Cara Cek Ongkir J&T

Apa Anda ingin mengirim paket berupa barang ataupun surat menggunakan layanan pengiriman J&T Express? Apa saja cara cek ongkir J&T untuk mengetahui ongkir yang meski dibayar?

Saat ini, industri jasa ekspedisi sedang marak-maraknya seiring dengan meningkatnya transaksi jual beli melalui belanja online, termasuk e-commerce yang saat ini sedang berkembang. Salah satu perusahaannya adalah J&T Express.

J&T Express merupakan perusahaan ekpedisi dan logistik yang menggunakan gudang penyortiran otomatis di Indonesia dan Singapura. Dan mendapatkan Penghargaan Top Brand Indonesia pada tahun 2018 dan 2019.

J&T mengklaim menjadi brand pertama di Indonesia yang fokus pada bisnis online dengan meluncurkan slogan ‘Express Your Online Business’.

J&T Express hadir pertama kali di Indonesia dan menghadirkan layanan pionir operasional 365 hari tanpa libur alias non stop.

Di seluruh Indonesia untuk cangkupan layanan J&T, terdapat hampir 100 pusat pendistribusian paket (gateway) dengan peralatan yang profesional , selain itu juga memiliki lebih dari 4.000 titik operasi, serts memiliki ribuan armada untuk mendukung pelayanan pengiriman antar kota, antar provinsi dan lintas pulau.

Keunggulan yang ditawarkan oleh J&T Express, sebagai berikut:

  • Jemput paket di tempat
  • Area cakupan di seluruh Indonesia
  • Sistem tracking secara real time (akurat)
  • Fasilitas Aplikasi & Website
  • Operasional 365 hari dan 24 jam
  • Harga reguler layanan premium
  • Platform VIP
  • SMS Waybill
  • Fasilitas klaim asuransi

Ada satu kelebihan yang membedakan J&T Express dengan perusahaan jasa ekspedisi lainnya, yaitu dengan adanya sistem drop point.

Sistem ini memungkinkan Anda untuk mengambil langsung (pick up) paketnya apabila sudah diterima di counter terdekat dengan alamat yang dituju sehingga Anda tidak perlu menunggu lama kurir untuk mengantar ke tempat pelanggan.

Tentunya, sistem ini sangat berguna bagi Anda yang ingin menerima barang/paket secepat mungkin.

Saat ini, J&T Express hanya menyediakan satu jenis layanan pengantaran saja, yaitu tipe EZ. Lama pengiriman paket dengan menggunakan J&T Express berda-beda.

Contohnya, untuk pengiriman paket dari Jakarta ke Cirebon bisa memakan waktu sekitar 2 hari bahkan bisa lebih, tergantung pada banyaknya kiriman barang yang berasal dari Jakarta.

Namun sebaliknya, pengiriman dari Bandung ke Jakarta bisa hanya 1 hari saja. Namun, apabila barang yang masuk dari daerah Bandung sedang banyak, maka paket biasanya akan tertahan dulu di gudang.

Tapi tidak perlu khawatir, karena Anda tetap bisa melacak keberadaan barang melalui website maupun aplikasi mobile.

Walaupun begitu, para pelanggan bisa melacak keberadaan paket yang sedang diproses melalui aplikasi mobile J&T yang bisa diunduh di Google Play dan App Store.

Setelah mengetahui apa saja kelebihan dan layanan yang tersedia pada ekspedisi J&T, tentu Anda ingin mengetahui cara cek ongkir J&T Express. Berikut ini beberapa cara dan langkah-langkahnya:

Cara Cek Ongkir J&T

Cara Cek Ongkir J&T Express
Cek Ongkir JET Express

Cek Ongkir J&T dengan datang langsung ke gerai J&T Express terdekat

Cara Pertama yang kami rekomendasikan untuk mengetahui ongkir dari paket yang akan dikirim menggunakan layanan J&T adalah dengan cara langsung datang saja ke gerai J&T.

Ini merupakan cara paling praktis untuk Anda yang berjarak dekat dengan gerai J&T di daerah Anda. Selain itu, Anda juga bisa bertanya kepada kasir disana jika terdapat hal-hal yang sekiranya masih ingin ditanyakan.

Dan juga, Anda bisa tau berapa ukuran dan berat dari paket yang akan dikirim secara rinci dan akurat disana jika sebelumnya Anda belum cek berat serta ukurannya di rumah.

