Cara Duplikat Produk Shopee

Cara Duplikat Produk Shopee
Cara Duplikat Produk Shopee

Tunggu dulu nih, jangan langsung kalian berpikir untuk melakukan penjualan barang duplikat yang belum tentu terjamin originalitasnya. Apalagi, kalau itu berhubungan dengan produk-produk kategori kecantikan dan kesehatan. Sebagai penjual, kamu hindari kecurangan ya.. Ini berbahaya! Baik untuk karir tokomu maupun pembeli. Yuk lihat cara duplikat produk Shopee.

Duplikat produk yang dimaksud disini, merupakan barang yang tanpa kalian sadari sudah di-upload berulang kali tanpa memberikan perincian perbedaan di dalamnya. Alhasil, pelanggan yang hendak membeli produk dari etalase toko kalian menjadi bingung. Oleh sebab itu, pihak Shopee menyebutnya sebagai duplikat produk. Lalu, bagaimana dengan kasus produk serupa?

Berbeda dengan produk serupa. Karena biasanya, produk yang sama tersebut dijual oleh lebih dari satu toko. Artinya, berasal dari berbagai macam toko online di platform Shopee. Tidak heran, kalau harga yang ditawarkan juga beragam. Sedangkan kalau duplikasi, benar-benar mencerminkan satu produk yang sama dalam satu ruang atau toko. Inilah, yang jadi masalah.

Cara Duplikat Produk Shopee

Cara Duplikat Produk Shopee
Cara Duplikat Produk Shopee

Cara Copy Produk Shopee ke Tokopedia

Shopee membuat berbagai macam peraturan kepada para pemilik toko online yang bergabung di dalam platform tersebut agar tidak merugikan pihak pembeli. Tetapi, terkadang masih saja ada beberapa oknum tidak bertanggung jawab yang sering membuat penipuan dengan modus menawarkan harga yang sangat murah. Saking tergoda karena barangnya murah, jadi tertipu.

Cara copy produk Shopee ke Tokopedia. Kalau beda platform seperti ini, sangat mungkin hal tersebut bisa dilakukan oleh pemilik toko. Ada salah satu alat bantuan yang dapat permudah kamu memindahkan atau menyalin seluruh item yang terdapat di etalase toko ke platform lain. Bagaimana tahapan selengkapnya? Simak penjelasan berikut ini:

  1. Ketik BigSeller pada kolom pencarian browser kalian > Enter
  2. Halaman utama, kalian pilih menu “Produk”
  3. Ketuk pilihan “Salin Toko” > Pilih opsi “Shopee” untuk mulai salin tokonya
  4. Klik “Sync Produk” > Kolom Filter akan menampilkan tampilan Toko, Status, dan Pencarian > pilih salah satu nama toko yang muncul pada kolom filter tersebut
  5. Klik tombol “Salin Seluruh Toko” > pilih “Status Produk” sesuai keinginan dan kebutuhanmu. Terdiri dari 2 macam, yaitu Live dan All (Semua)
  6. Bila kalian memilih “Live”, bisa langsung pilih dari list Live yang terdapat di kolom bawahnya
  7. Pilihan All (Semua), maka kamu perlu melakukan proses berikutnya melalui pop-up windows “Salin Seluruh Toko”
  8. Klik pada kategori “Salin Ke”, kemudian pilih “Marketplace” yang kamu inginkan. Contoh, Tokopedia
  9. Kategori “Produk Duplikat”, kalian pilih “Salin” > klik tombol “Konfirmasi”
  10. Tunggu beberapa saat, sampai hasil menunjukkan warna hijau penuh pada bar yang muncul di pop-up windows
  11. Ketuk tombol “Listing Draft” > sunting produk yang muncul di list dapat dilakukan secara masaal atau satu per satu sesuai dengan kategori produk tersebut > “Memilih Kategori” > klik “Save & Next Step”
  12. Halaman “Informasi Produk” yang wajib kalian lengkapi > pilih “Simpan” atau “Simpan & Tampilkan”

Apakah sudah selesai tahapan yang di atas? Ternyata masih ada lagi beberapa langkah yang perlu kalian lakukan. Berikut penjelasannya:

  1. Pilih warna dan ukuran produk yang telah kalian sunting
  2. Klik tombol “Save & Next Step” > centang informasi yang akan kalian edit pada Draf
  3. Klik ikon “Sunting” yang terdapat di atas produk untuk mengetahui informasi produk secara keseluruhan > pilih “Simpan”
  4. Halaman draf terbuka, ketuk ikon pesawat kertas untuk mulai upload produk satu per satu ke dalam Tokopedia
  5. Produk muncul dalam menu “List”. Urutan terbawah dari Draf, Dalam Upload, dan Gagal.

