Cara Keluar Fastboot Xiaomi

Sebenarnya mode fastboot dirancang supaya kamu dapat mengubah ROM atau mengatasi bug dengan aman dan mudah. Namun, terkadang hp Xiaomi justru masuk ke dalam mode fastboot ini tanpa disengaja. Oleh karena itu, pengguna Xiaomi wajib mengetahui bagaimana cara keluar fastboot Xiaomi sebelum herus membawanya ke jasa service.

Apa Itu Fastboot Xiaomi?

Fastboot Xiaomi merupakan sebuah protokol guna melakukan modifikasi terhadap data-data penting yang ada dalam memori flash smartphone secara langsung. Biasanya tool dijadikan sebagai alternatif ‘recovery mode’ yang digunakan untuk penginstalan serta pembaharuan terhadap OS Xiaomi.

Kesimpulannya, fastboot dapat dimanfaatkan untuk melaukan flash ulang pada partisi maupun flash file system, baik itu seperti kernel dan bootloader. Sebenarnya mode fastboot bisa dikatakan menguntungkan untuk para pengguna Xiaomi, sebab hp akan selalu up to date. Bahkan dengan fastboot ini, dapatt membantumu untuk memperbaiki terjadinya kerusakana sistem.

Kenapa Hp Xiaomi Mengalami Fastboot?

Mode fastboot pada hp Xiaomi bisa terjadi ketika kamu menekan kombinasi tombol Volume Bawah dan Power secara bersamaan. Bahkan banyak pengguna yang secara tidak sengaja menekan kedua tombol tersebut, oleh sebab itu hp secara otomatis memasuki mode fastboot.

Kondisi fastboot Xiaomi juga bisa terjadi akibat error atau adanya kesalahan dalam OS Android. Di samping itu, biasanya ROM hp yang error juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Namun masalahnya jika smartphone Xiaomi kamu harus stuck pada mode fastboot, sehingga mengakibatkan hp tidak dapat boot dengan cara normal.

Cara keluar fastboot Xiaomi

Cara Keluar Fastboot Xiaomi
Keluar Fastboot Xiaomi

Tutorial Keluar Fastboot Xiaomi

Jika smartphone Xiaomi kamu stuck dalam posisi mode fastboot, maka kamu bisa mencoba keluar dari mode fastboot tersebut. Ada 3 cara keluar fastboot Xiaomi yang bisa kamu lakukan berikut ini :

Terkait:  Cara Cek Layar Hp Xiaomi

1. Lepaskan Baterai Xiaomi

Jika kebetulan HP Xiaomi yang kamu gunakan memakai baterai portable, maka kamu bisa memakai cara yang satu ini. Cukup simpel, karena kamu hanya perlu melepaskan baterai dari body HP Xiaomi milikmu, jika sudah beberapa detik kamu bisa memasangnya kembali dan menyalakan hp.

  • Silakhan buka cashing yang menutupi baterai HP Xiaomi milikmu. Perlu hati-hati ketika membuka cashing karena jika salah dalam melakukannya, bisa menyebabkan cashing HP menjadi patah.
  • Lepaslah baterai sampai perangkat Xiaomi kamu benar-benar mati sebab daya baterai yang dipaksa berhenti.
  • Pasang kembali baterainya dengan benar setelah beberapa lama sejak kamu melepaskan baterai dari body HP Xiaomi.
  • Nyalakan kembali HPnya dan kamu bisa masuk ke tampilan Xiaomi seperti semula

Tapi sayangnya, untuk ponsel-ponsel pintar sekarang rasanya mustahil menemukan hp yang baterainya portable atau bisa dibongkar pasang. Karena kebanyakan smartphone saat ini, mengusung baterai yang sudah menempel dengan body hp. Jadi cara keluar fastboot Xiaomi dengan metode ini tidak akan bekerja.

Jangan berkecil hati, karena kamu tetap bisa mencoba cara lainnya yang bisa dipraktekkan sendiri untuk membuktikannya.

2. Memakai Tombol Alternatif

Cara keluar fastboot Xiaomi selanjutnya adalah dengan memakai beberapa tombol di perangkat Xiaomi milikmu. Kamu bisa mengikuti tutorialnya berikut dengan memanfaatkan tombol alternatif :

  • Tentu saja sebagai pengguna, kamu sudah sangat hafal dimana tombol power, volume down dan volume up.
  • Jika sudah memastikan posisinya, silahkan sentuh tombol-tombol yang disebutkan tadi memakai jari tangan. Dengan setiap tombol dipastikan mewakilli satu jari tangan.
  • Tekan ketiga tombol tadi secara bersamaan, lalu tunggu beberapa saat sampai perangkat Xiaomi melakukan restart otomatis.
  • Tunggu beberapa saat, sampai amu melihat tampilan logo Xiaomi yang bertuliskan ‘MI’, selanjutnya lepaskan semua jari dari ketiga tombol tadi.
Terkait:  Cara Ekspor Kontak ke Gmail

