Cara Mematikan Hp Oppo

Jika tidak ada kerusakan pada tombol power Oppo, tentu saja cara mematikan hp Oppo akan sangat mudah dilakukan. Mungkin bagi pengguna baru, masih bingung mengenai panduan ini. Tapi jangan khawatir, karena kami akan menyajikannya khusus untuk kalian.

Mengingat perangkat hp selalu digunakan setiap hari dan setiap saat, secara otomatis akan jarang sekali mematikan hp. Namun sebenarnya, penting sekali mematikan hp sewaktu-waktu untuk mengembalikan performa hp yang sudah digunakan untuk multitasking. Terlebih jika kalian sering menggunakannya untuk bermain game.

Penyebab Kenapa HP Harus Di Matikan

Selain itu, ada beberapa faktor yang mengharuskan kalian mematikan peangkat hp. Tapi kebanyakan orang mematikan perangkatnya dengan tujuan untuk mengembalikan performa hp akibat penurunan kinerja usai melakukan aktivitas multitasking.

Berikut faktor penyebab kenapa hp harus dimatikan :

1. Terlalu Banyak Aplikasi

Hp oppo terkenal dengan kapasitas memori penyimpanan yang besar, dengan begitu pengguna bisa dengan leluasa download berbagai macam apikasi yang dibutuhkan.

Setiap aplikasi memiliki ukuran yang berbeda-beda, ada yang berukuran di bawah 10 MB, ada yang berukuran di bawah 100 MB, dan ada pula yang berukuran di atas 500 MB. Jika kalian download aplikasi dalam jumlah banyak dalam berbagai ukuran, selain memori penyimpanan cepat habis, juga dapat menyebabkan hp oppo menjadi lemot.

2. Memainkan Game Berkapasitas Besar

Pada game yang berukuran besar, biasanya selain memerlukan memori penyimpanan internal, juga dapat memakan memori RAM yang berguna untuk kelancaran sistem hp oppo.

Terlebih jika grafik game yang besar, maka hp akan cepat panas karena sistem di paksa bekerja ekstra untuk menjalankan game tersebut.

Terkait:  Cara Mengaktifkan GPS di HP OPPO

3. Membuka Banyak Aplikasi Sekaligus

Hp smartphone, termasuk hp oppo bisa membuka lebih dari satu aplikasi dalam satu waktu. Kalian bisa membuka minimal 2 aplikasi atau lebih. Akan tetapi dampaknya, jika sering membuka banyak aplikasi, bisa mengakibatkan performa hp menurun karena RAM dipaksa bekerja dengan ekstra.

4. Sinyal Tidak Stabil

Jangan menyepelekan sinyal provider yang kurang baik, karena jika sinyalnya tidak stabil bisa menyebabkan sistem bekerja ekstra untuk mendapatkan sinyal. Sebagai contoh,  sinyal HSDPA merupakan sinyal yang cocok digunakan untuk video call dan internetan. Namun karena sinyalnya kurang stabil, secara otomatis akan berubah ke jaringan 3G bahkan EDGE. Hal inilah yang menyebabkan performa hp menurun.

4. Charging Hp

Setiap orang tentu memiliki pendapat yang berbeda terkait proses charging hp, diantaranya dalam keadaan standbye maupun mati. Namun kebanyakan, seringkali pengguna melakukan proses pengecasan hp dalam kondisi standby atau bahkan sambil digunakan untuk aktivitas browsing atau menonton video.

Kondisi di atas tentu saja sangat disayangkan, padahal jika kalian mematikan hp saat proses charging, maka sistem operasi hp Oppo yang berfokus terhadap pengisian daya baterai. Sehingga tidak dituntut untuk bekerja lebih keras.

Dilihat dari beberapa kasus di atas, maka jalan yang bisa di lakukan adalah dengan cara mematikan hp oppo agar sistem bisa kembali ke performa awalnya. Tidak ada salahnya mematikan hp oppo untuk alasan di atas, asalkan masih dalam batas wajar.

Cara Mematikan Hp Oppo

Cara Mematikan Hp Oppo
Tutorial Mematikan Hp Oppo

Agar hp oppo yang kalian miliki lebih awet dan tetap pada performa terbaiknya, maka tidak ada salahnya jika mematikan hp Oppo sesekali. Berikut cara mematikan hp Oppo yang bisa kalian coba :

1. Pada Menu Pengaturan

Cara mematikan hp Oppo yang pertama adalah dengan menggunakan menu pengaturan. Metode ini sebenarnya sangat mudah dilakukan, mengingat setiap hp oppo memiliki menu pengaturan yang sama. Berikut ulasannya :

  • Pastikan hp kalian dalam kondisi menyala, silahkan masuk ke menu pengaturan atau settings.
  • Carilah opsi untuk mematikan hp oppo.
  • Tunggu beberapa saat hingga hp oppo benar-benar mati.
Terkait:  Cara Kunci Jaringan 4G Oppo

Cukup mudah bukan? Kalian hanya perlu masuk pada menu pengatuan saja. Akan tetapi, harus jeli mencari opsi untuk mematikan hp Oppo. Hal tersebut dikarenakan di dalam opsi Pengaturan, ada banyak menu yang berkaitan dengan sistem.

