Cara Membersihkan Sampah di Hp Oppo

Cara Membersihkan Sampah di Hp Oppo

Hp Oppo loading lama atau tiba-tiba menutup aplikasi dengan sendirinya? Tenang, salah satu metode yang bisa kalian coba adalah dengan cara membersihkan sampah di hp Oppo.

Siapa yang tidak kenal dengan HP Oppo? Sepertinya hampir semua orang saat ini sudah mengetahui mengenai merek HP yang satu ini. Oppo dikenal denan jargonnya yaitu ‘Oppo Smartphone’ ini memang utuk fiturnya tidak main-main, karena dengan HP kelas low-end keluaran Oppo sudah mendapatkan berbagai fitur yang menarik.

Read More

Oppo selalu mengeluarkan seri-seri teranyarnya mulai untuk HP low-end, middle-end hingga high end demi memenuhi kebutuhan konsumennya. Bahkan tidak tanggung-tanggung dalam mengeluarkan seri tiap kuartalnya, karena biasanya dirilis secara serempak hingga beberapa seri sekaligus.

Rilisan terbaru biasanya akan mengikuti gaya dan performa HP. Bisa dimulai dari penampilan luarnya yang kekinian, hingga upgrading sistem operasi berbasis Android dengan sejumlah fitur yang ditanamkan didalamnya.

Oleh karena itu, rasanya HP Oppo sudah layak disejajarkan dengan merek-merek terkenal lainnya yang selalu menjadi rival dalam merebut pasar smarthone untuk menjadi yang terbaik.

Sistem Android Yang Digunakan Pada HP Oppo

Sistem android saat ini sebenarnya bukan hanya pada smartphone saja, sekarang sudah dikembangkan lebih jauh lagi. Bahkan kini ada TV yang berbasis android, Android Auto yang dipakai pada mobil, ataupun Wear OS yang biasa digunakan untuk jam tangan pintar yang bisa diintegrasikan dengan smartphone.

HP Oppo adalah salah satu merek smartphone yang menggunakan sistem android, dan tentu saja OS ini sangat mampu diandalkan. Karena sifat dari android adalah open source sehingga bisa dengan mudah melakukan upgrading ke versi yang lebih baik dalam meningkatkan performa HP Oppo.

Sekedar informasi saja menurun informasi dari berbagai sumber, pangsa pasar Android tepatnya di tahun 2022 telah menembus 70 % pengguna di seluruh dunia, sementara sistem operasi iOS hanya 30 % saja. Apalagi sekarang sudah dikembangkan versi terbarunya yaitu Android Versi 13.

Tingkatkan Performa Android dengan Bersihkan Sampah

Untuk meningkatkan performa android, kalian harus rutin membersihkan file sampah. Tidak hanya android saja, sebenarnya ini juga berlaku bagi sistem operasi IOS. Karena setiap kali perangkat dipakai untuk mobilisasi baik untuk browsing atau akses aplikasi, akan menghasilkan file sampah.

Sampah pada sistem android bisa berdampak negatif bagi perangkat hp jika tidak dibersihkan secara rutin, ini juga berlaku bagi pengguna perangkat Oppo. Karena jika lama kelamaan dibiarkan, maka akan berpengaruh buruk pada performa HP hingga berkurangnya memori internal akibat menumpuknya file sampah.

Oleh karena itu, tips yang paling sederhana untuk mengatasi permasalahan file sampah adalah harus rutin membersihkannya. Setidaknya lakukan pembersihan sampah file rutin minimal 3 hari sekali, atau jika tidak bisa dilakukan selama 1 minggu sekali.

Beberapa Jenis File Sampah Yang Perlu Diketahui

ada bebeapa macam file sampah yang bisa kalian hapus dengan aman. Adapun jenis-jenis yang secara umum bisa kalian ketahui dibawah ini :

  • Cache : adalah file sampah yang biasanya akan muncul jika sedang membuka sebuah aplikasi atau jika sudah menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Ukuran file cache ini cukup besar sehingga bisa memakan ruang memori internal menjadi berkurang.
  • Folder : Biasanya file folder ini adalah efek dari sisa menghapus aplikasi atau folder yang memang sengaja dibuat dan tidak digunakan kembali (folder kosong). Memang untuk ukuran file folder ini tidak berpengaruh nyata pada memori internal HP Oppo, namun bisa berpengaruh cukup signifikan pada performa HP Oppo menjadi lambat.
  • Thumbnails : adalah file sampah yang akan muncul jika membuka file gambar pada galeri. Oleh karena itu, maka untuk menghapusnya bisa dengan menggunakan fitur bawaan atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga.
  • Sampah : adalah file apapun ketika kalian menghapus aplikasi atau file-file yang tidak digunakan maka akan berkahir pada folder samapah. Cobalah untuk masuk pada folder sampah tesebut kemudian hapus sampah yang ada di dalamnya agar memori internal bisa lebih lega.

