Cara Melihat IMEI Hp Oppo

IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah sebuah sistem identifikasi melalui nomor identitas perangkat khusus yang diterbitkan GSMA (Global Mobile Communications Associations). Sistem inilah yang nantinya bisa melacak keaslian suatu perangkat atau HP. Untuk melacak IMEI di hp android sebenarnya tidak jauh berbeda, sama halnya ketika ingin mengecek IMEI pada Oppo. Kalian bisa coba cara melihat IMEI Hp Oppo dengan mudah.

Mengecek keaslian ponsel sangat penting, terutama bagi yang hendak membeli perangkat hp baru. Begitupun ketika kalian ingin membeli hp Oppo. Untuk menegcek IMEI perangkat Oppo, kalian bisa mengakses menu pengaturan. Akan tetapi, jika terdapat 2 nomor IMEI berbeda yang ditampilkan, jangan heran. Hal tersebut dikarenakan IMEI tertaut dengan kartu SIM. Dengan kata lain, jika smartphone kalian mempunyai layanan Dual Sim Card, maka akan mempunyai 2 IMEI berbeda.

Read More

Selain itu, karena IMEI terkait dengan kartu SIM, kalian juga tidak perlu heran jika pemerintah melakukan pemblokiran pada smartphone ilegal dengan nomor IMEI yang tidak terdaftar di Kemenperin. Inilah alasan pentingnya mengetahui IMEI pada smartphone kalian, baik pada ponsel baru maupun bekas.

Kegunaan IMEI

Nomor IMEI umumnya diberikan ke seluruh perangkat hp yang beroperasi dalam jaringan GSM. Maka dari itu, nomor IMEI begitu penting dan sangat membantu beberapa hal. Terlebih ketika hp kalian dicuri. Nomor IMEI berfungsi sebagai sistem yang dapat melacak perangkat hp yang dicuri atau hilang.

Terkait:  Cara Kunci Sinyal 4G Oppo

Kabar baiknya, seluruh operator di dunia telah berupaya membatasi penyebaran terkait informasi nomor IMEI yang sudah masuk blasklisted IMEI. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya aksi pencurian hp maupun perangkat GSM supaya perangkat tersebut tidak disebar atau dijual ke luar (mancanegara). Dengan begitu, ketika kalian kehilangan hp  kemudian melaporkannya, hp yang dicari biasanya tidak akan hilang dalam jarak jauh.

Cara Melihat IMEI Hp Oppo

Cara Melihat IMEI Hp Oppo
Tutorial Melihat IMEI Hp Oppo

Jika ingin mengecek IMEI di perangkat Oppo, kini tidak perlu khawatir, karena kalian hanya perlu memilih salah satu opsi yang bisa dilakukan untuk mengecek IMEI tersebut. Simak cara melihat IMEI Hp Oppo berikut :

1. Melihat IMEI Hp Oppo Lewat Menu Settings

Cara melihat IMEI Hp Oppo langkah pertama sangat mudah, sebab kalian hanya perlu mengakses menu settings di perangkat Oppo. Caranya simpel, bahkan tidak perlu waktu lama untuk melakukannya. Tanpa mengunduh aplikasi atau melakukan prosedur yang sulit, kalian cukup cek IMEI lewat opsi Pengaturan di hp Oppo berikut :

  • Masuk ke opsi Pengaturan atau Settings.
  • Gulir layar hp dan klik opsi bertuliskan About Phone.
  • Scroll lagi layar ke bawah dan temukan Status. Setelah ketemu, tekan menu tersebut.
  • Kalian cukup gulir lagi layar ke bawah dan temukan 2 kode IMEI, apabila hp Oppo kalian adalah dual SIM.

Bagaimana, cara melihat IMEI Hp Oppo melalui menu pengaturan mudah banget kan? Kini kalian bisa memastikan hp Oppo yang kalian miliki apakah resmi atau tidak.

2. Melihat IMEI Oppo Lewat Dus Hp

Metode ini berlaku bagi kalian yang baru membeli hp Oppo. Biasanya setelah membeli hp, kita akan diberikan dus hp yang baru berikut kelengkapan lainnya dari konter atau toko hp. Sebaiknya jangan langsung buang dus hp, selain untuk menyimpan manual book atau peralatan hp lainnya, kalian juga bisa mengecek nomor IMEI melalui dus hp tersebut.

