Cara Cek UMKM

Cara Cek UMKM
Cara Cek UMKM

Program BPUM atau Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro Tahun 2022 akan disalurkan kembali oleh pemerintah. Dibuka sejak bulan April 2022 tetapi masih butuh konfirmasi lebih lanjut terkait waktu yang tepat dalam pencairan dananya. Namun, masyarakat sudah dapat lakukan cara cek UMKM melalui situs resmi Bank BRI BPUM. Pastikan namamu terdaftar!

Sebelum memasuki hari Raya Lebaran Idul Fitri, pengecekan untuk penerimaan BPUM dapat dilakukan secara online. Caranya, dengan akses ke laman eform.bri.co.id. Adapun sasarannya sendiri mencapai 12 juta penerima bagi mereka yang termasuk kriteria mendapatkan BLT. Ini, menjadi langkah besar untuk membantu perbaiki perekonomian di Indonesia. UMKM maju.

Besar anggaran APBN yang telah ditentukan oleh pemerintah, kurang lebih sekitar Rp 455,62 triliun. Uang tersebut, akan disalurkan ke dalam 3 gelombang tidak sekaligus. Dimana, dana di gelombang pertamanya untuk menangani permasalahan kesehatan di tanah air. Lalu, yang kedua digunakan dalam lingkup perlindungan terhadap masyarakat. Serta, perbaikan finansial.

Cara Cek UMKM

Cara Cek UMKM
Cara Cek UMKM

Cara Cek UMKM BRI

Alokasi yang diberikan untuk gelombang pertama, sudah terasa sejak kehadiran vaksin gratis di berbagai daerah. Metode penanganan agar penyakit Covid-19 di Indonesia dapat mereda, memang sudah cukup membuahkan hasil yang positif. Terlihat, dari banyakanya aktivitas di luar ruangan oleh masyarakat. Selain itu, cakupan lainnya yakni perawatan hingga perpajakan.

Lanjut lagi di gelombang kedua, dimana ditujukan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat. Jumlah nominal dananya, mencapai Rp 154,76 triliun. Penyalurannya, dilakukan melalui program BLT Desa, JKP atau Jaminan Kehilangan Pekerjaan, antisipasi perluasan perlinsos, serta bansos (PKH, sembako). Tahun lalu 2021, perpanjangan cair sampai 5 bulan.

Cara cek UMKM BRI periode terbaru Tahun 2022. Bantu pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah semakin maju. Sebelum kalian fokus mengetahui proses pencairan dananya. Hal yang lebih penting lainnya adalah melakukan konfirmasi nama dari penerima BLT UMKM. Proses selengkapnya, simak di bawah ini:

  1. Masuk ke laman browser, kemudian ketik di kolom pencarian eform.bri.co.id
  2. Klik opsi menu “Cek Data BPUM”
  3. Lengkapi NIK sesuai dengan KTP kalian
  4. Tunggu beberapa saat, sampai sistem memberikan kode verifikasi. Isi di kolom sebelahnya untuk lakukan verifikasi
  5. Lanjutkan dengan pilih tombol “Proses Inquiry”
  6. Beralih ke halaman berikutnya, layar akan menunjukan pemberitahuan pemilik NIK tersebut apakah dirinya adalah salah satu penerima bantuan atau tidak.
  7. Proses pengecekan telah selesai.

Besar nominal yang nantinya akan diterima oleh masing-masing penerima BPUM 2022, yaitu sekitar Rp 600.000 per individu. Berlaku untuk 12 juta orang lebih penerima. Di gelombang ketiga, dananya mencapai Rp 178,32 triliun. Alokasi dari pembagian, terfokus dalam lingkup pemulihan finansial. Selain itu, bidang ICT, dukungan bagi UMKM, serta ketahanan pangan.

Syarat-Syarat Penerima BPUM 2022

Berdasarkan rujukan dari persyaratan yang telah dilakukan pada BLT UMKM 2021, berikut adalah beberapa persyaratan yang harus diperhatikan untuk mendapatkan bantuan dana tersebut. diantaranya:

  1. Merupakan seorang WNI atau Warga Negara Indonesia
  2. E-KTP asli
  3. Bukan bagian dari pegawai BUMN ataupun BUMD. Termasuk juga, Aparatur Sipil Negara hingga anggota pertahanan negara seperti TNI atau Polri
  4. Menjalankan usaha atau bisnis dalam skala mikro yang bisa dibuktikan keasliannya melalui surat rekomendasi sebagai calon penerima dana BPUM dari pihak pengusulnya adalah BPUM sambil disertakan dengan lampiran
  5. Bebas dari cicilan kredit atau pinjaman dalam bentuk KUR (Kredit Usaha Rakyat).