Kalian yang mengalami kegagalan ketika upload produk, bisa langsung menghubungi pihak BigSeller agar dapat membantu permasalahanmu. Konsultasinya gratis, tidak dipungut biaya sepeserpun. Coba Sekarang!

Cara Copy Produk Shopee

Produk yang diperjual belikan di Shopee, pastinya tidak boleh produk yang bersifat ilegal. Ya, misalnya saja alkohol, narkotika, dan sejenisnya. Penjual juga diperbolehkan melakukan upload ulang foto yang sama lebih dari satu. Namun, bila tidak ada perbedaan yang signifikan diantara kedua foto tersebut. Maka, sistem otomatis akan menghapusnya dari toko.

Cara copy produk Shopee, apa saja persyaratan yang perlu kalian perhatikan ketika ingin buat produk tidak terhapus secara otomatis oleh sistem? Apalagi, kalau bisnis yang kamu jalani ini, termasuk sebagai usaha reseller. Sudah pasti foto atau videonya hasil re-upload dari official store merek tersebut. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Gunakan Akun yang Berbeda

Penjual diperbolehkan melakukan upload dengan barang yang serupa asalkan tidak dalam satu tempat atau toko. Artinya, kalian perlu menggunakan akun yang berbeda untuk lakukan hal tersebut. Sayangnya, satu toko hanya diperbolehkan gunakan akun yang sama. Sehingga, sulit untuk mencari celah agar kamu bisa melakukan kecurangan. Caranya, buka toko cabang.

2. Layanan Mass Upload

Fitur dari pihak Shopee yang disediakan untuk para penjual sudah sangat lengkap. Para seller dapat menggunakan Mass Upload yang terdapar di pusat penjual. Layanan tersebut, kerap digunakan sebagai wadah untuk unggah produk ke etalase toko. Ketika melakukan upload, semua foto ataupun bahan seperti deskripsi sudah benar dan lengkap. Perlu disetujui Shopee.

Benar! Kalian perlu menunggu kurang lebih selama 1 hari di jam kerja untuk seluruh produk yang telah di-upload muncul di etalase tokomu. Apabila belum mendapatkan persetujuan dari Shopee, kamu bisa langsung tanyakan melalui CS Shopee. Fitur Mass Upload juga permudah penjual dalam pengelolaan produk sekaligus update stok barang, harga atau bahkan variannya.

3. Pastikan Terhindar dari Produk Spam

Kategori produk, menjadi permasalahan yang wajib diperhatikan oleh penjual saat upload di etalase tokonya. Dilarang melakukan unggahan barang yang sama secara berkali-kali meski gunakan dua kategori yang berbeda. Sebagai contoh, smartwatch dimasukkan kedalam daftar barang Handphone & Aksesoris. Bila kamu upload dalam list jam tangan, maka akan dihapus.

Produk tersebut, bahkan bisa saja dianggap spam oleh sistem. Dimana, antara produk dengan keterangan informasi yang disampaikan tidak sinkron. Kasus seperti ini bila terjadi, maka akan persulit proses pencarian dari produk yang diinginkan oleh pembeli. Pelanggaran yang dimaksudkan, diantaranya duplikat, harga, keywords, atribut, brand, dan masih banyak lagi.

4. Pindahkan Produk ke Marketplace Lain

Saran untuk para penjual atau pemilik toko online di Shopee, agar kamu dapat lebih mudah dalam menghindari pelanggaran, yaitu pindah. Ya, kalian bisa memindahkan seluruh produk yang terdapat di etalase toko lama ke Marketplace lainnya. Contohnya, dari Shopee ke Blibli. Tidak perlu mengubah identitas. Seller hanya perlu menggunakan web ginee atau BigSeller.

5. Deskripsi Produk

Berbagai macam produk yang tersedia di etalase toko kalian, sebaiknya sudah disortir sesuai dengan kategorinya masing-masing. Selain itu, setiap item harus memiliki penjelasan produk di kolom deskripsi. Duplikat produk secara otomatis akan terhapus oleh sistem. Tetapi, kalau kamu memberikan keterangan yang berbeda dengan produk serupa, maka dianggap lolos.

Sekian pembahasan mengenai cara duplikat produk Shopee kali ini. See you on the next awesome topics. Have a nice days, and bye bye

 

Related posts