Cara Kirim ShopeePay ke DANA

Tahukah Kamu, bagaimana cara kirim ShopeePay ke Dana? Penggunaan uang digital saat ini memang sudah banyak diterapkan di berbagai merchant dan platform. Melalui uang digital ini, maka transaksi pembayaran dapat dilakukan dengan mudah dan praktis, tanpa harus membawa atau membayar dengan uang fisik. Bahkan Kamu bisa melakukan pembayaran belanjamu tanpa harus membawa-bawa dompet. Lebih praktis kan?

Selain itu, proses pembayaran dengan uang digital juga tidak perlu lagi memikirkan uang kembalian. Sebab pembayaran secara digital memungkinkan kita untuk membayar transaksi belanja dengan nominal yang pas. Sehingga metode pembayaran ini lebih praktis dan cepat, saat mengantri sekalipun Kamu tidak perlu memperpanjang antrian hanya karena menunggu uang pas.

Read More

Mengenal ShopeePay dan Dana

ShopeePay dan Dana adalah dompet digital yang berfungsi untuk menyimpan uang yang digunakan sebagai alat pembayaran atau hanya untuk disimpan. Keberadaan dompet digital memungkinkan seseorang akan merasa aman menyimpan uang dalam jumlah yang cukup banyak untuk keperluan sehari-hari.

Namun tentu saja lain halnya jika Kamu menyimpan uang di bank. Sebab dompet digital biasanya hanya dipakai untuk keperluan sehari-hari saat berbelanja baik lewat merchant online maupun offline. Keberadaan dompet digital ini tidak membuat saku celana penuh, sebab Kamu menyimpan Sebagian danamu lewat e-wallet.

Perbedaan antara ShopeePay dan DANA sendiri adalah jika ShopeePay diterbitkan oleh marketplace Shopee yang awalnya digunakan untuk kebutuhan pengguna Shopee saja. Namun kini sudah ada beberapa merchant yang bekerja sama dengan ShopeePay yang memungkinkan pembayaran transaksi belanja menggunakan e-wallet ini.

Terkait:  Cara Hitung Ukuran Cincin

Sedangkan DANA merupakan perusahaan e-wallet yang berdiri sendiri. Dimana saat ini sudah banyak marketplace yang bekerjasama dengan platform e-wallet ini sebagai alat pembayaran.

Pembayaran Memakai e-Wallet

Berikut beberapa jenis pembayaran yang dapat dilakukan menggunakan e-wallet  :

1. Pembayaran Makanan dan Minuman

Transaksi pemesanan produk kuliner online sudah menjadi hal yang sangat familiar saat ini. Seperti halnya pemesanan di layanan Go Food, Shopee Food, Grab Food dan lainnya, yang memungkinkan Kamu bisa melakukan pembayaran secara digital. Jika Kamu memiliki saldo di ShopeePay atau di akun DANA, maka Kamu tak perlu repot lagi melakukan pembayaran pesanan kuliner yang sudah bekerja sama dengan kedua e-wallet ini.

2. Pembelian Produk Online

Kamu bisa melakukan pembayaran produk saat berbelanja di aplikasi atau akun Shopee dengan menggunakan ShopeePay jika saldomu mencukupi. Namun jika Kamu memiliki saldo DANA, tapi tidak dengan ShopeePay, maka Kamu bisa membayar belanja di Shopee dengan DANA. Karena DANA juga telah bekerjasama dengan Shopee. Selain itu, ada beberapa marketplace lain yang juga sudah bekerjasama dengan DANA, seperti Tokopedia, JD.ID dan lainnya.3. pembyaran pada mitra-mitra tertentu.

3. Pembayaran Untuk Merchant Tertentu

Bagi kamu yang sedang membeli barang-barang baik itu makanan, minuman, ataupun lainnya di mitra atau merchant yang sudah mendukung pembayaran ShopeePay maupun Dana. Maka kamu tidak perlu mengeluarkan uang dalam dompet, cukup keluarkan uang yang ada pada dompet digital saja untuk membayar barang-barang yang dibeli.

Cara Kirim ShopeePay ke DANA

Cara Kirim ShopeePay ke DANA
Kirim Saldo ShopeePay ke DANA

Tutorial Kirim ShopeePay ke DANA

Terkadang ada aplikasi jualbeli yang hanya mendukung pembayaran dengan memakai DANA saja, begitu pula ada yang hanya memakai ShopeePay saja untuk pembayaran. Oleh karena itu, jika Kamu kebetulan memiliki kedua e-wallet ini, Kamu bisa membagi anggaranmu ke dalam kedua e-wallet tersebut.

