Cara Membersihkan Memori Internal Xiaomi

Cara Membersihkan Memori Internal Hp Xiaomi

Semua orang yang menggunakan hp xiaomi tentu akan mencari informasi mengenai cara membersihkan memori inernal xiaomi. Hal tersebut dikarenakan hp Xiaomi yang menggunakan sistem operasi android harus lebih intensif membersihkan memori internal agar ruang kosong pada hp Xiaomi tetap maksimal.

Xaomi diluncurkan sejak tahun 2011 lalu, hal ini tentu saja membuktikan bahwa Xiaomi telah menelurkan berbagai macam seri untuk kalangan menengah ke bawah hingga menengah ke atas. Setiap seri tentu memiliki kelebihannya masing-masing. Namun yang paling terasa bagi pengguna Xiaomi adalah dari seri harga yang ditawarkannya, lebih murah dibandingkan kompetitornya dengan spesifikasi sama.

Read More

Xiaomi tentunya sangat memahami kebutuhan  setiap penggunanya, yaitu dengan sistem multitaskingnya sehingga bisa mengerjakan sesuatu untuk dua pengoperasian dalam satu waktu.

Untuk mengoperasikannya tentu saja membutuhkan spesifikasi yang baik dan pastinya memori internal harus tetap terjaga, dengan cara memaksimalkan ruang kosong untuk mempermudah kinerja hp xiaomi.

Perlu kalian ketahui, apabila memori internal yang hampir penuh, hal ini dapat berpengaruh terhadap kinerja hp. Akibatnya ketika dijalankan, jangankan mengoperasikan 2 aplikasi, mengoperasikan 1 aplikasi pun akan terasa berat. Bahkan lebih parahnya lagi hp akan nge-hang.

File-file Yang Perlu Dibersihkan Pada HP xiaomi

Untuk memberikan ruang kosong pada memori internal, tentunya kalian harus membuang file-file yang tidak diperlukan pada hp xiaomi. File-file yang tidak diperlukan bisa berupa file sampah akibat dari penggunaan aplikasi yang sering dipakai, hasil download, atau bisa juga hasil jepretan kamera yang belum dihapus atau dipindahkan.

Ada beberapa jenis file yang bisa memenuhi ruang memori pada perangkat Xiaomi. Berikut ini ulasan tentang file-file sampah yang harus kalian bersihkan agar tidak memenuhi memori hp Xiaomi dan membuat performa hp Xiaomi lebih baik :

1. Data Cache

Cache adalah file sampah akibat dari penggunaan browser dan aplikasi yang kalian gunakan. File ini bisa dikatakan sebagai sebuah data dan informasi sementara terkait browser dan aplikasi yang sedang digunakan. Dengan adanya cache, ketika akan membuka kembali browser atau aplikasi sebelumnya, maka proses membukanya tidak akan lama, artinya akan hemat waktu dan data juga.

Namun, kelemahan dari cache ini adalah jika terus dibiarkan maka akan terus menumpuk dan tentunya memakan memori internal yang diperlukan untuk kebutuhan lainnya.

2. Folder Kosong

Untuk folder kosong memang tidak terlalu siginifikan memakan memori internal, akan tetapi jika folder kosong tersebut dibiarkan secara terus menerus, maka akan mempengaruhi pada kinerja HP xiaomi. Folder kosong muncul akibat pengguna membuat folder baru pada memori internal untuk menyimpan data dan lupa menghapusnya, atau bisa juga bekas dari aplikasi yang sebelumnya telah di uninstall.

3. Thumbnails

File thumbnails muncul akibat membuka foto atau video yang ada pada hp xiaomi. Thumbnail bisa berfungsi sebagai review dari media yang dibuka oleh pengguna. Memang jika dilihat berdasarkan ukurannya untuk 1 thumbnail dari 1 foto saja ukurannya hanya beberapa KB saja. Akan tetapi, jika foto atau video yang ada pada hp xiaomi jumlahnya sangat banyak, tentu kalkulasi thumbnail yang hanya beberapa KB menjadi besar, bahkan bisa berukuran ratusan MB.

Sejauh ini untuk thumbnail jika dihapus tidak akan menyebabkan error pada hp xiaomi. Oleh karena itu, agar disarankan menghapus file thumbnail secara berkala.  Walaupun pada akhirnya nanti akan muncul thumbnail baru lagi akibat dari membuka kembali file foto dan video.

