Cara Membersihkan Layar Hp

Cara Membersihkan Layar Hp
43453279 - close up of a woman cleaning mobile smart phone with fabric in dark background, blank text, , selective focus on finger fabric

Selain cara membersihkan layar laptop, kalian juga harus tahu cara membersihkan layar hp dengan benar. Karena keduanya memiliki peranan penting untuk mempermudah akses perangkat. Apalagi saat ini semua HP sudah memiliki teknologi touchscreen. Adapun salah satu manfaat dari membersihkan layar HP adalah selain membersihkan kotoran maupun debu yang menempel pada layar, juga terbebas dari kuman.

Di samping merawat perangkat hp, penting juga untuk membersihkan tangan terlebih dahulu sebelum memakai hp. Tujuannya agar tangan kalian tidak mengotori layar hp, dan layar terhindar dari kondisi berminyak dan kotor.

Read More

Perawatan perangkat ponsel sebenarnya bukan hanya layarnya saja. Melainkan mencakup semua bagian hp, salah satunya adalah dengan memakai pelindung hp. Selain itu, jika kalian tidak rajin membersihkan layar hp, maka kotoran yang menempel pada perangkat hp akan sulit dihilangkan.

Cara membersihkan layar HP

Cara Membersihkan Layar Hp
Tutorial Membersihkan Layar Hp Android

Layar HP bisa dibilang merupakan bagian yang sangat sensitif karena semua aktivitas dapat diakses dengan baik jika kondisi layar dalam keadaan bersih dan baik. Mengingat pentingnya layar ponsel, sebaiknya hati-hati ketika menyentuh layar perangkat.

Sebelum mengetahui cara membersihkan layar hp, ada perlindungan yang dapat kalian lakukan pada layar, yaitu dengan memakai pelindung layar hp. Fungsinya adalah agar layar aslinya tetap aman dan terlindungi. Dengan begitu,  kalian cukup membersihkan layar HP di atas pelindung layar tersebut tanpa harus repot membuka pelindung layar terlebih dahulu.

Cara membersihkan layar hp juga tidak sembarangan dilakukan. Ada beberapa tahapan yang perlu kalian pahami dan ikuti agar layar dapat dibersihkan dengan baik tanpa merusak komponen perangkat. Berikut ulasannya :

1. Cabut Kabel Pada Hp

Sebaiknya lepas kabel pada hp terlebih dahulu jika kalian berniat ingin membersihkannya. Lagipula, kalian harus menghindari menggunakan hp saat sedang dicas, karena ini berbahaya. Selain itu, bisa memperburuk performa baterai hp itu sendiri. Oleh sebab itu, entah itu dengan alasan menggunakan hp atau membersihkan hp, sebaiknya cabut kabel hp dari colokannya atau lepas chargernya terlebih dahulu.

Alasan harus dicabut terlebih dahulu yaitu untuk menghindari hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri. Bahkan parahnya, bisa menyebabkan HP menjadi rusak pada tampilan layar atau lebih parahnya mati total.

2. Lepas Cashing HP

Sepertinya untuk cashing HP semua orang menggunakannya dengan tujuan untuk melindungi keseluruhan body HP dengan tujuan untuk meminimalisir benturan akibat kelalaian. Cashing HP ada 2 macam, yaitu hardcase dan softcase. Fungsi dari keduanya sama, yaitu melindungi body HP.

Ketika kalian hendak membersihkan layar HP, maka di rekomendasikan untuk melepas cashing terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar proses pembersihan layar lebih maksimal, terutama pada bagian pinggir. Selain itu, sekalian saja membersihkan cashing dari debu-debu yang menempel untuk hasil yang maksimal.

3. Gunakan kain halus

gunakanlah kain yang halus untuk membersihkan layar HP. Contoh kain yang baik untuk membersihkan bagian layar yaitu yang berjenis microfiber, namun jika tidak ada maka bisa menggunakan kain yang halus seperti kain katun atau kain lainnya dengan permukaan yang halus.

Jika kalian memaksakan kain yang permukaannya kasar, dikhawatirkan permukaan layar tergores akibat kain kasar yang tidak seharusnya terjadi.

Cara membersihkan layar hp selanjutnya adalah pakai kain bersih, tujuannya agar kain tidak mengotori layar ponsel. Kalian bisa memakai kain halus untuk membersihkannya, caranya yaitu dengan mengusapnya satu arah mulai dari atas sampai ke bagian bawah secara perlahan.

