Cara Membagi Bandwidth Tanpa Mikrotik

Cara Membagi Bandwith Tanpa Jaringan Mikrotik

Bandwidth indihome bisa dibagi-bagi ke beberapa orang yang terhubung pada modem indihome sehingga bisa bersama-sama menggunakan internet dari indihome tersebut. Namun kekurangannya, jika berbagi jaringan justru bisa membuat kecepatan internet akan semakin melambat. Disini kita akan membahas cara membagi bandwidth tanpa mikrotik.

Lantas, Apa Itu Mikrotik?

Mikrotik adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk mempermudah pengguna dalam menggunakan layanan jaringan internet melalui perangkat apa saja. Dengan begitu, komputer atau laptop utama yang dijadikan sebagai server, berperan juga sebagai router pada jaringan.

Secara spesifik antara mikrotik dengan router adalah dua hal yang jauh berbeda, terutama jika dilihat dari segi fisiknya. Kalau mikrotik termasuk software, maka router adalah hardware-nya.

Mikrotik merupakan sistem yang secara khusus di desain untuk mempermudah berbagai keperluan jaringan komputer. Hal tersebut seperti ketika merancang dan membangun sistem network, baik dalam skala besar ataupun dalam skala kecil.

Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, mikrotik memiliki tambahan fitur yang dapat bermanfaat. Adapun fitur-fitur pada mikrotik di antaranya : UpnP, MNDP, SNMP, Monitoring, Caching DNS Client, Ipsec, Firewall, Web Proxy, Routing Static Routing, dan Tools.

Cara Membagi Bandwidth Indihome Tanpa Mikrotik

Cara Membagi Bandwith Tanpa Jaringan Mikrotik
Membagi Bandwidth Tanpa Jaringan Mikrotik

Bandwidth adalah jumlah kuota terpakai dalam satuan bit/detik. Untuk satuan ini biasa disebut dengan bps (bit per second). Selanjutnya untuk satuan Mega, Giga, maupun Tera yaitu satuan yang akan mengikutinya.

Setiap besaran bandwidth memperlihatkan kemampuan maksimum transfer data yang dihiitung dalam satuan waktu. Adapun fungsi dari bandwidth sendiri yaitu sebagai alat ukur pengiriman data. Selain itu, bandwidth juga bisa digunakan untuk membagi rata jumlah bandwidth yang sama rata ke setiap orang yang menggunakan modem.

Jika dilihat dari penjelasan di atas, maka sudah tentu pembagian bandwidth sangat penting dilakukan. Hal ini dikarenakan, jika biarkan maka ada salah satu maupun beberapa pengguna yang hanya mendapatkan sedikit kecepatan ketika sedang menggunakan indihome.

Oleh karena itu, penting sekali membagi bandwidth ke dalam jumlah yang sama. Paling tepat yaitu dengan cara membagi bandwidth Indihome tanpa mikrotik. Berikut alasannya :

Metode 1 : Menggunakan Halaman Konfigurasi Modem

Cara membagi bandwidth tanpa mikrotik yang pertama yaitu melalui halaman konfirgurasi modem. Caranya bisa dilakukan dengan menggunakan komputer, laptop, atau bahkan hp smartphone yang sudah terhubung pada jaringan indihome. Berikut ulasannya :

  • Buka browser terlebih dahulu pada perangkat yang akan digunakan. Browser yang dimaksudkan bisa menggunakan internet explorer, mozilla, google chrome, atau yang lainnya.
  • Setelah itu, masukkan IP Address pada kolom pencarian : 192.168.1.1.
  • Lakukan login dengan menggunakan username dan password milik sendiri.
  • Setelah masuk di halaman utama, piliihlah menu ‘Basic’.
  • Jika sudah, dilanjut dengan mengubah SNM ke SSID yang bisa kalian lakukan pada pengaturan QoS Type.
  • Selanjutnya tinggal klik ‘Submit’ atau ‘Apply’ untuk mengubah pengaturan.
  • Masuk ke tahap selanjutnya yaitu ke menu ‘Choose SSID’ yang terdapat pada SSID Settings. Disana cukup pilih SSID 2 lalu centang bagian ‘enable SSID’.
  • Untuk mengatur jumlah klien yang bisa masuk pada modem indihome, kalian bisa menentukannya dengan mudah yaitu cukup tulis angka 1 hingga 32. Adapun angka tersebut menunjukkan jumlah orang yang tergabung pada jaringan indihome.
  • SSID Name yang ada di bagian bawahnya bisa ditulis sesuai keinginan, yang pasti maksimal penamaan hanya 32 karakter.
  • Selanjutnya di bagian bawahnya terdapat priority. Pilih kolom tersebut dengan angka 5.
  • Dilanjut dengan klik submit atau apply untuk mengubah pengaturan default ke pengaturan yang sudah di atur sebelumnya.
  • Pada pengaturan untuk SSID 1, lakukan langkah yang sama seperti di atas, namun yang membedakannya yaitu untuk priority agar memilih angka 7.
  • Apabila sudah selesai, klik submit atau apply untuk mengubahnya.

