Cara Mengetahui Email Sudah Dibaca

Setiap media sosial memiliki cara tersendiri untuk melihat apakah pesan yang dikirim sudah dibaca oleh penerima pesan atau belum dibaca. Seperti pada WhatsApp misalnya, kalian bisa mengetahui pesan WhatsApp sudah bisa dibaca atau belum bisa dilihat dari tanda centang 2 yang berwarna biru. Lantas, bagaimana dengan cara mengetahui email sudah dibaca?

Tidak seperti yang lainnya, email atau isilah lainnya adalah surat elektronik tidak memiliki tanda seperti halnya pada whatsapp. Padahal jika ditelaah lebih dalam, pentingnya email sudah dibaca atau belum dibaca oleh penerima wajib diketahui oleh pengirim. Apalagi kebanyakan email digunakan untuk urusan pekerjaan, maka penting sekali mengetahui email sudah dibaca atau belum saat dalam kondisi mendesak. Namun sayangnya, email tidak memiliki ciri-ciri apakah pesan sudah dibaca ataukah belum.

Mengingat pentingnya email yang kalian kirim, maka kalian bisa mencoba cara mengetahui email sudah dibaca penerima ataukah belum dengan tutorial yang akan kami bagikan di bawah ini!

Cara Mengetahui Email Sudah Dibaca

Cara Mengetahui Email Sudah Dibaca
Tutorial Mengetahui Email Sudah Dibaca

Mungkin selama ini masih banyak orang yang belum mengetahui jika ada opsi cara mengetahui email sudah dibaca. Fitur yang satu ini mirip seperti fitur yang terdapat pada WhatsApp, sehingga memungkinkan pihak pengirim mengetahui jika email telah dibaca.

Namun tidak semua layanan email dapat diketahui statusnya apakah telah dibaca ataukah belum. Terkait mengetahu apakah email telah dibaca penerima atau belum sangat penting terutama untuk penilaian manager, sales, maupun HRD. Di samping itu, apabila email kalian belum dibaca pada Outlook email, juga dapat dilakukan recall.

Jika penasaran, silahkan coba cara mengetahui email sudah dibaca penerima atau belum berikut ini :

1. Mengetahui Email Sudah Dibaca Melalui Mail Track

Aplikasi Mail Track telah dipakai hingga 2 juta orang pengguna lebih dan mendapat rating pengguna sebanyak 4,5 bintang. Bahkan ekstensi Chrome tersebut telah memuncaki tool dalam tracking email. Jika ingin memakainya, ekstensi tersebut harus dipasang pada Gmail dan browser Chrome yang telah terintegrasi pada Mail Track.

Berdasarkan namanya, Mail Track memungkinkan para penggunanya agar dapat mengetahui apakah pesan email telah dibuka penerima atau belum. Selain itu, kalian juga akan mendapatkan informasi mengenai berapa kali pesan dibaca oleh penerima.

Pada laptop, ekstensi Mail Track telah bekerja sebagai sebuah plug in pada Google Chrome. Sesudah gmail terintegrasi pada Mail Track, maka gmail di ponsel juga dapat melihat apakah sudah dibaca penerima ataukah belum. Simak cara mengetahui email sudah dibaca melalui Mail Track berikut :

Opsi 1 : Install Mail Track di PC

  • Kunjungi website dan tekan install.

  • Hubungkan mail track pada gmail dan berikan izin pada mail track.
  • Jika Mail Track sudah terpasang pada Google chrome, ketika kalian membuka gmail pada browser tersebut, maka centang tanda bahwa email telah dibaca akan muncul.
  • Selain itu, kalian juga akan mendapatkan informasi status yang lebih lengkap saat kursor diarahkan tepat di atas centang dua.

Opsi 2 : Mengecek Status Email Menggunakan Mail Track di Ponsel

Selain bekerja pada browser Chrome, platform Mail Track dapat kalian pasang juga di hp. Pendaftarannya sama saja dari versi PC. Silahkan ikuti tutorialnya :

  • Silahkan buka web mailtrack.io.

  • Jika sudah tekan install for free, selanjutnya kalian akan langsung diarahkan pada Google Workspace menggunakan aplikasi bernama Mail Track & mail merge.
  • Tekan install.
  • Silahkan berikan izin pada Mail Track.
  • Selanjutnya buka gmail kalian seperti biasa.
  • Silahkan cek sent box atau terkirim.

