Cara Jemput Paket J&T

Cara Jemput Paket J&T

Bagi pemilik online shop, kini kamu tidak perlu lagi repot-repot mengirim paket sendiri ke jasa ekspedisi. Karena sudah ada layanan jasa pick up yang ditawarkan oleh masing-masing jasa ekspedisi, termasuk J&T Express. Kamu bisa coba cara jemput paket J&T dengan layanan pick up, dan hanya perlu menunggu di rumah atau di tokomu karena kurir akan langsung mengambil paketmu secara langsung.

J&T menawarkan layanan pick up paket, sehingga pelanggan tidak perlu lagi datang ke layanan drop point J&T terdekat saat pengiriman barang. Kamu hanya perlu menghubungi kurir agar mengambil paketmu. Menariknya lagi, kamu tidak perlu mengelarkan biaya tambahan, jadi jika ongkirnya sebesar Rp. 10 ribu, maka kamu hanya perlu membayarkan Rp. 10 ribu.

Read More

Dengan adanya layanan pick up J&T Express ini, tentu saja pemilik online shop akan merasa terbantu saat ingin mengirimkan paket berjumlah banyak. Apalagi jika dalam sehari kamu memiliki puluhan order, tentu akan merepotkan apabila kamu harus membawa paket ke drop point J&T terdekat. Meskipun kamu hanya memiliki 1 paket saja yang ingin dikirimkan, kamu tetap bisa memakai layanan pick up J&T.

Persyaratan Layanan Pick Up J&T Express

J&T Express merupakan salah satu jasa ekspedisi terkemuka di Indonesia, yang selalu berinovasi mengembangkan layanannya. Salah satunya adalah dengan menyediakan layanan pick up agar dapat memenuhi kebutuhan customer. Sehingga bagi para pedagang online, pebisnis atau masyarakat yang tertarik mengirim paket dengan cepat, bisa menggunakan jasa ekspedisi J&T Express.

Apa saja persyaratan pick up J&T Express? Persyaratan menggunakan jasa pick up dari J&T Express sebenarnya sangat mudah. Kamu cukup memberikan informasi tentang pengirim dan penerima paket agar memudahkan proses pengirimannya. Berikut syarat dan ketentuan layanan pick up J&T Express :

  • Mempunyai akun J&T Express untuk mengakses website atau aplikasinya.
  • Memberikan beberapa informasi atau data mengenai nama lengkap, kota asal, nomor hp, alamat lengkap serta kode POS penerima dan pengirim paket.
  • Menginformasikan kepada kurir J&T mengenai estimasi nilai paket, dimensi, dan beratnya.
  • Sudah melakukan pengemasan paket dengan rapi dan baik, kamu tinggal menempelkan kertas yang berisi informasi pengirim dan penerimanya.
  • Sudah mempersiapkan biaya pembayaran ongkos kirim.
  • Melakukan pengemasan layanan pick up di jam operasional, yaitu diantara pukul 08.00 hingga jam 20.00.

Setelah memahami syarat dan ketentuan layanan pick up dari J&T, kamu kini sudah bisa memulai cara jemput paket J&T Express.

Cara Jemput Paket J&T

Cara Jemput Paket J&T
Panduan Pick Up Paket J&T Express

Panduan Pick Up Paket J&T Express

Cara jemput paket J&T Express bisa dilakukan dengan cara online, caranya cukup menginputkan informasi paket dan data pengirim serta penerima yang diperlukan. Metode pick up ini juga sangat cocok bagi yang lokasinya jauh dari lokasi drop point J&T.

Kamu tidak perlu mendatangi drop point J&T sebab kurirnya akan langsung datang ke toko atau rumahmu untuk proses pengambilan barang. Di samping itu, prosesnya sangat mudah dan kamu bisa mengikuti tutorialnya berikut :

Metode 1 : Pick Up J&T Melalui Aplikasi

Proses penjemputan lewat aplikasi, tentu saja sangat mudah bagi pengguna iOS dan android. Kamu hanya perlu download dan melakukan pendaftaran menggunakan data pribadi, selanjutnya kamu bisa mengakses menu pesanan pick up.

1. Buka Aplikasi dan Klik Order

Jika aplikasi J&T Express sudah terpasang di perangkatmu, silahkan daftar dan buka. Setelah itu, klik menu ‘Order’.

