Cara Melacak iPhone yang Hilang

Terkadang seseorang lupa dimana terakhir kali menaruh ponsel. Bisa saja ponsel tersebut tertinggal di suatu tempat, entah itu di meja kantor, di atas tempat tidur, atau mungkin tertinggal di dalam tas. Pengguna iPhone tidak perlu risau, karena Apple telah memberi kemudahan cara melacak iPhone yang hilang dengan aplikasi Find My iPhone yang bisa diakses di iCloud.com/find.

Aplikasi ini dapat menemukan perangkat Apple yang hilang mulai dari iPhone, iPad, iPod touch, Apple Watch, Mac, AirPods, atau AirTag. Aplikasi ini dapat mengakses perangkat Apple yang hilang baik secara online maupun offline. Dan tentu saja, data privasi tetap terjaga aman.

Read More

Cara Melacak iPhone yang Hilang

Cara Melacak iPhone yang Hilang
Melacak iPhone yang Hilang

Ini Tutorial Melacak iPhone yang Hilang

Ada 2 pilihan cara melacak iPhone yang hilang dan dapat dijadikan sebagai solusi efektif saat kalian mengalami kehilangan iPhone. Setidaknya dengan langkah ini, kalian bisa mengamankan data-data pribadi pada iPhone, meskipun perangkat kalian sulit ditemukan.

1. Melacak Dalam Keadaan Online

Cara melacak iphone yang hilang pertama ialah pastikan ID perangkat saling terhubung. Untuk mengantisipasi hal ini, maka bertukarlah lokasi dengan keluarga atau teman sehingga bisa saling mengetahui lokasi terkini satu sama lain dan saling terhubung. Rajinlah membagikan lokasi kepada keluarga dan teman terdekat selama satu jam atau beberapa jam sekali untuk menjaga keselamatan.

Aktifkan Fitur Find My iPhone

Sedangkan cara mengaktifkan fitur Find My iPhone dalam perangkat pribadi ialah;

  • Buka pengaturan di iPhone kalian.
  • Klik ID Apple dan pastikan sudah login.
  • Pilih menu Find My iPhone
  • Klik Find My iPhone.
  • Centang pada ON.
  • Geser posisi ‘Send Last Location’ menjadi aktif untuk dapat mengirim lokasi perangkat ke situs Apple ketika baterai perangkat lemah dan akan mati.
Terkait:  Cara Melacak iPhone Melalui GPS

Melacak iPhone yang Hilang

Mengaktifkan layanan Find My iPhone adalah langkah antisipasi. Sehingga, saat perangkat tidak dapat ditemukan dapat diakses melalui web iCloud.com/find. Langkah-langkah yang dapat dilaksanakan adalah sebagai berikut;

  • Masuk ke situs iCloud.com/Find.
  • Masukkan Apple ID dan password perangkat yang hilang.
  • Kemudian fitur Find My iPhone akan menampilkan keadaan terakhir ponsel, apakah sedang mati total atau hanya sedang offline.
  • Jika ponsel masih aktif, klik ‘Action’.
  • Notifikasi GPS akan menunjukkan lokasi terakhir perangkat yang hilang. Kemudian pilihlah ‘Play Sound’.
  • Notifikasi perangkat akan berbunyi sehingga pemilik perangkat dapat mencari sumber suara untuk menemukan letak terakhir perangkat.
  • Apabila perangkat dalam berada di tempat yang susah sinyal, maka aplikasi pelacak akan menunjukkan lokasi terakhir yang masih terkoneksi sinyal.
  • Namun apabila perangkat dicurigai sedang berada di tangan yang salah, maka dapat mengaktifkan ‘Lost Mode’. Maka perangkat akan segera terkunci dan tidak bisa diatur ulang tanpa menggunakan kunci yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Cara melacak iPhone yang hilang di atas merupakan langkah yang dapat dilakukan jika kondisi perangkat berada dalam jaringan internet yang baik atau sedang online. Penting sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan untuk mempersiapkan keamanan perangkat pribadi. Sehingga, saat terjadi situasi yang genting dan memerlukan tindakan cepat, dapat menemukan solusi yang cepat juga.

Akan tetapi, bagaimana jika perangkat Apple hilang dalam kondisi offline atau tidak terdapat jaringan internet sama sekali? Berikut adalah cara menemukan perangkat Apple saat kondisi offline.

Melacak Dalam Keadaan Offline

Kondisi ini terjadi apabila perangkat yang hilang dalam kondisi offline, bisa jadi karena baterai habis, susah sinyal, atau memang sengaja dimatikan. Dalam kondisi offline, pelacakan bisa ditemukan pada letak terakhir dimana perangkat tersebut aktif atau masih dalam area jangkuan sinyal.Jadi, perangkat akan terlacak kembali pada pencarian online apabila perangkat tersebut kembali berada di area jangkauan sinyal dalam keadaan aktif.

