Cara Melunasi Pinjaman Online

Cara Melunasi Pinjaman Online

Tumpukan hutang dari pinjaman online memang sangat memusingkan. Awalnya mungkin membantu, tapi setelah ketagihan akhirnya menumpuk dan terlilit huang. Tenang, kalian bisa coba cara melunasi pinjaman online disini!

Munculnya lembaga pinjol (Pinjaman Online) saat ini memang mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pinjaman dana tunai. Namun sekali lagi, terkadang bunga yang ditetapkan terlalu tinggi apalagi jika telat melakukan pembayaran.

Read More

Bukan hanya biaya denda yang cukup memberatkan, tetapi juga bayang-bayang teror dari dept collector yang sangat menakutkan. Sebelum mengajukan pinjaman online, sebaiknya ketahui dulu kondisi finansial kalian ke depannya!

Seputar Pinjaman Online

Pinjaman online adalah suatu cara yang dilakukan oleh orang-orang yang membutuhkan dana segara secara online. Saat ini banyak sekali aplikasi-aplikasi pinjaman online yang tersebar di Google Play Store maupun Apps Store dengan menjanjikan proses cepat, mudah, dan bunga yang tidak mencekik.

Mengajukan pinjaman online dapat dilakukan oleh siapapun, dengan syarat harus memenuhi ketentuan dari lembaga pinjol itu sendiri. Namun yang perlu kalian perhatikan adalah aplikasi-aplikasi tersebut merupakan aplikasi legal atau ilegal.

Perlu kehati-hatian jika ingin meminjam uang secara online karena bukannya membantu ketika di masa sulit, melainkan justru bisa mempersulit apabila tidak tepat dalam memilih aplikasi pinjaman online.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih lembaga Pinjol, diantaranya :

1. Terdaftar di OJK

Teknologi digital memudahkan kita melakukan segala aktivitas secara online, tak terkecuali melakukan aksi penipuan pinjaman online. Jika salah memilih aplikasi, maka kalian akan terus di bayang-bayangi dengan banyak kerugian. Misalnya seperti bunga yang mencekik, sistem pembayaran yang tidak jelas, hingga keluhan pelanggan pun akan sulit didengar.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka langkah yang paling pertama agar tidak salah memilih aplikasi pinjaman online yaitu harus terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terlebih dahulu.

Ciri aplikasi pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK biasanya pada keterangan aplikasi, ada tulisan sudah berizin dan dalam pengawasan OJK. Selain itu, pada ikon aplikasinya biasanya di sematkan logo OJK.

Sekedar infromasi saja, bahwa saat ini perusahaan pinjaman online yang terdaftar di OJK hanya berjumlah 120 perusahaan saja. Jika kalian ingin melihat perusahaan yang sudah mendapatkan izin dari OJK, langkah yang tepatnya adalah dengan melihat pada situs resmi OJK.

2. Perusahaannya Jelas

Setiap peruasahaan yang berizin tentunya memiliki struktur organisasi yang jelas dan juga memiliki kantor perusahaan yang jelas. Sebelum memilih perusahaan pinjaman online, lebih baik cek terlebih dahulu di internet bagaimana perusahaan tersebut. Dengan begitu, kalian bisa lebih nyaman saat mengajukan pinjaman online ke lembaga tersebut.

3. Pelayanan Yang Baik

Perusahaan pinjaman online yang baik adalah memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada nasabah jika nasabah sedang mengalami kesulitan dan ingin meminta solusi dari customer service.

Cara yang paling tepat jika ingin melihat pelayanan keluhan pelanggan adalah dengan melihat komentar-komentar yang ada di Google Play Store, skor penilaian aplikasi dan pelayanan. Bahkan kalian bisa melihat di berbagai media sosial resmi milik perusahaan pinjaman online tersebut.

4. Bunga yang tidak mencekik

ini merupakan hal yang perlu kalian perhatikan dengan sebaik-baiknya. Apakah bunga yang mereka tawakan masih dalam batas wajar atau tidak. Pada peraturan OJK terkait bunga yang harus dibebankan kepada calon peminjam sudah diatur sedemikian rupa sehingga regulasinya jelas. Oleh karena itu jangan sampai kalian tertipu dan memberatkan ketika melakukan cicilan pelunasan pinajaman online.

Cara melunasi Pinjaman Online

Cara Melunasi Pinjaman Online
Tutorial Melunasi Pinjaman Online

Setelah memahami pemilihan lembaga pinjol terpercaya, dan kalian sudah mengajukan pinjaman online. Kini saatnya membayar tagihan pinjaman online. Peminjam diwajibkan melakukan pembayaran pinjaman tepat waktu setiap bulannya jika tidak mau dikenakan denda keterlambatan.

