Cara Membatalkan Secret Chat di Telegram

Cara Membatalkan Secret Chat di Telegram

Bagaimana cara membatalkan secret chat di Telegram? Telegram adalah salah satu aplikasi media sosial yang lebih mengutamakan perpesanan online sesama pengguna aplikasi. Kelebihan dari Telegram adalah menawarkan fitur lebih kaya daripada aplikasi chatting lainnya. Salah satu fitur yang diandalkan oleh para pengguna Telegram adalah secret chat.

Secret Chat di Telegram

Sebelum membahas cara membatalkan secret chat di Telegram, kalian harus tahu dulu apa sih fitur secret chat dit Telegram.

Read More

Secret chat adalah ruang obrolan yang sifatnya rahasia dengan sesama pengguna Telegram. Dalam fitur ini, para pengguna yang ikut ke dalam obrolan secret chat tersebut, tidak akan menyimpan pesan seperti biasanya. Hal tersebut, karena pesan tersebut tidak akan bertahan lama.

Adapun pesan yang dikirim melalui fitur secret chat sudah di atus secara default dan dilindungi secara end to end. Artinya tidak akan ada orang lain yang bisa mengintip obrolan dalam secret chat tersebut, melainkan hanya pengirim dan penerima saja yang tahu.

Kelebihan dari fitur secret chat adalah hanya bisa dibuka pada perangkat yang sebelumnya mengirimkan pesan. Dengan begitu, jika suatu saat pengguna secet chat pindah ke perangkat lain walaupun memakai akun Tele yang sama sebelumnya, maka isi chat pada fitur secret chat tetap tidak akan bisa dibaca.

Nantinya, pengguna bisa mengatur waktu yang tepat kapan pesan yang ada pada fitur secret chat bisa terhapus dengan sendirinya. Oleh karena itu, penggunaan secret chat ini sangat cocok bagi siapa saja yang tidak ingin orang lain mengetahui obrolan antara pengirim dan penerima karena bersifat rahasia.

Cara Menggunakan Secret Chat di Telegram

Setelah mengetahui kegunaan dari fitur secret chat pada Telegram. Selanjutnya kalian tinggal menggunakan fitur ini dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini :

  • Buka terlebih dahulu aplikasi Telegram dengan menggunakan akun sendiri.

  • Setelah itu pada halaman utama, silahkan pilih pengguna Telegram yang ingin kalian ajak melakukan chat pribadi yang nantinya bisa masuk menggunakan fitur secret chat.

  • Kemudian, buka ruang obrolan dengan orang tersebut, lalu klik pada gambar profil dari penerima pesan.

  • Selanjutnya, klik ikon yang bergambar titik tiga tepatnya berada di pojok sebelah kanan bagian atas untuk masuk ke menu pengaturan chat.

  • Setelah itu, kalian cukup memilih opsi ‘Start Secret Chat’ untuk selanjutnya mengirim pesan ke orang yang dimaksud. Nantinya pesan tersebut akan hilang otomatis menurut settingan waktu yang telah ditentukan.

  • Di lanjut dengan pilih tombol ‘Start’ yang akan muncul sesaat seteah klik perintah sebelumnya.

Itulah beberapa langkah untuk memulai obrolan melalui fitur secret chat. Karena obrolan ini sudah dilingkungi secara end to end, maka obrolan tersebut secara otomatis sudah terlindungi dan aman untuk saling memberikan rahasia. Selain itu, jangan lupa untuk mengatur waktu kapan chat tersebut terhapus secara otomatis.

Cara Membatalkan Secret Chat di Telegram

Cara Membatalkan Secret Chat di Telegram
Membatalkan Secret Chat di Telegram

Setelah mengetahui cara menggunakan secret chat, selanjutnya akan dijelaskan mengenai cara membatalkan secret chat di Telegram. Adapun fungsi membatalkan secret chat adalah jika ada kata-kata yang ingin dirubah atau dihapus dengan suatu alasan.

Untuk lebih jelasnya, berikut cara membatalkan secret chat di Telegram dengan benar :

  • Buka kembali Telegram dengan akun masing-masing.

  • Lalu buka opsi secret chat Telegram yang berada di samping kiri.

  • Kemudian lanjutkan dengan klik ikon titik tiga yang berada tepat di pojok kanan bagian atas.