Langkah-langkah di atas agar di setting dengan benar supaya pembagian bandwidth tanpa jaringan bisa lebih merata.

Metode 2 : Menggunakan Software Pihak Ketiga

Selain dengan menggunakan konfigurasi bawaan dari modem indihome, kalian juga bisa mencoba cara membagi bandwidth tanpa mikrotik dengan menggunakan software pihak ketiga. Adapun software yang bagus untuk pembagian bandwidth yaitu P2Pover, Netlimiter atau Selfish Net, Softperfect bandwidth manager.

Kalian bisa download softwarenya secara cuma-cuma dari internet tanpa harus ada pembayaran di awal. Sehingga tetap bisa menggunakan sofware tersebut sesuai dengan fungsinya.

Kelebihan dari menggunakan software-software di atas adalah selain bisa membagi bandwidth bagi para pengguna jaringan indihome, kalian juga bisa membatasi pengguna dengan mengatur jumlah pengguna sesuai keinginan. Dengan begitu bisa memblokir pengguna karena alasan tertentu.

Selain itu, jika kalian ingin memblokir aplikasi atau software tertentu yang menggunakan kuota internet, software-software di atas bisa memblokirnya.

Sebagai contoh, di bawah ini akan dijelaskan cara membagi bandiwdth tanpa mikrotik yaitu P2Pover yang akan dijelaskan di bawah ini :

1. Instal Aplikasi

Pertama-tama, instal aplikasinya terlebih dahulu. Kalian bisa mendapatkan aplikasinya dengan masuk pada mesin pencarian google, lalu cari kata kunci p2pover.

2. Jalankan Aplikasi

Setelah aplikasinya berhasil di instal, lalu jalankan aplikasi p2pover yang sudah terpasang pada perangkat. Ketika pertama kali masuk ke beranda aplikasi p2pover, biasanya akan ada kotak dialog yang muncul berupa Quick Tour.

Di sana kalian bisa menonton video demo atau jika tidak ingin menontonnya bisa langsung pada tahap pengaturan dengan memilih tombol ‘Set Now’.

3. Setting Adapter

Pada halaman berikutnya, kalian diharuskan memilih jenis adapter yang akan digunakan. Agar pemilihan adapter cepat dilakukan, kalian bisa memilih Auto Select yang ada pada dialog Please Select Access Internet Mode (AIM).  Pilihlah select the control adapter dan terakhir klik OK.

Apabila langkah ini sudah dilakukan, maka akan secara otomatis muncul alamat MAC sekaligus gateway MAC. Dengan begitu akan secara otomatis mencari adapter yang menyala seperti adapter LAN Card maupun W-LAN.

3. Pengaturan Jadwal

Cara membagi bandwidth tanpa mikrotik dengan aplikasi P2p0ver berikutnya adalah pengaturan jadwal dengan cara menekan tombol ‘Schedule Setting’ yang berada pada menu Bar lalu klik New. Dari sana kalian tinggal mengisi nama sesuai dengan keinginan untuk penamaan schedule. Apabila sudah diberi nama, klik OK.

Adapun fungsi pengaturan jadwal ini adalah untuk mempermudah pengelompokan pembatasan bandwidth saja.

4. Rules Setting

Fungsi dari rules setting adalah untuk pengaturan kecepatan upload maupun download. Sesuaikan dengan kebutuhan saja berapa besar batasan bandwidth yang akan kalian gunakan.

5. Tentukan Kecepatan Batas Maksimal Bandwidth

Batasan minimal bandwidth yaitu 10 kbps, jika terlalu rendah bisa kalian atur kecepatannya sesuai keinginan seperti 32 kbps, 512 kbps, atau 1 mbps.

Untuk cara membagi bandwidth tanpa mikrotik dengan aplikasi sebenarnya sangat mudah dilakukan. Untuk langkah-langkahnya sebenarnya sama saja di setiap aplikasi. Kalian hanya perlu memilih salah satu aplikasi yang digunakan agar bandwidth bisa dibagi-bagi dengan tujuan memaksimalkan pengalaman menggunakan jaringan wifi Indihome.  Semoga membantu!

 

Related posts