Cara Cek Masa Tenggang Smartfren

Cara Cek Masa Tenggang Smartfren
Cek Masa Tenggang Smartfren

Apa Anda merupakan pengguna kartu Smartfren? Apa Anda mempunyai kendala seperti masa tenggang kartu Anda? Bagaimana cara cek masa tenggang Smartfren terbaru?

Taukah Anda bahwa setiap perusahaan layanan seluler atau operator memiliki kebijakan mengenai pemberlakuan waktu masa aktif setiap penggunanya, Smartfren termasuk salah satunya.

Read More

Yang dimana apabila sudah habis masa aktifnya, nomor Anda akan masuk ke masa tenggang. Dimana pada fase ini, jika ternyata Anda tidak melakukan perpanjangan masa aktif, dan masa tenggangnya berakhir, maka nomor Anda akan di blokir. Lalu pulsa yang Anda miliki akan hangus sehingga tidak bisa digunakan lagi.

Saat ini sudah banyak aplikasi yang hanya membutuhkan data internet untuk digunakan, seperti Whatsapp, Line, Facebook, atau Instagram sehingga tidak memerlukan pulsa untuk komunikasi.

Namun karena hal ini, banyak orang menjadi malas untuk isi pulsa dan memilih membeli langsung paket data. Hal ini menyebabkan masa aktif kartu lupa diperpanjang sehingga status nomor menjadi masa tenggang.

Namun tak perlu khawatir, Anda masih bisa mengaktifkan nomor Smartfren tersebut setelah masa tenggang habis dengan beberapa syarat, lho.

Tentunya Anda membutuhkan sekali apalagi kalau nomornya sudah terlanjur tersebar ke mana-mana, dan banyak nomor yang tersimpan disana meski dipindahkan ke kartu baru jika Anda membeli kartu lagi.

Tentu saja, mengurus kartu Smartfren yang sudah mati lebih baik daripada membeli kartu baru. Lantas, Bagaimana caranya?

Datang ke Gerai Smartfren

Jika nomor kamu telah melewati masa tenggang, kamu bisa melakukan pengaktifan kembali dengan cara datang langsung ke gerai Smartfren terdekat di daerah Anda pada hari senin – jumat (08.00 – 14.00). Nanti, pihak operator akan langsung memproses permintaan pengaktifanmu dan langsung mengaktifkan kembali nomormu.

Namun sebelum datang ke Gerai Smartfren, pastikan Anda membawa berkas-berkas dokumen yang diperlukan, seperti KTP asli. Dan jangan lupa juga untuk membawa serta SIM Card Smartfren lama Anda yang sudah hangus.

Setelah sampai di Gerai Smartfren, segera datangi bagian Customer Service . Lalu, sampaikan kepada petugas disana kalau Anda ingin mengaktifkan kembali nomor Smartfren yang sudah mati tersebut. Oleh petugas, Anda akan ditanya tentang alasan dan sudah berapa lama nomormu mati.

Selanjutnya, Anda juga akan diminta untuk mengisi form pengajuan untuk aktivasi. Anda juga akan diminta biaya aktivasi beberapa ribu rupiah. Jadi, Alangkah baiknya Anda juga siapkan uang untuk jaga-jaga dari rumah.

Isi form tersebut dengan data yang sesuai dan sama seperti saat Anda melakukan registrasi kartu Telkomsel pertama kali. Kalau pengisian formulir ternyata salah, Anda akan diminta buat menunjukkan 5 panggilan atau SMS terakhir buat menunjukkan kalau nomor itu ternyata benar-benar milik Anda.

Setelah melewati tahap-tahap itu, nantinya petugas bakal memproses permintaan re-aktifasi. Kamu hanya perlu menunggu hingga proses aktifasi kembalinya selesai. Nomor Anda pun bisa digunakan kembali.

Nah itu tadi cara untuk mengaktifan kartu kembali untuk kartu yang sudah dinonaktifkan. Agak ribet rasanya jika meski datang ke gerai Grapari apalagi jika kamu punya kesibukan lain. Maka dari itu, sebaiknya Anda rutin mengecek masa aktif dari kartu Smartfren Anda.

Apalagi juga di masa pandemi ini, dimana kita meski tidak sering-sering keluar rumah dan beramai-ramai demi mencegah rantai penyebaran virus Covid-19, nah maka jangan sampai nomor kita diaktifkan karena keteledoran kita.

Berikut, kami akan jelaskan beberapa cara cek masa tenggang Smartfren. Yuk simak pembahasan di bawah ini.

Cara Cek Masa Tenggang Smartfren

Cara Cek Masa Tenggang Smartfren
Cek Masa Tenggang Smartfren

Cek Masa Tenggang Smartfren melalui Dial Phone/ USSD.

