Cara Mengatasi Hp Lemot Oppo

Masalah hp Oppo yang lemot memang membuat pengguna merasa tidak nyaman. Apalagi ada banyak aktivitas yang seringkali kita lakukan pada perangkat hp, mulai dari membuka media sosial, bermain game, edit video maupun berbagai aktivitas yang lainnya. Ini terjadi sebab hp Oppo sudah digunakan cukup lama sehingga performanya semakin menurun. Lantas, bagaimana cara mengatasi hp lemot Oppo?

Biasanya pengguna Oppo yang mengeluhkan performa hp yang kurang maksimal kebanyakan pengguna yang memakai ponsel untuk kelas low end hingga mid range. Walaupun begitu, tidak dipungkiri juga masalah ini bisa dialami oleh hp high end. Walaupun spesifikasi perangkat Oppo tinggi, namun jika cara penggunaannya kurang tepat bisa membuat hp mengalami keterlambatan.

Read More

Apa Saja Penyebab Oppo Menjadi Lemot?

Masalah hp Oppo yang lemot seringkali dijumpai pada perangkat kelas low end. Hal ini tidak bisa dipungkiri, karena spesifikasi perangkat keras akan sangat berpengaruh terhadap performa perangkat. Simak beberapa faktor penyebab perangkat Oppo lemot di bawah ini :

1. Konsumsi RAM Berlebihan

Biasanya konsumsi RAM akan berhubungan dengan penggunaan aplikasi-aplikasi yang telah berjalan pada latar belakang layar hp. Perangkat Oppo yang kapasitas RAM-nya kurang dari 4GB sudah pasti tidak akan bisa menjalankan lebih banyak aplikasi dalam waktu bersamaan. Pada aplikasi seperti WhatsApp, Facebook,hingga Youtube mungkin tidak masalah, namun untuk bermain game pasti akan terasa leletnya.

2. Menjalankan Aplikasi Terlalu Banyak

Selain aplikasi yang berjalan di latar belakang, penyebab hp Oppo lemot berikutnya adalah menjalankan aplikasi yang terlalu banyak dalam satu waktu. Pada hp dengan kapasitas RAM lebih dari 4GB mungkin tidak masalah. Namun jika kapasitas RAM hp kalian kecil, maka sebaiknya jangan pernah membuka aplikasi terlalu banyak.

3. Menumpuknya File Cache

Terlalu banyak file cache juga bisa mengakibatan memori penuh serta membuat aplikasi yang terinstall bermasalah. Walaupun file cache dapat mempercepat saat menjalankan aplikasi, namun selama jangka waktu tertentu bisa menumpuk dan harus dibersihkan.

4. Memori Penyimpanan Full

Aplikasi terinstall dan sistem juga memerlukan tempat penyimpanan memadai untuk dapat menyimpan berbagai macam data sementara, diantaranya seperti cookies, cache, maupun yang lainnya. Jika hp tidak memiliki ruang penyimpanan memadai,dapat dipastikan hp Oppo kalian menjadi lemot.

5. Menurunnya Performa Hp

Umur penggunaan hp adalah salah satu faktor penyebab hp Oppo menjadi lemot ketika dipakai. Penggunaan hp android rata-rata biasanya mempunyai rentang penggunaan 4-5 tahun. Pada rentang usia tersebut, performa hp akan menurun dan menjadi kurang optimal saat menjalankan game atau aplikasi.

Itulah beberapa faktor penyebab hp oppo lemot. Jika kalian mengalaminya, ada beberapa panduan cara mengatasi hp lemot Oppo yang akan dibagikan di bawah ini!

Cara Mengatasi Hp Lemot Oppo

Cara Mengatasi Hp Lemot Oppo
Tutorial Mengatasi Hp Oppo yang Lemot

Mengalami masalah hp Oppo yang lemot tentu saja sangat mengganggu aktivitas menggunakan ponsel. Namun jangan khawatir, ada beberapa panduan cara mengatasi hp lemot Oppo yang dapat kalian coba berikut!

1. Close Aplikasi yang Sedang Tidak Dipakai

Salah satu cara mengatasi hp lemot Oppo paling ampuh ialah dengan cara menutup aplikasi yang sedang tidak digunakan. Pastikan kalian hanya membuka aplikasi yang digunakan saja. Sementara, aplikasi-aplikasi yang tidak dipakai sebaiknya ditutup.

Dengan menutup aplikasi yang berjalan pada latar belakang ponsel, bisa membuat performa hp lebih ringan ketika dipakai. Karena semakin banyak kalian membuka aplikasi pada latar belakang, kapasitas RAM yang digunakannya juga semakin besar dan membuat hp menjadi lemot.

