Cara Buat PDF di iPhone

Cara Buat PDF di iPhone

Bagaimana cara buat PDF di iPhone? PDF merupakan singkatan dari Portable Document Format yang digunakan sebagai format dasar dalam sebuah dokumen. Kelebihan dari PDF ini adalah format yang sulit diubah dan bahkan bisa mengunci isi dokumen didalamnya dengan alasan sangat rahasia, dengan kata lain tidak sembarang orang bisa membukanya.

File apapun bisa Kamu ubah ke dalam bentuk PDF seperti dokumen, gambar, formulir dan masih banyak lagi yang lainnya. Hanya saja banyak orang yang kesulitan melakukannya, mengingat kurangnya informasi atau mungkin sulit dipahami. Padahal caranya sangat gampang sekali baik dengan menggunakan desktop, hp berbasis android atau juga dengan menggunakan iphone.

Read More

Cara Buat PDF di iPhone

Cara Buat PDF di iPhone
Cara Membuat File PDF di iPhone

Tutorial Buat PDF di iPhone

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan bagaimana cara mengubah format file lain ke dalam PDF di iphone dengan cara buat PDF di iPhone. Hal ini dikarenakan iPhone menawarkan fitur bawaan yang dapat mengubah seluruh file ke dalam bentuk PDF.

Untuk platform lainnya selain iPhone, biasanya harus menggunakan aplikasi pihak ketiga atau masuk ke situs khusus yang dapat mengubah file tertentu ke dalam bentuk PDF. Meskipun sebenarnya iPhone juga bisa memakai aplikasi pihak ketiga untuk membuat file PDF, tapi setidaknya Kamu wajib mengoptimalkan fitur yang sudah disematkan didalam iphone. Berikut ulasana cara buat PDF di iPhone lengkap :

1. Buat PDF di iPhone dari Aplikasi Catatan

Cara buat PDF di iPhone yang pertama yaitu dengan aplikasi catatan. Kamu bisa membuka aplikasi catatan pada iphone milikmu, lalu buatlah catatan harian atau catatan apapun untuk diubah file ekstensinya menjadi PDF. Catatan yang Kamu tulis pada aplikasi catatan tidak terbatas, dengan kata lain Ketika menulis catatan yang Panjang sekalipun filenya bisa Kamu ubah ke dalam bentuk PDF. Hanya saja yang berbeda nantinya ialah ukuran PDF-nya yang menjadi lebih besar karena isi catatan Kamu yang sangat banyak.

Setelah membuat catatan, selanjutnya Kamu tinggal klik menu ‘Tindakan/Berbagi’ yang berada pada pojok kanan bagian atas. Apabila sudah masuk ke tahapan tersebut. Kamu hanya perlu mencari menu Markah. Khusus bagi pengguna iphone yang mengusung  iOS 14, klik menu Kirim Salinan kemudian pilih Markah.

Langkah terakhir adalah Kamu tinggal klik menu Selesai dan simpanlah file yang sedang dalam proses perubahan file ekstensi dari catatan ke PDF tersebut dengan cara ketuk ‘Simpan File Ke…’. Pada tahapan ini Kamu cukup memilih tempat atau direktori sesuai keinginan, apakah ingin disimpan ke ‘iCloud Drive’ atau cukup di memori internal saja dengan klik ‘Di Iphone Saya’. Setelah memutuskan tempat penyimpanannya, tinggal klik saja opsi ‘Simpan’.

Setelah semua proses diatas Kamu lakukan, maka Kamu sudah berhasil mengubah file catatan menjadi file yang berekstensi PDF. Untuk memastikan perubahan tersebut telah berhasil menjadi file PDF, Kamu cukup masuk ke direktori yang Kamu inginkan tadi apakah masuk ke iCloud Drive atau masuk ke memori internal iPhone.

Setelah menemukan file PDF yang dituju, silahkan cek file tersebut dengan sekali klik saja, sampai catatan tadi terbuka dalam bentuk PDF.

Untuk mengirimkan atau share file PDF tersebut ke orang lain, Kamu bisa mengubah nama file PDF tersebut, mengarsipkannya, kemudian cek informasi lengkap dari file PDF Kamu. Caranya yaitu Kamu bisa mengklilk cukup lama kemudian akan muncul menu yang Kamu inginkan.

