Cara Daftar Mobile Banking BNI

Bagi Kamu nasabah bank BNI, tahukah bagaimana cara daftar mobile banking BNI? Sudahkah menggunakan layanannya atau justru belum sama sekali? Ya, layanan mobile banking memang banyak disukai oleh orang-orang di zaman milenial sekarang ini. Karena menawarkan kemudahan dan kepraktisan bertransaksi perbankan.

Dengan mobile banking BNI, Kamu bisa melakukan transaksi finansial lewat smartphone tak terbatas waktu. Sehingga lebih nyaman, aman dan cepat bertransaksi tanpa khawatir bank tutup ataupun jauh dari lokasi gerai ATM.

Kehadiran mobile banking telah membantu kita semua untuk melakukan berbagai transaksi keuangan, salah satunya ialah sebagai cara cek saldo BNI. Hanya saja untuk bisa menikmati layanan m banking BNI ini, Kamu harus melakukan registrasi sekaligus aktivasi mobile bankingBNI terlebih dahulu.

Nasabah bisa melakukan transfer, membuka rekening dan melakukan pembayaran tagihan lewat BNI mobile banking. Selain itu, para nasabah BNI juga tak perlu lagi harus pergi ke ATM untuk bertransaksi.

Syarat cara daftar mobile banking BNI juga tidak sulit. Kamu hanya diminta untuk menginstall aplikasi BNI Mobile saja, kemudian lakukan registrasi. Jika sudah selesai, layanan mbanking BNI sudah dapat Kamu gunakan.

Hanya saja, masih banyak orang yang enggan untuk memasang aplikasi mobile banking BNI di smartphone. Dengan alasan tidak tahu bagaimana caranya untuk memakai layanan mobile banking BNI itu sendiri.

Cara Daftar Mobile Banking BNI

Cara Daftar Mobile Banking BNI
Mendaftar Mobile Banking BNI

Mendaftar Mobile Banking BNI

Karena berbentuk aplikasi mobile, tentu saja Kamu harus menginstall aplikasi mobile banking BNI terlebih dahulu. Jika Kamu pengguna perangkat android, cukup ketikkan saja di kolom pencarian Play Store “BNI Mobile Banking”, lalu aplikasinya akan langsung muncul. Jika sudah ketemu, cukup install aplikasinya.

Namun untuk penjelasan lebih jauh untuk mendaftar mobile banking BNI di atas, Kamu bisa ikuti panduan di bawah. Kami akan membagikan 2 cara daftar mobile banking BNI yaitu via HP dan lewat customer service bank BNI. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut!

1. Cara Mendaftar Mobile Banking BNI via HP

Cara mendaftar mobile banking BNI lewat HP sangat mudah, kurang lebih sama seperti yang disinggung di atas, yaitu Kamu harus mengunduh aplikasi mobile banking BNI terlebih dahulu. Simak panduannya di sini!

  • Download lalu install BNI Mobile Banking di smartphone-mu.
  • Jika sudah diinstall, tinggal buka mobile banking BNI App di Hpmu.
  • Lalu silahkan klik “Registrasi”.
  • Selanjutnya baca ketentuan dan syarat yang diminta terlebih dahulu, jika Kamu sudah setuju, silahkan tekan “Ya”.
  • Pada bagian ini, Kamu sebagai nasabah wajib mengisikan data-data berdasarkan data yang dibuat saat membuka rekening tabungan BNI atau ATM BNI. Jika semua data sudah terisi dengan benar, lanjutkan proses dengan pilih “Create User ID” terdiri atas kombinasi angka dan huruf yang terdiri dari 8 sampai 12 karakter.
  • Setelah itu, tinggal isi seluruh data yang diminta, kemudian klik “Daftar”.
  • Lalu nasabah akan mendapatkan kode notifikasi yang dikirim via email sesuai ATM. Selanjutnya inputkan kode registrasi yang terdiri dari 6 digit angka.
  • Apabila Kamu menemukan logo ceklis tepat dengan tulisan “Selamat User ID-mu sudah teregistrasi”. Setelah semua langkah cara daftar mobile banking BNI Kamu ikuti, selamat kini Kamu pun sudah sukses mendaftar mobile banking BNI via online.

Kemudian langkah selanjutnya Kamu tinggal melakukan aktivasi agar dapat memakai layanan mobile banking BNI.

2. Cara Mendaftar Mobile Banking BNI di Kantor Cabang BNI Terdekat

Cara daftar mobile banking BNI selanjutnya ialah dengan mendatangi kantor cabang BNI. Kamu harus mendatangi customer service BNI untuk melakukan pendaftaran mobile banking dan mengaktifkan layanannya.

Namun sebelum Kamu berangkat ke cabang BNI, sebaiknya bawa persyaratan berupa kartu ATM BNI, KTP dan buku tabungan BNI.

