Cara Mengunci Data Seluler

  • Whatsapp

Cara mengunci data seluler masih belum diketahui  banyak orang. Kalian mungkin jarang bahkan tidak pernah merahasiakannya dari siapapun. Internet menjadi kebutuhan semi primer di masa sekarang.

Hal ini dikarenakan semua orang tidak akan pernah lepas dari pemakaian browser sesuai kebutuhan masing-masing.

Read More

Anak-anak sampai orang dewasa sekalipun pasti membutuhkan internet di masa sekarang.

Apa saja yang kalian lakukan saat ini nyaris bergantung dengan internet agar segalanya lebih mudah. Belajar, bekerja dan lainnya pasti membutuhkan internet.

Kalian boleh memakainya secara bebas, namun berbeda jika dipinjamkan kepada orang lain.

Maka dari itu, cara mengunci data seluler terbaru perlu diperhatikan dengan seksama. Bagaimana tidak, siapapun hanya sekadar menggunakannya tanpa mengetahui langkah pengunciannya.

Walaupun prosedurnya belum diketahui banyak orang, namun koneksi internet ponsel kalian bisa dikunci.

Tak menutup kemungkinan bila anak kecil juga bisa memakai gadget kamu. Kalian pun harus mengetahui bagaimana mengunci data seluler dengan aman dan benar.

Cara Mengunci Data Seluler

Cara Mengunci Data Seluler
Mengunci Data Seluler

Data seluler menjadi fitur penting dalam sebuah smartphone. Kalian tidak bisa menggunakannya sembarangan bila dekat anak-anak. Hal ini dikarenakan sebagian besar website tertentu masih bisa diakses dengan bebas.

Tak hanya itu, konten yang disajikan cenderung sensitif dan khusus kalangan dewasa saja. Kamu perlu mengunci data selulernya secara manual untuk mencegah riwayat pencarian terakhir dilihat semua orang seperti berikut, yaitu :

Mengunci Data Seluler Tanpa Aplikasi

Sebenarnya, data seluler dapat dikunci tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga sekalipun. Perlu diketahui bahwa mungkin cara ini tidak dapat dijalankan di beberapa ponsel.

Pastikan ponsel kamu mendukung untuk melakukan metode penguncian data seluler berikut ya. Adapun langkah-langkahnya yakni:

  • Pertama, kalian harus mengetik tombol *#*#4636#*#* langsung tekan Panggil atau Call.
  • Kalian akan melihat informasi lengkap seperti Usage Statistics, Wi-Fi Information dan Device Information dari pihak smartphone.
  • Selanjutnya, pilihlah opsi Device Information dan muncul sejumlah informasi soal ponsel kalian. Notifikasi yang ditampilkan seperti keterangan kekuatan jaringan, nomor IMEI dan lainnya.
  • Geser layar sampai ke bawah, lalu tekan tombol Set Preferred Network Type dan lanjutkan dengan menekan opsi LTE Only.
  • Selesai
Terkait:  Cara Mengunci Jaringan 4G Vivo

Tutorial ini lebih mengarah terhadap penguncian sinyal 4G yang akan terhubung dengan data seluler. Hal itu disebabkan jenis jaringan tersebut digunakan semua orang daripada koneksi mana pun di Indonesia.

Apabila sambungan nirkabel 4G tidak terhubung, maka data seluler tidak bisa bekerja. Nah, jika ponselmu mungkin disadap bisa baca cara cek HP disadap agar lebih tahu dan bisa mengatasinya.

Informasi di atas terbukti ampuh dan efektif lantaran telah dibuktikan beberapa orang. Kalian dapat mencobanya untuk mengunci sinyal internet dan data seluler bila smartphone kalian dipinjam oleh orang lain.

Mengunci Data Seluler dengan Aplikasi

Sebagian besar masyarakat Indonesia masih belum paham cara mengunci data seluler. Tak sedikit dari mereka hanya mampu merahasiakan aplikasi saja. Kalian pun bisa saja belum mengetahui langkah-langkah melindungi sambungan internet pada ponsel.

Siapa saja dapat menggunakan aplikasi tambahan untuk menjaga data seluler dari tangan jahil. Ada beberapa aplikasi rekomendasi yang bisa digunakan untuk mengunci data seluler, diantaranya :

1. AppLock

AppLock telah menjadi aplikasi keamanan yang dipakai beberapa orang. Aplikasi ini bukan hanya berguna untuk mengunci aplikasi sistem maupun unduhan. Kalian bisa memakainya sebagai pengaman data seluler agar tidak dapat diaktifkan.