Terkait:  Cara Daftar Go Mart

Akan tetapi, apabila tidak memungkinkan untuk membagi saldo ke dalam kedua aplikasi dompet digital tersebut. Maka jangan khawatir, Kamu masih bisa mentransfer saldo ke salah satu dompet digital.

Misalnya saja, Kamu memiliki saldo ShopeePay tapi tidak mempunyai saldo DANA. Sedangkan Kamu harus membayar transaksi dengan memakai DANA. Oleh karena itu, Kamu bisa mencoba cara kirim ShopeePay ke DANA.

Adapun untuk tutorialnya sendiri, bisa Kamu coba langkah-langkah berikut :

1. Buka Aplikasi Shopee

Untuk memulainya, pertama-tama yang perlu disiapkan adalah membuka aplikasi Shopee terlebih dahulu. Kemudian pastikan, aplikasi Shopee di hpmu memakai versi terbaru.

2. Buka Fitur ShopeePay

Cara kirim ShopeePay ke DANA selanjutnya ialah buka fitur ShopeePay.  Silahkan cari menunya, dan pastikan dulu saldo di ShopeePay Kamu mencukupi untuk proses transfer ke DANA sesuai uang yang Kamu butuhkan.

3. Transfer ke DANA

Setelah memastikan saldo ShopeePay kamu mencukupi untuk mengirimkan sejumlah uang ke DANA, selanjutnya kirim uang dengan mengakses opsi ‘Transfer dan Penarikan ke Rekening Bank’. Pada menu tersebut terdapat berbagai opsi bank yang bisa dipilih, termasuk menu transfer ke Wallet digital lainnya seperti Dana.

Cara kirim ShopeePay ke DANA selanjutnya, jika sudah mengakses menu tersebut, biasanya akan terlihat kolom isian rekening atau nomor tujuan. Mengingat Kamu ingin mengirimkan sejumlah uang ke dompet digital DANA, maka Kamu wajib menuliskan format berikut : 8059 + nomor telepon yang sudah terdaftar pada aplikasi Dana. Ini adalah kode pembayaran untuk transfer ke DANA sebagai altlternatif nomor rekening bank.

Adapun contohnya, jika Kamu ingin transfer uang dari ShopeePay ke DANA, maka Kamu bisa mengetikkan kode berikut : 8059085221122***.

Terkait:  Cara Daftar m Banking BNI

Harus diingat, antara kode DANA dengan nomor tujuan yang sudah terdaftar di DANA tersebut tidak boleh diberikan spasi, jadi penulisannya wajib disatukan.

4. Konfirmasi Pengiriman Saldo

Supaya cara kirim ShopePay ke DANA berhasil, maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan konfirmasi transaksi memakai nomor PIN ShopeePay. Ingat, masukkan nomor PIN-nya dengan benar. Setelah itu, baru tekan ‘OK’.

Harap hati-hati dalam menuliskan nomor PIN pada kolom yang disediakan,karena jia salah dalam memasukkan nomor PIN. Sebab selain proses pengiriman saldo ShopeePay ke DANA bisa gagal, juga dikhawatirkan akunmu terblokir.

5. Cek Keberhasilan Transfer ke DANA

Apabila semua rangkaian cara kirim ShopeePay ke DANA sudah Kamu ikuti dengan benar, maka bisa dipastikan saldo yang kamu kirim tersebut masuk dan menjadi saldo DANA. Namun sebaiknya Kamu cek saldo DANA terlebih dahulu untuk memastikan.

Untuk mengeceknya, silahkan masuk ke aplikasi DANA memakai akunmu, setelah itu ‘Cek Saldo’ dan Kamubisa menemukan menunya di halaman depan. Apabila jumlah saldonya bertambah sesuai yang telah ditransfer dari ShopeePay,maka proses pengiriman saldo dari ShopeePay ke Dana pun telah berhasil. Kini Kamu bisa menggunakannya sesuai kebutuhan.

Limit Transfer Saldo dari ShopeePay ke DANA

Kamu juga harus tahu limit transfer saldo dari ShopeePay ke DANA. Adapun batas minimal saldo yang bisa ditransfer tidak boleh kurang dari Rp. 10.000. Jadi, apabila Kamu mencoba mengirimkan saldo dari ShopeePay hanya Rp. 5.000, maka tidak akan diproses oleh sistem.

Selain itu, untuk batas maksimalnya adalah Rp. 10.000.000 untuk setiap transaksi per harinya. Dengan begitu, bagi yang sering memakai kedua e-wallet tersebut bisa saling transfer saldo dari ShopeePay ke DANA dan begitupun sebaliknya. Sebab Kamu juga bisa melakukan transaksi sebaliknya, selain cara kirim ShopeePay ke DANA tetapi juga transfer dari DANA ke ShopeePay.

Related posts