Cara Melihat Tipe Hp Vivo

Di zaman yang serba digital dan cepat ini, banyak peredaran HP palsu atau KW yang dijual bebas di sosial media, salah satunya HP Vivo. Maka dari itu, untuk terhindar dari barang palsu, sebelum membeli alangkah baiknya kalian mengetahui cara melihat tipe HP Vivo.

Seperti yang kita ketahui, bahwa saat ini HP sudah menjadi kebutuhan wajib yang sangat penting. Dengan kebutuhan yang semakin banyak itu, kini sudah banyak jenis HP dengan berbagai merk dan keunggulannya. Salah satu brand HP atau ponsel pintar yang banyak mengeluarkan seri terbaru adalah Vivo.

Read More

Dengan banyaknya tipe atau seri dari HP Vivo, terkadang membuat penggemar HP was-was ketika hendak membelinya. Sebab, saat ini beredar luas barang-barang palsu yang sudah tidak original atau bahkan menyerupai original.

Maka dari itu, kalian yang hendak membeli gadget, tentu harus bisa mengetahui cara melihat tipe HP Vivo. Di bawah ini adalah penjelasan lengkap yang dapat kalian simak dan pelajari.

Cara Melihat Tipe HP Vivo

Cara Melihat Tipe Hp Vivo
Melihat Tipe hp Vivo

Mengetahui tipe HP yang saat ini digunakan atau yang hendak dibeli sangat wajib bagi pengguna. Sebab, nama serta informasi tipe HP diperlukan untuk sejumlah hal penting. Mulai dari pembaharuan sistem, pengunduhan aplikasi, menyampaikan error pada customer service, melakukan kustomisasi ROM, serta memastikan keaslinan produk, dan lain-lain.

Meskipun banyak yang belum mengetahuinya, tetapi ternyata cara melihat tipe HP Vivo ini cukup mudah untuk dilakukan. kalian wajib membaca artikel ini hingga habis untuk bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Terkait:  Cara Cek HP Sony

1. Lewat Pengaturan

Metode pertama yang bisa kalian lakukan untuk memeriksa tipe HP Vivo ialah dengan masuk ke menu pengaturan di masing-masing HP. kalian dapat mengikuti langkah di bawah ini untuk lebih jelasnya.

  • Pertama-tama, buka HP Vivo, kemudian masuk ke Pengaturan atau Settings

  • Selanjutnya, kalian bisa tap pilihan More Settings atau pengaturan lainnya yang terdapat di menu tersebut.

  • Pada halaman tersebut, kalian bisa langsung memilih pilihan About Phone atau Tentang Ponsel

  • Terakhir, tekan Device Information

Di sana, kalian akan melihat detil dari HP Vivo yang sedang diperiksa. MUlai dari jenis atau tipe HP, IMEI, versi Android yang dipakai, RAM, ROM, Prosesor, dan lain sebagainya. kalian bisa melakukan langkah ini untuk memastikan keaslian HP juga.

2. Melalui Aplikasi

Ada banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan bagi kalian yang ingin mengetahui tipe HP Vivo. Salah satu aplikasi terbaik yang paling direkomendasikan adalah AIDA64. Aplikasi tersebut memang terkenal dan sering digunakan oleh para YouTuber yang senang mengulas HP.

Aplikasi AIDA64 ini dapat dipasang gratis lewat Google Play Store. AIDA64 memungkinkan kalian untuk melihat secara rinci mengenai gadget yang dimiliki. Mulai dari deteksi CPU, perhitungan jam inti secara real time, dimensi layar, kerapatan piksel, spesifikasi kamera, tingkat serta suhu baterai, dan lain sebagainya.

Dengan keunggulan itu, pantas jika aplikasi ini kerap dipercaya oleh para YouTuber untuk memastikan keaslian suatu ponsel. Cukup ikuti langkah di bawah ini apabila aplikasi sudah berhasil diunduh dan terinstal.

  • Buka aplikasi AIDA64 yang sudah terpasang

  • Jika ada notifikasi, pilih allow untuk seluruh perizinan

  • Selanjtnya, kalian dapat langsung tap mulai

  • Aplikasi akan langsung membaca sistem perangkat HP secara terperinci

  • Apabila proses sudah berhasil, rincian informasi yang kalian inginkan akan langsung terlihat di layar

Cara melihat tipe HP Vivo lewat aplikasi AIDA64 memang cukup mudah. Bahkan, aplikasi ini bisa kalian gunakan ketika hendak membeli HP bekas. Dengan begitu, kalian dapat memastikan keaslian produk yang hendak dibeli.

