cara menanam bunga mawar

  • Whatsapp

Bunga mawar bisa dibilang sebagai salah satu jenis bunga yang paling banyak disukai kaum wanita. Bagaimana tidak, bunga mawar memiliki tampilan yang sangat cantik. Jadi, siapapun yang melihatnya pasti langsung jatuh cinta dengan keindahannya. Tapi sayangnya, sebagian orang mungkin masih belum tahu bagaimana cara menanam bunga mawar.

Selain sebagai hobi semata, menanam bunga mawar juga ternyata bisa dijadikan sebagai ladang bisnis yang menggiurkan lho. Hal ini dikarenakan bunga mawar banyak disukai oleh kebanyakan kaum wanita karena kecantikannya. Oke, langsung saja mari kita bahas cara menanam bunga mawar berikut ini!

Cara Menanam Bunga Mawar

Cara Menanam Bunga Mawar
Menanam Bunga Mawar

Panduan Menanam Bunga Mawar

Sebenarnya cara menanam bunga mawar itu nggak sulit, asalkan Kamu harus benar-benar memperhatikan langkah-langkahnya dnegan tepat. Jika Kamu ingin menanam bunga mawar di rumah, perhatikan panduannya berikut ini :

Metode 1 : Menanam Bunga Mawar dari Bagian Akar

Langkah pertama, Kamu harus memilih bibit bunga mawar yang mempunyai akar. Kamu bisa membeli bunga mawar yang telah ditanam di pot atau mawar dengan akar telanjang. Selain itu, setiap jenisnya mempunyai manfaat tersendiri, seperti :

  • Keunggulan bunga mawar di dalam pot sebenarnya sangat bagus bagi Kamu yang baru belajar bercocok tanam karena bunga mawar ini gampang ditanam. Bahkan bibit bunga mawar ini bisa tumbuh cepat. Kamu bisa membelinya dengan mudah di tempat pembibitan lokal saat musim tanam. Tapi lebih baik lagi menanamnya dalam kondisi iklim yang ideal, ketika hari sedang berawan dan sejuk.
  • Sementara untuk mawar dengan akar telanjang sendiri, keunggulannya ialah lebih banyak menawarkan pilihan varietas. Bunga mawar jenis ini ekonomis dan dapat dipesan via online. Tapi, berbeda dengan mawar yang ada di dalam pot, biasanya tanaman ini harus direndam terlebih dahulu semalaman sebelum Kamu menanamnya. Di samping itu, akar tanaman juga harus dibuat tetap lembab hingga beberapa bulan sesudah ditanam.
Terkait:  Cara Menanam Cabe dari Biji

Jika Kamu memakai kedua jenis bibit mawar yang sudah dijelaskan di atas, berikut ini adalah panduan cara menanam bunga mawar dengan benar :

1. Memilih Jenis Mawar yang Baik

Ada berbagai macam jenis mawar, seperti mawar miniatur mikro sampai jenis grandifloras, ada pula yang menutupi tanah sampai jenis mawar merambat. Walaupun kamu tergoda menanam bunga mawar dengan berbagai jenis yang ada, sebaiknya pilih salah satu saja. Jika tidak, taman bunga mawar yang Kamu miliki nantinya menjadi tidak teratur. Sehingga, jika Kamu ingin bunga mawar yang memiliki perawatan lebih mudah, sebaiknya cobalah bunga mawar jenis semak.

2. Tentukan Media Tanam yang Cocok

Dalam cara menanam bunga mawar, penting sekali menentukan media tanam bunga mawar itu sendiri. Untuk pertumbuhan mawar yang ideal, sebaiknya semak mawar menerima asupan sinar matahari mulai dari 6-8 jam setiap harinya. Tanaman ini harus ditanam di media tanah yang sudah dikeringkan dan kaya akan zat organik. Pada cuaca yang panas, biasanya mawar akan tumbuh subur apabila terlindung dari paparan sinar matahari.

3. Menanam Bunga Mawar di Waktu Ideal

Waktu penanaman yang ideal pada bunga mawar ialah di awal memasuki musim kemarau, alias sebelum memasuki musim penghujan. Bunga mawar yang akarnya telanjang, umumnya hanya tersedia saat awal kemarai dan Kamu harus menanamnya segera sesudah membelinya. Sedangkan, bunga mawar yang Kamu beli dalam bentuk wadah atau pot biasanya lebih fleksibel kapanpun waktu penanamannya.