Cara pakainya juga mudah dan siapapun pasti bisa melakukannya bila ikuti panduan berikut, antara lain :

  • Pertama, unduhlah aplikasi AppLock via Google Play Store maupun App Store terlebih dahulu.
  • Bukalah aplikasi tersebut dan kalian akan diminta untuk membuat pola berupa sambungan garis.
  • Kalian bisa membuat polanya sesuai keinginan masing-masing. Hal penting yang harus diperhatikan adalah jumlah garis minimal yang harus tersambung sebanyak 4 (empat) titik.
  • Konfirmasi kembali pola yang sudah dibuat sebelumnya dengan membuat pola serupa.
  • Jangan lupa memasukkan email dan password yang masih valid. Tujuannya supaya kalian tidak bisa reset datanya bila lupa pola. Kalian hanya perlu gunakan email dan sandi tersebut agar data seluler dapat dihidupkan kembali.
  • Carilah icon data seluler yang ingin kalian kunci.
  • Tekanlah gambar gembok terbuka supaya iconnya tampak terkunci.
  • Selesai.
Terkait:  Cara Edit Green Screen

Sebagai tambahan, kami ada pilihan artikel berguna untukmu diantaranya:

Kalian bisa mengikuti panduan di atas lewat smartphone masing-masing. Pengguna android di Indonesia sudah membuktikan manfaat aplikasi AppLock untuk mengunci data seluler. Kalian bisa mengunduhnya secara gratis dan kapasitas ruangnya juga tidak terlalu besar.

Kalian yang pernah mengunci aplikasi di android mungkin tidak asing dengan AppLock untuk mengunci aplikasi. Kamu juga bisa memanfaatkan AppLock sebagai sistem keamanan terbaik yang berfungsi sebagai pengaman data seluler setiap hari.

2. 4G LTE Switch

Selain memakai AppLock, kalian juga bisa memakai aplikasi lain bernama 4G LTE Switch untuk mengunci data seluler. Aplikasi ini mampu merahasiakan penggunaan data seluler dengan mematikan jaringan internet yang sudah  berkualitas 4G.

Kalian tidak perlu khawatir lantaran sambungan internet tidak akan bekerja secara optimal. Aplikasinya juga hanya perlu kapasitas ruang kecil pada smartphone kalian. Langkah-langkah mengunci data seluler menjadi 4G only :

  • Langkah awal yang harus dilakukan adalah mencari aplikasi 4G LTE Switch pada kolom pencarian di Google Play Store.
  • Install aplikasinya seperti biasa dan tunggu sampai sistemnya sudah terpasang dengan benar.
  • Berikutnya, kalian akan menemukan informasi tertentu seperti Usage Statistics, Wi-Fi Information dan Device Information.
  • Selanjutnya, pilihlah opsi Device Information untuk meneruskan langkah selanjutnya dalam penguncian jaringan seluler pada ponsel kalian.

Kalian perlu memperhatikan bahwa jaringan seluler 4G hanya akan terkunci pada SIM 1 saja. Hal ini berarti kartu kedua tidak bisa bergantung pada aplikasi ini untuk dikunci seperti aplikasi sebelumnya.

Terkait:  Cara Menghapus Akun Google di HP Xiaomi

Maka dari itu, kalian pastikan SIM utama yang biasa dipakai internet berada di SIM 1.

Jangan pernah membiarkan ponsel kalian lemah baterai bahkan mati total. Risikonya adalah setelah aplikasi 4G LTE Switch akan berubah seperti semula dan data selulernya bisa digunakan seperti biasa.

Sementara itu, aplikasi ini tidak selalu mendukung program semua merek android yang beredar luas. Kalian bisa membaca informasinya terlebih dahulu sebelum memastikan smartphonemu sesuai dan mendukung kinerja aplikasinya.

Mengunci Data Seluler Lewat SIM Card

Cara mengunci data seluler seperti di atas sangat efektif. Kalian bisa melakukannya secara manual atau dengan aplikasi tambahan. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah pastikan tipe smartphonemu sesuai dengan aplikasi ketiga yang akan diunduh.

Beberapa aplikasi pengaman di Google Play Store maupun App Store tidak selalu mendukung performa gadget kalian. Hal ini jelas berisiko terhadap penggunaan data seluler secara bebas dan riwayat penjelajahan internet bisa dilihat orang lain.

Kalian juga bisa mematikan data seluler lewat SIM card supaya tidak bisa digunakan. Namun, siapa saja tidak mampu menghubungi kalian, baik via SMS sampai media sosial.

Caranya adalah buka menu Pengaturan dan pilih opsi SIM Card Setting, lalu matikan tombol dari ON ke OFF agar kartu seluler dapat mati secara otomatis.

Langkah ini dinilai signifikan mengingat smartphone bisa digunakan siapapun secara bebas, bahkan data seluler dapat dikelola sembarangan.

Orang lain pun sulit mengakses internet karena data seluler sulit dihidupkan akibat SIM card sudah dimatikan sementara.

Related posts