3. Menggunakan USSD Code

Metode selanjutnya yang dapat kalian lakukan adalah dengan memanfaatkan kode USSD. Cara ini bisa dibilang lebih sederhana dan cepat, apalagi kalian tidak diharukan untuk mengunduh serta menginstal aplikasi. meskipun begitu, cara ini hanya dapat digunakan untuk beberapa versi HP Vivo. Inilah uraian sejumlah langkah yang bisa kalian lakukan.

  • Masuk ke menu Dial atau panggilan yang terdapat pada HP Vivo

  • Kemudian, kalian bisa memasukkan kode USSD yaitu *#06#

  • Setelah itu, kalian bisa langsung menekan tombol panggil untuk bisa melihat nomor seri IMEI Vivo yang digunakan

  • Pada layar, akan tampak nomor IMEI lengkap dari perangkat yang dipakai

  • kalian dapat menyalin atau menangkap layar nomor IMEI itu.

  • Setelah itu, kalian dapat langsung masuk ke laman resmi Vivo melalui browser.

  • Kemudian, kalian bisa memasukan atau menempelkan nomor IMEI yang sudah dicek sebelumnya

  • Nantinya, kalian akan melihat informasi terlengkap dari tipe HP yang digunakan melalui IMEI tersebut.

Cara ini memang bisa dibilang mudah, akan tetapi menurut beberapa informasi, metode tersebut sudah tidak berlaku. kalian dapat menggunakan laman lain yang tersebar di internet untuk memanfaatkan IMEI tersebut. Namun, pastikan kalian memilih situs yang terpercaya agar data kalian aman.

4. Berdasarkan Box HP

Selanjutnya, cara yang cukup sederhana untuk melihat tipe HP Vivo adalah dengan melihat informasi pada box ponsel. Akan tetapi, cara ini kerap dikesampingkan oleh para pengguna Vivo, sebab mereka terkadang tidak menyimpan box dengan baik.

Maka dari itu, untuk memudahkan kalian di kemudian hari, pastikan box HP Vivo kalian simpan di tempat yang aman. Apalagi jika kalian hendak menjual HP lama, tentunya jika ada box terlebih dilengkapi perangkat tambahan lain, akan menambah nilai jual. Box pun bisa jadi penkalian keahlian HP yang dimiliki.

5. Memanfaatkan Kode Rahasia HP Vivo

Hal yang cukup unik dari Vivo adalah banyaknya kode rahasia yang bisa dimanfaatkan untuk mengecek tipe HP. Salah satunya adalah kode USSD yang sudah dibahas sebelumnya. Akan tetapi, ternyata masih banyak kodel lainnya yang bermanfaat.

Berikut ini adalah kode rahasia yang dapat digunakan untuk memeriksa tipe HP Vivo yang kalian gunakan.

  • *#60# untuk mengetahui IMEI HP

  • *#*#4838#*#* untuk memeriksa perangkat keras yang terdapat dalam HP

  • *#*#7780#*#* untuk melakukan factory reset HP ke pengaturan awal

  • *#*#4636#*#* untuk memeriksa spesifikasi baterai beserta pemakaiannya

  • *#*#1111#*#* untuk mengetahui versi Software yang digunakan HP Vivo kalian

  • *#*#1234#*#* untuk memperlihatkan PDA dan mengetahui versi firmware yang digunakan

  • *#12580*369# untuk melihat atau memeriksa model HP Vivo

Kode tersebut dapat kalian manfaatkan untuk mengetahui tipe HP Vivo. Bahkan, cara ini terbilang sederhana, kalian tidak perlu mengunduh dan menginstal aplikasi. Meskipun, kalian perlu menyimpan kode tersebut agar tidak lupa ketika hendak menggunakannya.

Kesimpulan

Cara melihat tipe HP Vivo merupakan hal penting yang harus diketahui. Sebab, metode itu bisa digunakan untuk berbagai hal yang bermanfaat, mulai dari memastikan keaslian, memeriksa kerusakan, serta menambah nilai jual ketika hendak menjual HP lama.

Meskipun begitu, terdapat data-data sensitif yang sebaiknya kalian jaga. IMEI misalnya, data tersebut bisa disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, sehingga kalian harus bisa bijak dalam menggunakan informasi tersebut. Semoga bermanfaat!

Related posts