2. Buat PDF di iPhone dari Email

Cara buat PDF di iPhone selanjutnya ialah dari email. Kamu bisa mengubah email ke dalam PDF dengan menggunakan fitur bawaan iphone. caranya bisa Kamu ikuti dibawah ini :

  • Bukalah aplikasi email pada iphone milikmu dan pilih email yang akan Kamu jadikan sebagai file yang berekstensi PDF.
  • Jika sudah selesai memilih email yang mana, selanjutnya Kamu tinggal ketuk ‘Print’ atau ‘Cetak’ pada menu di email.
  • Sebelumnya gunakanlah pinch ataupun menggunakan zoom dengan cara mencubit emailnya dan perbesar sesuai yang Kamu inginkan sebagai pratinjau sebelum Kamu ubah. Tempatkan posisi email agar setelah file tersebut berbentuk PDF, Kamu tidak akan kesulitan dalam membaca catatannya.
  • Selanjutnya, Kamu tinggal klik tombol ‘Share’ atau ‘Bagikan’ yang berada di bagian atas sebelah kanan.
  • Nantinya akan muncul menu baru, Kamu hanya perlu klik opsi ‘copy t o books’ atau ‘salin ke buku’.
  • Simpan berdasarkan direktori yang Kamu inginkan apakah ingin dimasukkan kedalam icloud iPjone atau hanya ingin disimpan di memori internal iphone saja.
  • Jika sudah selesai, silahkan periksa file nya berdasarkan direktori yang Kamu pilih.
  • Buka file yang berkstensi PDF yang telah Kamu ubah dari email ke PDF tersebut, lihat isinya apakah sesuai dan terbaca atau tidak.

3. Buat PDF di iPhone dari gambar

Cara buat PDF di iPhone berikutnya ialah dari gambar. Dengan kata lain, Kamu juga bisa mengubah bentuk file gambar yang berekstensi jpg atau jpeg menjadi file yang berekstensi PDF. Langkahnya cukup mudah dilakukan, sehingga nantinya Kamu bisa membagikan file PDF nya melalui email, atau pesan pribadi. Selain itu, bisa juga hanya sekedar menyimpannya baik pada icloud iphone atau pada memori internal. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Bukalah aplikasi foto, kemudian pilihlah foto atau gambar apapun seperti animasi yang akan Kamu ubah ke dalam file berekstensi PDF.
  • Jika sudah memilih foto nya, langkah berikutnya adalah dengan memilih ikon ‘Print’ dari opsi berbagi yang ada di bagian atas.
  • Setelah masuk ke dalam opsi printer, Kamu harus menggerakan foto tersebut untuk disesuaikan ketika filenya telah berbentuk. Caranya bisa dilakukan dengan gerakan menyebar dan geser pada pratinjau foto.
  • Jika Kamu sudah selesai mengatur ukurannya, selanjutnya Kamu tinggal pilih opsi membagikan foto. Hal tersebut bisa dilakukan sembari mengubah file tersebut ke PDF.
  • Apabila ingin membagikan langsung, maka pilihlah opsi pesan atau email. Tapi jika hanya ingin menyimpannya sekedar menambahkan kedalam notes silahkan klik ‘Add to Notes’.
  • Untuk menyimpannya ke dalam direktori icloud drive atau memori internal, silahkan klik menu yang tersedia.
  • Segala aktivitas yang Kamu lakukan tersebut nantinya tetap akan diubah kedalam file berekstensi PDF.

Sekedar informasi saja, file default foto adalah file yang berekstensi JPEG, biasanya cenderung lebih compatible sehingga akan sangat mudah dikonversi PDF untuk dibagikan. PDF merupakan ekstensi kuat dimana data yang ada didalamnya tidak bisa sembarang dilakukan copy paste. Sehingga file PDF cenderung lebih aman dan mudah dibaca.

Cara Menghapus File PDF dari iPhone

Setelah mengetahui cara buat PDF di iPhone, Kamu pun perlu mengetahui cara menghapus file PDF dengan benar. Apalagi jika yang Kamu lakukan hasil dari konversi keliru dan harus megulang kembali konversinya.

Caranya pun sangat mudah, Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkahnya dibawh ini :

  • Buka aplikasi Books pada smartphone milikmu lalu pilih pada Library file PDF, silahkan pilih mana file yang akan dihapus.
  • Setelah itu, pilih opsi lainnya yang berada tepat dibagian bawah PDF tersebut. Selanjutnya akan muncul menu
  • Proses penghapusan file PDF telah berhasil Kamu lakukan.

Demikian ulasan terkait 3 cara buat PDF di iPhone dengan mudah dan cara menghapus file PDF dari iPhone. Semuanya bisa Kamu lakukan tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga.

 

Related posts