Cara Live Bareng di Tiktok

Cara Live Bareng di Tiktok

Aplikasi Tiktok lebih dari sekedar media hiburan semata, karena Tiktok kini telah dijadikan sebagai ajang untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Dengan alasan ini, banyak orang yang tidak ragu mencoba peruntungan di aplikasi Tiktok. Namun tidak sedikit pengguna yang sampai saat ini belum mengetahui cara live bareng di Tiktok.

Fitur live di aplikasi Tiktok sebenarnya berbeda dari fitur live di Instagram. Kamu harus memenuhi persyaratan yang diberikan agar bisa live di aplikasi Tiktok. Menariknya lagi, fitur live Tiktok ini dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan passive income. Biasanya penghasilan tersebut didapatkan dari hadiah atau gift yang telah diberikan followers atau dari endorsement. 

Read More

Bagaimana Ketentuan Live di Tiktok?

Ingin tahu bagaimana cara live bareng di Tiktok?  Tapi sebelumnya, simak ketentuan live di Tiktok ini terlebih dahulu.

  • Pastikan sudah update aplikasi Tiktok di perangkat terlebih dahulu.
  • Wajib memiliki followers dengan jumlah followers minimal 1000.
  • Umur 16 tahun keatas.
  • Untuk menerima dan mengirim gift ketika live, kamu minimal harus berusia 18 tahun.

Jika sudah mengetahui ketentuan dan syarat live di aplikasi Tiktok, kamu kini sudah bisa memanfaatkan fitur live di aplikasi Tiktok.

Cara Live Bareng di Tiktok

Cara Live Bareng di Tiktok
Live Bareng di Tiktok

Live Pertama Kali di Tiktok

Untuk yang baru pertama kali live, mungkin kamu harus mencoba live sendiri terlebih dahulu di Tiktok, dengan tutorial berikut :

  • Unduh dan install Tiktok Apps melalui App Store atau Play Store di hp kamu.
  • Silahkan buat akun untuk login, jika sudah memiliki akun hanya perlu login saja.
  • Ketuk ikon plus (+) di bagian bawah tepat di tengah-tengah layar untuk memulai live.
  • Jika aplikasi Tiktok sudah di update, biasanya ada opsi ‘live’. Silahkan tekan opsi tersebut.
  • Apabila siaran langsung Tiktok tidak dimulai otomatis, kamu dapat mencobanya dengan menggeser menu tepat di bagian bawah tombol recording atau perekam.
  • Selanjutnya,Tiktok akan meminta pembuatan judul dan caption, buat caption atau judul yang menarik juga informatif untuk memikat lebih banyak penonton. Apalagi biasanya ada beberapa penonton yang tidak bergabung sejak awal ditayangkannya live streaming.
  • Jika semuanya dirasa sudah siap, kamu hanya perlu tekan ‘Go Live’ untuk memulai live streaming.
  • Setelah itu, selam berlangsungnya live streaming, kamu dapat menggunakan serta berbagi filter untuk membuat siaran langsungmu lebih menarik.

Nah, jika kamu ingin live bareng bersama pengguna Tiktok lainnya, bisa mencoba cara live bareng di Tiktok berikut.

Tutorial Live Bareng di Tiktok

Bagi kamu yang ingin mencoba live bareng di Tiktok bersama pengguna lain atau temanmu misalnya, ada beberapa langkah cara live bareng di Tiktok yang bisa dicoba:

  • Silahkan buka dan login ke akun Tiktok kamu.
  • Jika sudah, klik tanda plus (+) kemudian pilih ‘live’ terletak di bawah layar.
  • Silahkan lakukan pengaturan singkat, seperti thumbnail, judul, dan lainnya. Jika sudah, tekan ‘Go Live’.
  • Apabila kamu ingin live bareng, silahkan tekan ikon di sudut kiri bagian bawah layar, setelah itu kamu akan ditampilkan jendela yang terdiri dari daftar host.
  • Silahkan tekan opsi ‘undang’ agar kamu bisa mengajak orang untuk live bareng di Tiktok.
  • Setelah itu, tunggu pengguna yang diundang untuk menerimanya dan kamu bisa live bareng jika pengguna tersebut menerimanya.

Dengan langkah cara live bareng Tiktok di atas, kamu bisa menikmati siaran langsung bersama teman atau host lain. Bagaimana caranya agar live streaming di Tiktok menarik dan banyak ditonton? ada beberapa trik menarik yang harus kamu ikuti.

