cara latihan vokal

Cara Latihan Vokal

Bagi yang tertarik menjadi penyanyi atau menggeluti dunia tarik suara, penting sekali untuk mengetahui cara latihan vokal yang baik. Sebenarnya, cara yang lebih praktis dalam melatih vokal suara adalah bisa berlatih suara sendiri maupun dengan cara mengundang guru vokal ke rumah.

Cara Latihan Vokal

Cara Latihan Vokal
Teknik Latihan Vokal

Agar kualitas suara lebih baik, tentu saja kamu harus selalu melakukan latihan vokal. Hal ini sama dengan ketika melakukan pertandingan olahraga, tentu saja seorang atlet harus terus berlatih diri. Bagi kamu yang berprofesi menjadi penyanyi profesional, tentu latihan pernafasan dan vokal sudah menjadi makanan sehari-hari.

Read More

Cara latihan vokal yang baik bertujuan agar kualitas suara bisa tetap terjaga, menjadi tidak fals dan lebih merdu. Berikut tahapannya :

1. Melakukan Pemanasan

Sebelum mulai bernyanyi, kamu harus melakukan pemanasan lebih dulu. Tujuannya agar ketika tampil di hadapan banyak orang, maka kamu dapat bernyanyi dengan maksimal. Manfaat pemanasan ini yaitu untuk melatih vokal suara pada nada tinggi dan rendah, baik untuk wanita maupun pria.

Selain itu, tujuan dari pemanasan ini adalah untuk meminimalisir terjadinya resiko cedera di tenggorokan.

Tahapan pemanasan sebelum mulai bernyanyi sangat penting, bahkan peranannya sama seperti pemanasan sebelum memulai olahraga. Dengan pemanasan, bisa mempersiapkan tubuh supaya lebih santai, serta bisa maksimal ketika bernyanyi dan dapat menghindari terjadinya cedera di bagian tenggorokan maupun pita suara.

2. Bernapas Menggunakan Irama

Cara latihan vokal supaya suara tidak fals ialah dengan bernapas menggunakan irama berbeda. Metode ini bisa dimulai dengan mengambil napas pendek-pendek. Kemudian bernapas cepat sampai 30 detik.

Jika sudah, kamu bisa mulai berlatih bernapas dengan tarikan yang lebih panjang dan irama lebih lambat. Kamu bisa melakukan cara ini sekitar 30 detik. Kemudian akhiri latihanmu dengan cara mengambil napas dalam-dalam secara teratur dengan tenang sampai 30 detik.

Dengan mengubah irama serta latihan napas panjang dapat meningkatkan kemampuan untuk mengatur penapasan dan latihan vokal dengan baik agar suara lebih merdu. Selain itu, kamu juga bisa merasakan aliran udara yang memasuki paru-paru. Terutama ketika melakukan tarikan napas dalam-dalam.

3. Latihan Buang Napas

Kamu juga harus berlatih untuk membuang napas. Kamu bisa melakukan cara ini dengan melakukan embusan napas panjang serta terkendali. Selain itu, biasakan diri melakukan tarikan napas dalam-dalam terlebih dahulu sebelum berbicara atau bernyanyi. Cara latihan vokal ini sangat tbaik supaya napas tidak habis saat bernyanyi.

Luruskan lengan ke bagian depan, lalu arahkan bagian jari telunjuk ke atas. Silahkan tarik napas perlahan lalu bayangkan seperti ketika ingin mematikan api lilin. Kemudian buang napas hingga 5 kali.

Keluarkan embusan napas yang panjangnya sama dengan tarikan. Latihan tersebut juga bisa membuat napas lebih bertenaga. Maka dari itu, suara yang akan dihasilkan menjadi tidak terdengar datar atau tidak membosankan. Hal ini berlaku, baik ketika sedang bernyanyi atau berbicara.

4. Metode Lip Trill

Cara latihan vokal suara lainnya yaitu melakukan teknikĀ lip trill. Teknik ini biasanya dilakukan dengan cara menggetarkan bibir. Tujuannya yaitu supaya suara yang dihasilkan tidak cempreng. Selain itu, kamu harus tahu bahwa penggunaan pita suara terlalu sering ketika bernyanyi atau berbicara lama-kelamaan bisa rusak.

Saat pita suara rusak, umumnya suara yang dihasilkan menjadi cempreng. Cara melakukan teknik lip trill ini sebenarnya tidak terlalu mudah. Kamu harus menarik napas panjang dengan merapatkan bibir, dan lakukan teknikĀ lip trill.

