Cara Main Game PS2 di Android

Playstation 2 (PS2) merupakan salah satu seri konsol video game besutan Sony. Jauh sebelum kemunculan game-game online seperti sekarang ini, PS 2 sudah terkenal lebih dulu. Bahkan mungkin ada yang merindukan keseruan bermain game PS 2. Tapi kalian tetap bisa kok menikmati game-game PS 2 di smartphone dengan cara main game PS2 di android.

Meskipun popularitas PS 2 secara perlahan mulai tergantikan dengan kehadiran PS 4, PS 3, dan XBox. Namun tetap saja, ada banyak yang ingin bernostalgia memainkan konsol game yang satu ini.

Cara main game PS2 di android, memungkinkan kalian dapat bermain game dengan mudah dimana saja dan kapan saja. Dengan hanya membutuhkan game PS2 dan emulator PS2, kalian sudah bisa menikmati permainan game tersebut.

Cara Main Game PS2 di Android

Cara Main Game PS2 di Android
Main Game PS2 di Android

Tutorial Main Game PS2 di Android

Salah satu emulator yang dapat digunakan untuk bermain PS2, adalah Damon PS2. Akan tetapi, sebelum mencoba cara main game PS2 di android, kalian harus menginstal Emulator Damon PS2 terlebih dahulu. Simak ulasannya!

1. Unduh Emulator Damon Untuk PS2

Kalian bisa langsung mengunduh emulator Damon PS2 di perangkat android lewat browser atau Google Play Store. Cukup mencarinya saja di Play Store, lalu download. Sementara, nntuk mengunduhnya di browser, silahkan klik link ini.

Terkait:  Cara Ganti Font Xiaomi

Jika sudah mengunduh emulator PS2, selanjutnya lakukan instalasi. Ketika mengunduhnya via Play Store, emulator Damon PS2 secara otomatis akan langsung terpasang sesudah proses unduhan selesai.

2. Unduh Game dan Biosnya

Cara main game PS2 di androis berikutnya yaitu kalian hanya perlu mengunduh file ISO PS2. Jika kalian kebingungan menemukan tempat untuk mengunduh file ROM atau ISO PS2, kalian bisa mencoba CoolROM salah satunya.

Silahkan downloan game PS2 yang akan kalian mainkan beserta Bios PS2. Dengan kata lain, setidaknya harus mengunduh 2 item, diantaranya 1 bios dan 1 game.

3. Ekstrak dan Pasang Bios

Jika file Bios dan ROM PS2 telah terunduh, selanjutnya ekstrak file game tersebut lebih dahulu, apabila filenya berbentuk archive, pakai Zarchiver. Sehingga hasilnya akan berekstensi .iso. Setelah itu, apabila game telah diekstrak langkah berikutnya buka emulator Damon PS2.

Caranya, masuk ke dalam BIOS lalu cari BIOS PS2 yang telah diunduh. Setelah ditemukan, pilih lalu tunggu proses loading.

4. Load dan Mainkan Game PS2

Beralih ke dalam menu Games, lalu temukan file untuk ROM PS2 yang telah diunduh sebelumnya. Kemudian pilih file game yang akan dimainkan.

5. Memilih Koin Gratis

Sebenarnya ada 3 cara main game PS2 di android, kalian bisa memilih Koin Gratis, lalu tunggu iklan yang tampil. Kalian kini dapat memainkan game PS2 di perangkat android secara offline.

Tentang Emulator Damon PS

Damon PS2 merupakan salah satu pilihan emulator game PS2 yang bebas kendala alias lancar. Melalui spesifikasi perangkat android, kalian dapat memperoleh FPS 30 ketika bermain game PS2 di perangkat android. Terlebih kalian bisa memainkan game PS2 secara offline memakai emulator Damon PS2.

Damon PS2 adalah emulator PS2 yang bisa memainkan PS2 di perangkat android secara offline. Berikut keunggulan memakai Damon PS2.

  • Bisa menjalankan hingga 90% lebih game PS2. Jadi, kalian bisa lebih leluasa memilih game PS2 yang diinginkan. Di samping itu, ada 20% lebih opsi game yang bisa dimainkan sangat lancar memakai Damon PS2.
  • Emulator Damon PS2 menawarkan kontrol yang nyaman dan lengkap, seperti 2 tombol analog, tombol kotak, tombol panah, bundar, hingga tombol l1,l1, r1,r2 dan lainnya.
  • Memiliki tampilan yang baik, jika membuka Damon PS2, maka kalian akan disajikan tampilan layar sempurna yang gampang dipahami dengan fitur-fitur lengkap.
Terkait:  Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Tanpa Root

Walaupun demikian, Damon PS2 juga tetap menawarkan beberapa kekurangan, berikut ini :

  • Ada bug grafis pada beberapa game.
  • Cukup berat.
  • Terkadang ditemukan bug aplikasi dan error server.

