Cara Cek Pulsa Tri

Kartu perdana tri selain dikenal karena tarif paket internetnya yang terjangkau, juga menawarkan banyak layanan, baik berupa paket nelpon, internet, maupun SMS. Oleh karena itu, untuk mengendalikan penggunaan pulsa pengguna tri harus tahu bagaimana cara cek pulsa tri dengan mudah.

Pulsa adalah metode pembayaran yang digunakan oleh operator. Nah, untuk mengontrol pemakaian pulsa, tentu saja kita harus selalu mengecek sisa pulsa yang dimiliki pada kartu tri.

Akan tetapi, bagi pengguna baru yang belum pernah memakai nomor tri sebelumya, mungkin masih belum memahami bagaimana cara cek pulsa tri. Berikut ulasannya!

Cara Cek Pulsa Tri (3)

Cara Cek Pulsa Tri
Cek Pulsa Tri

Ada beberapa pilihan cara cek pulsa tri yang bisa Kamu andalkan, di bawah ini :

Cara Cek Pulsa Tri Via Menu USSD

Untuk melakukan pengecekan pulsa tri, Kamu bisa menggunakan metode USSD atau dial up. Berikut beberapa pilihan cara yang dapat Kamu coba, diantaranya :

  • Pertama-tama, silahkan klik menu panggilan telepon di Hpmu.
  • Jika sudah, Kamu bisa mengetikkan kode USSD di *111# Kemudian silahkan Panggil/Call/Ok.
  • Setelah itu, Kamu akan ditampilkan beberapa pilihan menu yang harus dipilih, silahkan pilih opsi Cek Pulsa. Atau tekan nomor 1.
  • Tunggu beberapa lama sampai muncul informasi tentang sisa pulsa tri yang Kamu miliki.
  • Untuk lebih singkatnya, silahkan ketikkan kode panggilan langsung di *111*1# lalu tekan call/ok/yes.

Cara cek pulsa tri menggunakan kode USSD ini tidak memerlukan pulsa ataupun kuota internet. Selain itu, cara ini dapat digunakan oleh semua perangkat ponsel, baik ponsel jadul maupun ponsel pintar. Bagaimana, mudah bukan?

Cara Cek Pulsa Tri Via SMS

Kamu pengguna tri yang ingin melakukan pengecekan pulsa, juga bisa mengandalkan cara cek pulsa tri melalui aplikasi perpesanan atau SMS.

Caranya juga sangat mudah, dan cara ini bisa dilakukan bagi Kamu yang tidak hafal dengan kode dial up provider tri. Cara ini dilakukan hanya dengan mengirimkan SMS ke nomor 234 saja. Selanjutnya ikuti tahapan berikut :

  • Silahkan buka Hpmu, dan buka aplikasi SMS/pesan di ponsel.
  • Kamu bisa ketikkan pesan baru, melalui format ketik INFO (spasi) DATA.
  • Selanjutnya kirimkan SMS langsung ke 234.
  • Tunggu beberapa saat sampai Kamu menerima pesan balasan dari provider tri yang menginformasikan tentang sisa pulsa tri yang Kamu gunakan.

Cara Cek Pulsa Tri Melalui Aplikasi BimaTri

Untuk pengecekan pulsa kewat aplikasi BimaTri, Kamu harus mengunduh dan menginstall BimaTri terlebih dahulu di ponselmu.

Cara ini juga harus dilakukan menggunakan paket internet kartu Tri yang akan dicek. Jadi pastikan Kamu memiliki kuota yang cukup untuk mengunduh aplikasi BimaTri di ponselmu.

Jika sudah, silahkan ikuti cara cek pulsa tri di bawah ini :

  • Jika Kamu sudah mengunduh dan menginstall aplikasi BimaTri di ponsel melalui aplikasi Google Play Store bagi pengguna android atau App Store bagi pengguna iOS, selanjutnya buka aplikasi tersebut.
  • Namun sebelumnya lakukan pendaftaran akun BimaTri terlebih dulu.
  • Silahkan ikuti petujuk yang tersedia di aplikasi.
  • JIka registrasi atau pendaftaran akun sudah berhasil, Kamu pun cukup mengunjungi akun atau menu profil.
  • Di halaman tersebut, Kamu akan langsung melihat informasi mengenai sisa pulsa, sisa paket internet tri dan masa aktif kartu tri yang Kamu miliki.