Cek Ongkir J&T via Website Resmi J&T Express

Selain melalui cara diatas, ada alternatif lainnya apabila ternyata jarak gerai J&T Express di daerah Anda jauh, yaitu mengecek ongkir melalui laman website resmi dari J&T Express. Berikut penjelasan langkah-langkahnya:

  • Buka browser yang tersedia (seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari, Opera, dan lainnya) pada perangkat Anda baik itu PC/Laptop maupun Smartphone.
  • Langkah selanjutnya, ketik “ https://www.jet.co.id/ “ pada kolom pencarian, lalu klik tombol cari. Tunggu hingga anda masuk ke websitenya.
  • Berikutnya, setelah Anda dibawa ke laman websitenya, cari kolom Biaya Kirim.
  • Isi kolom Kota dimana paket dikirim, Kota Tujuan paket, Berat paket, serta ukurannya. Setelah itu klik tombol Cari.
  • Setelahnya, Masukkan Kode Captcha yang ada dengan benar, pastikan Anda memasukan huruf besar dan kecilnya dengan sesuai.
  • Selanjutnya, Anda akan diberikan informasi mengenai ongkos kirimnya dan juga estimasi pengirimannya.

Cek Ongkir Melalui Aplikasi Mobile J&T Express

Anda bisa juga mengecek ongkir J&T Express selain melalui website, yaitu dengan cara menggunakan aplikasi J&T Express yang bisa kamu Install melalui layanan Google Playstore maupun AppStore pada perangkat smartphone Anda.

Untuk langkah-langkah mengecek ongkir J&T via aplikasi mobile, berikut caranya:

  • Buka aplikasi Google Playstore (untuk pengguna Android) ataupun AppStore (untuk pengguna iOS) untuk Anda yang belum menginstal aplikasi J&T Express, lalu Install.
  • Jika aplikasi TIKI telah terpasang pada smartphone, buka aplikasi J&T Express.
  • Pada saat pertama kali membuka aplikasi, Anda akan langsung diminta beberapa persetujuan untuk mengizinkan aplikasi mengakses beberapa perangkat seperti GPS, Kamera, Microfon, dan File Manager, dan juga Kontak.
  • Setelah melewati tahapan tadi, Anda akan dibawa ke halaman utama dari Aplikasi J&T Express.
  • Pada halaman utama, terdapat beberapa pilihan menu yang bisa kamu akses seperti Scan Resi, Cek Ongkir, Booking, dan lainnya.
  • Pilih menu Cek Ongkir untuk mengecek tarif paket yang akan kamu kirim.
  • Setelah itu, langkah selanjutnya adalah isi kolom Kota Asal, Tujuan, dan Berat dari paket.
  • Lalu klik tombol Cek
  • Nanti akan tampil diberikan informasi mengenai ongkos kirimnya dan juga estimasi pengirimannya.

Note: Saat mencari aplikasi J&T di Google Playstore ataupun AppStore, pastikan anda tidak salah install aplikasi yang serupa dengan aplikasi J&T Express, yaitu J&T Express VIP Indonesia. Karena merupakan aplikasi yang dirancang khusus costumer VIP mereka seperti langganan yang rutin melakukan pengiriman menggunakan J&T (online shop).

Cek Ongkir J&T Express Melalui Website Cektarif.com

Selain Anda bisa mengecek tarif melalui website resmi J&T Express, ada juga alternatif lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengecek ongkir. Salah satunya adalah melalui webiste Cektarif.com.

Langkah langkahnya sebagai berikut:

  • Buka browser yang tersedia (seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dan lainnya) pada perangkat Anda baik Laptop maupun Smartphone.
  • Langkah selanjutnya, ketik “ https://cektarif.com “ pada kolom pencarian, lalu klik tombol cari.
  • Pilih J&T Express pada kolom Pilihan Ekspedisi.
  • Selanjutnya, Isi kolom-kolom dibawahnya seperti Kota Asal, Tujuan, dan Berat.
  • Lalu klik tombol Cek Tarif.
  • Setelah itu, kamu akan mendapatkan informasi ongkir untuk beberapa layanan yang tersedia.

Note: Pada website cektarif.com, kamu juga bisa mengecek ongkir beberapa ekspedisi lainnya untuk perbandingan.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa cara cek ongkir J&T Express yang bisa kamu coba sendiri, baik melalui website resmi, website alternatif, maupun aplikasi mobile J&T Express.

Sekian informasi dari kami, semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi