan Google Dengan Fitur Lengkap

Jika kalian ingin memiliki alamat email, maka kalian bisa mencoba membuat akun dari gmail. Gmail adalah singkatan dari Google Mail yang melayani pengiriman maupun penerimaan surat secara elektronik berbasis web.

Fungsi dari gmail selain bisa mengirimkan maupun menerima pesan dari siapa saja secara elektronik, juga bisa mengirimkan berbagai macam file, baik itu berukuran kecil hingga yang berukuran besar.

Berdasarkan sistem yang berlaku di gmail, bahwa setiap email yang dikirim melalui gmail, akan secara otomatis disimpan dalam penyimpanan cloud. Sehingga data akan terenkripsi secara aman.

Ada beberapa fitur pada gmail yang perlu kalian ketahui, yaitu :

  • Bisa melakukan filter berdasarkan kategori email yang masuk secara otomatis.
  • Memiliki fitur smart compose dan smart reply yang sangat berguna bagi pengguna gmail.
  • Dapat menyarankan tindak lanjut email maupun pemberitahuan email yang masuk berdasarkan skala prioritas secara otomatis.
  • Menemukan dan mengelola perjalanan yang kalian lakukan melalui gmail.
  • Bisa membuat detail acara yang sedang dilakukan atau akan membuat acara yang tersinkronisasi dengan google calendar.
Terkait:  Cara Menghapus Gmail di HP OPPO

Jika dilihat dari berbagai fitur gmail di atas, rasanya kalian bukan hanya butuh 1 akun gmail saja, melainkan 2 atau 3 akun gmail untuk keperluan yang lebih spesifik sehingga tidak tercampur email yang masuk di dalamnya.

Pertanyaannya, apakah bisa menambahkan akun gmail sehingga memiliki lebih dari 1 akun? Jawabannya bisa. Oleh karena itu, simak terus pembahasan cara menambahkan akun gmail dengan sangat mudah.

Cara Menambahkan Akun Gmail

Cara Menambahkan Akun Gmail
Menambahkan Akun Gmail

Apabila kalian menambahkan gmail ke akun google kalian, maka nama pengguna primer akun akan diubah secara permanen menjadi nama pengguna baru. Jika kalian menambahkan gmail baru, maka alamat email yang pertama akan menjadi alamat elamil alternatif. Nantinya jika ingin mengaksesnya bisa klik gambar profil lalu pilih akun gmail sebelumnya.

Dalam cara menambahkan akun gmail, kalian bisa melakukannya melalui smartphone maupun menggunakan komputer. Berikut panduan lengkapnya :

1. Menambahkan Akun Gmail via Smartphone

Salah satu cara menambahkan akun gmail adalah melalui smartphone, tentu saja kalian harus mengunduh aplikais gmail terlebih dahulu di smartphone. Kalian tidak perlu download aplikasinya melalui Google Play Store, karena secara default aplikasi ini sudah tertanam di setiap smartphone berbasis android.

Dengan begitu, kalian hanya perlu fokus mengikuti langkah-langkah menambahkan akun gmail berikut ini :

  • Buka terlebih dahulu aplikasi gmail yang sudah terhubung dengan alamat email utama.
  • Setelah masuk pada halaman pertama aplikasi gmail, silakan tap profil kalian yang berada di sebelah kanan atas.
  • Nantinya akan muncul akun gmail utama kalian. Jika ingin menambahkan akun gmail baru, scroll sedikit ke bawah lalu pilih opsi ‘Add Another Account’.
  • Ada beberapa pilihan yang muncul, kalian bisa menambahkan alamat email dari google, outlook, hotmail, live, yahoo, exchane and office 365. atau lainnya sesuai alamat email yang akan digunakan.
  • Karena kalian ingin menambahkan gmail baru, maka silakan klik opsi google.
  • Ikutilah proses penambahan akun gmail hingga selesai mulai dari penulisan alamat emailnya hingga passwordnya.
  • Apabila semuanya di isi dengan benar, maka akan secara otomatis dalam 1 aplikasi gmail terdapat 2 akun gmail.
Terkait:  Cara Bikin Email Baru

Penambahan alamat email pada aplikasi gmail bisa lebih dari 2 atau bahkan tidak terbatas. Hal ini memungkinkan kalian agar tetap mengelola tiap-tiap alamat email sesuai dengan peruntukannya.

2. Menambahkan Akun Email via Laptop/Komputer

Jikakalian berencana ingin menambahkan akun gmail melalui komputer atau laptop, maka kalian tidak perlu menggunakan aplikasi gmail, cukup menggunakan browser saja untuk menambahkan alamat gmail yang baru.

Penggunaan browser bisa apa saja, karena gmail bisa di akses menggunakan berbagai jenis browser. Bisa memakai Mozila Firefox, Google Chrome, Internet Explore atau yang lainnya, tergantung browser yang kalian miliki dan sering digunakan.

Tapi untuk lebih mudah, silahkan gunakan Google Chrome. Penggunaan browser google chrome tidak lain karena di dalamnya sudah secara otomatis saling terhubung dengan produk-produk dari google. Karenanya kalian akan mendapat kemudahan ketika mengakses produk google di mana cukup dengan 1 kali klik untuk mengakses fitur lainnya.

Berikut cara menambahkan akun gmail melalui komputer dengan menggunakan browser Google Chrome di bawah ini :

  • Buka browser google chrome. Jika kalian belum memiliki pada komputer, silakan untuk dwonload terlebih dahulu aplikasinya dengan menggunakan browser lain.
  • Setelah Google Chrome di buka, lihat di bagian pojok kanan sebelah atas ada ikon akun. Klik ikon tersebut. Lalu pilih di bagian bawah ada tulisan ‘Add’. Klik opsi tersebut.
  • Masukanlah akun gmail utama kalian dengan memasukkan alamat emailnya berikut passswordnya dengan benar. Jika berhasil, maka kalian bisa berinternet dengan menggunakan akun gmail yang ditambahkan barusan.
  • Untuk menambahkan akun gmail baru, klik pada ikon profil di sebelah kanan atas (ikon gmail pertama).
  • Setelah itu, pada opsi di profil klik tombol ‘add’ yang berada di bagian bawah.
  • Kalian akan dibawa pada halaman baru, silakan lakukan log in dengan klik tombol ‘sign in’.
  • Lakukan hal yang sama seperti menambahkan akun gmail yang pertama seperti menambahkan alamat email berikut dengan passwordnya.
  • Setelah semua selesai dengan mengikuti petunjuknya, maka akun gmail yang kedua sudah ditambahkan pada browser google chrome.
Terkait:  Cara membuat Gmail tanpa nomor HP

Kesimpulan

Kalian bisa menambahkan lebih dari 2 akun gmail, dengan begitu maka setiap kalian mengakses internet dengan akun gmail tertentu menggunakan browser. Secara otomatis akan memiliki riwayat penelusuran tersendiri dengan akun gmail tertentu.

Seandainya kalian mengganti akun gmail lainnya, maka riwayat penelusuran internet akan berbeda lagi. Inilah yang menjadikan browser google chrome lebih istimewa dibandingkan dengan browser lainnya.

Sebetulnya jika tanpa browser google chrome juga masih bisa dilakukan untuk menambahkan akun gmail, hanya saja pada browser lain hanya bisa mengakses akun email saja, bukan termasuk penelusuran browser.

Setelah melihat penjelasan di atas, maka sudah bisa dipastikan jika ingin menambahkan akun gmail baik dengan menggunakan smartphone maupun menggunakan browser tidaklah sulit sama sekali. Oleh karena itu, kalian cukup mengikuti tutorial cara menambahkan akun gmail di atas, agar proses penambahan akun bisa berjalan lancar.

 

Related posts