4. Gunakan Cairan Khusus

Jika diperlukan, pakai cairan khusus untuk memastikan semua debu dapat terangkat dari layar HP. Tapi sebenarnya, memakai kain saja sudah cukup jika ingin membersihkan debu yang menempel di layar. Hanya saja, jika ada noda yang membandel dan sulit dihilangkan, maka kalian memerlukan cairan khusus

Silahkan bersihkan noda yang menempel pada layar hp memakai cairan khusus, kemudian lap memakai kain halus dan bersih.

Adapun cairan yang dimaksud adalah cairan yang di dalamnya mengandung alkohol atau garam khusus yang bisa kalian beli dari toko HP. Dengan menggunakan cairan ini, biasanya noda-noda yang sulit dibersihkan akan hilang, sehingga layar HP menjadi lebih bersih.

Satu hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan cairan khusus adalah jangan sekali-kali menuangkannya secara langsung pada layar HP. Cukup tuangkan cairan tersebut seperlunya, terutama pada bagian layar HP yang terdapat noda membandel. Atau bila perlu bisa menggunakan semprotan khusus sehingga cairan yang keluar dalam bentuk embun.

5. Usap Perlahan

Karena layar HP begitu sensitif terhadap gesekan dan tekanan, maka cara membersihkan layar hp dengan tepat, kalian hanya perlu mengusap permukaan layarnya secara perlahan saja. Teknik yang paling sederhana adalah dengan mengusapnya pelan-pelan, dari bagian layar atas kemudian usap lagi ke bagian layar paling bawah. Lakukan secara terus menerus dengan mengusap satu arah hingga beberapa kali sampai hasilnya maksimal.

6. Memakai Cutton bud Untuk Bagian yang Sulit Dijangkau

Penggunaan cotton bud lebih di khususkan pada bagian yang sulit untuk dijangkau, terutama yang berdekatan dengan speaker bagian atas. Gunakan cotton bud berukuran kecil sehingga bagian tersebut bisa bersih.

Jika menggunakan cairan khusus, agar lebih hati-hati ketika membersihkan bagian yang berdekatan dengan komponen speaker hp. Selain itu, cukup gunakan cairan khusus sedikit agar speaker terhindar dari kerusakan akibat kemasukan cairan tersebut.

Beberapa Alternatif Lain Membersihkan Layar HP

Selain menggunakan cairan khusus dan kain halus, sebenarnya ada beberapa alternatif lain untuk membersihkan layar HP. Cara membersihkan layar hp ini dilakukan jika kalian tidak mempunyai cairan khusus. Ini ulasannya:

1. Menggunakan Selotip

Alternatif lain untuk membersihkan layar HP adalah dengan menggunakan selotip. Penggunaan selotip sangat baik untuk mengangkat debu-debu yang menempel pada layar HP. Namun tidak untuk noda yang membandel. Oleh karena itu, penggunaan selotip ini dimaksudkan hanya untuk menghilangkan debu-debu yang menempel pada permukaan layar HP saja.

2. Menggunakan Kayu Putih

Ternyata, kayu putih bisa membantu membersihkan noda membandel. Caranya adalah dengan memberikan sedikit cairan ke permukaan layar HP terutama pada bagian yang membandel lalu lap dengan menggunakan kain halus. Maka dengan seketika noda tersebut akan hilang.

Namun, penggunaan kayu putih hanya dibolehkan sesekali saja karena jika penggunaan dilakukan secara berlebihan maka akan merusak layar HP. Jadi, gunakan kayu putih untuk membersihkan layar HP dengan bijak.

3. Menggunakan Sinar Ultra Violet

Alternatif cara membersihkan layar hp terakhir yaitu dengan menggunakan sinar ultra violet. Memang cara ini bisa dilakukan apabila kalian memiliki alatnya. Jika kalian memilikinya, tidak ada salahnya untuk mencoba metode ini. Adapun salah satu kelebihan menggunakan sinar ultra violet adalah debu-debu yang menempel pada permukaan layar HP akan langsung hilang dengan seketika.

Alternatif yang ketiga ini merupakan rekomendasi terbaik dalam membersihkan kotoran yang menempel pada permukaan layar HP, namun kelemahannya harus ada alatnya terlebih dahulu.

Meskipun demikian, kalian tidak perlu khawatir jika tidak memiliki alat khusus untuk membersihkannya. Cukup pilih salah satu cara membersihkan layar hp di atas dan lakukan secara rutin agar performa layar tetap baik.

Related posts