Cara Remote Desktop Windows 10

Cara Remote Desktop Windows 10
Cara Remote Desktop Windows 10

Cara remote desktop Windows 10 biasanya sangat berfungsi bagi kalian yang akan menyelesaikan pekerjaan secara remote atau dalam jarak jauh. Contohnya saja, ketika kamu ingin bisa mengakses data PC kantor langsung dari rumah. Menarik, bukan?

Software remote desktop dalam OS Windows 10 biasanya sudah tersedia dalam Microsoft Store. Akan tetapi, aplikasi ini hanya dapat kamu gunakan pada OS bisnis dan Windows Pro.

Walaupun aplikasi ini dibuat Microsoft, akan tetapi kamu juga dapat mengaksesnya lewat iOS dan MacOS.

Cara Remote Desktop Windows 10

"<yoastmark

Kamu harus tahu bahwa Remote Desktop Protocol atau RDP merupakan protokol dari Windows yang berguna untuk menghubungkan antara satu perangkat komputer dengan perangkat lainnya.

1. Cara Remote Desktop Windows 10

Meskipun fitur RDP ini bukan termasuk teknologi terbaru. Namun fasilitas tersebut sudah ada pada Windows XP. Hanya saja, pada OS Windows 10 untuk mengaktifkan remote desktop Windows 10 sedikit berbeda, berikut ini langkahnya :

  • Buka Settings pada Windows.
  • Jika sudah terbuka, tekan System.
  • Tepat di samping kiri, silahkan gulir layar sampai menemukan pilihan Remote Desktop. 
  • Silahkan pindah ke samping kanan, dan kamu bisa melihat toggle yang dapat mengaktifkan RDP. Silahkan geser toggle ke posisi ON atau menyala.
  • Setelah itu, akan muncul pemberitahuan pop up, tekan Confirm jika ingin mengonfirmasi pilihan yang terdapat dalam device server sudah aktif.

Selanjutnya, komputer bisa menampilkan username dan IP address yang menghubungkannya ke dalam device lain.

2. Cara Remote Desktop Windows 10 lewat Control Panel

Kamu juga dapat mencoba remote desktop melalui Control Panel lainnya. Berikut ulasannya :

  • Di dalam search box OS Windows, silahkan ketikkan kata kunci Advanced System Setting.
  • Jika jendela pengaturan sudah terbuka, tekan pilihan Remote pada pilihan di sebelah kanan.
  • Pada boks bertuliskan Remote Desktop, silahkan tanda centang pada opsi allow Remote connection to this computer.
  • Tekan OK jika ingin menyimpan pengaturan.

Jika pengaturan untuk penerima telah dinyalakan, kini saatnya untuk melakukan pengaturan device pada klien. Ini dia cara mengaturnya :

  • Silahkan ketikkan tulisan Remote Dekstop connection di dalam search box Windows.
  • Jika sudah terbuka, pada pilihan General, kamu hanya perlu menginputkan username dan IP Address yang sudah diatur sebelumnya.
  • Tekan Connnect lalu jalankan RDP.

Bagaimana Cara Kerja Remote Desktop?

Cara kerja pemakaian remote desktop Windows itu sendiri, biasanya pengguna memerlukan dua perangkat komputer untuk perangkat pengakses atau klien, pengontrol dan juga device server ketika mempraktekkan fitur yang satu ini. Perangkat Windows yang bertugas sebagai server kemudian bisa diakses klien memakai perangkat android Windows, iOS dan MacOS.

Di samping itu, biasanya kedua device harus diatur oleh remote desktop berdasarkan tujuan penggunaan, misalnya apakah jadi device klien ataukah server. Jika sudah, maka device klien leluasa untuk mengatur, meliha, serta seolah-olah memakai device server dari jarak jauh secara langsung.

Namun cara yang satu ini hanya digunakan untuk mengkoneksikan dua perangkat lewat satu koneksi. Apabila ingin menghubungkan lebih banyak perangkat atau device, sebaiknya aktifkan Remote Desktop Service terlebih dahulu.

Kesimpulan

Pembuatan remote desktop Windows sendiri bukan tanpa adanya tujuan. Fitur ini biasanya memberikan beberapa manfaat untuk mendukung aktivitas pekerjaan. Manfaat pemakaian dari remote desktop ini adalah mempunyai koneksi internet super cepat, mengirim berbagai jenis data mulai dari file sampai enkripsi, dan memberikan fasilitasi untuk software secara nonstop. Sementara, kamu bisa coba cara remote desktop Windows 10 dengan panduan di atas!

Related posts