Cara Membersihkan Sampah di Hp Samsung

Bagaimana cara membersihkan sampah di hp Samsung? Samsung memiliki fitur dan spek yang mumpuni dan dikenal sebagai perangkat android premium yang sudah tidak diragukan kembali kualitasnya.

Android adalah salah satu sistem operasi yang bisa menjalankan smartphone sehingga bisa dengan mudah dalam menggunakan berbagai fitur yang ada didalamnya. Berbicara mengenai sistem operasi, bahwa saat ini terdapat 2 sistem operasi yang saling bersaing yaitu sistem operasi Android dan sistem operasi iOS.

Read More

Keduanya menawarkan keunggulan masing-masing, tentu sebagai pengguna tinggal memilih sistem operasi pilihan untuk menjalankan smartphone yang kalian sukai. Mengingat begitu banyak pilihan dan seri yang selalu update hampir setiap hari.

Bukan sistem operasi iOS yang biasa digunakan oleh perusahaan besar Apple dengan produk smartphonenya iPhone. Namun kali ini akan membahas mengenai sistem operasi android yang paling sering kalian jumpai di gerai-gerai handphone yang tersebar hampir di setiap sudut kota.

Kenyataannya android lebih banyak digunakan oleh kalangan masyarakat dari berbagai lapisan, mulai dari kelas bawah, kelas menengah, hingga kelas atas. Lain halnya untuk pengguna iPhone yang cenderung banyak digunakan oleh kalangan kelas menengah ke atas, karena harganya yang terbilang cukup mahal dan terkesan eksklusif.

Namun, kalian yang pengguna android tentu harus berbangga hati karena sistem operasi ini termasuk sistem operasi open source yang bisa di modifikasi berdasarkan dengan kebutuhan sendiri. Selain itu, berbagai macam merek menggunakan sistem operasi android, salah satunya yang paling banyak diminati saat ini adalah smartphone keluaran Samsung.

Sepak Terjang Samsung Di Dunia Smartphone

Rasanya tidak asing lagi jika kalian mendengar merek Samsung. Karena dulu sekali sebelum merambah ke dunia gadget, Samsung sudah terlebih dahulu mengepakan sayapnya di dunia elektronik seperti Televisi. bahkan telah menyasar produk peralatan dapur yang sangat canggih dan cukup terjangkau untuk dibeli. Namun sekarang Samsung pun mulai merambah ke dunia Smartphone dengan mengeluarkan seri-seri terbarunya yang bisa membuat kalian jatuh hati ingin memiliki perangkat Samsung.

Terkait:  Cara Menyimpan Video Dari Instagram Ke Galeri

Bagi kalian yang memiliki dana pas-pasan, Samsung telah menyediakan seri kelas low-end hingga middle-end agar tetap bisa menikmati berbagai fitur andalan yang disediakan pada setiap seri nya. Oleh karena itu, rasanya Samsung patut dijadikan sebagai pilihan utama bagi kalian yang ingin memiliki smartphone mewah dengan harga yang terjangkau.

Optimalisasi Performa HP Samsung

Setiap smartphone untuk merek dan sistem operasi apapun yang kalian miliki, tentunya harus memperhatikan performa dari smartphone tersebut, termasuk smartphone keluaran Samsung. Karena untuk meningkatkan performa HP Samsung, maka yang paling utama adalah harus rajin membersihkan file-file sampah yang bisa mengganggu performa.

Apabila kalian tidak membersihkan file-file sampah secara berkala pada HP Samsung, maka dampak buruknya bisa menyebabkan performa HP menurun seperti terasa lambat ketika digunakan. Beberapa kendala lainnya, seperti bermain game yang tidak maksimal, atau gambar putus-putus saat menonton video. Bahkan parahnya lagi, memori internal HP Samsung akan berkurang karena banyaknya file sampah yang tidak dibersihkan secara berkala.

File sampah banyak sekali jenisnya, jika yang sudah disebutkan barusan ketika setelah menginstal ataupun uninstall aplikasi maka akan muncul file sampah yang dinamakan cache. Apabila kalian membuka file gambar pada galeri atau menonton video, maka akan muncul file sampah yang dinamakan dengan thumbnail. Begitupun jika ada folder kosong yang tidak digunakan atau sisa dari aplikasi yang dihapus, maka folder tersebut masuk kedalam kategori file sampah.

Dengan adanya file sampah akibat pemakaian android yang terlalu dipaksakan, termasuk hasil download aplikasi pihak ketiga atau sampah akibat dari menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Maka penting sekali untuk mengetahui cara membersihkan sampah di HP Samsung sehingga performanya tetap maksimal.

