Cara Cek Ongkir POS

  • Whatsapp

Apa Anda ingin mengirim paket berupa barang ataupun surat menggunakan layanan pengiriman POS? Apa saja cara yang meski digunakan untuk mengetahui ongkos kirim atau ongkir yang meski dibayar?

POS Indonesia merupakan perusahaan jasa pengiriman atau ekspedisi paling tua di Indonesia, dimana POS telah berdiri di Batavia (sekarang Jakarta) sejak tanggal 26 Agustus 1746.

Read More

Tujuan awal dibangunnya adalah untuk lebih menjamin keamanan surat-surat penduduk, terutama bagi mereka yang berdagang dari kantor-kantor di luar Jawa dan bagi mereka yang datang dari dan pergi ke Negeri Belanda.

Saat ini, POS Indonesia memiliki jaringan yang sangat luas hingga 4.800 kantor pos online. Jumlah titik layanan (Point of Sales) mencapai 58.700 titik dalam bentuk kantor pos, Agenpos, Mobile Postal Service, dan lain lain.

Pos Indonesia juga memiliki jaringan yang dedicated, sistem distribusi yang handal, Track and Trace, layanan yang prima, kecepatan, ketepatan, serta harga yang kompetitif.

Lalu apa saja layanan yang disediakan oleh POS Indonesia? Berikut ini beberapa layanan pengirimannya:

Domestik

  • Pos Express, merupakan layanan PREMIUM dari Pos Indonesia untuk pengiriman cepat dan aman dengan jangkauan luas ke seluruh kota Propinsi wilayah Indonesia.
  • Pos Kilat Khusus, yakni layanan untuk pengiriman aman dan cepat dengan jangkauan luas ke seluruh wilayah Indonesia.
  • Pos Jumbo Ekonomi, merupakan layanan pengiriman dengan tarif tingkat berat pertama dimulai dari 3 Kg dan setiap satu Kilogram berikutnya sampai dengan tingkat berat 30 Kg.
  • Layanan Standar, merupakan layanan pengiriman dokumen dan barang domestik standar milik Pos Indonesia dengan jaringan terluas ke seluruh wilayah Indonesia
  • Q9 Sameday Service, yaitu layanan pengiriman dagangan online, paket, dokumen dan surat yang cepat dan aman dalam kota (khusus Pulau Jawa), dan Ibu kota Propinsi untuk kota-kota di luar Pulau Jawa, dengan batas waktu sampai maksimal 9 jam dan batas akhir pengiriman sampai pukul 16.00 waktu setempat.
  • Qcomm, layanan baru dari Pos Indonesia yang memudahkan Anda untuk mengirimkan barang dagangannya tanpa takut barang tidak tepat waktu. Layanan ini tersebar di seluruh area pulau Jawa dengan maksimal waktu 2 hari sampai tujuan. Berat maksimal barang yang dapat dikirim sebesar 5 Kg.
Terkait:  Cara Mengecek Nomor Axis

Internasional

  • Layanan Prioritas ( Quick International Xpress (QIX) ), merupakan bentuk pengembangan produk layanan kiriman Luar Negeri surat dan paket milik Pos Indonesia dengan Value Preposition kepastian waktu tempuh kiriman, dengan gimmikc khusus yaitu money back guarantee untuk jenis same day service, next day service dan time certain service.
  • Layanan dari Quick International Xpress ( QIX ) terdiri dari EMS (Layanan pengiriman dokumen dan barang dengan waktu tempuh kiriman H+3 sampai dengan H+5), Pos Ekspor (Layanan pengiriman barang ke luar negeri yang diutamakan untuk pelaku UKM), Paket Pos Cepat Internasional (Layanan pengiriman barang dengan waktu tempuh kiriman H+6 sampai dengan H+10), Pos Tercatat (R) Internasional, dan e-Packet.
  • Layanan Standar terdiri dari dua produk jasa yang disediakan oleh POS Indonesia, yaitu Pos Udara Internasional ( Layanan pengiriman dokumen dengan waktu tempuh kiriman H+6 sampai dengan H+10 ), dan Paket Pos Biasa Internasional ( Layanan pengiriman barang dengan waktu tempuh kiriman H+30 sampai dengan H+90 ).

Setelah mengetahui jenis produk layanan apa saja yang tersedia di POS Indonesia, pastinya Anda juga ingin mengetahui berapa biaya ongkirnya. Yuk, simak cara cek ongkir POS dipenjelasan dibawah ini.