2. Pilih Pick Up dan Masukkan Data Pengirim

Di dalam menu order, silahkan pilih ‘pick up’, lalu masuk ke opsi ‘Pengirim’. Silahkan masukkan data nomor telepon, nama, alamat lengkap beserta kode pos pengirim. Setelah itu, kamu bisa lanjutkan dengan cara mencentang opsi tambahkan kontak, lalu tekan ‘Selesai’.

Jika sudah muncul tampilan pop up, tekan ‘Simpan’ atau ‘Save’ untuk penyimpanan data pengirimnya.

3. Masuk Menu Order dan Inputkan Data Penerima

Masuk kembali pada menu order, masuk ke laman ‘Penerima’. Silahkan inputkan data penerima berupa nomor hp, nama lengkap, alamat lengkap, kota asal, beserta kode pos. Silahkan centang opsi ‘tambah kontak’ lalu tekan ‘Selesai’.

4. Masuk ke Pilihan ‘Barang’.

Silahkan masuk ke dalam menu Barang, kamu bisa mengetikkan nama barang, kemudian pilih jenisnya baik dokumen atau barang. Setelah itu, inputkan berat barang dan dimensi ukurannya. Setelah itu, inputkan nominal estimasi harga atau nilai barangnya.

5. Tambahkan Asuransi dan Vocher Jika Ada

Cara jemput paket J&T selanjutnya, tambahkan asuransi beserta voucher jika ada. Selanjutnya kamu akan ditampilkan ongkir totalnya. Silahkan tekan ‘Selesai’ dan proses pemesanan sudah dilakukan. Kamu hanya perlu menunggu kurir J&T datang menjemput paketnya.

6. Kurir Datang Menjemput Paket

Jika sprinter J&T Express atau kurir melakukan pick up ke tempatmu, silahkan bayar ongkos pengiriman sesuai yang tercantum dalam aplikasi.

Metode 2 : Pick Up J&T Melalui Website

Cara jemput paket J&T Express berikutnya yaitu memakai website J&T Express. Kamu hanya perlu menginputkan informasi pengirimannya saja. Metode ini sebenarnya lebih mudah, sebab kamu tidak perlu mengunduh aplikasi, tapi tetap saja kamu harus mempunyai akun di J&T Express untuk login.

  • Buka perangkat PC kamu, lalu masuk ke web J&T Express resmi di jet.co.id, dan login.
  • Setelah itu, tekan ‘Order’ dan masuk ke layanan ‘Pick Up’.
  • Selanjutnya inputkan nomor hp, informasi nama, alamat lengkap, kota asal, juga kode pos pengirim dan penerimanya.
  • Inputkan data berat dan dimensi paket.
  • Pilih asuransi jika perlu dan kamu akan ditampilkan jumlah ongkir total.
  • Silahkan lanjutkan pickup, caranya tekaan ‘submit’.
  • Selanjutnya kurir sprinter J&T akan langsung menjemput barang yang dikirimkan ke lokasi kamu. Silahkan bayar ongkos pengirimannya.

Jika kamu bekerja sama dengan marketplace, biasanya beberapa marketplace tertentu memiliki resi pengiriman yang langsung terintegrasi pada J&T. Marketplace tersebut diantaranya ada Bukalapak, Shopee, dan Tokopedia.

Sesudah melakukan pendaftaran sebagai seller yang memakai jasa J&T, selanjutnya kamu diharuskan mencetak resi bukti pengiriman di Shopee atau lainnya. Resi ini biasanya tidak hanya menampilkan nomor juga ada nomor telepon, alamat, nama dan informasi penting lainnya yang berhubungan degan pemesan.

Selain itu, kurir jasa ekspedisi J&T akan langsung menjemput paket setiap 1-2 hari sekali biasanya tergantung dari kuantitas paket atau barang yang dikirimkan.

Berapa Lama Pick Up J&T

Waktu penjemputaan J&T Express biasanya paling cepat sekitar 1 jam sesudah custtomer melakukan requet atau order. Akan tetapi, biasanya estimasi pick up bisa saja lebih lama menyesuaikan antrian, ketersediaan kurir atau jadwalnya.

Bagaimana, cara jemput paket J&T Express sangat mudah, kan? Kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan. Namun sebagai catatan, untuk kondisi tertentu misalnya ketika berat barang atau paket melebihi ketentuan, kamu akan dibebankan tambahan biaya sesuai dengan bobotnya. Selain itu, sebaiknya pesan jasa penjemputan di jam-jam operasional, dari jam 08.00-20.00.

Related posts