Cara Ikut Flash Sale Shopee

Cara Ikut Flash Sale Shopee

Salah satu hal yang membuat pelanggan Shopee enggan berpaling ke marketplace lain ialah adanyaĀ eventĀ Flash Sale Shopee yang seringkali diadakan. Dengan adanya program Flash Sale tentu saja akan sangat menguntungkan baik bagi pembeli maupun penjual. Karena itu, sayang sekali melewatkan pembahasan cara ikut flash sale Shopee. Program yang bertajuk ‘Siapa Cepat Dia Dapat’ ini memang menarik diikuti.

Apalagi jika harga produk yang ditawarkan pada program Flash Sale bisa sampai Rp. 99. Siapa sih yang nggak tertarik mengikuti program ini? Namun sayangnya, tak semua pengguna mengetahui bagaimana cara ikut flash sale Shopee.

Read More

Tentang Flash Sale Shopee

Pengertian flash sale yaitu sebuah program yang diberikan oleh e-commerce dengan potongan harga besar-besaran melalui penawaran harga sangat murah dalam jangka waktu cepat. Biasanya waktu berlangsungnya program flash sale ditentukan pihak marketplace Shopee itu sendiri.

Sebenarnya trik marketing program flash sale ini dicetuskan pertama kali oleh Lazada, tepatnya di tahun 2014. Pada waktu itu, pihak Lazada menyelenggarakan program flash sale untuk Smartphone Xiaomi. Menariknya lagi, produk hp tersebut sukses terjual sampai 10.000 unit selama 5 menit saja.

Inilah yang membuat banyak e-commerce lainnya akhirnya mengadaptasi trik serupa, dan salah satunya ialah marketplace Shopee. Adapun tujuan utamanya selain untuk meraup keuntungan, tetapi juga memberikan sugesti tersendiri ke pengguna aplikasi marketplace untuk memperkenalkanĀ brand sekaligus tertarik untuk berkunjung lagi di lain waktu.

Terkait:  Cara Membeli Barang di Shopee

Hanya saja perbedaannya yaitu, cara berpromosi menggunakan program flash sale tersebut di marketplace Shopee bisa diikuti setiap hari. Dengan kata lain, Kamu tak perlu lagi harus menunggu di waktu-waktu tertentu demi mengikuti program flash sale di marketplace Shopee.

Apa Saja Keuntungan Mengikuti Program Flash Sale Shopee?

Semua yang terlibat dalam programĀ flash sale Shopee bisa dibilang sangat diuntungkan. Entah itu, bagi Kamu pembeli, penjual atau bahkan bagi marketplace Shopee itu sendiri. Ini dia keuntungannya :

1. Keuntungan Flash Sale Bagi Pembeli

Setiap pembeli yang mengikuti program flash sale di Shopee, sudah pasti mendapatkan beberapa keuntungan berikut :

  • Bisa berbelanja produk tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam, karena produk yang diikutsertakan dalam program flash sale biasanya akan mendapatkan potongan harga hampir 90%.
  • Bisa lebih irit dan hemat pengeluaran, sebab Kamu bisa mendapatkan potongan harga produk menarik melalui program flash sale ini.

2. Keuntungan Proggram Flash Sale Untuk Penjual

Biasanya penjual di Shopee tak bisa mengikuti program flash sale begitu saja, tanpa mendapatkan undangan langsung dari Shopee. Sebab biasanya, Shopee akan menghubungi pihakĀ seller yang menurutnya ‘layak’ untuk menjadi penyelenggaran flash sale.

Hal tersebut bertujuan agar toko tersebt dapat mempersiapkan stok produk tergantung dari ketentuan program flash sale berlangsung. Tak hanya itu saja, para penjual pun bisa memilih untuk menyetujui program tersebut ataukah tidak.

Adapun keuntungan program flash sale untuk penjual, ialah sebagai berikut :

  • Dapat meningkatkan penjualan sampai 90% pada beberapa produk tertentu yang diikutkan pada program flash salae.
  • Bisa menambah kepercayaanĀ buyer kepadaĀ seller yang mengikuti program flash sale.
  • Dapat meningkatkan traffic toko sampai 50%.

3. Keuntungan Program Flash Sale Untuk Marketplace Shopee

Selain bagi pembeli dan penjual, program flash sale Shopee juga memberikan keuntungan bagi marketplace Shopee itu sendiri. Ini dia keuntungannya :

  • Dapat meningkatkan traffic atau kunjungan marketplace.
  • Sebagai salah satu ajang promosi marketplace dalam menjangkau pengguna lebih banyak lagi.
  • Dapat meningkatkanĀ branding marketplace ke pengguna baru.
Terkait:  Cara Bayar Listrik di Shopee

Setelah mengetahui keuntungan program flash sale bagi penjual, pembeli dan marketplace Shopee. Mungkin Kamu sudah penasaran dengan cara ikut flash sale Shopee. Namun, disini kita akan membahas cara mengikuti program flash sale untuk penjual