Terkait:  Cara Jailbreak iPhone

Akan tetapi pada fitur bawaan Apple, terdapat mode yang menguntungkan bagi pemilik perangkat yang kehilangan untuk tetap memantau walau offline. Langkah-langkah untuk dapat memantau perangkat hilang yang sedang offline tersebut dapat dilakukan melalui akses iCloud, yaitu dengan cara;

  • Buka situs iCloud.com
  • Masukkan ID Apple beserta passwordnya
  • Kemudian akan ditampilkan opsi ‘Lacak’ atau ‘Find My iPhone’
  • Kemudian pilih opsi ‘Find My iPhone’
  • Klik ‘All Device’, lalu pilih perangkat yang dicari.
  • Jika perangkat dalam keadaan online, maka ikon bulat penanda lokasi terakhir perangkat berwarna hijau. Tetapi jika offline, akun tersebut akan berwarna abu-abu.
  • Jika telah yakin bahwa perangkat dalam keadaan offline, klik pada pilihan ‘Lost Mode’

Ketika ‘Lost Mode’ telah diaktifkan pada perangkat Apple kalian, maka akan terkirim notifikasi email terkonfirmasi ke perangkat yang telah disebut ID Applenya. Bahkan, kalian dapat memberi pesan pada layar perangkat tersebut bahwa perangkat telah hilang dan bagaimana cara menghubungi atau mengembalikan perangkat kalian.

Saat kalian memasukkan nomor telepon dalam pesan singkat ‘Lost Mode’, kalian tidak perlu khawatir tentang isi data di dalam perangkat kalian, sebab pesan tersebut muncul dalam kondisi perangkat yang terkunci.

Fitur Pendukung Lost Mode

1. Passcode

Jika perangkat telah disetting dengan kata kunci, kalian dapat membuat kata kunci baru khusus untuk keperluan ‘Lost Mode’. Sehingga, orang yang menemukan perangkat kalian hanya dapat membaca pesan singkat mode hilang di layar depan tanpa dapat mengakses lebih dalam perangkat kalian sebab membutuhkan kata kunci baru untuk membuka perangkat kalian.

2. Family Sharing

Fitur ini berfungsi jika kalian menghubungkan ID Apple keluarga atau teman terdekat sebelum kehilangan perangkat. Dengan fitur keluarga ini, kalian dapat melacak keberadaan perangkat yang hilang melalui perangkat keluarga. Inilah pentingnya untuk berbagi lokasi dengan keluarga atau teman terdekat. Yaitu agar dapat saling membantu apabila ada kejadian tidak terduga atau situasi genting lainnya.

Terkait:  Cara Melacak Hp yang Hilang Dengan GPS

3. Contact Information

Informasi kontak ini dibutuhkan untuk memberi pesan pada layar terkunci mode hilang. Saat menyatakan pesan kehilangan di depan layar perangkat, maka baiknya menyertakan informasi kontak untuk dapat menghubungi si pemilik asli dan dapat membantu mengembalikan perangkat yang hilang tersebut.

Dengan bantuan fitur ‘Lost Mode’ ini, pengguna perangkat Apple dapat dengan mudah memberi informasi orang yang menemukan perangkat serta diwaktu yang bersamaan dapat menjaga informasi yang terdapat dalam perangkat tersebut.

Tips Mencegah iPhone Hilang

Akan tetapi, hal yang lebih bijak ialah menjaga barang-barang supaya tidak hilang. Menjaga barang-barang dan merawatnya dengan baik merupakan pola kebiasaan yang harus dijaga. Pastikan untuk selalu mengawasi barang berharga dimanapun dan kapanpun. Selain itu, ingatlah setiap hal kecil yang telah dilakukan untuk memupuk sifat disiplin. Dengan mulai disiplin pada diri sendiri dan menjaga barang pribadi, maka dapat menjadi acuan untuk meningkatkan kualitas diri.

Dan apabila sesuatu hal yang tidak terduga terjadi, jangan panik. Pikirlah solusi untuk memecahkan masalah tersebut dengan tidak terburu-buru. Serta selalu siapkan antisipasi pada hal yang belum terjadi. seperti kata pepatah, sedia payung sebelum hujan. Dengan hal ini, maka manajemen waktu dan pekerjaan akan lebih teratur.

Namun karena kejadian kehilangan tidak dapat dihindari, apalagi menimpa barang-barang berharga kalian, maka langkah yang tepat adalah dengan cara melacak iphone yang hilang.

 

Related posts