Bahkan jika memiliki uang berlebih misalnya, segera lunasi tagihan pinjaman online tersebut agar kalian bisa terbebas dari yang namanya riba atau hutang yang membengkak. Berikut trik cara melunasi pinjaman online agar terbebas dari yang namanya hutang membengkak.

1. Proporsionalkan Pengeluaran

Pendapatan bulanan yang kalian dapatkan dari pekerjaan harus di proporsionalkan berdasarkan tingkat kepentingannya. Intinya adalah harus mengutamakan kebutuhan primer terlebih dahulu daripada kebutuhan lainnya yang sifatnya tidak terlalu penting.

Pembagiannya bisa kalian lakukan dengan membagi kebutuhan pokok sebesar 50 % untuk keperluan pribadi, 30 % untuk keperluan pembayaran utang, dan sisanya untuk ditabungkan sebesar 20 %. Sementara jika pembagiannya dirasa kurang cocok dengan aktivitas sehari-hari, bisa kalian kurangi untuk persentase nabung di angka 5 % hingga 10 % saja.

Hal yang tidak boleh diganggu adalah untuk kebutuhan pembayaran utang sebesar 30 % yang didalamnya terdapat cicilan utang ke pinjaman online.

2. Tidak boleh terlambat membayar utang

Cara melunasi pinjaman online selanjutnya yaitu jangan terlambat membayar hutang. Tujuannya agar pembayaran kalian tidak membengkak dengan adanya tambahan denda. Lakukan pembayaran sebelum jatuh tempo. Selain membuat hati dan pikiran tenang, kalian tidak perlu khawatir bayarannya membengkak.

Perlu kalian ketahui, pada pinjaman online jika terlambat membayar cicilan walau satu hari saja, maka bunga yang harus dibayarkan biasanya akumulasi untuk 1 bulan keterlambatan. Di samping itu, kalian akan terus di telepon oleh debt collector yang meresahkan akibat dari keterlambatan pembayaran cicilan pinjaman online.

3. Hidup Lebih Hemat

Cara paling tepat agar pembayaran tagihan segera dilunasi ke lembaga pinjol adalah harus hidup lebih hemat. Mulailah menghemat pengeluaran kalian dengan cara hanya mengeluarkan uang untuk hal-hal yang dibutuhkan. Sebelum tagihan dilunasi, sebaiknya jangan membeli hal-hal yang bersifat konsumtif terlebih dahulu.

Belilah barang-barang sesuai dengan kebutuhan pokok saja, dan belilah makanan sewajarnya saja. Cara hidup hemat jika sudah terbiasa nantinya secara tidak langsung akan menyisihkan uang sehingga kalian bisa memiliki uang tambahan terlebih jika pinjaman online telah lunas.

4. Punya Dana Lebih, Segera Lunasi Hutang

Ada 2 trik yang bisa kalian lakukan untuk segera melunasi utang, diantaranya :

  • Tingkatkan Nominal Pembayaran

Kelebihan dari pinjaman online adalah bisa meningkatkan nominal pembayaran pada bulan berjalan. Sebagai contoh, jika kalian meminjam uang sebesar Rp. 1 juta. Maka saat memiliki uang berlebih Rp. 500 ribu, maka kalian bisa membayar sejumlah Rp. 1,5 juta.

Dengan kata lain, kalian bisa melakukan pembayaran sesuai nominal yang diinginkan. Nantinya akan terakumulasi sendiri dan untuk pembayaran di bulan berikutnya bisa menjadi lebih ringan.

  • Melunasi semua utang

Ini adalah cara yang terbaik hingga terbebas dari pinjaman online. Akan tetapi, untuk bisa mewujudkannya maka kalian harus memiliki sejumlah uang sebesar dengan sisa utang yang sedang berjalan.

Dengan adanya uang segar tersebut, sudah selayaknya untuk langsung melunasi utang terlebih dahulu ketimbang membeli sesuatu yang di anggap tidak terlalu penting.

Kesimpulan

Mengajukan pinjaman online sebenarnya sah-sah saja asalkan tidak berlebihan, karena jika kalian memanfaatkan kemudahan pinjol dengan meminjam terus-menerus, resikonya hutang semakin menumpuk. Lantas, jika tidak ada uang untuk membayar kalian akan dikenakan denda dan beresiko ditindaklanjuti oleh pihak Debt Collector. Oleh sebab itu, lakukan trik cara melunasi pinjaman online di atas secepatnya!

Related posts