Cara Cek Masa Aktif Kuota XL

  • Whatsapp

Apakah anda pengguna kartu XL? Apa anda masih bingung cara cek masa aktif kuota XL Anda? Apa saja cara pengecekannya?

Internet di masa ini merupakan sebuah kebutuhan yang sangat penting, baik dalam pekerjaan, hiburan, komunikasi, dan mencari informasi.

Read More

Rasanya sangat sulit jika menjalankan hidup tanpa koneksi internet. Di zaman yang serba digital ini, semuanya sangat bergantung pada internet.

Salah satu penyedia layanan Internet terbesar di Indonesia adalah XL Axiata, dengan jumlah pengguna sebesar 56,7 Juta di Indonesia pada tahun 2019 peringkat ketiga dibawah Telkomsel dan Indosat.

XL Axiata saat ini memperluas jaringan dengan biaya yang lebih efisien dengan uji coba memanfaatkan teknologi Open RAN (Radio Access Network). Perluasan jaringan tersebut sedang dilakukan di Indonesia Timur, tepatnya area-area yang masuk kategori pelosok dan terpencil.

Meski lebih efisien dari sisi biaya pembangunan, berbicara kualitas yang diberikan XL memastikan bahwa itu masih tetap terjaga.

Teknologi Open RAN adalah teknologi perangkat radio akses yang mengadopsi konsep open interface, di mana operator dapat menggunakan kombinasi perangkat radio, seperti radio unit dan baseband, tanpa terikat pada salah satu merk/brand yang spesifik.

Dengan mengadopsi konsep Open RAN ini, diharapkan dapat mendorong tumbuhnya pemain baru pada perangkat radio akses yang saat ini hanya didominasi oleh beberapa partner penyedia teknologi saja.

Pasalnya, dengan adanya jaringan internet pada smartphone yang digunakan, mereka akan dapat mencari informasi atau sekedar menggunakan sebuah aplikasi yang umumya sekarang harus menggunakan koneksi internet.

Pengecekan masa aktif kuota meski dilakukan secara rutin agar kamu bisa menerka-nerka konsumsi datanya.

Untuk kamu pengguna kartu XL Axiata, kali ini kami akan membahas secara khusus mengenai cara cek masa aktif kuota XL. Barangkali Anda merupakan pengguna provider XL Axiata yang belum tau caranya.

Terkait:  Cara Cek Masa Aktif Kuota IM3

XL Axiata memang dikenal dengan paket-paket kuota internet berlimpah. Tapi apa jadinya jika Anda tiba-tiba tidak bisa mengakses internet karena ternyata kuota internetnya sudah hangus dikarenakan lewat batas masa aktif.

Padahal Anda selalu menghemat konsumsi data dengan harapan tidak cepat habis, namun akibat tidak tau batas masa aktifnya akhirnya kuota Anda hangus sia-sia.

Untuk mencegah hal ini terjadi, hal yang meski Anda lakukan adalah mengecek masa aktif dari paket yang Anda miliki.

Nah, berikut akan kami jelaskan bagaimana cara cek masa aktif kuota XL Axiata terbaru, baik melalui SMS, Dial Phone, Website, ataupun aplikasi. Yuk disimak penjelasannya!

Cara Cek Masa Aktif Kuota XL Axiata

Cara Cek Masa Aktif Kuota XL
Cek Masa Aktif Kuota XL

Cek Masa Aktif Kuota XL via SMS

Untuk cara yang pertama, dan juga menurut kami merupakan cara paling mudah untuk mengecek masa aktif kuota Indosat adalah dengan cara melalui layanan SMS. Yang dimana untuk cek masa aktif kuota XL ini, anda hanya perlu mengirim format pesar ke nomor operator XL Axiata, adapun langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Silahkan buka menu pesan atau message pada smartphone anda, buat pesan baru, ketik KUOTA lalu kirim ke nomor 868.
  • Setelah Anda telah mengirimkan pesan tersebut, silahkan tunggu beberapa saat untuk mendapatkan SMS balasan dari operator XL. Proses ini tidak memakan waktu lama, bahkan hanya dalam hitungan detik
  • Setelah anda mendapatkan notifikasi balasan SMS tersebut, anda akan dapat melihat beberapa informasi lengkap dan detail mengenai masa aktif kuota internet yang Anda miliki dari hari, tanggal, bulan bahkan hingga jam terakhir masa pengguannya.
Terkait:  Cara Cek Masa Aktif Kartu Telkomsel

Note: Untuk beberapa perangkat atau nomor, pengecekan kuota dan masa aktifnya melalui SMS mungkin sudah tidak berfungsi lagi, sehingga disarankan menggunakan cara lainnya.