Cara Cek Ongkir POS

Cara Cek Ongkir POS
Cek Ongkir POS Indonesia

Cek Ongkir POS Indonesia melalui datang langsung ke Kantor POS terdekat

Cara pertama yang akan kami sarankan untuk mengetahui ongkir dari paket yang akan dikirim adalah dengan cara langsung datang ke Kantor POS Indonesia terdekat.

Terkait:  Cara Cek Ongkir JNE JTR

Ini merupakan cara paling mudah untuk kamu yang dekat dengan Kantor POS Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa bertanya kepada pegawai POS disana mengenai hal-hal yang sekiranya masih ingin ditanyakan.

Dan juga, Anda bisa tau berapa ukuran dan berat dari paket yang akan dikirim secara rinci dan akurat disana apabila Anda belum cek beratnya di rumah.

Cek Ongkir POS Indonesia melalui laman website POS Indonesia

Jika Kantor POS Indonesia di daerah Anda terbilang cukup jauh dari tempat Anda, ataupun Anda malas untuk keluar rumah, ada satu cara alternatif lainya untuk bisa Anda pakai untuk mengecek ongkir POS Indonesia.

Yaitu dengan cara mengakses laman website POS Indonesia melalui perangkat Anda, baik itu smartphone maupun PC/Laptop. Berikut langkah-langkanya mengecek ongkir melalui website:

  • Langkah pertama, buka browser pada perangkat Anda.
  • Lalu, ketik https://www.posindonesia.co.id/id pada pencarian, lalu klik cari.
  • Pada halaman utama, cari menu Hitung Tarif Pengiriman
  • Isi Kota Asal, Tujuan, dan Berat Paket (dalam satuan gram) pada kolom.
  • Setelah semua kolom terisi, klik Cek Tarif.
  • Nantinya, Anda akan diberikan beberapa layanan yang tersedia untuk pengiriman beserta tarifnya.
  • Untuk mendapatkan tarif yang lebih akurat, Isi kolom pada menu Detail Pencarian, seperti Berat, Ukuran, dan Nilai Barang yang akan dikirim.
  • Lalu klik Cek Tarif.

Cek Ongkir POS Indonesia melalui aplikasi QPosin Aja

Selain melalui website POS Indonesia, Anda juga bisa mengecek tarif pengiriman melalui aplikasi mobile QPosin Aja yang tersedia di Google Playstore maupun AppStore, atau juga melalui link https://qposinaja.posindonesia.co.id.

Untuk penggunaannya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Google Playstore (untuk pengguna Android) ataupun AppStore (untuk pengguna iOS) untuk Anda yang belum menginstal aplikasi Qposin Aja, lalu klik Install.
  • Jika aplikasi Qposin Aja telah terpasang pada smartphone Anda, buka aplikasi QPosin Aja.
  • Pada saat pertama kali membuka aplikasi, Anda akan langsung diminta beberapa persetujuan untuk mengizinkan aplikasi mengakses beberapa perangkat seperti GPS, Kamera, Microfon, dan File Manager, dan juga Kontak.
  • Setelah melewati tahapan tadi, Anda akan dibawa ke halaman utama dari Aplikasi QPosin Aja.
  • Di halaman utama, terdapat beberapa pilihan menu yang bisa kamu akses, pilih menu Cek Tarif untuk mengecek tarif paket yang akan kamu kirim.
  • Setelah itu, langkah selanjutnya adalah isi kolom Kota Asal, Tujuan, dan Berat dari paket.
  • Lalu klik tombol Cek
  • Nanti akan tampil beberapa layanan pengiriman yang tersedia dengan harga yang berbeda-beda sesuai masa estimasi pengiriman.
Terkait:  Cara Cek No XL

Note: Untuk beberapa UI tertentu, terkadang aplikasi QPosin Aja seringkali mengalami error.

Kesimpulan

Nah, berikut tadi penjelasan kami mengenai beberapa cara cek ongkir POS Indonesia, baik itu melalui datang langsung ke Kantor Pos terdekat, melalui website resmi POS Indonesia, maupun melalui aplikasi QPosin Aja yang tersedia bagi kamu pengguna smartphone.

Namun, kemungkinan ongkir yang tertera pada website ataupun aplikasi bisa saja berbeda apabila kamu nanti langsung datang ke Kantor Pos.

Demikian informasi yang bisa kami jelaskan, semoga bermanfaat. Terima Kasih

Related posts