2. Melalui Bar Notifikasi

Tidak ada HP Oppo yang tidak memiliki bar notifikasi. Fungsi dari bar notifikasi adalah untuk memberitahukan segala macam notifikasi terkait informasi aplikasi yang sedang berjalan. Sebagai contoh jika ada pesan masuk, maka pemberitahuan pesan masuk tersebut akan tertera pada bar notifikasi.

Selain berfungsi untuk memberitahukan hal semacam itu, juga ada beberapa opsi yang bisa kalian gunakan untuk memerintah sistem mengarah pada pengaturan tertentu. Misalnya saja, mematikan hp yang ada pada bar notifikasi. Ini cara mematikan hp Oppo lewat bar notifikasi :

  • Buka bar notifikasi terlebih dahulu, lalu perluas akses cepatnya sehingga kalian bisa menambah ikon power yang bisa di sematkan pada bar notifikasi.
  • Carilah ikon power yang berada pada deretan ikon untuk disematkan pada bar notifikasi.
  • Untuk mematikan hp, klik tombol power tersebut cukup 1 kali klik.
  • Selanjutnya ikutilah petunjuk yang akan muncul pada layar hp oppo utuk proses mematikan hp.
  • Tunggu beberapa saat hingga hp oppo kalian benar-benar mati.

Cara pertama dan cara kedua yang dijelaskan di atas dilakukan apabila tombol power yang ada pada body hp oppo mengalami kerusakan. Dengan demikian, tidak ada alasan kembali kalian tidak dapat mematikan hp oppo hanya karena tombol power tidak bisa digunakan.

3. Menggunakan Tombol Power

Jika kedua cara mematikan hp Oppo di atas tanpa menggunakan tombol power yang ada pada body hp, namun untuk metode ketiga, kalian bisa memakai tombol power di hp Oppo.

Terkait:  Cara Melacak Hp Oppo dengan IMEI

Cara mematikan hp oppo dengan menggunakan tombol power pada body hp merupakan cara standar karena setiap perangkat hp merk apapun, tentu saja selalu dilengkapi oleh tombol power di sebelah bodynya. Adapun langkah-langkahnya bisa kalian ikuti di bawah ini :

  • Pastikan perangkat hp oppo yang akan dimatikan tidak dalam keadaan terkunci.
  • Dalam keadaan standbye, tekan tombol power cukup lama agar muncul menu baru pada layar hp oppo.
  • Menu tersebut adalah opsi untuk melakukan tindakan mematikan hp (ikon power) dan tombol untuk menghidupkan ulang (ikon restart). Karena tujuannya adalah akan mematikan hp oppo, maka pilih tombol ikon power pada layar.
  • Tunggulah beberapa saat sampai sistem melakukan tugasnya untuk mematikan hp.
  • Jika hp sudah benar-benar mati, maka bisa dipastikan sistem yang ada di dalamnya sudah tidak bekerja lagi.

4. Penjadwalan Otomatis Mematikan HP

Cara mematikan hp Oppo yang keempat ini bisa dilakukan untuk meningkatkan kesehatan hp agar performa hp dapat tetap terjaga. Selain itu, manfaat lainnya adalah aktivitas kalian tidak terganggu pada jam tersebut. Misalnya, hp oppo di setting agar mati jam 10 malam, lalu nyala secara otomatis jam 5 pagi, tujuannya adalah karena pada waktu-waktu tersebut setiap orang seharusnya beristirahat dan tidak memakai ponsel.

Jadi, selain untuk menjaga performa hp, juga bisa membantu kalian tidak terganggu akibat aktivitas hp pada jam-jam tersebut. Cek ulasannya berikut :

  • Silahkan masuk terlebih dahulu ke menu pengaturan lalu pilih ‘system settings’.
  • Selanjutnya pilih ‘schedule power on/off’ lalu tentukan jam berapa ingin dimatikan secara otomatis dan ingin dinyalakan secara otomatis.
  • Lalu terakhir tinggal aktifkan Auto Poiwer On dan Auto Power Off.

Untuk meningkatkan performa hp Oppo, memang sesekali kalian harus mematikan hp secara berkala dengan salah satu cara mematikan hp Oppo di atas. Sebelum hp kalian harus dimatikan paksa karena mengalami error atau hang.

 

Related posts