Untuk cara yang pertama, dan juga cara yang menurut kami merupakan cara paling mudah dan umum untuk mengecek masa tenggang kartu Smartfren adalah dengan cara melalui layanan Dial Phone. Berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama, Buka menu Telepon pada smartphone Anda.
  • Setelah itu, Ketik nomor *995#.
  • Lalu klik tombol Panggil / Call
  • Tunggu hingga muncul informasi terkait sisa pulsa yang kamu miliki beserta masa aktifnya.
  • Untuk mengetahui masa tenggang, yaitu maksimal 30 hari setelah masa aktif yang tertera.

Selain bisa melalui USSD, kamu juga bisa melalui IVR / Voice, berikut caranya:

  • Langkah pertama, Buka menu Telepon pada smartphone Anda.
  • Lakukan panggilan ke 999
  • Setelah tersambung ikut petunjuk, untuk mengetahui masa aktif tekan menu (1) nanti akan mendapatkan informasi pulsa dan masa aktifnya.
  • Masa tenggangnya yaitu maksimal 30 hari setelah masa aktif yang tertera.

Cek Masa Tenggang melalui SMS

Anda bisa mengecek masa tenggang dari kartu Smartfren melalui SMS, berikut langkah-langkahnya:

  • Silahkan buka menu pesan atau message pada smartphone Anda.
  • Buat pesan baru, Ketik CEK atau CHECK kirim ke 999
  • Setelah Anda telah mengirimkan pesan tersebut, silahkan tunggu beberapa saat untuk mendapatkan SMS balasan dari 999. Proses ini biasanya tidak memakan waktu lama.
  • Setelah anda mendapatkan notifikasi balasan SMS tersebut, anda akan dapat melihat beberapa informasi lengkap dan detail mengenai sisa pulsa, dan masa aktif kartu Anda.

Cek Masa Tenggang melalui Website resmi Smartfren

Cara lainnya untuk mengecek pulsa dan masa aktif adalah melalui situs resmi Smartfren. Anda juga akan mendapatkan informasi yang lebih akurat mengenai penggunaan data, sisa kuota, dan lain lain.

Untuk langkah-langkah cek masa tenggang melalui website, sebagai berikut:

  • Buka browser yang tersedia (seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari, Opera, dan lainnya) pada perangkat Anda baik itu PC/Laptop maupun Smartphone.
  • Langkah selanjutnya, ketik “ https://my.smartfren.com/ “ pada kolom pencarian, lalu klik tombol cari. Tunggu hingga anda masuk ke websitenya.
  • Login menggunakan akun ID Smartfren yang sudah terdaftar. Daftar dulu jika belum mempunyai akun, lalu login ulang menggunakan akun yang tadi didaftarkan.
  • Lalu, Saat berhasil masuk ke halaman utama , maka akan muncul sisa pulsa dan masa aktif di bagian dashboard situs.

Cek Masa Aktif Kuota Smartfren melalui Aplikasi mySmartfren

Selain cara cara di atas yang telah kami sebutkan, Anda bisa juga mengecek paket Indosat melalui mySmartfren yang bisa kamu unduh melalui Playstore maupun AppStore.

Untuk langkah-langkah mengecek masa aktif kuota Smartfren melalui aplikasi, sebagai berikut.

  • Buka aplikasi Google Playstore (untuk pengguna Android) ataupun AppStore (untuk pengguna iOS) untuk Anda yang belum menginstal aplikasi mySmartfren, lalu Install.
  • Jika aplikasi telah terpasang pada smartphone, buka aplikasi mySmartfren.
  • Pada saat pertama kali membuka aplikasi, Anda akan langsung diminta beberapa persetujuan untuk mengizinkan aplikasi mengakses beberapa perangkat seperti GPS, Kamera, Microfon, dan File Manager, dan juga Kontak.
  • Pada halaman masuk, pilih login apabila Anda punya akun. Jika Anda belum punya, kamu bisa langsung daftar menggunakan email, nomor telepon, dan lainnya. Setelah itu login kembali menggunakan email atau nomor telepon dan kata sandi yang tadi didaftarkan.
  • Lalu, Saat berhasil masuk ke halaman utama aplikasi , maka akan muncul informasi mengenai sisa pulsa dan masa aktif di bagian dashboard situs.

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang telah kami berikan mengenai cara cek masa tenggang Smartfren, baik melalui Dial Phone/USSD, IVR, SMS, Website, bahkan aplikasi mySmartfren.

Semoga informasi yang kami jelaskan bermanfaat. Terima Kasih.

Baru Diulas:

Related posts