Adapun caranya, alirkan udara lewat celah bibir sampai bibir bergetar cepat. Setelah itu, kamu bisa mencoba lip trill sambil bernyanyi dengan semua nada naik turun berdasarkan rentang vokal. Kamu juga bisa bersenandung apabila kesulitan mencoba teknik ini.

5. Mencoba Vokalisasi

Cara latihan vokal ini dengan mengucapkan vokalisasi atau huruf hidup. Tujuannyaialah untuk mempersiapkan bagian pita suara. Kamu juga bisa melakukan cara ini dari rumah.

Untuk vokalisasi, coba dengan berdiri tegak sembari meregangkan kedua bagian telapak kaki. Tarik bahu ke arah belakang. Kemudian tarik napas yang panjang, lalu gunakan suara tebal saat bernyanyi.

Saat seperti ini, kamu dapat mengucapkan beberapa kata, berupa ‘Baaa, beee, biiiii, boooo,buuu’.

Dengan metode latihan ini, bisa membantu menghasilkan suara lebih lantang dalam keadaan rileks. Namun, pastikan pula kamu dapat merasakan bagian otot perut mengencang. Terutama ketika mengucapkan atau menyanyikan kata-kata di atas.

6. Bernyanyi Sesuai Tangga Nada

Tahapan berikutnya bernyanyi sesuai tangga nada. Tujuannya yaitu untuk dapat meningkatkan kemampuan bernyanyi dari tiap not menggunakan nada yang pas. Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan bernyanyi sesuai tangga nada naik dan turun yang diiringi piano.

Kamu bisa memulai berlatih bernyanyi dengan membunyikan tangga nada mayor kunci C sambil menyanyikan nada do re mi fa so la si do. Kemudian turun ke nada ‘do’ lalu lakukan metode ini secara berulang menggunakan nada dasar kemudian naik lebih tinggi. Dengan berlatih bernyanyi seperti ini, bisa membuat telinga kamu lebih terlatih untuk mendengar sekaligus menyesuaikan nada dasar.

7. Membuat Program latihan

Cara latihan vokal selanjutnya ialah buat program untuk latihan vokal serta penapasan praktis. Apabila memungkinkan, kamu dapat meminta bantuan pelatih vokal dalam membuatkan program secara khusus. Akan tetapi, apabila kamu tidak memiliki pelatih vokal secara khusus, bisa menyusunnya sendiri.

Kamu bisa melakukan latihan pemanasan sekitar 10-15 menit melalui gerakan yang ringan.

8. Kenali Karakteristik Suara Kamu

Dengan melakukan latihan vokal teratur, kamu dapat mengenali ciri khas vokalmu. Sebab setiap orang bisa memiliki karakter vokal berbeda. Biasanya ada karakter suara yang tidak dapat mencapai irama tertentu dalam tangga nada.

9. Menggunakan Lafal Dengan Baik

Kesalahan yang kerap dilakukan oleh penyanyi pemula yaitu biasanya mereka tidak menggunakan pelafalan lagu dengan baik serta kurang jelas. Jika ingin latihan vokal dengan baik, kamu harus bernyanyi menggunakan lafal suara jelas.

Kamu harus membuka mulut lebar-lebar dan bernyanyi melafalkan lirik secara jelas, serta tidak terdengar samar. Tujuan cara ini yaitu agar pesan lagu yang kamu nyanyikan bisa diterima oleh pendengar dengan baik.

10. Latih Keterampilan Vibrasi

Vibrasi disini yaitu tentang kualitas bunyi dari suara yang dihasilkan saat bernyanyi. Jika ingin membuat vokal terdengar bagus, vibrasi tersebut tentu saja harus dilatih agar nada suara yang dihasilkan tidak datar.

Banyak orang yang masih belum mempunyai kemampuan vibrasi tapi seringkali menggerakkan tenggorokan mereka dengan paksa. Sehingga variasi nada suaranya tidak akan bertahan lama, bahkan suaranya menjadi kurang stabil.

Jika ingin melatihnya, kamu hanya perlu melantunkan nada yang tinggi sampai merasakan aliran udara pada pita suara. Di waktu yang bersamaan, kamu bisa merasakan vibrasi secara alami yang nantinya bisa dikembangkan.

Jika kamu ingin menghasilkan suara yang baik saat bernyanyi, kamu harus konsisten mengikuti 10 cara latihan vokal dengan baik di atas. Dengan demikian, suara yang dihasilkan lebih merdu dan tidak terdengar fals.

 

Related posts