Cara Live di Tiktok

Cara Live di Tiktok

Sebagian orang mungkin penasaran bagaimana caraĀ liveĀ di Tiktok, sebab memang aplikasi Tiktok tidak menyediakan tombol ‘live’ pada akun pengguna. Sedangkan konten kreator di Tiktok harus rutin melakukanĀ live streaming di aplikasi video singkat ini.

Tiktok kini menyuguhkan lebih banyak fitur untuk menghibur sekaligus memudahkan para penggunanya mempromosikan usaha mereka. Ada banyak tema yang diambil untuk ditampilkan ke dalamĀ live streaming Tiktok.

Read More

Bahkan Tiktok memungkinkan untukĀ upload video dengan musik-musik yang enak didengar, bahkan sampai viral. Ada banyak pula pilihan filter yang bisa digunakan oleh para pengguna Tiktok.

Tiktok menawarkan fitur siaran langsung atauĀ live streaming yang dapat membuat para konten kreator bisa berinteraksi bersama penontonnya. Hanya saja, masih banyak pengguna yang kesulitan untuk memulaiĀ live streaming di Tiktok. Tapi jangan khawatir, karena kamu bisa mencoba caraĀ live di Tiktok dengan mudah.

Fitur Live di Aplikasi Tiktok

Perlu diketahui, fiturĀ live pada aplikasi Tiktok sebenarnya tidak tersedia di halaman utama saat kamu memasuki aplikasi. Jadi, untuk menemukan posisiĀ live di Tiktok, harus mengklik ikon tambah (+) di bawah layar.

Terkait:  Cara Jadi Content Creator

Setelah itu, kamu akan ditampilkan berbagai pilihan opsi. Silahkan cek di bagian bawah, kamu akan menemukan tulisan berupa 15 detik, 60 detik,Ā live dan MV. Ketuk pilihanĀ live jika ingin memulaiĀ live streaming. Namun sebelum memulainya, tuliskan deskripsi atau judul di kolom yang telah tersedia.

Apabila tidak menemukan tombolĀ live, mungkin kamu belum mengpdate aplikasi Tiktok ke dalam versi terbaru. Silahkan lakukan update aplikasi terlebih dahulu, kamu bisa update aplikasi Tiktok via Google Play bagi pengguna android dan via App Store iOS.

Cara Live di Tiktok

Cara Live di Tiktok
Tutorial Live di Tiktok

Tutorial Live di Aplikasi Tiktok

Untuk memulaiĀ live di Tiktok, silahkan ikuti langkah-langkah cara live di Tiktok berikut ini :

1. Masuk ke Aplikasi Tiktok

Langsung buka dan masuk ke aplikasi Tiktok terlebih dahulu yang sudah diunduh di hpmu. Ketuk tulisan ‘create’ yang biasanya ditandai oleh ikonĀ  ‘+’ tepat di bagian bawah.

2. Cari Fitur ‘Live’ Pada Aplikasi Tiktok

Kamu bisa menggeser layar sampai menemukan opsi ‘live’. Namun sebelumnya, pilih gambar lalu tulis ‘live’ Tiktok yang tengah berlangsung.

3. Tekan ‘Go Live’

Setelah siap memulaiĀ live, tekan ‘Go Live’. KetikaĀ live streaming berjalan, tinggal ketuk ikon tiktok. Kamu juga bisa mengubah pengaturan, contohnya seperti menambah efek, membalik kamera, filter komentar, hingga menambah moderator.

Sekarang kamu sudah bisa melakukan live dengan cara live di Tiktok mudah di atas, silahkan buat konten yang menarik dan informatif. Jangan lupa saatĀ live berlangsung, kamu juga harus menjalin engagement bersama audiens di Tiktok.

Apa Saja Keuntungan Live di Tiktok?

Banyak pengguna yang merasa antusias ingin melakukan live di aplikasi Tiktok. Tentu saja hal ini bukan tanpa alasan, karena pengguna Tiktok akan mendapatkan banyak keuntungan dariĀ live tersebut :

1. Passive Income

Jika melakukanĀ live di Tiktok, maka kamu berkesempatan untuk menerima gift atau hadiah virtual dari audiens, hadiah tersebut berbentuk koin. Untuk kemudian, koin ini dapat dikumpulkan dengan jumlah yang banyak,lalu ditukarkan ke dalam uang. Untuk 1 koin gift biasanya mempunyai nilai Rp. 0,1.

Terkait:  3+ Cara Agar Video TikTok Jernih di Android & iOS

Jadi, kamu bisa berpeluang untuk mendapatkan ratusan ribu jika berhasil mengumpulkan sebanyak 1 juta koin. Dengan semakin banyak jumlah koin yang dikumpulkan, tentu saja penghasilan yang diperoleh akan semakin banyak.

2. Dapat Meningkatkan Engagement Dengan Audiens

Ketika melakukanĀ liveĀ di Tiktok, ,maka kamu juga berpeluang meningkatkan engagement bersama audiens. SaatĀ live streaming dimulai, biasanya akan muncul pemberitahuan pada akunĀ followers dan jika konten videomu menarik, mereka tentu langsung penasaran menyaksikan tayangan live kamu.