Terkait:  Cara Nonton Live Streaming Bola Gratis

Cara Membersihkan Sampah Di HP Samsung

Cara Membersihkan Sampah di Hp Samsung
Membersihkan Sampah di Hp Samsung

Ada beberapa cara membersihkan sampah di hp Samsung yang dapat dicoba. Kalian bisa melakukannya dengan menggunakan fitur bawaan dari HP Samsung ataupun bisa juga dengan menggunakan bantuan aplikasi ketiga.

Meskipun caranya berbeda, namun tujuannya sama yaitu menghapus file sampah agar performa HP Samsung milik kalian bisa maksimal. Untuk lebih jelasnya, dibawah ini akan dijelaskan beberapa metode cara membersihkan sampah di hp Samsung, diantaranya :

1. Membersihkan Sampah Di HP Samsung Dengan Memilih 1 Aplikasi Secara Manual

Cara yang paling mudah kalian lakukan untuk menghapus file sampah adalah dengan memilih salah satu aplikasi yang ingin dihapus file sampahnya.Metode ini cukup efektif dilakukan apabila ingin menghapus 1 atau beberapa aplikasi yang dianggap sangat berat karena terdapat file sampah didalamnya.

Adapun langkah-langkahnya secara umum, bisa kalian ikuti dibawah ini untuk seluruh seri HP Samsung :

  • Masuk ke menu pengaturan

Langkah pertama, masuklah terlebih dahulu kedalam menu pengaturan/settings. Untuk mencari menu tersebut maka kalian bisa masuk pada menu utama untuk melihat deretan menu yang tersedia, termasuk menu pengaturan.

  • Pilih menu aplikasi

Setelah klik menu pengaturan, selanjutnya kalian akan melihat berbagai macam menu yang tersedia. Namun untuk menghapus file sampah, silahkan masuk ke menu Aplikasi.

  • Pilih salah satu aplikasi yang terinstal

Pada tahapan ini, kalian akan disuguhkan berbagai pilihan aplikasi yang terinstal didalamnya. Untuk mulai menghapusnya, masuklah ke dalam salah satu aplikasi yang ingin kalian hapus file sampahnya seperti berupa cache.

  • Hapus memori

Setelah masuk kedalam aplikasi yang kalian pilih. Selanjutnya tinggal klik ‘Hapus Memori’ untuk menghapus file sampah yang terdapat pada aplikasi tersebut. Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga proses penghapusan berhasil.

Terkait:  Cara Hitung Ongkir JNE

2. Membersihkan Sampah Di HP Samsung Dengan Menggunakan Fitur Bawaan

Cara membersihkan sampah di hp Samsung selanjutnya adalah dengan menggunakan fitur bawaan yang akan menghapus semua file sampah. Baik yang terdapat pada aplikasi atau pada file folder yang terdapat pada penyimpanan memori internal dan eksternal. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah yang bisa kalian lakukan dengan menggunakan fitur bawaan dari Samsung :

  • Masuk ke menu pengaturan

Sama seperti cara pertama, masuk terlebih dahulu ke menu pengaturan yang berada pada deretan menu utama HP Samsung

  • Pilih opsi perawatan perangkat

Berikutnya, pilihlah opsi Perawatan Perangkat. Setelah itu akan muncul tampilan dari opsi perawatan perangkat tersebut. Disana aka nada tombol ‘Scan atau Pemindaian’, selanjutnya kalian tinggal klik tombol tersebut

  • Mulai Scanning dan Hapus

Ketika kalian klik scan atau pemindaian, maka sistem akan secara otomatis memindai berbagai macam file sampah yang terdapat pada HP Samsung milik kalian. Tunggulah beberapa saat hingga prosesnya selesai.

Setelah itu, lakukan penghapusan file sampah secara keseluruhan sehingga performa HP Samsung dan memori internal memiliki penambahan ruang kosong.

3. Membersihkan Sampah Di HP Samsung Dengan Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Terakhir yaitu bisa dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Caranya adalah mencari aplikasi yang tepat untuk mendukung peningkatan performa Samsung melalui pembersihan file sampah. Adapun rekomendasi yang bisa kalian gunakan adalah aplikasi CCleaner. Aplikasi tersebut bisa kalian download pada Google Play Store dengan mudah.

Cara membersihkan sampah di hp Samsung memang tidak sulit, karena kalian hanya perlu memilih apakah menggunakan fitur bawaan atau aplikasi pihak ketiga. Semuanya bisa dipilih sesuai kebutuhan!

 

Related posts