4. Cara Menanam Bunga Mawar yang Benar

Ada beberapa langkah cara menanam bunga mawar dalam wadah atau tanpa akar, berikut ini :

  • Pastikan lubang tanam bibit mawar harus cukup lebar dan dalam agar dapat menampung akar bunga mawar. Area tersebut juga harus diperhatikan drainasenya, sebab mawar tidak akan menyukai akar basah.
  • Setelah itu, campurkan berbagai kompos taman, maupun bahan organik dengan media tanah yang sudah dikeluarkan pada lubang tanam. Pakai campuran tersebut di bagian dasar lubang dan tempatkan rumpun mawar pada lubang.
  • Silahkan isi sebagian pada lubang tanam dengan pupuk dan campuran tanah.
  • Lakukan penyiraman, dan selesaikan proses pengisian lubang menggunakan sisa tanah.
  • Kamu bisa menyiraminya kembali dan menggundukkan tanah yang gembur di area sekitar batang. Tujuannya agar mawar dapat terjaga saat beradaptasi dengan lingkungan barunya.
  • Apabila Kamu menanam beberapa jenis rumpun mawar secara bersama-sama, Kamu bisa memberi jarak paling tidak 1 meter agar memungkinkan ruang pertumbuhan yang ideal saat dewasa.
Terkait:  Cara Menanam Cabe Rawit di Polybag

5. Lakukan Penyiraman Dengan Baik

Pastikan kondisi tanah harus tetap terjaga supaya lembab selama musim tanam. Frekuensi dan jumlah penyiraman biasanya tergantung dari iklim dan jenis tanahnya. Bunga mawar yang biasanya tumbuh di dalam tanah berpasir memerlukan penyiraman lebih banyak dibandingkan mawar yang ditanam di tanah liat dengan bobot lebih berat.

Selain itu, kondisi cuaca yang berangin, panas dan kering juga membuat bunga mawar cepat rusak. Metode penyiraman juga penting dilakukan dengan benar sama seperti frekuensi. Supaya bunga mawarmu tetap tumbuh sehat, sebaiknya jangan basahi dedaunannya, melainkan langsung menyiramnya tanahnya.

6. Melakukan Pemangkasan Secara Berkala

Jika Kamu melakukan pemangkasan mawar dengan cara berkala dan rutin, maka bunga mawar yang ditanam akan tampak lebih terawat, serta tanaman pun menjadi semakin sehat. Ada banyak varietas bunga mawar yang baru dan tidak memerlukan banyak pemangkasan. Biasanya pemangkasan secara besar-besaran dapat dilakukan pada awal musim semi. Bagi semua mawar, sebaiknya buang seluruh batang mawar yang rusak atau mati.

Metode 2 : Menanam Bunga Mawar dari Bagian Batang

Kamu juga bisa melakukan metode penanaman stek batang. Biasanya mawar asli bisa berakar mudah, dan lebih baik dengan varietas cangkok. Adapun cara penanamannya ialah sebagai berikut :

1. Ambil Bagian Batang dan Potong Bunganya

Waktu terbaik pengambilan stek mawar ialah musim semi. Kamu bisa mengambil ruas sepanjang 25 cm pada batang baru, lalu potong dengan sudut 45o. Buang kuncup bunga atau semua bunga di sepanjang area pemotongan, sebab bunga akan memakan lebih banyak energi. Karena di sini fokus kita untuk membentuk akar yang baru.

2. Hilangkan Beberapa Daun

Buang semua daun kecuali 2 pasang daun pada bagian teratas yang terdapat dalam batang. Lalu potong batang mawar tepat di bagian atas rangkain pada daun teratas tersebut. Buang kelebihan daun agar membantu menyalurkan energinya ke dalam pertumbuhan akar.

Terkait:  cara menanam hidroponik

3. Mempersiapkan Batang

Pakai pemangkas tajam saat membuat potongan yang baru di bawah batang, lebih tepatnya di bagian bawah ruas batang. Lalu iris hinga ke bawah batang kira-kira 6cm ke bagian atas, lalu pisahkan batang ke dalam 4 bagian yang terbuka.

4. Manfaatkan Hormon Rooting

Walaupun sebenarnya tidak terlalu wajib dibutuhkan, hormon ini bisa memacu tanaman agar mengembangkan akar yang baru. Adapun hormon rooting sendiir bisa berbentuk cairan, gel dan bubuk. Untuk mawar sendiri yang dianjurkan adalah yang berbentuk bubuk.

Basahi ujung potongan batang mawar tadi sedikit saja, kemudian celupkan pada bubuk hormon perakaran dan singkirkan kelebihan bubuknya.

5. Proses Penanaman

Silahkan buat lubang di media tanam pada pot memakai ranting dengan kedalaman 4-7 cm. Pastikan kedalamannya mencapai 1/2 dari ketinggian batang mawar yang sudah dipotong. Lalu masukkan batang pada lubang yang telah dibuat 1/2 atau 3/4 bagian lalu tutup menggunakan tanah.

Kamu hanya perlu menyiraminya menggunakan air sampai lembab. Penanaman mawar menggunakan metode stek pastinya memerlukan drainase dengan baik, sehingga usahakan agar air tidak sampai menggenangi pot.

Tempatkan bunga mawar di area yang mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup, tapi tidak langsung terkena cahaya matahari. Karena penyinaran secara langsung hanya menjadikan daun bunga mawar menjadi seperti terbakar.

Itulah 2 metode cara menanam bunga mawar, baik dengan stek batang maupun dengan akarnya. Silahkan pilih metode yang Kamu inginkan!

Related posts