2. Update Pembaruan Software

Selain menutup beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang Oppo, kalian juga harus mengecek pembaruan pada hp tersebut. Apabila ada pembaruan, sebaiknya langsung update dengan mendownloadnya.

  • Silahkan buka setting atau pengaturan pada hp Oppo.
  • Tekan Software update atau pembaruan perangkat lunak. 

  • Klik ikon roda gigi di ujung kanan atas.
  • Tekan apply.

Seharusnya pembaharuan pada sistem memberikan hal baru dan menghilangkan bug mengganggu pada hp. Oleh karena itu, ketika hp android kalian lemot, maka kalian dapat mencoba memakai cara ini.

3. Bersihkan Cache

Cara mengatasi hp lemot oppo berikutnya ialah dengan membersihkan file sampah atau junk maupun cache ke dalam hp Oppo. Cookies, file cache, atau lainnya memang membantu mempercepat pengguna dalam mengakses aplikasi dan file sistem. Namun selama jangka waktu tertentu, cache akan menumpuk dan harus dibersihkan supaya tidak menumpuk di memori internal.

Dengan membersihkan cache juga dapat membuat sistem maupun aplikasi terinstall tetap aman. Kalian dapat mengikuti tutorial untuk menghapus cache dengan cara manual maupun aplikasi berikut :

Untuk menghapus data cache dengan cara manual, kalian bisa mengikuti panduan di bawah ini!

  • Buka pengaturan pada hp Oppo.

  • Klik Manajemen Aplikasi, lalu klik Daftar Aplikasi.

  • Dalam daftar aplikasi, silahkan pilih aplikasi yang akan dihapus data cache-nya. Misalnya, klik aplikasi WhatsApp.
  • Jika sudah, kalian hanya perlu memilih penggunaan penyimpanan.

  • Tekan hapus cache jika ingin menghapus cache aplikasi.

Sementara, untuk menghapus cache menggunakan pembersih, kalian bisa coba cara di bawah ini :

  • Silahkan buka Manajer Telepon di hp Oppo.
  • Ketuk Bersihkan dan Percepatan, lalu tunggu sampai pemindaian cache berhasil dilakukan.
  • Klik bersihkan.

4. Uninstall Aplikasi Tertentu yang Jarang Dipakai

Dengan semakin banyak kalian memasang aplikasi di hp, tentu memakan ruang memori yang lebih besar sekaligus menyedot RAM lebih besar. Tentu saja hal tersebut akan bermasalah, sebab membuat hp kehabisan memori, bahkan secara otomatis menjadikannya terasa lebih lemot.

Apalagi jika ukuran internal memori yang kecil, pastinya bisa membuat hp semakin berat ketika menjalankan programnya. Maka dari itu, kalian dapat mengatasinya dengan cara menghapus aplikasi-aplikasi tertentu yang jarang dipakai.

5. Restart Hp

Jika kalian memakai hp Oppo, kemudian tiba-tiba saja perangkat terasa lemot, maka kalian dapat mengatasinya dengan melakukan restart pada hp Oppo. Melalui restart ini, hp Oppo akan melakukan recovery beberapa proses tertentu yang bisa menyebabkan BUG.

Biasanya penjadwalan restart hp secara berkala harus dilakukan apabila kalian ingin tetap mengoptimalkan kinerja hp. Kalian dapat mencobanya dengan cara melakukan penjadwalan restart selama 1 minggu sekali.

6. Memakai Micro SD

Jika internal memori hp kalian habis, maka cara mengatasi hp lemot Oppo selanjutnya yaitu dengan memakai bantuan microSD. Setiap hp Oppo dari berbagai tipe biasanya telah dibekali oleh microSD. Oleh sebab itu, kalian dapat mengandalkannya jika ingin menambah ruang ROM hp kalian agar tidak lemot.

di samping memakai MicroSD, kalian juga dapat memindahkan file-file ke dalam microSD, tujuannya yaitu agar memori internal kalian mempunyai space yang memadai. Melalui space berlebih, tentu saja hp tidak akan bekerja berat ketika melakukan scanning sehingga kalian bisa meminimalisir terjadinya hp lemot.

Dengan cara mengatasi hp lemot Oppo di atas, maka masalah performa hp yang menurun karena lemot bisa dihindari. Kalian juga tentunya menjadi lebih leluasa menggunakan perangkat Oppo saat untuk berselancar di internet atau untuk streaming dan game online.

Related posts