Cara Cek Samsung SEIN

Popularitas Hp Samsung di Indonesia memang tak pernah redup. Bahkan penjualan produk gadget Samsung setiap tahunnya hampir mendominasi. Namun nyatanya bukan hanya di Indonesia saja, Hp Samsung juga mempunyai popularitas tinggi di mancanegara. Lalu, bagaimana cara cek Samsung SEIN?

SEIN itu sendiri ialah kependekan dari Samsung Elektronik Indonesia, sebagai produk garansi dari Indonesia. Jadi secara otomatis bagi Kamu yang ingin mengajukan klaim garansi, maka bisa dilakukan di Indonesia.

Lain halnya dengan Samsung Global yang merupakan produk Samsung yang dirakit secara internasional atau dari luar negeri. Sehingga untuk klaim garansi produknya dapat dilakukan dengan mengirim prduknya terlebih dulu ke luar negeri dan tentu saja memerlukan waktu lebih lama.

Tentang Samsung SEIN

Hp Samsung keluaran Indonesia (SEIN) biasanya mempunyai karakter dan hardware berbeda jika dibandingkan Samsung Global, yang biasa disebut sebagai EX INTER.

Adapun perbedaan spesifikasi perangkat keras yang dibawa, umumnya dilihat dari frekuensi jaringan disesuaikan untuk tiap negara. Dimana frekuensi jaringan yang berbeda ini nantinya berpengaruh terhadpa kualitas sinyal perangkat yang diperoleh, karena apabila frekuensinya berbeda dengan jaringan yang ada di negara tujuan, bukan tak mungkin sinyal yang dihasilkan menjadi jelek. Bahkan bisa saja tidak memperoleh sinyal sama sekali.

Oleh karena itu, jika Kamu berencana membeli smartphone Samsung, sebaiknya beli Hp Samsung yang memiliki garansi resmi dari negara Indnesia. Di samping frekuensi jaringannya sudah disesuaikan, Kamu juga akan lebih mudah saat Hp mengalami kerusakan. Karena SSC (Samsung Service Center) biasanya akan langsung menerimanya dan memperbaiki kerusakan pada Hp. Berbeda jika HP Samsung-mu bukan Hp SEIN alias EX Inter, maka SSC di Indonesia enggan melakukan perbaikan kerusakan pada HP Samsungmu.

Cara Cek Samsung SEIN

Cara Cek Samsung SEIN
Mengecek Hp Samsung SEIN

Mengecek Hp Samsung SEIN

Mengingat respon masyarakat terhadap Hp Samsung yang begitu besar dan terbukti dengan penjualan Hp Samsung yang sering mendominasi pasar Indonesia, maka wajar jika banyak pihak yang memanfaatkannya dengan memalsukan produk Hp Samsung.

Hal tersebut tentu saja sangat merugikan, selain bagi pihak Samsung juga bagi pembeli yang tidak mengetahui apakah Hp Samsung tersebut asli ataukah replika/palsu.

Maka dari itu, penting sekali mengecek Hp Samsung SEIN sebelum Kamu melakukan pembelian Hp Samsung. Diantaranya sebagai berikut :

1. Cek Hp Samsung SEIN Melalui Box Pembelian HP

Dalam box pembelian Hp  biasanya akan terdapat kode IMEI, negara produksi dan serial number. Apabila tertera produk tersebut diproduksi untuk negara Indonesia, bisa dipastikan Hp tersebut adalah Hp SEIN.

2. Cek Hp Samsung SEIN Melalui SN (Serial Number)

Serial number biasanya terdiri atas 11 digit kombinasi angka dan huruf. Nah, untuk cek HP Samsung SEIN lewat SN Number biasanya dalam 2 digit huruf pertamanya ialah RR, apabila 2 digit huruf pertamanya bukan kode RR, dapat dipastikan HP tersebut bukan termasuk garansi SEIN.

Cara cek Hp Samsung SEIN melalui serial number dapat dilakuka lewat box penjualan maupun lewat kode *#06#, oleh karenanya akan terlihat kode IMEI Hp dan serial number dari Hp yang Kamu miliki.

3. Cek Hp Samsung SEIN Melalui Bodi Bagian Belakang

Mengecek Hp Samsung SEIN berikutnya bisa dilihat dari tampilan bodi belakang Hp. Pada HP Samsung SEIN biasanya tidak mempunyai seri bentukan pada bagian belakang bodinya. Contohnya, jika Kamu memiliki Hp Samsung S8, maka pada bagian belakang HP tulisan Samsung S8 tidak ada, tetapi hanya tertera kode dan “made in” saja.

