Cara Melihat Kode QR Wifi di Hp Oppo

Cara Melihat Kode QR Wifi di Hp Oppo

Jaringan internet wifi sekarang ini telah menjadi salah satu kebutuhan penting bagi setiap orang. Terlebih lagi, saat ini kebanyakan aktivitas mulai dilakukan secara daring. Untuk bisa mengakses wifi, tentu saja kita harus mengetahui password dan username Wifi itu sendiri. Akan tetapi bagi pemilik hp Oppo, kalian bisa coba cara melihat kode QR Wifi di hp Oppo dengan mudah.  Dengan begitu, kalian tidak perlu memasukkan password dan username kembali saat ingin mengakses wifi.

Layanan QR Code Wifi di Oppo

Kini produk-produk gadget Oppo banyak digemari masyarakat karena menawarkan fitur dan keunggulan tersendiri. Akan tetapi, diantara banyaknya pengguna Oppo masih banyak yang belum tahu tentang fitur QR Code Wifi di Oppo dan cara melihat kode QR Wifi di hp Oppo.

Selain itu, kalian perlu tahu bahwa tidak semua hp Oppo dilengkapi oleh fitur pembuat QR Code Wifi. Masih ada beberapa tipe hp Oppo yang diketahui dapat dipakai untuk membuat kode QR Wifi. Beberapa diantaranya ada Oppo A3s, Oppo A37, Oppo F9, F7, dan F5.

Kehadiran fitur kode QR Wifi sangat mempermudah penggunanya untuk berbagi akses wifi. Sehingga para pengguna kini tidak perlu memberitahukan password dan SSID ke pengguna yang lainnya. Akan tetapi, hanya dibutuhkan untuk menekan share di halaman setting Wifi saja. Namun kalian harus tahu jika kode QR adalah sejenis kode batang sekaligus label optical. Di dalamnya telah tersedia password dan SSID yang kalian pakai.

Pada hp yang telah mendukung fitur ini, untuk mengakses wifi hanya perlu memperlihatkan QR Code saja. Untuk memindai kode ini biasanya memakai aplikasi kamera. Sebaiknya cek kamera di smartphone kalian terlebih dahulu, untuk memudahkan proses pemindaian kode QR.

Fungsi QR Code Wifi

Dapat disimpulkan bahwa QR Code Wifi di perangkat Oppo sebenarnya yaitu kode QR yang dihasilkan langsung oleh perangkat hp Oppo digunakan untuk menjelaskan tentang sistem jaringan wifi yang terhubung pada hp Opo. Maka dari itu, ketika kaian menautkan pada satu jaringan wifi kembali, maka QR Code Wifinya akan berbeda.

Tugas utama QR Code Wifi yaitu untuk memudahkan kalian berbagi tautan jaringan wifi yang sedang terhubung pada hp Oppo ke pengguna hp lainnya. Di samping itu, dengan memakai QR Code Wifi ini, kalian bisa menemukan label Wifi atau SSID beserta password agar terhubung pada Wifi.

Letak QR Code Wifi di Perangkat Oppo

Biasanya QR code Wifi perangkat hp Oppo bisa ditemukan dalam info sistem jaringan wifi yang sedang terhubung pada hp kalian. Oleh sebab itu, saat ingin melihatnya kalian tinggal mengklik simbol ‘i’ di samping label jaringan wifi yang terkoneksi.

Akan tetapi, QR Code Wifi di hp Oppo biasanya hanya bisa terlihat untuk hp Oppo dengan sistem android versi 11, versi 10, dan versi 9 saja. Jadi, untuk hp Oppo versi android 7 dan versi 8 tidak bisa menampilkan QR Code Wifi, sehingga harus memakai aplikasi pihak ketiga jika ingin menunjukkannya.

Cara Melihat Kode QR Wifi di Hp Oppo

Cara Melihat Kode QR Wifi di Hp Oppo
Melihat Kode QR Wifi di Hp Oppo

Melihat Kode QR Wifi di Hp Oppo Tanpa Aplikasi

Jika kalian sudah memahami fungsi dari kode QR Wifi di hp Oppo, selanjutnya bisa mencoba cara melihat kode QR Wifi di hp Oppo dengan mudah. Oleh sebab itu, jika kalian menggunakan hp yang diproduksi dari China ini, maka kalian bisa langsung melihat QR Code Wifi, berikut ulasananya :

1. Masuk Opsi Pengaturan

Cara melihat Kode QR Wifi di hp Oppo yang pertama yaitu tekan setup, lewat simbol setup  atau setup pada halaman utama, lewat simbol setup yang terletak di panel sakelar. Bisa juga dengan cara menekan logo Wifi dalam beberapa detik.