Setelah mempersiapkan persyarata di atas, langsung saja simak ulasan mendaftar mobile banking BNI di kantor cabang terdekat :

  • Pertama-tama, silahkan pergi ke cabang bank BNI setempat.
  • Kamu bisa bicarakan keperluanmu kepada satpam yang bertugas bahwa Kamu akan melakukan pendaftaran layanan mobile banking BNI, selanjutnya Kamu akan diperkenankan mengambil nomor antrian.
  • Cukup menunggu sampai nomor antrianmu dipanggil oleh customer service.
  • Setelah nomor antrianmu dipanggil, silahkan datangi meja customer service.
  • Setelah itu, staf customer service selanjutnya akan menanyakan perihal keperluanmu.
  • Kamu bisa langsung mengatakan kedatanganmu untuk melakukan pendaftaran layanan mobile banking BNI. Selanjutnya customer service akan langsung meminta kartu ATM dan KTP-mu.
  • Cara mendaftar mobile banking BNI berikutnya ialah Kamu tinggal mengisi data-data yang sesuai dengan ATM BNI yang dibuat. Selanjutnya Kamu akan diminta membuat user ID sesuai keinginan.
  • Lalu staf CS akan langsung memberitahukan jika proses registrasi mobile banking sudah selesai. Kamu akan diminta melakukan aktivasi layanan mobile banking saja.

Sebaiknya minta petunjuk kepada CS untuk meminta bantuan cara aktivasi mobile banking BNI.

Cara Aktivasi Mobile Banking BNI

Sesudah kamu mengikuti cara daftar mobile banking BNI di atas, maka langkah berikutnya tinggal melakukan aktivasi.

Aktivasi adalah salah satu metode BNI untuk melakukan sinkronisasi antara user BNI Mobile dengan Hpmu, setiap kali Kamu ganti Hp, melakukan uninstall aplikasi mobile banking, maupun melakukan reset Hp untuk mengubah ke pengaturan pabrik, Kamu wajib melakukan kembali aktivasi mobile banking di smartphone tersebut.

Cara ini dilakukan oleh bank BNI demi mengamankan akunmu dari pihak yang tak bertanggung jawab. Selain itu, untuk satu user mobile banking BNI, hanya dapat dipakai oleh satu perangkat smartphone saja.

Apabila ada pihak yang mencoba mengambil alih BNI mobile banking-mu, maka orang tersebut tak akan menerima OTP ketika aktivasi, jadi kemungkinan besar akan kesulitan masuk ke layanan mobile banking BNI.

Adapun persyaratan melakukan aktivasi layanan mobile banking BNI ialah harus memiliki smartphone yang sudah terpasang mobile banking BNI, memiliki minimal pulsa RP. 10.000 dan kartu SIM dengan nomor yang digunakan saat meregistrasi mobile banking di ATM.

Berikut ulasan cara aktivasi mobile banking BNI, diantaranya :

  • Pertama-tama silahkan buka aplikasi mbanking BNI di Hpmu.
  • Lalu, pilih “Masuk”.
  • Setelah itu, tinggal masukkan user ID yang sudah Kamu buat sebelumnya saat pendaftaran. Kemudian inputkan nomor kartu ATM/debitmu. Selanjutnya pilih opsi “Lokasi Negara” saat ini. Silahkan tekan “Ya, Kirim OTP” jika ingin melanjutkan.
  • Selanjutnya tunggu sampai Kamu mendapatkan SMS berupa kode aktivasi. Apabila kamu sudah menerimanya, tinggal inputkan kode aktivasi sebanyak 6 digit yang akan dikirimkan langsung ke nomor HP terdaftar nasabah.
  • Setelah itu, Kamu cukup membuat MPIN terdiri atas 6 digit angka, sebaiknya jangan gunakan PIN defaultberupa angka kembar dan urut, atau tanggal lahirmu.
  • Lalu silahkan buat password untuk transaksi terdiri atas kombinasi angka dan huruf terdiri dari 8-12 karakter. Jangan mengandung unsur sama seperti user ID dan nama nasabah. Lalu pilih “Simpan”.
  • Jika sudah, tinggal login memakai MPIN dan user ID yang sebelumnya sudah dibuat.
  • Kini proses aktivasi mobile banking BNI sudah selesai dilakukan. Kamu pun sudah bisa menggunakan layanan m banking BNI untuk transaksi, cek saldo, cek mutasi, dan lainnya.

Nah, itulah tahapan-tahapan aktivasi mobile banking BNI yang bisa Kamu coba. Selanjutnya kamu tinggal menggunakan layanan mobile banking untuk kebutuhan transaksi finansial.

Demikian ulasan tentang cara daftar mobile banking BNI berikut cara aktivasinya. Semoga bermanfaat!

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019