Cek Masa Aktif Kuota XL via Dial Phone

Selain melalui SMS, kamu juga bisa mengecek kuota dan masa aktifnya melalui Dial Phone ke Operator XL. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Dial pada smartphone Anda, dan kemudian masukkan kode cek kuota XL yaitu *123# kemudian tekan tombol Call.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul Pilihan Menu
  • Setelah menu ditampilkan, pilih opsi nomor 7. INFO di kolom.
  • Pada halaman INFO, terdapat beberapa opsi lagi. Pilihlah opsi Nomor 1. Info Kartu XL-ku.
  • Setelah itu, kamu bisa memilih opsi Nomor 1. Cek Kuota, untuk melakukan cara cek kuota XL cepat dan praktis.
  • Selanjutnya, Anda akan diberi pilihan untuk cek kuota dan masa aktif XL. Ketik nomor paket yang kamu gunakan pada kolom yang tersedia, lalu kirim.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi mengenai informasi lengkap dan detail mengenai masa aktif kuota internet yang Anda miliki dari hari, tanggal, bulan bahkan hingga jam terakhir masa pengguannya.
  • Klik Ok untuk keluar

Note: Pastikan kamu melakukan panggilan ke Operator menggunakan SIM XL (jika dual SIM), dan jaringan sinyal tidak sedang bermasalah.

Cara Cek Masa Aktif Kuota XL via Website Resmi XL Axiata

Cara lainnya untuk mengecek sisa kuota dan masa aktif kuota tersebut adalah melalui situs resmi Smartfren. Anda juga akan mendapatkan informasi yang lebih akurat mengenai penggunaan data, dan lain lain.

Untuk langkah-langkahnya, bisa disimak penjabarannya:

  • Buka browser yang tersedia (seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari, Opera, dan lainnya) pada perangkat Anda baik itu PC/Laptop maupun Smartphone.
  • Langkah selanjutnya, ketik “ https:// my.xl.co.id “ pada kolom pencarian, lalu klik tombol cari. Tunggu hingga anda masuk ke websitenya.
  • Pada saat memulai buka websitenya, disarankan untuk pilih opsi Saya berbahasa Indonesia agar memudahkan pengoperasian.
  • Lalu Anda juga bisa juga melewati pengantar dari situs MyXL, dengan cara ketuk opsi Lanjutkan yang berada di bagian bawah layar.
  • Pada halaman masuk, Anda harus login dulu dengan menggunakan nomor telepon XL yang masih aktif. Pilih opsi Masuk dengan menggunakan Nomor XL untuk melanjutkan.
  • Masukkan nomor XL kamu dan ketuk Lanjutkan untuk melangkah ke proses berikutnya.
  • XL akan mengirimkan notifikasi kode verifikasi melalui SMS dan kamu tinggal masukkan kode rahasia tersebut pada kolom yang disediakan.
  • Setelah memasukan enam digit kode, klik Lanjutkan.
  • Terakhir, kamu akan dibawa ke tampilan utama website MyXL yang sudah menggunakan akun dengan nomor telepon kamu.
  • Untuk mengecek sisa kuota XL dan masa aktif, kamu tinggal ketuk pada menu Sisa Kuota dan nanti akan tampil informasi detailnya.
Terkait:  Cara Cek Layar Samsung

Cek Masa Aktif Kuota XL via Aplikasi MyXL

Untuk mempermudah Anda dalam mengecek kuota XL, masa aktif, dan bahkan membeli paket, Anda bisa juga mencoba menggunakan aplikasi bernama MyXL.

Aplikasi ini tersedia untuk pengguna smartphone berbasis Android maupun iOS. Tinggal download melalui Google Playstore (Android) atau AppStore (iOS).

Jika sudah terinstall pada perangkat smartphone Anda, langkah-langkah yang meski dilakukan untuk mengecek Kuota beserta masa aktifnya hampir sama seperti melalui website resmi XL yang sudah kami jelaskan diatas.

Kesimpulan

Berikut penjelasan kami mengenai cara cek masa aktif Kuota XL baik melalui Dial Phone, SMS, website, maupun aplikasi MyXL. Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Related posts