2. Tekan Simbol i di Sebelah Label Wifi

Jika sudah, kalian akan masuk ke dalam halaman setup. Untuk melihat QR Code Wifi pada hp Oppo, tekan simbol ‘i’ tepat di samping kanan layar.

3. Klik Code QR Wifi

Akan ditampilkan halaman baru, kalian akan menemukan banyak daftar instruksi yang bisa dipillih. Akan tetapi, jika ingin melihat QR Code, silahkan pilih simbol QR Code.

4. Konfirmasi Identifikasi

Terutama pada hp Oppo yang mengusung android versi 8-10 dan telah dilengkapi oleh fitur keamanaan berupa sidik jari, kalian harus mengkonfirmasinya. Caraanya dengan merapatkan jari.

5. QR Code Wifi Oppo Akan Terlihat

Apabila verifikasi maupun konfirmasi identifikasi sukses, selanjutnya kalian bisa melihat QR Code Wifi yang muncul.

Melihat QR Code Wifi di Hp Oppo Dengan Aplikasi

Jika hp Oppo yang digunakan masih varian lama, seperti versi aandroid 7 dan 8, kalian bisa mencoba cara melihat kode QR Wifi di hp Oppo lama. Caranya yaitu dengan menggunakan aplikasi tambahan untuk mengecek kode QR yaitu QR Code & barcode. Ini tutorialnya :

  • Cari aplikasi bernama QR Code & Barcode di Google Play Store.
  • Setelah ketemu, download dan install aplikasi tersebutt.
  • Jika sudah, sillahkan masuk dan buka aplikasi tersebut yang telah disetting padaa hp.
  • Selanjutnya tetkan create.
  • Lalu pilih opsi wifi.
  • Setelah itu, masuk ke dalam label wifi atau label SSID di kolom yang ada.
  • Lanjutkan dengan cara mengisi kata sandi wifi.
  • Jika sudah selesaia, tekan create QR Code.
  • Selanjutnya, QR Code Wifi yang telah ditautkan pada hp Oppo akan ditampilkan.
  • Unduh dan pasang kode QR dan save pada galeri hp.

Rekomendasi Aplikasi Pemindai QR Code

Untuk aplikasi pemindai QR Code ini tidak hanya berlaku bagi hp Oppo saja tetapi juga hp android lainnya. Ada beberapa rekomendasi aplikasi pemindai QR Code yang dapat dicoba berikut ini :

1. QR & Barcode Scanner

Aplikasi QR & Barcode Scanner adalah aplikasi pemindaai QR Code di android yang sangata ringan sebab ukurannya cuma 2,6 MB.Menariknya lagi, cara kerja aplikasi ini sangat mudah dan cepat dipakai. Aplikasi ini bisa memindai sekaligus membaca berbagai macam QR atau barcode, berupa lokasi, email, wifi, produk dan masih banyak lagi.

2. Pemindai QR dan Kode Batang

Melalui aplikasi pemindai QR Code ini, kalian dapat memindai kode QR Wifi. Aplikasi ini diklaim sebagai aplikasi barcode yang multifungsi. Pemakaiannya sangat mudah, kalian tidak perlu mengakses tombol apapun, dan aplikasi ini dapat melakukan zoom otomatis. Lewat aplikasi ini, kalian dapat memindai wifi, haraga, atau yang lainnya.

3. QR Code

QR Code adalah salah satu aplikasi pemindai QR Code dengan rating tinggi, bahkan banyak diminati para penggunanya. Aplikasi ini termasuk besuan BACHA soft, sehingga memungkinkan penggunanya dapat melakukan pelacakan informasi cepat sesudah memindai kode. Kalian hanya perlu memakai kamera hp saja untuk membaca dan memindai QR Code melalui aplikasi QR Code ini.

Jadi, jika hp Oppo kalian tidak mendukung pemindai kode QR, bisa coba cara melihat Kode QR Wifi di hp Oppo dengan pilihan aplikasi di atas. Simpel, bukan?

 

Related posts