Bagaimana jika ternyata tombol volume pada perangkat Xiaomi tidak berfungsi? Jangan khawatir, kaarena kamu masih bisa mencoba cara alternatif lain agar kamu bisa keluar dari mode fastboot Xiaomi. Berikut ulasannya :

  • Tekan tombol power selama beberapa detik, dalam kondisi Hp Xiaomi kamu dalam mode fastboot.
  • Tunggulah beberapa saat hingga HP Xiaomi benar-benar mati total.
  • Setelah itu, lepaslah dan tekan kembali tombol power selama beberapa detik agar HP bisa nyala seperti sedia kala.

3. Memakai Command

Cara keluar fastboot Xiaomi selanjutnya yaitu bisa Command. Metode ini dapat dilakukan jika ternyata harus stuck pada mode fastboot akibat gagal rooting atau flashing.

Untuk memulai cara ini, maka kamu membutuhkan aplikasi CMD (Command Prompt) yang ada pada laptop ataupun komputer. Adapun langkah-langkahnya bisa kamu lakukan dibawah ini :

  • Silahkan persiapkan beberapa peralatan selain perangkat Xiaomi kamu, seperti kabel, USB, dan 1 buah laptop.
  • Driver ADB Fastboot, biasanya lebih direkomendasikan memakai driver 15 second ADB installer.
  • HP Xiaomi harus sudah masuk terlebih dahulu pada mode USB Debugging.
  • Ekstrak lalu instal file driver ADB Fastboot terlebih dahulu pada laptop, dan masukkan pada driver C.
  • Setelah itu, hubungkan HP Xiaomi yang stuck dalam kondisi fastboot, bahkan tidak dapat di utak-atik lagi.
  • Ketika HP Xiaomi sudah terhubung, selanjutnya masuk kembal pada folder driver ADB yang di ekstrak tadi. Pada halaman tersebut klik kanan di sembarang tempat, lalu pilihlah opsi ‘open Command windows here’.
  • Seketika itu, akan muncul layar Command Prompt pada layar laptop.
  • Kemudian kamu tinggal ketikkan secara manual dengan menuliskan : fastboot devices, kemudian
  • Selanjutnya ketikkan lagi pada Command Prompt dengan menuliskan : fastboot reboot dan lakukan enter lagi.
  • Tunggu beberapa saat hingga nantinya HP Xiaomi yang terhubung dengan laptop tersebut akan melakukan restart secara otomatis.
Terkait:  Cara Membersihkan Sampah di Hp Xiaomi

Perlu kamu ketahui, untuk metode dengan menggunakan Command Prompt hanya boleh dilakukan bagi HP Xiaomi yang sebelumnya sudah pernah di root, flash maupun update firmware memakai laptop. Sehingga bisa dilakukan pada HP yang bisa masuk mode USB debugging.

Lakukan Hal Ini Sebelum Fastboot Xiaomi!

Fastboot dapat berfungsi sebagai salah satu cara yang dapat menghubungkan antara HP dengan laptop pada mode debugging. Jika kamu bertanya-tanya apakah dengan melakukan fastboot berbahaya. Maka jawabannya tidak berbahaya sama sekali, tapi justri hal ini bisa membantu performa perangkat hp kembali seperti semula.

Selain itu, melakukan fastboot pada HP Xiaomi tidak akan menghapus data yang ada. Meskipun demikian, untuk jaga-jaga maka kamu perlu melakukan backup data terlebih dahulu, untuk menghindari terjadinya kesalahan pada proses fastboot Xiaomi.

Hindari sebisa mungkin melakukan fastboot yang berulang-ulang karena HP Xiaomi milikmu akan mengalami penurunan performa dan mengalami bootloop. Oleh karena itu, jika memang tidak terlalu penting untuk melakukan fastboot, maka lebih baik lakukan metode lain apabila tujuannya ingin meningkatkan performa HP.

Selain itu, pada beberapa kasus biasanya fastboot terjadi akibat error ringan yang dialami pada ROM hp. Sebagai solusinya, biasanya tuikang servis akan melakukan install ulang pada ROM yang asli memakai MI Flash. Namun pastikan kamu harus menyerahkan kepada ahlinya karena cukup beresiko jika dilakukan sendiri.

 Diantara ketiga piihan cara keluar fastboot Xiaomi di atas, kamu bisa memilih cara pertama dan kedua. Hal ini dikarenakan kedua cara tersebut termasuk yang paling mudah kamu lakukan daripada harus menggunakan command.

Related posts