Tips Agar Siaran Langsung di Tiktok Lebih Menarik

Supaya siaran langsung di Tiktok lebih menarik dan banyak penontonnya, simak trik ampuh berikut ini :

1. Menyusun Topik Siaran

Sama seperti ketika membuat video umumnya, pastikan kamu sudah menyusun topik untuk membuat siaran terlebih dahulu. Tujuannya agar kamu tidak kebingungan saat melakukan siaran langsung di Tiktok.

Sebaiknya topik atau niche yang dipilih merupakan topik yang banyak dicari serta sesuai target audiens kamu. Contohnya, apabila akunmu selama ini selalu diisi dengan tutorial make up misalnya atau hal-hal yang berkaitan dengan make up, maka selama live streaming pastikan untuk membahas hal serupa.

Untuk pembahasannya, bisa berupa trik dan tutorial make up, cara memilih make up yang sesuai jenis kulit atau lainnya. Jadi, usahakan memilih topik yang banyak disukai audiensmu.

2. Melakukan Riset Lebih Dalam

Sebelum kamu memulai live streaming, silahkan lakukan riset terlebih dahulu. Tujuan riset ini yaitu agar ketika live streaming berlangsung, kamu tidak akan kehabisan materi yang ingin disampaikan.

Alangkah baiknya hasil riset yang sudah dilakukan, dicatat kemudian disusun dengan sebaik mungkin agar apa yang dibahas dilakukan secara berurutan tanpa ada yang tertinggal. Selain itu, pastikan pula untuk memakai sumber riset yang terpercaya supaya tidak menyebarkan hoax atau berita bohong.

3. Mempersiapkan Peralatan Untuk Live di Tiktok

Sebelum kamu memulai cara live bareng di Tiktok, sebaiknya sudah mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Tujuannya agar selama live streaming berlangsung, kamu tidak kebingungan lagi harus mencari alat dan bahan yang akan dipakai.

Ada beberapa daftar peralatan yang perlu dipersiapkan, apalagi jika melakukan live streaming di dalam ruangan :

  • Perangkat kamera mumpuni, silahkan cek terlebih dahulu kualitas rekaman kamera smartphone kamu.
  • Memori hp, kamu juga harus mempersiapkan memori hp yang mencukupi saat siaran langsung agar tidak terputus.
  • Baterai, pastikan juga baterai di perangkat elektronik yang kamu pakai sudah mencukupi untuk siaran langsung tiktok.
  • Ring Light, apabila pencahayaan di dalam ruangan tempat kamu melakukan siaran langsung kurang memadai, sebaiknya pasang alat ring light supaya cahaya dapat menyebar merata.
  • Stabilizer atau Tripod,supaya ketika siaran langsung tanganmu tidak merasa pegal dengan perangkat kamera yang lebih stabil, kamu harus memakai stabilizer atau tripod untuk menyimpan smartphone.

4. Jalin Interaksi Bersama Penonton

Sebaiknya jangan pernah mengabaikan penontonmu ketika sedang menyaksikan live streaming. Penting sekali untuk selalu berinteraksi bersama penonton dengan menyapa mereka dan mengucapkan terimakasih atas perhatian audiens karena telah menyaksikan tayangan live yang kamu buat di Tiktok.

Jika ingin lebih menarik, kamu dapat membaca komentar yang dituliskan pada kolom komentar. Tidak hanya bisa meningkatkan interaksi saja, membaca komentar juga dapat dijadikan sebagai langkah strategis ketika kamu tiba-tiba lupa dengan topik yang dibawakan.

Kamu juga dapat meminta penonton mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan ketika siaran langsung. Biasanya interaksi antara penonton dan host menjadi bentuk apresiasi agar penonton merasa dekat ketika menyaksikan live streaming kamu di Tiktok.

5. Mengadakan Giveaway

Dengan adanya giveaway tentu saja membuat banyak orang ikut menyaksikan tayangan live streaming kamu. Jika mengadakan event ini, maka banyak orang menanti-nantikan live streaming bahkan tertarik menyaksikannya sampai selesai karena mereka ingin memperoleh giveaway.

Cara live bareng di Tiktok merupakan salah satu trik untuk membangun branding sekaligus bisa berinteraksi bersama penontonmu. Selain itu juga bisa menjadi terkenal dikalangan pengguna Tiktok, apalagi jika melakukan trik-trik siaran langsung di atas.

Related posts