Cara Cek Masa Aktif Smartfren

Cara Cek Masa Aktif Smartfren

Jika Kamu memiliki kartu Smartfren yang sudah lama tidak digunakan misalnya, hal yang harus dilakukan pertama kali ialah mengecek masa aktif Smartfren. Gimana sih cara cek masa aktif Smartfren? Jika lupa, Kamu cukup mengikuti panduan yang akan kita bahas dalam artikel ini!

Smartfren termasuk salah satu provider yang menawarkan akses internet stabil. Terutama jika Kamu menggunakannya di area perkotaan. Menariknya lagi, harga paket internet atau nelpon memakai kartu Smartfren bisa dibilang sangat terjaangkau. Jadi cocok buat mahasiswa atau Kamu yang pekerjaannya sering berkutat di depan laptop sambil mengakses internet.

Read More

Cara Cek Masa Aktif Smartfren

Cara Cek Masa Aktif Smartfren
Tutorial Cara Cek Masa Aktif Smartfren

Panduan Cara Cek Masa Aktif Smartfren

Untuk mengecek masa aktif kartu Smartfren lamamu dan ingin mengaktifkannya Kembali, Kamu bisa mencoba step by step cara cek masa aktif Smartfren berikut ini :

1. Melalui SMS

Mengecek masa aktif kartu Smartfren dengan SMS bisa dibilang sangat mudah dan praktis, meskipun cara ini terbilang klasik. Karena metode yang satu ini memang telah digunakan sejak kartu Smartfren ada pertama kali. Memakai SMS untuk melakukan pengecekan masa aktif kartu Smartfren, tentu saja masih sangat dibutuhkan sebagai alternatif, jika Kamu tidak memiliki kuota internet. Atau mungkin saja cara memakai dial up sedang mengalami gangguan.

Oke, lebih mudahnya Kamu bisa melirik cara cek masa aktif Smartfren melalui SMS di perangkat hpmu, berikut ini :

  • Akses opsi perpesanan atau layanan SMS di perangkat hpmu.
  • Jika SMS sudah terbuka, silahkan masukkan nomor tujuan ‘995’ untuk pengecekan masa aktif kartu Smartfren.
  • Jika sudah, Kamu bisa isikan format ‘CEK’ (tanpa tanda petik) di kolom pesan yang tersedia. Ingat, harus pakai huruf kapital ya!
  • Silahkan tunggu beberapa lama, sampai Kamu menerima balasan langsung dari pihak operator Smartfren. Isi balasan tersebut adalah informasi tentang paket yang kamu gunakan, kuota yang tersisa serta masa aktif kartu Smartfren.
Terkait:  Cara Cek Pajak Motor

Uniknya, mengecek masa aktif kartu Smartfren ini bisa digunakan tak hanya untuk perangkat smartphone saja, tetapi bagi Kamu yang memiliki hp jadul juga bisa mengeceknya dengan cara di atas. Selain itu, kalau bisa catat cara ini agar Kamu tidak lupa jika suatu saat ingin mengecek masa aktif Smartfren Kembali.

2. Melalui Dial Up

Jika Kamu merasa ribet dengan metode di atas karena harus membuka aplikasi perpesanan dan menuliskan format tertentu, tak ada salahnya jika memakai cara cek masa aktif Smartfren lewat menu dial up.

Untuk mengeceknya dengan layanan dial up, Kamu hanya perlu membuka menu panggilan telepon saja. Atau untuk lebih jelasnya, silahkan praktekan instruksi di bawah ini :

  • Pertama-tama bukalah menu panggilan telepon di perangkat hpmu.
  • Langkah berikutnya, cukup ketikan kode panggilan di nomor *999# dan tekan tombol OK atau Call.
  • Tunggu beberapa detik saja, selanjutnya Kamu akan mendapatkan informasi mengenai masa aktif yang muncul di layar ponselmu.

Tak hanya menampilkan informasi masa aktif kartu, Kamu juga akan mendapatkana informasi mengenai paket yang masih aktif.

Apabila kamu ingin mengisi ulang pulsamu, dibawah ada menu tambahan yang dapat Kamu akses. Cukup ketikkan saja nomor 9 pada kolom yang tersedia, lalu klik tombol kirimkan. Jadi enaknya memakai cara ini adalah Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas tergantung daftar menu yang ditampilkan saat mengetikkan kode dial up di atas.