Cara Membersihkan Sampah di Hp Oppo

Cara Membersihkan Sampah di Hp Oppo
Membersihkan Sampah di Hp Oppo

Beberapa pilihan cara membersihkan sampah di hp Oppo bisa kalian coba untuk tingkatkan performa perangkat kalian. Caranya bisa dengan menggunakan fitur bawaan atau bisa juga dengan menggunakan apliaksi pihak ketiga. Namun pada pembahasan kali ini tidak akan menjelaskan cara menghapus file sampah dengan menggunakan fitur bawaan karena cara ini bisa dibilang sangat mudah dilakukan.

Akan tetapi,kalian bisa mencoba cara membersihkan sampah di hp Oppo melalui aplikasi pihak ketiga. Salah satu kelebihan menggunakan aplikasi pihak ketiga adalah akan secara lengkap menghapus file sampah hingga mencapai 100 % dan bahkan bisa dilakukan pada level advanced.

Untuk lebih jelasnya, berikut ada beberapa rekomendasi aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan untuk menghapus file sampah pada HP Oppo :

1. Aplikasi CCleaner

CCleaner adalah aplikasi yang sebelumnya sudah sering digunakan untuk menghapus file sampah pada komputer. Namun saat ini sudah bisa kalian download di Google Play Strore dan menggunakannya pada HP Oppo milik kalian.

Adapun cara-caranya bisa kalian lakukan dengan sangat mudah dengan mengikuti tutorial dibawah ini :

  • Download terlebih dahulu aplikasinya dengan masuk pada Google Play Store, lalu ketikkan pada kolom pencarian yaitu : CCleaner.
  • Instal aplikasi tersebut, lalu buka aplikasinya jika sudah selesai di install.
  • Ikuti petunjuknya pada saat hendak masuk ke dalam bernada aplikasi CCleaner.
  • Pada beranda, kalian akan diperlihatkan mengenai persentase ruang yang digunakan, berapa GB ruang kosong yang tersedia, dan tombol ‘Mulai Di Sini’.
  • Klik tombol Mulai Disini lalu nantinya akan masuk pada permintaan izin akses hingga pindai sampah.
  • Klik pindai sampah dan tunggu beberapa saat hingga proses pemindaian selesai.
  • Setelah itu, selanjutnya tinggal menghapus file sampahnya dengan klik ‘Selesaikan Pembersihan’.

2. Cleaner For Android

Cara membersihkan sampah di hp Oppo lainnya adalah dengan Cleaner For Android. Aplikasi ini terbilang cukup sederhana, namun sangat efektif dalam membersihkan file-file sampah di hp. Ini ulasannya :

  • Download terlebih dahulu aplikasi Cleaner For Android yang bisa kalian dapatkan pada Google Play Store.
  • Setelah terinstal, selanjutnya kalian tinggal klik buka untuk masuk pada aplikasinya.
  • Ikuti beberapa petunjuk hingga proses pemindaian sampah.
  • Tunggula beberapa saat hingga proses pemindaian selesia. Apabila sudah selesai maka tahap akhir tinggal klik bersihkan.
  • Proses pembersihan sampah dengan menggunakan Cleaner For Android telah selesai.

3. All in One Toolbox

Satu lagi aplikasi yang tidak kalah menariknya untuk menghapus file sampah yaitu All in One Toolbox. Bahkan aplikasi ini bukan hanya untuk membersihkan saja, melainkan bisa membantu meningkatkan performa hingga penghemat baterai.

Adapun langkah-langkah menggunakannya bisa dilakukan dengan cara mengikuti tutorial dibawah ini :

  • Install aplikasinya terlebih dahulu.
  • Setelah itu bukalah aplikasinya dan mulai lakukan pemindian file sampah dengan klik tombol pemindaian.
  • Apabila sudah selesai, terakhir tinggal klik tombol bersihkan yang ada di bagian bawahnya.

Dengan pilihan cara membersihkan sampah di hp Oppo melalui aplikasi di atas, kalian bisa leluasa memilih aplikasi yang diinginkan. Selamat berselancar kembali dengan performa hp Oppo lebih baik!

 

Related posts