Cara Menghapus Akun Dana

Cara menghapus akun dana saat ini bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Dana termasuk sala satu produk aplikasi e-wallet yang seringkali dipakai untuk aktivitas transaksi berbelanja baik secara online maupun offline lewat merchant DANA.

Melalui aplikasi DANA, memungkinkan para pengguna tidak perlu memiliki uang cash atau tunai ketika hendak membayar pembelian apapun di merchant DANA. Hanya saja, terkadang karena terlalu banyaknya aplikasi e-wallet, membuat seseorang merasa harus menghapus akun DANA. Simak cara menghapus akun DANA yang akan kami bagikan di artikel ini!

Read More

Cara Menghapus Akun DANA

Cara Menghapus Akun DANA
Panduan Menghapus Akun DANA

Aplikasi yang terlalu banyak dapat memenuhi ruang pada hp smartphone, dan tentu saja rentan aktivitas scamming yang dilakukan pihak tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, jika hal ini terjadi ada cara yang paling efektif yaitu dengan menghapus akun DANA, baik dengan sementara maupun secara permanen.

Namun sebelum menghapus aplikais DANA, sebaiknya jangan lupa tarik saldo DANA yang tersedia di dalamnya terlebih dahulu. Jika saldo DANA sudah kosong, kamu hanya perlu mengikuti panduan untuk menghapus aplikasi DANA beserta akunnya.

Ada banyak alasan kenapa pengguna ingin menghapus DANA, meskipun aplikasi dompet digital ini sangat penting untuk memudahkan proses transaksi jual beli dan pembayaran saat ini. Adapun salah satu faktornya adalah user telah mengganti nomor, jadi ingin berganti ke akun baru memakai nomor baru. Atau bisa saja kamu sudah mempunyai banyak aplikasi e-wallet.

1. Cara Menonaktifkan Akun DANA

Untuk menghapus akun DANA, cara yang pertama kamu bisa menonaktifkan akun DANA dengan menguninstall aplikasinya terlebih dahulu. Tapi sayangnya, cara ini tidak akan menghapus akun DANA, sebab akun DANA masih tetap tersedia walaupun statusnya nonaktif. Dengan demikian para pengguna dapat memulihkannya kembali, berikut penjelasannya:

  • Langkah pertama, buka dan masuk aplikasi DANA di perangkat hp masing-masing. Selanjutnya, lakukan “Login” seperti biasa, caranya input “Username” serta “Password’.

  • Setelah berhasil masuk ke akun DANA kamu yang akan dihapus, tinggal ketuk “Pengaturan” dan tekan pilihan “Hapus Instalasi”.

  • Sebenarnya ada cara simpel yang bisa kamu coba, yaitu hanya dengan menekan logo aplikasi DANA di perangkat smartphone. Selanjutnya, kamu akan mendapatkan beberapa pilihan, silahkan ketuk opsi “Hapus Instalasi”.

  • Silahkan tunggu sampai kamu memperoleh pop up untuk konfirmasi tambahan atau persetujuan tentang penghapusan akun DANA. 

2. Cara hapus Akun DANA melalui Web Resmi

Belum puas dengan metode di atas? tenang, kamu masih bisa mencoba metode lainnya, yaitu dengan menggunakan situs web resmi dari DANA. Metode ini sebenarnya akan menghapus akun DANA permanen.

Dengan demikian akun DANA milikmu akan hilang, bahkan tidak bisa dipakai kembali. Begini penjelasannya :

  • Langkah pertama, silahkan buka web browser yang biasa kamu gunakan, untuk lebih mudah dan cepat pakai browser Google Chrome. Selanjutnya cukup ketikkan situs web DANA, atau kamu hanya perlu mengklik link berikut https://www.dana.id/en/contact.

  • Silahkan tunggu sampai halaman yang berisi form atau kolom muncul, kemudian silahkan isi di kolom yang ada sesuai permintaan. Misalnya saja, mengisi nomor hp, nama dan akun email.

  • Pada kolom “Pesan”, silahkan isi dengan permintaan tentang nonaktif akun DANA secara permanen berikut alasannya. 

  • Kamu bisa menuliskannya lewat kolom “Detail Masalah”. Kemudian kamu bisa lampirkan foto maupun video sebagai tanda bukti, dengan maksimal berukuran 7 MB, biasanya hal tersebut bersifat opsional. Jika sudah selesai, silahkan beri tanda centang pada tulisan “Captcha” kemudian tekan “Kirim”.