Terkait:  Cara Cek IMEI iPad

Di bagian luar dus hp biasanya ada tulisan kode IMEI dan kalian bisa langsung melihatnya. Untuk selanjutnya, bisa mengecek keaslian kode IMEI di dus attau kotak tersebut dengan browsing ke web resmi Oppo.

Kenapa harus cek IMEI di situs resminya juga, padahal sama saja bukan? Perbedaan IMEI di dalam dus dengan sistem pada perangkat hp menunjukkan jika keduanya masih salin berkaitan atau justru dus sudah diganti denggan perangkat yang lain. Untuk lebih jelasnya, silahkan cek kembali.

3. Melihat IMEI hp Oppo di Bodi Belakang Hp

Untuk hp yang bersifat removable, biasanya nomor IMEI perangkat tersebut bisa terlihat di bawah baterai. Lantaas, bagaimana jika hp Oppo memakai baterai non removable alias baterai tanam? Nah, untuk mengecek nomor IMEI hp Oppo tersebut kalian bisa melihat bagian atas pada baterai perangkat.

Supaya tidak ragu dengan status perangkat Oppo kalian, cek garansi hp melalui IMEI yang terletak di bagian belakang perangkat. Dengan demikian, kalian dapat mengetahui garanasi hp dan bisa mmastikan apakah ponsel tersebut asli atau justru palsu. Metode ini sebenarnya sangat simpel dipraktekkan, sebab kalian cukup membuka bagian belakang ponsel.

4. Cek IMEI Hp Oppo via Online

Jika sudah mengetahui kode IMEI hp yang kalian miliki sebaiknya catat dan simpan di tempat aman, Sebab nomor IMEI ini nantina dapat dipakai untuk mengetahui keaslian perangkat Oppo. Silahkan coba langkah-langkah berikut :

  • Catat nomor IMEI hp Oppo.
  • Buka web browser, lalu kunjungi alamat imei.info.
  • Inputkan IMEI di kolom pencarian, lalu tekan check. Namun jangan lupa inputkan reCAPTCHA terlebih dahulu untuk verifikasi.
  • Jika sudah sukses menginputkan IMEI, ada beberapa menu yang muncul, pilih Info & Country Check dan ketahui tempat pembuatan Hp beserta masa garansinya.
  • Selanjutnya akan ditampilkan Warranty & Country Check. Klik Check Oppo Warranty & Country.
  • Jika sudah diklik, akan muncul lagi informasi lengkap terkait model hp, brand hp, masa garansi, IMEI hp dan negara/country. Jika informasi country atau negara perangkat Oppo kalian adalah Indonesia, jadi hp tersebut adalah asli resmi dari Oppo Indonesia.
Terkait:  Cara Daftar IMEI HP

Melacak Hp Oppo yang Hilang Melalui IMEI

Dengan cara melihat IMEI hp Oppo, kalian bisa mengetahui berapa IMEI Oppo yang tertera dan bisa mengecek keaslian hp tersebut. Namun fungsi IMEI sebenarnya bukan hanya itu, tetapi kalian juga bisa melacak keberadaan hp Oppo yang hilang dengan IMEI.

Nomor IMEI biasanya terdiri atas 15-16 digit, kalian bisa menemukannya di bagian bodi perangkat di dalam hp, sesudah baterai. Untuk melihat nomor IMEI ponsel Oppo yang telah hilang lewat bantuan Call Center,  harus mempunyai pulsa karena akan menghubungi layanan Call Center. Selain itu, bisa juga melalui pengecekan menggunakan kode *#06#.

Jika sudah, nomor IMEI biasanya akan muncul di layar hp Oppo. Proses pelacakan ponsel yang hilaang memakai IMEI adalah cara aman. Karena data privasi beserta yang lainnya tetap terjaga dan aman.

Sesudah mengetahui kode IMEI,maka langkah berikutnya panggi Call Center provider smartphone kalian, lalu informasikan jika hp Oppo kalian hilang. Beritahukan nomor IMEI dan nomor hp yang hilang ke pihak operator. Selanjutnya, pihak operator langsung memberitahukan lokasi keberadaan ponsel kalian.

Sangat penting sekali mengetahui nomor IMEI perangkat hp Oppo untuk kepentingan pelacakan hp saat hilang ataupun untuk mengecek keaslian dan masa garansi hp Oppo. Jadi, jika belum tahu IMEI hp Oppo sebaiknya lakukan cara melihat IMEI Hp Oppo dengan langkah-langkah di atas!

Related posts