Cara Cek UMKM BNI

Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yang menjadi penanggung jawab atas penyaluran di berbagai daerah bagi mereka yang terdaftar sebagai calon penerima BPUM 2022. Kalian bisa mendapatkan nomor antrean secara online. Kemudian, nasabah dapat memilih sendiri UKO atau Unit Kerja Operasional yang bertugas sebagai penyalur. Pastikan ada kode verifikasi.

Kode verifikasi yang diterima oleh calon penerima BLT UMKM 2022, dapat dimanfaatkan untuk memunculkan nomor referensi. Dimana, nomor tersebut yang akan kalian simpan dan digunakan sebagai tanda bukti antrean online agar kamu bisa cairkan dananya di bank yang telah dipilih. Silahkan kunjungi kantor cabang bank terdekat sesuai dengan jadwal pilihanmu.

Cara cek UMKM BNI, masih sulit untuk diakses buat kalian yang sudah mengetahui bahwa pembukaan bantuan dana BPUM 2022 telah dibuka sejak bulan April. Sayangnya, tidak seperti tahun lalu. BNI belum memberikan kepastian. Sehingga link masih belum tersedia dan masyarakat hanya bisa aksesnya melalui Bank BRI saja sementara waktu. Coba cek bertahap.

  1. Masuk ke link berikut melalui browser perangkat kalian https://banpresbpum.id
  2. Lengkapi data dengan isi NIK atau Nomor Induk Kependudukan kalian dengan benar
  3. Pilih ikon “Cari”
  4. Halaman berikutnya, akan menampilkan pemberitahuan terkait terdaftar atau tidaknya kalian di program BPUM 2022
  5. Proses pengecekan berhasil.

Alur  Pencairan Dana BPUM 2022

Setelah kalian memahami cara pengecekan di dua bank yang tergabung ke dalam BUMN. Hal berikutnya yang perlu dipelajari adalah tahapan atau alur dari proses pencairan dana yang telah kamu peroleh dari pemerintah. Dikutip dari Kompas.com. Berikut penjelasan selengkapnya:

  1. Lakukan pengecekan melalui link BPUM BNI yang telah disediakan
  2. Bila terdaftar, lanjutkan ke tahap pencairan dana
  3. Silahkan kunjungi kantor cabang dari Bank BNI terdekat
  4. Sertakan berkas-berkas seperti surat usulan yang telah ditandatangi oleh petugas kelurahan sebagai tanda bukti dukungan, bawa SKU (Surat Keterangan Usaha) asli, KTP, dan buku tabungan Bank BNI (kalau ada)
  5. Lakukan penandatanganan diatas dokumen yang diserahkan oleh petugas bank
  6. Lampirkan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak atau SPTJM, dan atau kuasa penerimaan terhadap dana Banpres BNI.

Tidak jauh berbeda tahapannya ketika kalian ingin mencairkan melalui Bank BRI. Tapi, pada tahun sebelumnya, diketahui jumlah dana yang dapat dicairkan mencapai angka Rp 1,2 juta per orang. Memang, kali ini penerimanya sendiri semakin banyak dan beragam. Bahkan, para nelayan dan pelaku pedagang kaki lima juga berhak menerima dana bantuan BPUM tersebut.

Bantuan Langsung Tunai atau BLT Dana Desa di Tahun 2022, akan segera disalurkan kepada masyarakat/warga di daerah pedesaan yang termasuk kategori miskin hingga yang tingkatan ekstrim kemiskinannya. Pencairannya, dilaksanaan bersamaan dengan penyaluran bansos,dan kategori terkait yang masuk ke dalam gelombang kedua. Tapi, sebelum itu kalian harus daftar.

  • Pendaftaran dilakukan secara offline atau tatap muka
  • Datangi kantor kelurahan desa setempat
  • Lakukan registrasi ke para relawan penanganan Covid-19 yang telah ditunjuk oleh ketua RT maupun RW
  • Lengkapi dokumen yang diserahkan oleh pihak petugas
  • Tunggu sampai petugas selesai lakukan konfirmasi data

Langkah berikutnya, kalian bisa cek daftar penerima bantuan dana BPUM Desa 2022 melalui daring atau online. Tutorial selengkapnya dapat kamu lihat diatas.

Sekian pembahasan mengenai cara cek UMKM di kesempatan kali ini. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat. Selamat beraktivitas, dan sehat selalu. See you on the next topics, enjoy your days, and bye bye!

 

Related posts