3. Hapus Akun DANA melalui Telepon

Kamu juga dapat mencoba cara hapus akun e-wallet dengan menggunakan telepon, yaitu hubungi customer service secara langsung. Untuk menggunakan metode ini, kamu harus memiliki pulsa dengan budget mulai dari Rp10.000,- hingga Rp20.000,-.

  • Langkah pertama, silahkan buka opsi panggilan yang ada di hp masing-masing. Kemudian, bisa hubungi call center resmi DANA, yaitu dapat menggunakan nomor “1500 455”.

  • Lalu tunggu hingga customer service menjawabnya. Kamu harus sabar menggunakan metode ini karena sedikit antre, bila ada customer lain yang telah menghubungi CS.

  • Jika sudah terhubung, maka silahkan sampaikan permintaan kamu. Hal ini tentunya bertujuan untuk menonaktifkan DANA berikut alasannya.

  • Silahkan jawab seluruh pertanyaan yang telah customer service DANA ajukan mengenai penghapusan, seperti data-data pada aplikasi atau yang lainnya.

  • Jika sudah selesai, layanan pelanggan DANA bisa melakukan prosedur untuk menghapus akun DANA sebagaimana mestinya. Lalu ikuti proses dan instruksi yang diminta untuk kelancaran dalam menghapus akun DANA.

4. Hapus Akun DANA via Email

Jika kamu tidak mempunyai pulsa untuk melakukan panggilan call center DANA, maka kamu masih bisa memakai opsi lain yakni lewat email. Pengguna dapat langsung menghubungi layanan call center DANA lewat email.

Tapi, tentu saja smartphone maupun perangkat komputer harus terkoneksi pada jaringan internet.

  • Pertama, bisa langsung buka aplikasi “Email” yang digunakan di hp atau browser. Kemudian, bisa langsung klik ikon “Pensil” serta “Tulis” untuk membuat pesan baru email.

  • Di bagian kolom “Kepada”, maka silahkan isi menggunakan akun email dari call center DANA, yaitu [email protected]. Kemudian, kamu dapat menuliskan judul atau garis besar terkait keinginanmu dalam menghapus akun DANA pada kolom “Subject” atau dapat ditulis “Pengajuan Penutupan Akun DANA”.

  • Berikutnya, di bagian “Isi”, pengguna dapat langsung menuliskan berbagai macam alasan mengapa ingin menghapus akun DANA secara jelas, lugas, dan tentunya tegas.

  • Apabila semua telah lengkap, maka silahkan baca lagi untuk memastikan semuanya benar. Jika sudah bisa klik “Kirim Pesan” yang biasanya ada di sebelah kanan atas pada halaman pesan.

  • Selesai, kini kamu hanya perlu menunggu pesan balasan pihak DANA mengenai kelanjutan pengajuan untuk menonaktifkan akun DANA.

5. Menghapus Akun DANA melalui Sosial Media

Selain menggunakan cara nonaktif akun DANA di atas, kamu juga bisa mencoba cara kelima. Hal ini tentunya karena pengguna dapat meminta bantuan pihak DANA melalui sosial media resminya.

Cara menghapus akun dana ini tergolong praktis dan mudah. Mengingat DANA cukup aktif di beberapa sosial media yang banyak sekali digunakan usernya.

Namun, jika menggunakan cara ini, pengguna harus bisa selalu bersabar karena kemungkinan besar responnya terlalu lama. Umumnya, sosial media admin menerima banyak pesan, bukan hanya mengenai masalah penghapusan akun namun juga tentang persoalan lainnya.

DANA ini mempunyai beberapa akun media sosial resmi yang bisa kamu hubungi, antara lain :

Facebook : https://web.facebook.com/danawallet/?_rdc=1&_rdr

Twitter : @danwallet

Instagram : @dana.id

Agar bisa menghubungi layanan sosial media DANA ydi atas, maka silahkan kirimkan pesan lewat “Direct Message” atau “DM” yang telah tersedia pada tiap-tiap platform. Lalu sampaikan keluhanmu terkait nonaktif DANA serta alasan kenapa ingin menghapusnya. Setelah itu, silahkan kirim pesannya langsung.

Jika sudah, kamu bisa mengikuti langkah-langkah menghapus akun DANA yang menurutmu paling mudah. 

Kesimpulan

Cara menghapus akun DANA bisa kamu lakukan apabila kamu tidak memerlukan dompet digital DANA lagi untuk bertransaksi. Sebagai saran, sebaiknya pertimbangkan baik-baik sebelum menghapus akun DANA. Pastikan, apakah akun DANA kamu masih digunakan atau memang sudah tidak digunakan kembali. Dengan begitu, kamu tidak akan menyesal setelah menghapus akun.

Related posts