  • Selanjutnya, kalian dapat melihat status yang ada di samping kanan pada subjek email berikut.

Kalian bisa mencoba metode di atas untuk mengecek banyaknya pesan email yang telah berhasil dibuka calon pembeli, bagi pengusaha atau sales/marketing.

2. Mengetahui Email yang Sudah Dibaca Menggunakan Unlimited Email Tracker By Snov.io

Memiliki fungsi yang sama dengan Email tracker lainnya, kalian juga bisa memanfaatkan Email Tracker By Snov.io. Keunggulan dari email tracker yang satu ini yaitu komitmennya dalam menawarkan layanan terbaik walaupun memakai ekstensi ini sepenuhnya gratis.

Bahkan pihak pengembang ingin menawarkan pengalaman yang terbaik lewat tampilan aplikasi yang nyaman. Di samping itu, platform ini juga tanpa menambahkan ikon atau logi walaupun layanannya gratis.

Menariknya, kalian tidak perlu upgrade layanan ke versi yang berbayar. Sehingga sangat cocok bagi kalian yang sedang mencari platform email tracker yang memiliki fitur memadai, gratis dan tampilan bagus.

3. Mengetahui Email yang Sudah Dibaca Dengan Streak CRM

Telah dipakai oleh 700 ribu lebih pengguna dengan rating sebanyak 4,5 bintang. Ekstensi Streak CRM telah dipercaya banyak sales demi menjalankan pekerjaannya.

Tidak hanya terintegrasi pada gmail saja, tetapi Streak CRM juga elah terhubung ke berbagai aplikasi Google lainnya, sebut saja ada Google Drive, Sheets maupun Calendar.

Jika kalian memerlukan layanan email tracking, maka kalian dapat memakai streak email tracking.

5. G Suite

Kalian juga bisa mencoba cara mengetahui email sudah dibaca menggunakan G Suite. Hanya saja, untuk mendapatkan layanan Google Workspace umumnya berbayar. Meskipun kalian juga bisa mendapatkan fasilitas gratis apabila diberikan oleh pihak kantor.

G Suite yang saat ini bernama Google Workspace dapat dipakai untuk menampilkan “read receipt” atau “tanda dibaca”. Berikut ulasannya :

  • Silahkan kirimkan pesan email lewat gmail. Sebelum mengirimkan atau send email, kalian ikuti langkah berikut.
  • Pilih more option atau pilih opsi lainnya,
  • Silahkan tekan request read receipt, yang artinya tanda dibaca.

6. Yesware For Chrome

Kalian juga bisa melacak pengiriman pesan email dengan menggunakan Yesware for Chrome. Ini adalah aplikasi yang dirancang untuk sales. Tidak hanya dipakai untuk mengetahui status email saja, melainkan juga untuk dapat menjadwalkan meeting sekaligus follow up.

Yesware For Chrome dapat membantu para sales menjalnkan aktivitasnya, seperti menghubungi banyak calon konsumen. Tidak hanya menawarkan email tracking saja, tetapi Yesware juga menyediakan fitur meeting scheduler, prospecting campaigns, salesforce integration, follow up templates, hingga reporting and analytics.

Kesimpulan

Mengetahui pesan email yang sudah dibaca atau belum sangat penting bagi sebagian pengguna. Apalagi dalam lingkup bisnis dan pekerjaan. Karena kita ingin mengetahui dengan pasti apakah marketing yang dilakukan sangat efektif, dan dibaca oleh si penerima ataukah tidak.

Meskipun mungkin belum membuat pembeli untuk membeli produk yang kalian tawarkan, setidaknya mereka sudah mengenali apa yang kalian tawarkan atau promosikan. Siapa tahu, promosi yang kalian lakukan bisa mendatangkan tindakan dari pembeli untuk membeli produk yang kalian jual.

Begitupun untuk keperluan pekerjaan, kalian juga bisa mengetahui apakah email sudah dibaca ataukah tidak oleh klien atau rekan kerja. Dengan cara mengetahui email sudah dibaca di atas, kalian bisa memilih metode paling mudah tanpa aplikasi atau program dengan cara gratis. Bahkan tutorial di atas juga cukup mudah dilakukan bagi para sales maupun perusahaan.

Related posts