Meskipun cara ini terbilang ribet di awal, tapi tentu saja Kamu bisa menggunakan aplikasi BimaTri dalam jangka panjang. Jika sudah memiliki akunnya, Kamu pun bisa mengecek pulsa kapan saja dan dimana saja sekaligus dapat mengakses informasi menarik lainnya pada aplikasi BimaTri.

Cara Cek Pulsa Tri Melalui Website Tri

Panduan mudah mengetahui sisa pulsa 3 melalui website tri dapat dijadikan alternatif jika Kamu enggan mendownload dan menginstall aplikasi BimaTri di Hpmu. Caranya sangat mudah, Ikuti langkah berikut :

  • Kamu cukup mengunjungi situs resmi tri di https://bima.tri.co.id.
  • Setelah itu, silahkan lakukan registrasi akun terlebih dahulu sama seperti cara menggunakan aplikasi BimaTri.
  • Selanjutnya, Kamu akan menerima kode verifikasi lewat SMS dari operator.
  • Inputkan kode verifikasi, setelahnya login ke halaman utama web.
  • Kamu pun akan menerima informasi mengenai sisa pulsa tri.

Itulah cara cek pulsa tri yang bisa Kamu lakukan jika Kamu ingin mengecek pulsa tri lewat Hp. Akan tetapi, bagaimana jika menggunakan modem? Ya, Kamu bisa mengikuti panduan di bawah ini!

Cara Cek Pulsa Tri Via Modem

Bagi Kamu yang memiliki modem yang menggunakan kartu tri untuk koneksi internetnya, maka ada beberapa tips melihat sisa pulsa tri via modem yang terhubung dengan PC/komputer dan dapat Kamu pilih, diantaranya :

Cek Pulsa Tri Via Aplikasi MDMA

Tidak perlu lagi aplikasi canggih untuk melakukan pengecekan pulsa. Sebab kini Kamu dapat menggunakan aplikasi Mobile Data Monitoring Application yang disingkat dengan istilah MDMA.

Walaupun ukuran aplikasi yang satu ini ringan, yakni hanya sekitar 100 Kb-an, tapi aplikasi yang satu ini bisa dibilang multi fungsi. Karena MDMA juga dapat digunakan untuk melakukan pengecekan kekuatan sinyal sekaligus menghubungkan koneksi internet.

Dalam aplikasi MDMA, terdapat fitur bernama USSD command tepatnya berada di samping kiri bawah pada home-screen. Untuk cara cek pulsa tri pada modem, sebaiknya lakukan disconnect terlebih dahulu lalu tutup aplikasi bawaan pada modem dan jalankan MDMA.

Lalu di USSD command, silahkan ketikkan kode *111*1# lalu tekan “Send USSD“. Selanjutnya Kamu akan ditampilkan pulsa tri yang Kamu gunakan.

Cara Cek Pulsa Tri Via Software Modem

Cara mengecek pulsa tri pada modem lainnya ialah dengan cara menginstall software atau perangkat modem seperti Mobile Partner v1.01. terlebih dahulu. Software ini sebenarnya telah mendukung sistem USSD dial.

Sesudah Kamu menginstallnya di laptop atau PC, Kamu bisa pilih “USSD” tepat di kanan atas dan di bawah menu bar. Kemudian di kolom perintah, silahkan ketikkan kode *111*1# lalu klik “Send“.

Ya, cara mengetahui sisa pulsa tri di modem juga sangat mudah kan? Kamu bisa memilih salah satu diantara kedua cara di atas.

Cara Pepanjang Masa Aktif Kartu TRI

Selain informasi pengecekan pulsa tri, penting juga untuk mengetahui cara perpanjangan masa aktif pada kartu tri.

Sebenarnya untuk memperpanjang masa aktif kartu sama seperti operator lainnya, yakni dengan melakukan pengisian pulsa dan masa aktif kartumu secara otomatis langsung bertambah.

Akan tetapi, cara lainnya yang bisa digunakan adalah dengan melakukan pembelian masa aktif.

Lalu, bagaimana cara membeli masa aktif Tri? Simak ulasannya berikut :

  • Silahkan ketik kode *123# di ponselmu lalu ketik call atau Ok.
  • Selanjutnya pilih Menu Internet, dan pilih Always On (Aon).
  • Jika sudah, pilih menu Masa Aktif Always On.
  • Lalu pilih masa aktif sesuai keinginan.

Ya, itulah pembahasan tentang cara mengecek pulsa tri dan panduan memperpanjang masa aktif kartu tri yang bisa Kamu gunakan. Dengan mengecek pulsa secara rutin, Kamu pun bisa mengendalikan pemakaian pulsa tri-mu dengan baik!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019