Selain itu, Kamu juga bisa perhatikan bagian belakang HP tepat di bawah kamera, jika ada logo selain dari logo Samsungs eperti T-Mobile, docomo, atau yang lainya, maka ini artinya HP yang Kamu cek bukan HP Samsung SEIN.

4. Cek Hp Samsung SEIN Melalui Processor-nya

Hp Samsung di tanah air saat ini memang semuanya memakai prosesor exynos langsung dari Samsung. Sebenarnya biasanya HP Samsung yang diluncurkan sebelum tahun 2016 menggunakan prsessor Snapdragon. Akan tetapi jika Hp Samsungmu diluncurkan di atas tahun 2016 dan prosesornya masih mengusung Snapdragon, maka dapat dipastikan HP-mu bukan termasuk Samsung SEIN.

Adapun untuk mengetahui tipe prosesor dapat memakai aplikasi yang bisa Kamu unduh di Play Store, dan aplikasi tersebut yaitu AIDA64.

5. Cek Hp Samsung SEIN Melalui Live Chat samsung

Cara cek Samsung SEIN selanjutnya ialah dengan langsung menanyakan ke pihak Samsung. Kamu hanya perlu mengunjungi web resmi dari Samsung lalu pilih layanan live chat. Nah, dari fitur inilah Kamu bisa menanyakan nomor IMEI Hp Samsung-mu apakah Samsung SEIN atau EX Inter. Selanjutnya tinggal tunggu balasan dari customer service Samsung. Sebab cara cek Hp Samsung SEIN ini paling meyakinkan. Selain itu, layanan live chat juga bisa digunakan untuk menanyakan waktu produksi Hp Samsung-mu, hingga garansi Hp-mu

6. Cek Hp Samsung SEIN Melalui Kartu SIM Hp

Biasanya Hp Samsung keluaran Indonesia memakia sistem dual sim card, baik itu yang hybrid maupun yang dedicated. Apabila Hp Samsungmu hanya suppport 1 SIM card saja maka dapat dipastikan jika Hp tersebut adalah HP EX Inter. Akan tetapi, ada beberapa seri yang masih memakai single sim atau satu SIM Card saja khususnya untuk seri Samsung lama. Namun untuk smartphone Samsung terbaru biasanya sudah memakai dual sim card.

7. Cek Hp Samsung SEIN Melalui Segelnya

Bagi pemburu smartphone second, dan menjumpai Hp Samsung berharga murah, lalu melihat ada hal naeh seperti segel atau stiker di Hp Samsung tersebut, maka Kamu harus waspada. Selain itu, sebaiknya jangan membeli Hp tersebut. Sebab biasanya stiker yang tertera adalah bukti jika Hp Samsung sudah pernah dibuka oleh para teknisi non resmi alias ilegal.

Segel-segel yang dipasang tersebut digunakan para penjual Hp bekas dari Batam. Perlu Kamu ketahui bahwa Hp bekas di Batam biasanya sudah refurbish jadi bukan orisinil lagi. Bahkan dilihat dari kualitasnya juga jauh daripada yang aslinya.

8. Cek Hp Samsung Sein : Periksa Spesifikasi

Untuk membedakan antara Samsung SEIN dengan replika ialah melalui pengecekan spesifikasinya. Lalu Kamu bisa bandingkan spesifikasi antara Samsung yang Kamu beli dengan yang Kamu dapatkan dari internet atau dari aplikasi. Silahkan pakai aplikasi CPU-Z dan AIDA64 yang bisa Kamu unduh di Play Strore.

Jadi kedua aplikasi ini dapat Kamu gunakan untuk mencocokkan apakah Hp yang Kamu miliki spesifikasinya sama seperti spesifikasi Hp Samsung asal Indonesia. Silahkan cek spesifikasi lengkap sesuai dengan tipe Hp samsung yang Kamu miliki.

Itulah beberapa cara cek Samsung SEIN yang bisa Kamu coba agar Kamu bisa memastikan apakah Hp Samsung tersebut bergaransi dari Indoensia atau luar  negeri. Adapun alasan kenapa penting sekali mengecek Hp Samsung SEIN ini ialah masalah purna jual dan garansi, sebab biasanya service center Samsung Indonesia hanya dapat menerima klaim ataupun perbaikan pada HP yang dibuat langsung dari Indonesia saja.

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019