Cara Live di Tiktok

Cara Live di Tiktok

Sebagian orang mungkin penasaran bagaimana cara live di Tiktok, sebab memang aplikasi Tiktok tidak menyediakan tombol ‘live’ pada akun pengguna. Sedangkan konten kreator di Tiktok harus rutin melakukan live streaming di aplikasi video singkat ini.

Tiktok kini menyuguhkan lebih banyak fitur untuk menghibur sekaligus memudahkan para penggunanya mempromosikan usaha mereka. Ada banyak tema yang diambil untuk ditampilkan ke dalam live streaming Tiktok.

Read More

Bahkan Tiktok memungkinkan untuk upload video dengan musik-musik yang enak didengar, bahkan sampai viral. Ada banyak pula pilihan filter yang bisa digunakan oleh para pengguna Tiktok.

Tiktok menawarkan fitur siaran langsung atau live streaming yang dapat membuat para konten kreator bisa berinteraksi bersama penontonnya. Hanya saja, masih banyak pengguna yang kesulitan untuk memulai live streaming di Tiktok. Tapi jangan khawatir, karena kamu bisa mencoba cara live di Tiktok dengan mudah.

Fitur Live di Aplikasi Tiktok

Perlu diketahui, fitur live pada aplikasi Tiktok sebenarnya tidak tersedia di halaman utama saat kamu memasuki aplikasi. Jadi, untuk menemukan posisi live di Tiktok, harus mengklik ikon tambah (+) di bawah layar.

Setelah itu, kamu akan ditampilkan berbagai pilihan opsi. Silahkan cek di bagian bawah, kamu akan menemukan tulisan berupa 15 detik, 60 detik, live dan MV. Ketuk pilihan live jika ingin memulai live streaming. Namun sebelum memulainya, tuliskan deskripsi atau judul di kolom yang telah tersedia.

Apabila tidak menemukan tombol live, mungkin kamu belum mengpdate aplikasi Tiktok ke dalam versi terbaru. Silahkan lakukan update aplikasi terlebih dahulu, kamu bisa update aplikasi Tiktok via Google Play bagi pengguna android dan via App Store iOS.

Cara Live di Tiktok

Cara Live di Tiktok
Tutorial Live di Tiktok

Tutorial Live di Aplikasi Tiktok

Untuk memulai live di Tiktok, silahkan ikuti langkah-langkah cara live di Tiktok berikut ini :

1. Masuk ke Aplikasi Tiktok

Langsung buka dan masuk ke aplikasi Tiktok terlebih dahulu yang sudah diunduh di hpmu. Ketuk tulisan ‘create’ yang biasanya ditandai oleh ikon  ‘+’ tepat di bagian bawah.

2. Cari Fitur ‘Live’ Pada Aplikasi Tiktok

Kamu bisa menggeser layar sampai menemukan opsi ‘live’. Namun sebelumnya, pilih gambar lalu tulis ‘live’ Tiktok yang tengah berlangsung.

3. Tekan ‘Go Live’

Setelah siap memulai live, tekan ‘Go Live’. Ketika live streaming berjalan, tinggal ketuk ikon tiktok. Kamu juga bisa mengubah pengaturan, contohnya seperti menambah efek, membalik kamera, filter komentar, hingga menambah moderator.

Sekarang kamu sudah bisa melakukan live dengan cara live di Tiktok mudah di atas, silahkan buat konten yang menarik dan informatif. Jangan lupa saat live berlangsung, kamu juga harus menjalin engagement bersama audiens di Tiktok.

Apa Saja Keuntungan Live di Tiktok?

Banyak pengguna yang merasa antusias ingin melakukan live di aplikasi Tiktok. Tentu saja hal ini bukan tanpa alasan, karena pengguna Tiktok akan mendapatkan banyak keuntungan dari live tersebut :

1. Passive Income

Jika melakukan live di Tiktok, maka kamu berkesempatan untuk menerima gift atau hadiah virtual dari audiens, hadiah tersebut berbentuk koin. Untuk kemudian, koin ini dapat dikumpulkan dengan jumlah yang banyak,lalu ditukarkan ke dalam uang. Untuk 1 koin gift biasanya mempunyai nilai Rp. 0,1.

Jadi, kamu bisa berpeluang untuk mendapatkan ratusan ribu jika berhasil mengumpulkan sebanyak 1 juta koin. Dengan semakin banyak jumlah koin yang dikumpulkan, tentu saja penghasilan yang diperoleh akan semakin banyak.

2. Dapat Meningkatkan Engagement Dengan Audiens

Ketika melakukan live di Tiktok, ,maka kamu juga berpeluang meningkatkan engagement bersama audiens. Saat live streaming dimulai, biasanya akan muncul pemberitahuan pada akun followers dan jika konten videomu menarik, mereka tentu langsung penasaran menyaksikan tayangan live kamu.