Cara Ikut Flash Sale Shopee

Cara Ikut Flash Sale Shopee
Mengikuti Program Flash Sale Shopee

Tutorial Ikut Flash Sale Shopee

Jika tertarik mengikuti program flash sale Shopee untuk mendapatkanĀ traffic atau pengunjung toko, maka Kamu harus mengikuti persyaratan program flash sale Shopee terlebih dahulu. Simak tutorial cara ikut flash sale Shopee dan ketentuannya berikut :

Persyaratan Flash Sale Shopee

Ada beberapa ketentuan dan syarat mengikuti program flash sale Shopee yang harus Kamu penuhi, berikut ini :

1. Ketahui Kriteria Toko

Ada beberapa kriteria toko yang bisa memenuhi syarat untuk diikutsertakan ke program flash sale di Shopee, di bawah ini ”

  • Ketersediaan stok produk harus mencukupi, jika Kamu ingin menominasikan produk pada nominasi program flash sale. Tujuannya agar terhindar dari pembatalan atau pengembalian pesanan serta keterlambatan proses pengiriman.
  • Toko harus memiliki rating atau penilaian yang bagus dari pembeli.
  • Tidak mempunyai poin penalti.
  • Memiliki persentase chat yang dibalas dengan nilai yang tinggi.
  • Penyelesaian orderan harus bagus dan tinggi.
  • Pengiriman orderan harus cepat dengan layanan memuaskan.

2. Ketahui Kriteria Produk

Tak hanya toko, tetapi Shopee juga mengharuskan para penjualnya untuk tetap memperhatikan kualitas produk apabila ingin mengikuti flash sale di marketplace Shopee. Ini dia kriterianya :

  • Minimum harus mempunyai stok sebanyak 20 stok produk.
  • Menawarkan diskon minimal 10% alias Rp. 10 ribu.
  • Bukan termasuk produk pre order.
  • Harga produk akhir harus lebih murah/rendah jika dibandingkan harga pada toko online lainnya. Dimana perbedaan pada harga minimum ini setidaknya 1%.
  • Dengan rating penilaian 4 bintang, produk mempunyai peluang lebih besar agar bisa bergabung mengikuti program Flash Sale.
  • Produk dengan masaĀ expired tidak boleh kurang dari 30 hari sejak dimulainya program flash sale.
  • Rincian atau nama produk yang dijual tidak mengandung brand lain yang kurang relevan.
  • Rincian produk berupa fto, harga, maupun variasi produk tidak bisa diubah ketika periode nominasi sampai berakhirnya program flash sale.
Terkait:  Cara Membuat Flash Sale Shopee

Tutorial Mengikuti Program Flash Sale Shopee Bagi Penjual

Kamu harus tahu bahwa tak semua seller atau toko bisa mengikuti program flash sale yang berlangsung di Shopee. Adapun alur yang mesti dilewati apabila Kamu ingin mengikut sertakan produkmu ke dalam salah satu produk flash sale. Namun pastikan Kamu memperhatikan beberapa hal berikut :

  • Kamu harus memenuhi semua ketentuan dan syarat progam flash sale di Shopee.
  • Harus mengajukan produk yang Kamu jual, untuk memasuki salah satu ‘Nominasi’ progam flash sale pada menuĀ seller centre.
  • Silahkan tunggu pihak Shopee meninjau, baik meninjau produk maupun toko. Apabila status produkmu menjadi berstatus ‘Dalam Pemeriksaan’ Kamu akan langsung dihubungi pihak Shopee, agar Shopee menanyakan tentang kesiapan toko dalam mengikuti program tersebut.
  • Setelah produk yang Kamu nominasikan lulus, Kamu pun cukup mengunggu statusnya menjadi berstatus ‘Tayang’ atau ‘Live’ di halaman event flash sale.

Oke, untuk langkah-langkah cara ikut flash sale di Shopee adalah sebagai berikut :

  • Silahkan masuk ke laman ‘Seller Centre Shopee’ kemudian pilih opsi ‘Promosi Saya’.
  • Tekan opsi ‘Flash Sale Shopee’.
  • Selanjutnya pilih promo produk yang sesuai dalam tab promo yang akan datang, laalu tekan ‘Daftar Sekarang’.
  • Untuk selanjutnya, kamu bisa membaca panduan atau brief produk yang akan diikutsertakan dalam program flash sale. Selain itu, pastikan pula produk yang didaftarkan telah sesuai brief.
  • Jika ingin mendaftarkan produk, ketuk ‘Nominasikan Produk’.
  • Silahkan edit tentang keterangan produk dengan sebaik mungkin, dari variasi produk sampai harga dan stok produk. Jika sudah, ketuk ‘Simpan dan Kirim’.

Nah, itulah beberapa step cara ikut flash sale Shopee yang dapat Kamu praktekkan untuk meningkatkan branding dan traffic ke toko online Kamu di Shopee. Semoga bermanfaat!

 

Related posts