Akan tetapi secara keseluruhan, jika kalian ingin memainkan game PS2 untuk bernostalgia di  android, maka Damon PS2 adalah pilihan emulator paling tepat.

Daftar Emulator Game PS2 Terbaik Lainnya

Selain Damon PS2 yang bisa kalian pilih ke dalam cara main game PS2 di android, kalian juga dapat memilih emulator terbaik lainnya yang memungkinkan proses permainan lebih lancar tanpa lag. Berikut daftarnya :

1. PPSSPP PSP

Emulator satu ini dapat bekerja maksimal saat digunakan untuk bermain game PS2 yang kalian sukai menyesuaikan android. Jika dilihat dari tampilannya, PPSSPP menampilkan sisi visual yang tajam serta membuat mata lebih nyaman. Kalian bisa bermain game dalam waktu yang lama memakai grafik yang dapat disesuaikan dengan kapasitas hp.

PPSSPP PSP telah diunduh oleh 50 juta lebih pengguna, termasuk pilihan dari para pencinta game PS2. Menariknya lagi, ada banyak gamers profesional yang juga ikut menggunakannya. Emulator ini menariknya hanya support game dengan format CSO dan ISO.

2. Play! PS2 Emulator for Android

Rekomendasi emulator PS2 terbaik lainnya adalah Play!PS2 Emulator for androoid. Mempunyai interface yang gampang dipahami dengan tampilan yang sederhana, menawarkan fasilitas cukup menarik. Emulator ini dapat membaca game PS2 berformat ISO. Menariknya lagi, emulator PS2 ini hanya menghabiskan 10 MB ruang penyimpanan.

Selain itu, emulator ini juga tidak ada di Play Store. jadi, jika ingin mendownload aplikasinya cukup mengunduhnya di web resminya saja.

3. Aether SX2 APK

Aether SX2 merupakan emulator yang paling dinanti pencinta game. Emulator dari pengembang Tahlreth support banyak game PS2, yaitu God of War 2, Gran Turismo 4, Persona 4, Bloody Roar 3, Ratchet & Clank dan Tekken 5.

Terkait:  Cara Melacak Lokasi No Hp Tanpa Diketahui

Memiliki ukuran yang ringan, gratis dan tanpa iklan, inilah keunggulan emulator Aether SX2 APK. Selain itu, juga menawarkan controller configuration sehingga memungkinkan penyesuaian terhadap kontrol hp dengan PS2. Emulator ini sudah mendukung game atau permainan yang dapat memuat gambar untuk disk CSO, ISO, dan CHD.

4. ePSXe for Android

ePSXe for android merupakan pilihan emulator PS2 terbaik di android yang berbayar. Meningkatkan kompatibilitas tinggi sehingga mendukung berbagai macam game, kalian hanya perlu membayarnya Rp. 49.404 saja. Salah satu keunggulan emulator ini adalah fitur save, load, dan split screen yang bisa mendukung ketika bermain game. Game ini berukuran hanya 8.2 MB sehingga sangat ringan digunakan.

5. PTWOE-PS2 Emulator

PTWOE-PS2 Emulator merupakan emulator dari TeamEMU yang telah didownload hingga 100 ribu lebih pengguna. Walaupun fitur-fitur yang ditawarkannya spesial, namun PTWOE dapat dijadikan sebagai pilihan emulator PS2 yang mumpuni. Menawarkan kualitas grafik yang cukup mumpuni, dan bisa langsung didownload di aplikasi Playstore dengan mudah.

6. Matsu PSX Emulator

Matsu PSX Emulator selain dapat digunakan untuk PS2, juga dapat digunakan untuk memainkan Gameboy, Nintendo, maupun konsol lain. Sudah diunduh hingga 1 juta kali lebih, bahkan emulator hasil besutan dari Studio MXE merupakan pilihan favorit para gamers.

Jadi, cara main game PS2 di android di atas dapat kalian coba dengan memilih salah satu emulator terbaik game PS2 di android selain Damon PS2.

 

Related posts