4. Hasil Download

Bagi kalian yang sering download file seperti dokumen, film, foto, maupun aplikasi, jika tidak segera dihapus atau dipindahkan akan menyebabkan memori internal menjadi penuh. Alangkah bijaknya, jika file-file hasil download tesebut dipindahkan kedalam perangkat lain seperti PC, atau jika memang sudah tidak membutuhkannya bisa secara langsung menghapus file-file tersebut.

5. Foto dan Video

Sama seperti file hasil download, direkomendasikan bagi kalian jika memori internal sudah penuh. Untuk mengosongkan memori internal tersebut, bisa menghapus atau memindahkan file foto dan video ke perangkat lain.

Cara Membersihkan Memori Internal Xiaomi

Cara Membersihkan Memori Internal Hp Xiaomi
Membersihkan Memori Internal Hp Xiaomi

Setelah mengetahui file-file yang bisa dibersihkan pada memori internal hp xiaomi, selanjutnya kalian harus bisa menghapus file-file tersebut dengan beberapa cara yang cukup mudah. Berikut ada beberapa cara membersihkan memori internal Xiaomi :

1. Memindahkan File yang Sudah Tidak Diperlukan ke Perangkat Lain

File-file yang dimaksud adalah hasil download dan hasil jepretan berupa foto dan pembuatan video dengan menggunakan kamera sendiri. Untuk memulai memindahkan ke perangkat lain, maka yang perlu disiapkan adalah PC dan kabel data. Alangkah baiknya, memakai kabel data asli dari Xiaomi untuk memudahkan transfer file tanpa hambatan. Lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya dibawah ini :

  • Pertama-tama nyalakan terlebih dahulu PC yang telah kalian siapkan.
  • Lalu, colokkan kabel data pada lubang yang tersedia untuk selanjutnya ujung kabel data yang satunya dihubungkan pada hp xiaomi.
  • Nantinya akan ada notifikasi pada layar hp xiaomi terkait perintah, apakah hanya ingin mengisi daya saja atau ingin transfer data. Kalian pilih opsi transfer data.
  • Secara otomatis maka memori internal hp xiaomi akan muncul pada explore PC.
  • Buka Explore dengan klik kanan tombol menu pada PC lalu pilih explore.
  • Pilihlah bagian memori internal hp xiaomi dan sorot pada folder-folder yang file nya ingin kalian pindahkan.
  • Contoh file foto dan video, yang perlu kalian cari adalah folder DCIM, bagi yang ingin memindahkan hasil download maka folder yang dicari adalah folder Download
  • Pindahkan file-file tersebut pada PC. Jangan hanya copy saja.

Dengan memindahkan file-file yang sudah tidak diperlukan pada HP xiaomi, maka memori internal xiaomi bisa menjadi lebih lega sehingga kinerja hp bisa lebih maksimal.

2. Menggunakan Fitur Bawaan

Cara membersihkan memori internal Xiaomi selanjutnya adalah dengan memakai fitur bawaan.  Kalian bisa menghapus beberapa file, seperti cache, folder kosong, atau thumbnails. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya dibawah ini :

  • Buka terlebih dahulu file manager yang ada pada hp xiaomi.
  • Setelah itu, cari opsi ‘Recently deleted’.
  • Kemudian, kalian akan melihat aplikasi-aplikasi yang sudah dihapus sebelumnya.
  • Untuk menambah memori internal hp xiaomi, hapus semua file nya dan tunggulah beberapa saat hingga prosesnya selesai.

Cara selanjutnya yaitu dengan masuk pada aplikasi keamanan dengan langkah-langkah dibawah ini :

  • Setelah masuk pada bagian keamanan, selanjutnya klik ‘Pembersih’.
  • Biarkan sistem mencari file-file yang tidak diperlukan. Jika sudah lama tidak membersihkannya, maka proses scanning akan membutuhkan waktu yang cukup lama.
  • Setelah proses scanning selesai, selanjutnya tinggal klik ‘Clean Up’.
  • Semua file sampah sudah terhapus.

Dapat disimpulkan bahwa ada 2 cara membersihkan memori internal Xiaomi yang dapat kalian coba, baik menggunakan fitur bawaan maupun dengan memindahkan file yang sudah tidak diperlukan kembali ke perangkat lain. Salah satu dari kedua cara di atas dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.

 

Related posts