3. Melalui Aplikasi

Cara cek masa aktif Smartfren yang palin praktis, selain kedua cara yang disebutkan ialah memakai aplikasi. Untuk Smartfren sendiri, aplikasi yang dipakai Bernama MySF. Silahkan download terlebih dahulu jika belum memasangnya di perangkatmu. Atau ikuti langkah-langkah berikut :

  • Untuk mengunduh dan memasang aplikasi MySF di perangkat, silahkan buka App Store bagi pemilik iPhone atau Play Store bagi pemilik android.
  • Di dalam aplikasi toko, Kamu bisa ketikan ‘mySF’ pada kolom pencarian di atasnya, tanpa tanda kutip.
  • Jika sudah muncul aplikasinya, tinggal install saja di perangkatmu.
  • Buka aplikasi mySF dan masuk ke dalam aplikasi dengan mendaftarkan nomor hp Smartfren milikmu.
  • Setelah kamu memasukkan nomor smartfren, selanjutnya tunggu kode verifikasi saja, untuk memverifikasi nomormu.
  • Selanjutnya jika sudah, tinggal masuk lagi ke menu utama, pilih profil di samping kiri bagian atas, silahkan klik ikon profil.
  • Kamu akan masuk ke menu baru sesudah mengklik profil. Di sana Kamu akan ditampilkan berbagai informasi tentang nomor Smartfren-mu, mulai dari nomor hp, jenis langganan, dan masa aktif kartu. Ini juga bisa dijadikan sebagai cara cek nomor Smartfren.
Terkait:  Cara Cek Bantuan BRI

Untuk mengganti data diri, Kamu tinggal tekan saja ‘Perbarui Data Anda’ yang ada dimenu profil. Posisi ada di bawah sesudah informasi masa aktif Smartfrenmu.

4. Melalui Operator

Cara cek masa aktif Smartfren selanjutnya ialah lewat bantuan operator Smartfren. Nah, untuk langkah-langkahnya sangatlah mudah dilakukan, tinggal dengarkan saja suara dari operator. Langkah-langkahnya bisa kamu ikuti dibawah ini :

  • Pertama masuk ke menu panggilan atau dial phone di hpmu, seperti mau melakukan panggilan biasa.
  • Selanjutnya kamu tinggal melakukan panggilan ke nomor 999 dan tekan call pada bagian bawah.
  • Tunggulah beberapa saat hingga muncul suara operator default yang akan melayanimu mendapatkan informasi terkait kartumu, termasuk informasi masa aktif kartu.
  • Setelah itu, kamu tinggal klik angka 1 sebagai menu pengecekan pulsa.
  • Jika sudah, kamu akan diberitahukan sisa pulsa saat ini dan masa aktif kartu yang kamu gunakan.

Cara yang keempat ini bisa kamu lakukan apabila kamu cukup malas untuk mengetik pesan atau membuka apikasi. Sebab dengan melakukan panggilan ke nomor 999, Kamu hanya perlu mendengarkan informasi masa aktif kartu dari operator saja.

Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren yang Mati

Bagaimana jika ternyata kartu Smartfrennya sudah lewat masa tenggang? Kamu tetap bisa mengaktifkannya Kembali kok, Cuma nantinya kartumu berganti jadi kartu pascabayar. Ada 2 jenis masa tenggang dalam kartu Smartfren, diantaranya :

  • One way block, yang artinya 30 hari yang pertama sesudah masa aktif kartu Smartfren habis. Jadi, tidak bisa SMS atau telepon keluar, tidak bisa mengakses internet, hanya bisa menerima SMS/telepon masuk saja,
  • Two way block, untuk masa tenggang ini artinya 30 hari pasca masa tenggang yang pertama atau one way block. Untuk masa tenggang ini Kamu tidak dapat melakukan aktivitas apapun di hp.
Terkait:  Cara Cek e Toll di iPhone

Jika sudah melewati masa tenggang, secara otomatis kartu Smartfren milikmu akan langsung di terminate. Namun Kamu tetap bisa mengaktifkan kartu Smartfren-mu Kembali yang telah di terminate, hanya saja menjadi kartu pascabayar. Caranya Kamu harus datang ke gallery Smartfren terdekat.

Pastikan membawa serta KTP, kartu keluarga, membeli paket pascabayar menggunakan kartu kredit atau cash, dan tidak melebihi 3 bulan dari kartu Smartfrenmu di terminate.

Oke, demikianlah ulasan tentang cara cek masa aktif Smartfren dan mengaktifkan kartu Smartfren yang sudah lewat masa tenggang. Mudah kan caranya? Semoga bermanfaat!

 

Related posts