Selain itu, dalamĀ liveĀ Tiktok biasanyaĀ host diberikan kebebasan untuk melakukan kegiatan apa saja asal bukan kegiatan yang melanggar kebjakan dan ketentuan Tiktok. Jika ingin meningkatkanĀ engagement bersama audiens atauĀ followers ketikaĀ live, silahkan buka sesi untuk tanya jawab. Lakukan hal-hal yang interaktif agar terbentuk engagement yang kuat bersama followers.

3. Dapat Meningkatkan Penjualan

Tiktok saat ini telah platform yang banyak dimanfaatkan berbagai kalangan. Oleh sebab itu, sayang jika kamu tidak menggunakan salah satu aplikasi penghasil uang ini. Salah satu keuntungan yang bisa didapat ketika memanfaatkan fitur liveĀ Tiktok adalah dapat meningkatkan penjualan. Karena pengguna atau audiens di Tiktok sangat banyak.

Silahkan promosikan barang jualanmu dengan membuat sekaligus mengunggah video dan lakukanĀ live streaming di Tiktok. Buat calon konsumenmu tertarik dengan pemberian diskon atau promo menarik untuk penonton live, sudah pasti bisa menarik perhatian pembeli untuk memesan produkmu.

4. Meningkatkan Jumlah Followers

Apabila kamu melakukanĀ live streaming di Tiktok, tentu saja kemungkinan besar orang yang tadinya bukan pengikutmu jadi ikut menyaksikanĀ live yang kamu akukan di Tiktok. Lalu, jika live streaming yang dilakukan menarik bagi mereka, bukan tidak mungkin ada banyak orang tertarik menjadi pengikutmu.

Terkait:  Cara Masuk FYP Tiktok

5. Membuat Akun Tiktok Lebih Aktif

Jika kamu melakukanĀ live tentu saja ada banyak pengikut yang merasakan jika akunmu lebih aktif. Imbasnya, sebagian pengikutmu tidak menyesal sudah mengikuti akun Tiktok milikmu.

6. Dapat Menghibur Diri

Membuat konten live di Tiktok juga bisa menjadi ajang untuk menghibur diri. Daripada kamu bosan di rumah tanpa kerjaan atau justru sebaliknya kamu merasa terlalu penat dengan rutinitias harian. Tidak ada salahnya membuat konten Tiktok untuk sekedar menghibur diri di waktu-waktu senggang.

Persyaratan Untuk Live di Tiktok

Namun sebelum mencoba cara live di Tiktok yang sudah dijelaskan di atas, pastikan kamu sudah memenuhi beberapa syarat wajib dari Tiktok berikut :

1. Aplikasi Tiktok Terbaru

Persyaratan untuk melakukanĀ live di Tiktok yang pertama yaitu harus memakai versi aplikasi Tiktok terbaru. Ini wajib hukumnya, karena fitur live biasanya hanya ada di aplikasi Tiktok versi terbaru. Apabila aplikasi Tiktokmu masih versi yang lama, sebaiknya kamu memperbaruinya terlebih dahulu.

2. Minimal Followers 1000

Persyaratan selanjutnya, pastikan akun Tiktok sudah mempunyai banyakĀ followers. Jika ingin melakukanĀ streaming, sebaiknyaĀ followers kamu minimal sudah memiliki 1000.

3. Cukup Umur

Persyaratan yang tidak kalah penting yaitu cukup umur. Untuk melakukanĀ live di Tiktok, kamu harus sudah berusia minimal 18 tahun. Walaupun diperbolehkan untuk usia 16 tahun, tapi fiturĀ gift biasanya tidak bisa muncul. Sedangkan untuk yang berusia minimal 18 tahun, bisa melakukan pengiriman dan penerimaanĀ gift.

Ketentuan Untuk live di Tiktok

Walaupun persyaratannya cukup mudah, tapi penting sekali memahami ketentuan dalam melakukanĀ live di Tiktok. Pastikan konten yang dibuat, bukan termasuk konten berikut ini :

  • Konten berupa ujaran kebencian terhadap komunitas tertentu.
  • Aksi pembunuhan.
  • Konten berupa teror.
  • Tindakan yang bersifat brutal atau ekstrim terhadap hewan atau manusia.
  • Perilaku kotor bagi pengguna yang ada di bawah umur.
  • Pemerasan/penculikan.
  • Kejahatan, penipuan, pencucian uang atau lainnya.
  • Perdagangan organ atau manusia.
  • Tindakan bunuh diri atau menyakiti diri sendiri.

Ketentuan dan syarat diatas harus benar-benar dipenuhi, agar kamu bisa melakukanĀ live di Tiktok lebih leluasa sesuai aturan dengan caraĀ live di Tiktok yang sudah dibahas di atas. SelainĀ live sendiri, kamu juga bisa mencoba caraĀ liveĀ bareng di Tiktok.

Related posts