  • Tentukan pesan yang akan di hapus dengan cara klik menu ‘Delete Chat’ untuk menghapus pesan yang dimaksud.

  • Jika sudah selesai, selanjutnya tinggal ‘konfirmasi’ untuk menghapus pesan pada secret chat tersebut.

  • Untuk tahap lanjutan, kalian bisa menonaktifkan fitur secret chat dengan cara klik cukup lama di bagian opsi ‘secret chat’ yang akan dibatalkan.

  • Berikutnya klik opsi tempat sampah lalu tinggal klik menu ‘Delete Chat. Untuk menghapus secret chat tersebut.

Itulah langkah-langkah cara membatalkan secret chat yang bisa kalian lakukan ketika ingin mengakhiri secret chat bersama teman atau pengguna telegram lainnya.

Fitur-fitur Telegram Lainnya

Memang sangat menarik menggunakan aplikasi Telegram, karena aplikasi ini menawarkan banyak pilihan fitur menarik. Namun kelemahannya masih kalah pamor dengan Whatsapp. Ini dia beberapa hal yang perlu kalian ketahui mengenai aplikasi Telegram :

1. Anggota Grup Sampai Ratusan Ribu

Setiap aplikasi perpesanan saat ini, menawarkan fitur yang memungkinkan untuk mengumpulkan banyak pengguna dengan kepentingan atau kegemaran yang sama. Mulai dari grup sekolah, grup komplek, sampai grup pekerjaan.

hebatnya, aplikasi Telegram bisa menampung anggota hingga 100.000 orang. Jika dibandingkan dengan aplikasi serupa, sudah tentu aplikasi Telegram lebih unggul jika dilihat dari banyaknya kuota anggota dalam 1 grup chat.

2. Kompatibel

Dengan kelebihan seperti ini, Telegram dianggap lebih fleksibel untuk satu akun yang digunakan. Hanya satu akun saja, maka pengguna bisa log in di semua perangkat baik itu yang menggunakan OS android maupun sistem operasi iOS.

Selain itu, pengguna juga bisa dengan bebas menggunakan aplikasi Telegram dengan menggunakan web di mana dapat dibuka pada PC yang menggunakan sistem operasi Windows, Linux, maupun OSX.

Yang paling penting dari kesemuanya adalah satu akun dengan menggunakan satu nomor saja yaitu nomor yang digunakan pada saat mendaftar pertama kali.

3. Mengatur Pesan Otomatis

Telegram adalah aplikasi yang berbasis menggunakan cloud messenger. Nantinya setiap pesan yang masuk akan tersimpan pada cloud untuk menghindari terjadinya penumpukan data akibat memori perangkat yang penuh

Pengguna juga bisa mengatur pesan yang masuk berdasarkan waktu yang ditentukan untuk menghapus pesan secara otomatis, sehingga nantinya pengguna tidak perlu repot-repot menghapusnya secara manual.

Tentu saja hal di atas menguntungkan, karena jika dibandingkan dengan aplikasi serupa. Karena fitur tersebut belum tentu ada di aplikasi lainnya dan pengguna yang ingin menghapusnya harus dilakukan secara manual.

4. Data yang Dikirim Tidak Dikompres

Setiap pesan yang dikirimkan baik itu dokumen, foto atau video tidak akan di kompress secara otomatis. Sehingga data apapun yang dikirimkan melalui perpesanan Telegram dalam ukuran yang sebenarnya.

Selain itu, pengguna bisa mengirimkan file yang berukuran besar hingga mencapai ratusan MB dalam satu waktu. Cukup mudah ketika mengirimkan file nya dan cukup mudah ketika download file yang dikirimkan oleh orang lain.

Aplikasi Telegram memang menawarkan banyak keunggulan dibandingkan aplikasi sejenis lainnya. Bahkan kini banyak orang yang menonton film secara streaming di Telegram, sehingga semakin memanjakan para pengguna Telegram saat mencar hiburan.

Selain itu, dengan adanya fitur secret chat bisa memberikan kenyamanan bagi kalian yang ingin mengirimkan pesan atau chat yang bersifat sangat rahasia, dan tidak ingin diketahui orang lain. Sementara, jika ingin mengakhiri secret chat, kalian bisa menggunakan cara membatalkan secret chat di Telegram.

Related posts