Selain itu, dalam live Tiktok biasanya host diberikan kebebasan untuk melakukan kegiatan apa saja asal bukan kegiatan yang melanggar kebjakan dan ketentuan Tiktok. Jika ingin meningkatkan engagement bersama audiens atau followers ketika live, silahkan buka sesi untuk tanya jawab. Lakukan hal-hal yang interaktif agar terbentuk engagement yang kuat bersama followers.

3. Dapat Meningkatkan Penjualan

Tiktok saat ini telah platform yang banyak dimanfaatkan berbagai kalangan. Oleh sebab itu, sayang jika kamu tidak menggunakan salah satu aplikasi penghasil uang ini. Salah satu keuntungan yang bisa didapat ketika memanfaatkan fitur live Tiktok adalah dapat meningkatkan penjualan. Karena pengguna atau audiens di Tiktok sangat banyak.

Silahkan promosikan barang jualanmu dengan membuat sekaligus mengunggah video dan lakukan live streaming di Tiktok. Buat calon konsumenmu tertarik dengan pemberian diskon atau promo menarik untuk penonton live, sudah pasti bisa menarik perhatian pembeli untuk memesan produkmu.

4. Meningkatkan Jumlah Followers

Apabila kamu melakukan live streaming di Tiktok, tentu saja kemungkinan besar orang yang tadinya bukan pengikutmu jadi ikut menyaksikan live yang kamu akukan di Tiktok. Lalu, jika live streaming yang dilakukan menarik bagi mereka, bukan tidak mungkin ada banyak orang tertarik menjadi pengikutmu.

5. Membuat Akun Tiktok Lebih Aktif

Jika kamu melakukan live tentu saja ada banyak pengikut yang merasakan jika akunmu lebih aktif. Imbasnya, sebagian pengikutmu tidak menyesal sudah mengikuti akun Tiktok milikmu.

6. Dapat Menghibur Diri

Membuat konten live di Tiktok juga bisa menjadi ajang untuk menghibur diri. Daripada kamu bosan di rumah tanpa kerjaan atau justru sebaliknya kamu merasa terlalu penat dengan rutinitias harian. Tidak ada salahnya membuat konten Tiktok untuk sekedar menghibur diri di waktu-waktu senggang.

Persyaratan Untuk Live di Tiktok

Namun sebelum mencoba cara live di Tiktok yang sudah dijelaskan di atas, pastikan kamu sudah memenuhi beberapa syarat wajib dari Tiktok berikut :

1. Aplikasi Tiktok Terbaru

Persyaratan untuk melakukan live di Tiktok yang pertama yaitu harus memakai versi aplikasi Tiktok terbaru. Ini wajib hukumnya, karena fitur live biasanya hanya ada di aplikasi Tiktok versi terbaru. Apabila aplikasi Tiktokmu masih versi yang lama, sebaiknya kamu memperbaruinya terlebih dahulu.

2. Minimal Followers 1000

Persyaratan selanjutnya, pastikan akun Tiktok sudah mempunyai banyak followers. Jika ingin melakukan streaming, sebaiknya followers kamu minimal sudah memiliki 1000.

3. Cukup Umur

Persyaratan yang tidak kalah penting yaitu cukup umur. Untuk melakukan live di Tiktok, kamu harus sudah berusia minimal 18 tahun. Walaupun diperbolehkan untuk usia 16 tahun, tapi fitur gift biasanya tidak bisa muncul. Sedangkan untuk yang berusia minimal 18 tahun, bisa melakukan pengiriman dan penerimaan gift.

Ketentuan Untuk live di Tiktok

Walaupun persyaratannya cukup mudah, tapi penting sekali memahami ketentuan dalam melakukan live di Tiktok. Pastikan konten yang dibuat, bukan termasuk konten berikut ini :

  • Konten berupa ujaran kebencian terhadap komunitas tertentu.
  • Aksi pembunuhan.
  • Konten berupa teror.
  • Tindakan yang bersifat brutal atau ekstrim terhadap hewan atau manusia.
  • Perilaku kotor bagi pengguna yang ada di bawah umur.
  • Pemerasan/penculikan.
  • Kejahatan, penipuan, pencucian uang atau lainnya.
  • Perdagangan organ atau manusia.
  • Tindakan bunuh diri atau menyakiti diri sendiri.

Ketentuan dan syarat diatas harus benar-benar dipenuhi, agar kamu bisa melakukan live di Tiktok lebih leluasa sesuai aturan dengan cara live di Tiktok yang sudah dibahas di atas. Selain live sendiri, kamu juga bisa mencoba cara live bareng di Tiktok.

Related posts